18 Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga yang Tidak Menyita Waktu Banyak

bisnis-ibu-rumah-tangga

Menjadi ibu rumah tangga yang baik bukanlah suatu alasan menghalangi kreatifitas, terutama jika berperan aktif sudah menjadi kebiasaan Anda selama ini. Saat ini ada banyak sekali peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda lakukan, tanpa mengurangi peranan Anda sebagai seorang ibu rumah tangga dalam menjalankan segala kewajiban, sambil mendapatkan keuntungan dan penghasilan tambahan.

Memang tidak semua orang dapat membagi waktunya dengan baik, terutama untuk membagi waktu antara kewajiban sebagai ibu rumah tangga dengan pekerjaan yang selama ini Anda lakukan. Untuk mendapatkan pekerjaan memang tidak hanya berpatokan kepada pekerjaan kantoran saja, saat ini sudah ada banyak sekali jenis pekerjaan yang dapat memberikan Anda penghasilan selain dari kerja kantoran. Berikut ini peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang tidak menyita waktu.

1. Membuka Toko Kelontong

Jika Anda berpergian ke beberapa tempat atau melihat lingkungan sekitar, mungkin sering kali Anda menemukan banyak toko kelontong yang menjual beragam jenis kebutuhan pokok. Saat ini Anda bisa memulai untuk membuka usaha bisnis ini, terutama jika memang lingkungan Anda masih dibilang sepi akan penjual toko kelontong, hal ini bisa Anda jadikan sebagai kesempatan untuk membuka usaha.

Tanpa disadari ternyata peluang bisnis toko kelontong ini cukup menguntungkan, terutama untuk Anda yang saat ini tidak memiliki aktifitas selain menjadi ibu rumah tangga. Disini kreatifitas Anda bisa terasah dengan baik, terutama untuk memberikan ide usaha seperti mencari item yang harus dijual atau mencari solusi bagaimana dapat menambah keuntungan toko, yang tentunya akan menambah penghasilan Anda.

Baca Juga: Mau Buka Warung? 20+ Produk yang Harus Ada di Warung Kelontong

2. Penulis Konten

Jika berjualan dan membuat sesuatu sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa ibu rumah tangga, saat ini menjadi penulis konten merupakan sebuah pekerjaan santai yang juga cukup menjanjikan. Jika Anda membayangkan bahwa menulis konten akan menghabiskan waktu, tentunya Anda harus menghilangkan pemikiran tersebut yang hanya akan menghalangi Anda untuk mulai melangkah dalam menulis konten.

Saat ini sudah ada banyak sekali ibu rumah tangga yang memang memiliki ide kreatif yang sangat baik menjadi penulis konten. Bahkan bisa dibilang banyak dari ibu rumah tangga yang saat ini sudah menjadi penulis konten dengan memiliki blog tersendiri yang nantinya bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan, karena memang setiap tulisan yang diposting bisa saja dibayarkan oleh google adsense.

Namun jika Anda malas membangun blog, Anda masih bisa menjadi pelunis konten untuk website orang lain. nantinya Anda akan dibayar sesuai dengan konten yang Anda terbitkan di website mereka. Gimana, tertarik menjadi content writer?

3. Usaha Katering

Usaha katering bisa dibilang sebagai salah satu peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan, karena memang tidak memakan waktu seharian untuk melakukannya. Anda hanya perlu melakukan kontrol kepada para pegawai yang sedang bekerja pada Anda, yang perlu Anda pikirkan saat ini adalah untuk menambah modal dengan menambah jumlah konsumen yang menggunakan jasa Anda.

Memang menemukan konsumen bukanlah hal yang mudah untuk Anda yang belum berpengalaman, tetapi bisnis membuka katering memiliki prospek yang baik jika anda menekuninya. Anda bisa memulai untuk melakukan promosi, mulai dari melalui media offline seperti menyebarkan brosur dan poster, atau Anda bisa menggunakan media online seperti sosial media untuk menyebarkan usaha Anda dengan mudah.

Baca Juga: 10 Cara Memulai Bisnis Katering Makanan Dengan Mudah Dan Sukses

4. Bisnis Pulsa

Tidak ada yang menyangka jika berbisnis memang merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan sebagai ibu rumah tangga tanpa menghabiskan banyak waktu. Salah satu peluang bisnis yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga adalah berjualan pulsa sebagai salah satu komoditi yang paling banyak dibutuhkan oleh banyak orang, yang berguna untuk menunjang sarana komunikasi.

Bisnis yang satu ini juga terbilang cukup simple, karena Anda hanya membutuhkan distributor yang siap menyuplai pulsa untuk Anda jual kembali. Untuk awalan, Anda cukup menjual pulsa kepada orang-orang terdekat. Namun jika Anda memiliki modal berlebih, membuka konter pulsa mungkin adalah pilihan yang bijak.

Baca Juga: Jual Pulsa, Salah Satu Bisnis Online yang Sangat Menguntungkan

5. Kerajinan Tangan

Ketika Anda kebingungan dengan modal untuk membuka berbagai jenis usaha, saat ini mungkin Anda bisa memikirkan cara lain untuk memulai bisnis. Anda bisa memulai bisnis dengan melakukan sesuatu yang menggunakan modal kecil, salah satunya adalah membuat kerajinan tangan yang saat ini banyak dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang menginginkan penghasilan tambahan.

Tentunya membuat kerajinan tangan bukanlah hal yang sulit, karena semua orang pastinya memiliki kreatifitas yang baik untuk mengaplikasikan kreasi dan idenya pada suatu hal. Untuk Anda yang saat ini masih kebingungan mencari jenis kerajinan tangan, atau mungkin merasa kebingungan akan cara membuat sesuatu, maka Anda bisa mencari ide kreasi di internet sebagai contoh.

6. Membuka Toko Baju

Selain beberapa bisnis tadi untuk Anda yang saat ini memiliki cukup modal, mungkin Anda bisa memulai untuk membuka bisnis toko baju. Sehingga Anda bisa mencoba mendapatkan penghasilan yang cukup besar juga, terutama saat ini bisnis fashion merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menguntungkan jika Anda memang berniat untuk menjalankannya dengan baik.

7. Online Shop

Memiliki bisnis online shop bukanlah sebuah bisnis yang melelahkan, Anda mungkin saat ini berpikiran jika bisnis online shop akan memakan waktu yang cukup banyak. Padahal dengan berbisnis online shop Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan, hanya dengan bermodalkan media sosial atau penggunaan data internet saja, anda sudah bisa menjalankan bisnis ini dimana saja.

Untuk Anda yang notabenenya sebagai ibu rumah tangga, mungkin bisnis ini dapat membantu dalam memberikan jalan untuk beraktifitas. Bahkan Anda masih bisa melakukan kewajiban sebagai seorang ibu rumah tangga, sambil melakukan beberapa penjualan online yang beragam, baik Anda yang memiliki tokonya atau mungkin saat ini Anda bisa berperan sebagai salah seorang reseler.

Baca Juga: 8 Cara Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses

8. Pet Shop

Ide berbisnis memang terkadang tidak terpikirkan oleh seseorang, mungkin hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang beberapa binis yang berpeluang besar. Saat ini bisnis pet shop merupakan salah satu bisnis yang populer, dengan semakin banyaknya orang yang memiliki banyak hewan peliharaan tentunya permintaan perawatan juga akan semakin banyak.

Dengan membuka bisnis pet shop Anda bisa membuka jalan untuk meraih keuntungan, terutama pada hari besar tertentu yang memang mengharuskan beberapa pemilik hewan untuk menitipkan hewan peliharaannya di petshop. Disinilah Anda memiliki peluang yang lebih besar, sehingga keuntungan yang besar juga bisa diraih meski Anda hanya seorang ibu rumah tangga.

9. Berjualan Roti atau Kue

Untuk melakukan jenis usaha yang bermodal kecil, Anda masih bisa memiliki ide dan kreasi lain terutama ketika Anda memang memiliki keterampilan untuk membuat sebuah produk makanan. Saat ini kue atau roti merupakan salah satu jajanan yang paling banyak diminati oleh warga, sebagai salah satu menu jajanan yang bisa dijadikan sebagai camilan dikala sedang santai atau sebagai mengganjal perut yang mulai lapar. Berjualan roti juga bisa menjadi ide menarik yang bisa menghasilkan uang untuk Anda yang seorang ibu rumah tangga.

10. Berjualan Minuman atau Jus

Ketika berbisnis menggunakan modal kecil, sering kali beberapa orang kebingungan untuk mencari peluang usaha yang dapat menguntungkan. Sebenarnya berjualan jus dapat memberikan keuntungan yang lumayan besar, karena memang dalam berjualan jus modal yang Anda keluarkan lumayan kecil, dimana Anda hanya perlu untuk membeli beberapa jenis buah dan blender atau mesin pembuat jus kemudian menjual jus tersebut kepada konsumen.

11. Membuka Warung Makan

Membuka warung makan bisa menjadi sebuah ide kreatif untuk Anda yang saat ini ingin berjualan sebagai salah satu cara untuk menghabiskan waktu. Karena terkadang ketika pekerjaan rumah Anda telah selesai, maka sudah tidak ada hal lain lagi yang harus Anda lakukan, saat inilah yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara untuk menghabiskan waktu ketika sedang santai dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga: 6 Kiat Sukses Membuka Bisnis Rumah Makan

12. Membuka Les Privat

Tentunya memiliki sebuah ilmu akan menjadi lebih bermanfaat, terutama ketika Anda memang dapat memberikan atau mengamalkannya kepada orang yang lebih membutuhkan. Menjadi guru les privat memang menjadi pekerjaan yang paling banyak dilakukan oleh beberapa ibu rumah tangga yang ingin mengamalkan ilmunya sambil berbisnis dengan mengajar anak-anak yang membutuhkan.

13. Membuat Pondok Mengaji

Selain menjadi guru les privat untuk beberapa jenis pelajaran sekolah, saat ini Anda juga bisa memberikan sesuatu yang lebih berguna dalam meningkatkan amal Anda. Saat ini sudah banyak sekali ibu rumah tangga yang membuat pondok mengaji, dimana banyak anak yang datang ke rumahnya untuk belajar mengaji, sehingga nantinya Anda hanya perlu menyisihkan waktu beberapa jam saja untuk mengajar ayat-ayat suci kepada anak-anak.

14. Bisnis Laundry

Semakin banyaknya jumlah penduduk yang memang merantau dari satu kota ke kota lain dengan berbagai tujuan, baik itu untuk bekerja atau mengenyam pendidikan. Saat ini bisnis laundry memang bisa sangat menguntungkan, terutama ketika Anda memiliki lokasi yang dekat dengan beberapa kontrakan atau kost an yang penuh dengan penghuni, sehingga banyak yang akan membutuhkan jasa laundry.

15. Usaha Pom Mini

Pom mini merupakan salah satu ladang untuk berbisnis yang sangat kekinian, memang saat ini usaha pom mini merupakan usaha yang mengharuskan Anda mengeluarkan modal menengah kebawah. Dimana Anda hanya diharuskan untuk membeli mesin pom mini, dengan menjalin kerjasama bersama dengan beberapa pom bensin terdekat untuk menjual kembali bensin yang telah Anda beli ke pelanggan.

16. Bisnis Salon

Salon yang saat ini menjadi tempat bagi para kaum pria dan wanita untuk mempercantik diri kemudian merubah penampilan, bisa menjadi salah satu kesempatan usaha yang memang cukup menguntungkan, karena memang saat ini banyak orang yang ingin memperbaiki penampilan dengan datang ke salon, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha salon dari mulai yang kecil-kecilan.

17. Jasa Pembuatan Parcel

Saat ini memang akan ada banya orang yang membutuhkan parcel untuk berbagai kebutuhan, beberapa diantaranya adalah untuk kado atau untuk memberikan hadiah wisuda. Saat ini Anda bisa memulai bisnis dengan membuat sebuah parcel yang bisa dijual kembali. Tentunya menjual sebuah parcel, Anda hanya membutuhkan modal yang sedikit saja, dengan potensi keuntungan yang cukup banyak.

18. Membuka Jasa Menjahit

Seorang penjahit bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar, terutama ketika memiliki banyak orderan serta konsumen yang telah menaruh kepercayaan kepada jasa tersebut. Anda hanya perlu menyisihkan waktu tertentu untuk menyelesaikan jahitan yang sudah dipesan oleh pelanggan, pastinya tanpa harus melupakan kewajiban utama Anda sebagai seorang ibu rumah tangga.

Dengan melihat potensi yang ada dari beberapa peluang bisnis untuk ibu rumah tangga, memang dapat memungkinkan Anda untuk meraih keuntungan yang besar disetiap harinya. Tentunya jika Anda sudah memiliki keuntungan yang besar dari beberapa jenis usaha diatas, jangan pernah lupa untuk selalu menjalankan kewajiban Anda sebagai seorang ibu rumah tangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here