10 Perbandingan Teknologi Lama vs Teknologi Baru

0
nonton tv dan nonton youtube

Teknologi dengan cepat mengubah hidup manusia dalam waktu singkat kearah yang lebih baik. Seiring dengan fungsinya yang dapat memudahkan kehidupan, pada akhirnya membuat kita tak pernah lepas dari namanya teknologi. Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat, bahkan setiap detiknya munculah teknologi baru di seluruh dunia.

Sudah menjadi hukum alam ketika teknologi baru muncul terkadang dapat mengikis kehadiran teknologi yang lama. Bahkan dengan adanya teknologi baru yang lebih baik, membuat teknologi lama yang sering kita gunakan sehari-hari terlihat  kuno dan sudah ketinggalan jaman, hingga akhirnya menjadi punah.

Nah berikut ini adalah beberapa perbandingan teknologi lama vs teknologi baru yang menggambarkan bagaimana dunia telah berubah dengan cepat karenanya.

1. Buku vs Wikipedia

Buku-buku ensiklopedia harus mengakui kekuatan Wikipedia dan dari sumber internet lainnya, meskipun beberapa sumber dari internet masih dipertanyakan akurasinya.

2. Televisi vs Youtube

Acara di Televisi memang masih punya penggemar setianya, meskipun saat ini banyak orang lebih suka menonton acara yang diunduh di PC dan laptop mereka, atau menonton acara yang kita suka di situs-situs seperti Youtube. Hal ini mungkin karena nonton di situs seperti Youtube bisa kapan pun dan dimana pun, berbeda dengan di Televisi yang harus tepat waktu.

3. Telepon kabel vs Handphone

Saat ini telepon kabel masih digunakan tetapi keberadaan semakin jarang. Biasanya yang masih menggunakan telepon kabel ialah perkantoran saja. Sebagian besar orang lebih memilih berkomunikasi melalui smartphone mereka, gadget yang satu ini juga lebih mobile dan bisa dibawa kemana-mana.

4. Monitor tabung vs Monitor LED

Monitor awalnya memiliki ukuran yang besar seperti tabung dan memiliki kualitas gambar yang cukup buruk. Saat ini, Monitor sudah berukuran tipis bahkan ada yang melengkung. Monitor pada masa kini juga memiliki kualitas gambar yang luar biasa, dan beberapa diantaranya memiliki kemampuan 3D.

5. SMS vs Chatting apps

Dulu untuk mengirim pesan kita semua sangat mengandalkan pesan lewat SMS. Akan tetapi SMS memerlukan biaya pulsa, apalagi kalau harus mengirim SMS berbeda operator dan berbeda negara.

Kini SMS mungkin sudah jarang digunakan, adanya aplikasi chatting membuat pengiriman pesan lewat SMS semakin ditinggalkan, apalagi aplikasi chatting ini gratis dan hanya bermodalkan paket data saja, kita bebas mengirimkan pesan bahkan mengirim pesan lintas wilayah sekalipun.

6. Disket vs Flashdisk

Disket adalah media penyimpanan data digital pada jamannya, meskipun harganya terbilang murah, namun disket memiliki tempat penyimpanan yang kecil dan mudah rusak. Kini fungsinya sudah digantikan oleh flashdisk dan hard disk yang lebih besar penyimpanannya.

7. Infrared vs Bluetooth

Dulu untuk bertukar file dari device ke device lain, kita mengandalkan teknologi yang namanya infrared. Namun infra red jangkauannya sangat kecil dan pertukaran file-nya juga terbilang sangat lama. Kini hadirnya bluetooth yang menawarkan jangkauan yang lebih luas menyebabkan infrared ditinggalkan, meskipun saat ini bluetooth juga sudah jarang kita digunakan.

8. Surat vs email

Mengirim surat resmi melalui layanan pos adalah seni yang bisa dikatakan telah kuno. Sekarang fungsinya telah digantikan oleh email yang bisa mengirim surat dalam hitungan detik saja.

9. CD vs Music app

Kaset dan CD pemutar musik sangat populer pada jamannya. Namun hadirnya iTunes dan iPod yang bisa mengunduh ribuan lagu berbayar ke gadget kita pada akhirnya memusnahkan peredaran kaset dan CD musik dari muka bumi.

10. Mesin Tik vs Printer

Mesin Tik berfungsi untuk mencetak tulisan agar lebih rapih di kertas. Namun pemakaiannya yang ribet, misalnya jika ada kesalahan harus mengulang dari awal, membuat mesin Tik mulai ditinggalkan masyarakat modern. Kini kita semua beralih ke Microsoft Word dan mesin printer yang bisa mencetak dokumen lebih baik daripada mesin Tik.

Nah itulah beberapa perbandingan teknologi lama vs teknologi baru. Sebenarnya masih banyak perbandingan serupa seperti misalnya punahnya HP biasa karena munculnya smartphone, dll. Nah jika masih ada yang kurang, kamu bisa menulisnya di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here