12 Cara Merancang Itinerary Perjalanan Agar Traveling Berjalan Lancar

Hal yang sangatmenentukan agar traveling berjalan dengan lancar dan seru adalah penyusunan itinerary arau rencana perjalanan.Kenapa begitu? Karena itinerary inilah yang akan membantumu dalam menentukantujuan wisata yang jelas, penganggaran biaya, sampai penyusunan daftar kegiatanserta penjadwalannya.

Itinerary yang dirancang menentukan kelancaran traveling kamu, seru atau tidak, mengesankan atau tidak, semua tergantung itinerary yang kamu buat sebelum berangkat. Jadi buatlah itinerary sedetail mungkin. Dan berikut cara merancang itinerary perjalanan agar traveling kamu berjalan lancar:

1. TulisDaftar Destinasi Wisata di Daerah Tujuan

Merancang itineraryharus diawali dengan menentukan negara, pulau, kota dan daerah tujuan yangjelas. Sebelum kamu benar-benar merancang sebuah itinerary, sebaiknya tentukandulu daerah mana yang ingin kamu kunjungi. Setelah itu, tentukan beberapadestinasi wisata yang menarik dikunjungi.

2. LakukanRiset Destinasi Wisata

Ketika kamumempunyai beberapa opsi wisatayang ingin dikunjungi, kamu wajib melakukan riset terlebih dahulu. Cariinformasi sebanyak-banyaknya tentang daerah tujuan, hingga berbagai obyekwisata yang berada di sekitar daerah yang kamu tuju, sebelum kamubenar-benar memutuskan untuk mengunjunginya.

Saat ini, banyakinformasi berbagai destinasi wisata dalam maupun luar negeri yang tersedia diinternet. Atau kamu juga bisa bertanya kepada kenalan-kenalan kamu yang sudahpernah mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Informasi yang cukupmemudahkan kamu dalam merancang itinerary.

3. TentukanLama Waktu Liburan

Waktu yang akankamu gunakan buat liburan sangat mempengaruhi agenda liburan yang nantinya akankamu jalani.

Misalnya seperti jumlah destinasi yang akan dikunjungi, jarak tempuh perjalanan yang berimbas pada lamanya waktu yang kamu habiskan untuk perjalanan, dan berbagai agenda lainnya. Tentukan estimasi waktu untuk setiap kegiatan agar liburanmu tersistem dengan baik.

Baca Juga: 11 Tips Liburan Singkat Tapi Tetap Menyenangkan

4. CariPenginapan Strategis dan Sesuai Budget

Dalam memilihpenginapan, usahakan memilih penginapan dengan lokasi yang strategis. Artinya,penginapan strategis tersebut berada di tengah-tengah atau paling tidakberdekatan dengan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi.

Dengan begitu,kamu tidak perlu banyak membuang-buang tenaga dan waktu ketika dalam perjalanandari penginapan menuju lokasi wisata atau sebaliknya.

Nah, meskipunmemilih penginapan yang strategis, kamu juga tetap harus menyesuaikan budgetyang miliki, jangan sampai kamu memaksakan diri dengan mengambil hotel strategis tapi dengan harga yang mahal.

5. KelompokkanDestinasi Wisata Menjadi Beberapa Wilayah

Kamuharus mengelompokkan beberapa destinasi wisata yang akan kamu kunjungi.

Misalnya, kamuakan traveling selama 3 hari. Untuk hari pertama kamu akan mengunjungi wisatadi kawasan arah timur daerah tersebut.Di hari kedua kamu akan mengunjungi wisata di kawasanarah selatan daerah tersebut.

Jadi, kamu harusmengelompokkan beberapa destinasi wisata menjadi satu kelompok. Dengan begitu, kamu bisa mengunjungi tempat wisata dalamsatu arah dan tidak mutar-mutar arah perjalanan.

6. UrutkanKunjungan Wisata dengan Tepat

Kamu harus menentukan urutan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Jangan sampai kamu menjelajahi destinasi dengan rutenya bolak-balik. Sebaiknya pahami dulu rute di kawasan daerah tujuanmu.

Saat initeknologi sudah sangat canggih, kamu tidak perlu membuka peta manual, cukupbuka aplikasi Google Map. Dengan begitu, kamu bisa menemukan lokasi wisatadengan mudah.

Dan kamu jugabisa menentukan urutan yang tepat mengenaitempatwisata mana yang harus dikunjungi terlebih dahulu.

7. PertimbangkanTransportasi yang Akan Digunakan

Transportasiyang digunakan selama traveling menjadi hal pertimbangan utama dalam merancangitinerary. Baik kendaraan yang digunakan untuk berangkat ke sana, maupun kendaraanyang digunakan selama di sana. Kendaraan yang akan kamu gunakan juga sangatmempengaruhi agenda traveling.

Nah, itusebabnya di awal kamu dianjurkan untuk melakukan riset daerah tujuan wisataterlebih dahulu. Hal itu untuk mengetahui lebih detail tentang karakter daerahtersebut, baik dari segi medan, cuaca maupun transportasi.

8. PerhitungkanEstimasi Waktu Seakurat Mungkin

Kamuperlu memperhitungkan estimasi waktu yang kamu butuhkan selama traveling. Baiklamanya waktu tempuh setiap perjalanan maupun lamanya waktu untuk bermain ditempat wisata. Kamu harus memperhitungkan secara jelas berapa lama waktu yangkamu butuhkan setiap mengunjungi tempat wisata.

9. TentukanDaftar Makanan yang Ingin Kamu Cicipi

Kamuharus mempertimbangkan makanan apa yang ingin kamu cicipi selama traveling.Daftar makanan tak boleh lewat dalam rancangan itinerary, apalagi makanan khasdaerah setempat.

Dan jangan lupa,perhatikan pula beberapa tempat makan di sekitar penginapanmu. Jangan sampaikamu kelaparan gara-gara tidak menemukan tempat makan.

10. BuatlahJadwal Perjalanan

Susunlah jadwalsecara detail, mulai dari keberangkatan,pulangdan sampai di tempat tinggal. Dengan semua bahan yang sudah kamu kumpulkan,kamu mestinya dapat menyusun jadwal secara tepat.

Uraikan denganjelas setiap langkah yang akan kamu lakukan disana. Sesuaikan setiap langkahdengan estimasi waktu yang kamuhitung.

Dan sesuaikanpula jadwal yang kamu buat dengan kondisi daerah tujuan seperti medan, transportasi dan lain-lain.

11. HitungBudget yang Dibutuhkan Selama Traveling

Budget selalumenjadi hal yang paling penting dalam traveling. Merancang itinerary tak bolehlepas dari penganggaran biaya. Nah, setelah semua pertimbangan berbagaiinformsai dan agenda sudahdirancang, saatnya kamumenghitung biaya keseluruhan. Hitunglahdengan seksama agar budget liburanmu tidak kelebihan atau kekurangan.

12. BuatItinerary dari Jauh Hari

Merancangitinerary yang sempurna, tidak cukup kalau hanya dalam waktu satu atau dua hari saja. Karena seperti yangkamu tahu, banyak hal yang harus dipersiapkandalam penyusunan itinerary perjalanan. Oleh karena itu, buatlah itinerary perjalanan darijauh-jauh hari.

Jadi, dalammerancang itinerary memerlukan informasi yang cukup sebagai materi penyusunannya.Nah, cara merancang itinerary perjalanantidak cukup sekedar membuat jadwal kegiatan, namun juga ada berbagai faktoryang harus diperhatikan, seperti beberapa hal yang disebutkan di atas.

Leave a Comment