Game Tebak Gambar, Berawal dari Kumpulan Coretan Buku Gambar Menjadi Game yang Terkenal

Game Tebak Gambar
Game Tebak Gambar
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Anda pasti tahu game Tebak Gambar yang sempat booming pada tahun2013 di berbagai smartphone dan telah dimainkan oleh lebih dari 10 juta orangdi Indonesia. Game yang cukup sederhana ini ternyata mampu menarik banyakperhatian orang yang memainkannya lantaran konsep tebak gambarnya yang bisamembuat pemain memutar otak sampai pusing tujuh keliling. Orang-orang tertarikuntuk menyelesaikan tantangan demi tantangan yang ada.

Dalam setiap level terdapat tingkat kesulitan tertentu. Semakintinggi level maka kesulitan yang didapat akan semakin sulit. Banyakkosakata-kosakata yang ternyata jarang diketahui oleh banyak orang sehinggasulit menebak kata demi kata. Hingga sekarang ini, game ini masih banyakdimainkan oleh beberapa orang. Meskipun sudah ada game-game serupa, TebakGambar tetap menjadi game yang begitu diminati dari tahun ke tahun.

Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa ternyata kumpulan-kumpulancoretan gambar milik Lukis Cinderan yang ia kumpulkan sejak SD dapat memberikandesain unik untuk game yang ia ciptakan bersama Irwanto Widyatri.

Lukis memiliki hobby menggambar sejak ia masih kecil. Karena hobinyayang rutin ia lakukan, ia mengumpulkan gambar-gambarnya dalam sebuah buku.Hingga SMP, Lukis sudah memiliki buku-buku kumpulan gambarnya.

Dalam membangun game Tebak Gambar, Lukis berperan sebagai desainergamenya, sedangkan Irwanto bertugas sebagai pengembangan aplikasinya. Keduanyabekerja sama dalam mencari setiap ide kata demi kata yang unik agar bisamengembangkan game ini untuk dinikmati oleh semua orang. Tebak Gambar bisadimainkan untuk semua umur mulai dari kalangan SD hingga orang tua.

Awal Perjalanan Tebak Gambar

lukis cindera Irwanto Widyatri
Sumber Gambar Liputan6.com

Lukis telah memiliki ide untuk membuat permainan tebak-tebakanmenggunakan gambar sejak ia masih SD. Karena Lukis begitu menyukai menggambar.Ia banyak membuat coretan gambar dalam buku-buku menggambarnya. Sehinggaterbayang imajinasi mengenai permainan gambar yang ingin dibuatnya. Buku-bukugambar yang ia kumpulkan, ia simpan dengan rapi.

Hingga duduk di bangku kuliah, Lukis sempat kehilangan koleksibuku menggambarnya dikarenakan ia lupa menaruhnya. Hal itu sempat membuat Lukiscemas dan sedih karena kehilangan kenangannya sewaktu kecil. Namun itu taklama, Lukis kembali menemukan buku-buku gambarnya yang sempat hilang. Iamenjadikan itu motivasi untuk mewujudkan impian permainan masa kecilnya.

Lukis memanfaatkan sosial media yang ia miliki saat itu yaituFacebook. Lukis membuat sebuah permainan Tebak Gambar di postingan Facebooknya.Namun, karena pada saat itu Lukis belum mampu menarik banyak minat orangmelalui sosial media, dan juga desain gambar yang ia buat terbilang masihsangat sederhana, usahanya belum membuahkan hasil.

Sempat bingung dan hampir putus asa, Lukis tidak ingin menyerahbegitu saja. Perjalanannya membawanya bertemu dengan Irwanto yang saat itu jugamerupakan salah satu mahasiswa tingkat akhir. Obrolan demi obrolan mengalir diantara mereka berdua. Saat itu, Irwanto ingin sekali mencari pekerjaan yangberhubungan dengan teknologi dan internet.

Kemudian, saat mengetahui konsep permainan Tebak Gambar yangterdapat di Facebook Lukis, Irwanto mendapat sebuah ide yang cemerlang. Irwantosangat tertarik dengan konsep gambar dari Lukis dan ingin bisa membuat gametersebut dapat dimainkan pada sebuah platform yang mudah diakses. Tanpaberlama-lama lagi, Irwanto langsung memberikan penawaran kerjasama kepada Lukisdan Lukis pun menyetujuinya.

Lukis dan Irwanto kemudian memutar otak untuk menciptakan sebuahpermainan tebak gambar yang dapat mengasah otak seseorang. Membuat permainanasah otak memang tidaklah mudah karena developerharus lebih pintar dari pemain. Banyak inspirasi kosakata yang mereka cari.Hingga awal peluncurannya pada tahun 2013, game ini berhasil menarik banyakorang untuk memainkannya.

Sebenarnya bukan dari segi tipe permainannya, namun karena lebihmerasa tertantang untuk menyelesaikan level demi level yang terlihat mudahnamun ternyata sulit. Sekarang, Tebak Gambar sudah berkembang dengan ratusanlevel yang bisa dimainkan.

Semakin sulit, semakin banyak orang tertantang. Kunci-kuncijawaban pun banyak tersebar, dibuat oleh orang-orang yang berhasilmenyelesaikan jawaban setiap level.

Konsep Permainan yang Selalu Membuat Penasaran dan Tertantang

Game tebak gambar

Tidak semua game harus memikat para pemainnya dari segi grafisyang bagus dan gambar-gambar yang memanjakan mata. Tebak Gambar memiliki desaingambar yang sederhana. Namun permainan kosakatanya selalu membuat penasaransetiap level.

Pemain akan disuguhkan potongan-potongan gambar yang akan disusunmenjadi sebuah kata atau kalimat. Dengan beberapa petunjuk ada huruf-huruf yangdihilangkan.

Pada dasarnya, game ini merupakan permainan tebak kosakata. Hanyasaja diberi petunjuk dengan gambar-gambar agar pemain dapat berpikir, gambarapakah ini.

Terkadang, setiap gambar memiliki lebih dari satu sebutan. Jikapemain salah menebak gambar padahal iya yakin benar, bisa jadi ada sebutan lainpada gambar tersebut. Seperti gambar monyet yang ternyata kata yang dimaksudadalah kera.

Setelah berhasil menebak gambar demi gambar, akan tercipta sebuahkosakata. Di akhir level, pemain disuruh menebak banyak gambar hingga tersusunmenjadi sebuah kalimat, ada waktu yang ditentukan sehingga pemain harus cepat.Tebak Gambar memiliki tombol bantuan yang dapat digunakan jika benar-benartidak bisa memecahkan soal. Namun terbatas.

Konsep permainan dalam Tebak Gambar yang diusung oleh Lukis danIrwanto ini bisa membuat seseorang mengasah otaknya dan menghafal beberapaistilah-istilah bahasa Indonesia yang masih asing untuk didengar. Di dalam gameini juga terdapat peribahasa dan beberapa perumpamaan dalam Bahasa Indonesia.Sehingga secara tidak langsung sangat cocok untuk membantu pembelajaran BahasaIndonesia.

Tebak Gambar di Dunia Nyata

Kartu tebak gambar

Kesuksesan yang diraih oleh Lukis dan Irwanto tidak hanya sampaiplatform mobile saja. Setelah berhasil menjadi juara dalam peringkat terbesarpermainan terbaik di Google Playstore, kini mereka menciptakan Tebak Gambarversi nyata dalam bentuk kartu. Tentu banyak orang senang dengan permainankartu seperti kartu remi, kartu uno, dan beragam permainan kartu lainnya.

Karena banyaknya minat orang dalam permainan kartu, akhirnyaIrwanto sebagai salah satu pendiri game Tebak Gambar ini ingin memvisualisasikannyadalam bentuk nyata.

Tentu saja versi fisiknya ini bisa menarik lebih banyak minatorang-orang untuk memainkannya bersama teman-teman. Konsep permainannya tidakbeda jauh dengan yang ada di platform mobile.

Kartu Tebak Gambar diperkenalkan pada acara Game Prime 2018 yang diadakan oleh BEKRAF. Dan sekarang bisa didapatkan di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Baca Juga: Biografi Forest Li – Pendiri SEA Ltd dan Shopee

Pada versi kartunya, pemain diharuskan menyusun gambar demi gambarmenjadi sebuah kosakata tertentu. Semakin panjang susunan gambar yang dibuat,maka akan semakin banyak poin yang diadapatkan.

Permainan dapat dimulai dengan jumlah pemain minimal 2 sampai 4orang. Setiap pemain dibagikan masing-masing 5 kartu, dengan menyisakan 4 kartuterbuka di tengah, dan sisa kartu diletakkan tertutup.

Pemain harus menyusun minimal dua buah kartu untuk merangkaisebuah kata atau kalimat. Jika tidak bisa menemukan kartu yang bisa dirangkai,bisa dengan mengambil yang di tengah. Pemain yang paling banyak menyusun kartumendapat poin paling banyak.

Permainan Tebak Gambar yang dari tahun 2013 selalu menemani kitadi kala waktu kosong ternyata memiliki perjalanan karir yang cukup panjang.Semua itu akan berkembang. Tebak Gambar sukses menjadi sebuah merek permainanyang kini dikenal oleh banyak orang di Indonesia. Sambil bermain melaluismartphone, pemain juga bisa mengajak teman-temannya bermain dengan kartu untukmenambah keseruan bersama.