in

5 Wisata Banyuwangi yang Hits Favorit Semua Kalangan

5 Wisata Banyuwangi yang Hits Favorit Semua Kalangan

Belakangan ini, destinasi wisata di Banyuwangi mulai tersiar ke berbagai penjuru dan mulai dikenal banyak orang. Tidak hanya Wisata Watu Dodol, Taman Nasional Baluran dan Kawah Ijen saja yang populer. Wisata-wisata lain juga semakin populer di kalangan wisatawan lokal maupun manca negara,

Letaknya yang strategis karena berdekatan dengan Pulau Dewata Bali menjadi keuntungan ramainya kunjungan wisatawan. Selain itu, upaya pemerintah setempat juga menjadikan tempat-tempat wisatanya semakin menarik.

Di bawah ini, selain menjadi destinasi paling hits, juga termasuk destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Pengunjung yang datang mulai dari kalangan milenial hingga kalangan orang dewasa.

Bukan saja karena objeknya yang cocok untuk semua kalangan, namun juga harga tiketnya pun sangat ekonomis. Tak heran kalau jadi destinasi favorit. Nah, destinasi apa saja yang dimaksud ini? Berikut ini detailnya:

1. Pantai Pulau Merah

Salah satu kekayaan wisata terbesar yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi ialah adanya banyak pantai indah yang tak kalah cantik dengan pulau di sebelahnya. Pulau Merah adalah salah satu contohnya.

Pulau Merah memilik pesona pantai elok nan memukau. Bahkan pantai ini menjadi salah satu wisata primadona di Banyuwangi. Gulungan ombak yang cukup besar menampilkan kesan indah dari sisi yang berbeda.

Keunikan tempat ini ialah hadirnya sebuah pulau kecil yang berada di bibir pantai, menjadikan pantai ini nampak berbeda dari yang lainnya. Lokasinya berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Ada banyak aktivitas yang bisa dinikmati di pantai ini, seperti surfing atau hanya sekedar menikmati pemandangan. Sunset adalah momen yang paling diburu oleh wisatawan di tempat ini, karena menampilkan jingga yang memukau.

Dan satu hal yang perlu diketahui, Pantai Pulau Merah ini dijadikan tempat penyelenggaraan International Surfing Competition yang dilaksanakan setiap tahun. Event ini diikuti oleh kurang lebih 20 surfer dari berbagai negara.

2. Pantai Plengkung atau G-Land

Pantai Plengkung atau juga dikenal dengan G-Land seolah menjadi pantai yang diciptakan untuk para surfer. Sensasi gulungan ombak di pantai ini memikat hati para wisatawan yang hobi surfing.

Karakeristik ombak di pantai ini yang bergulung-gulung tinggi menjadi incaran para surfer dunia. Bahkan sebagian dari mereka menyebutkan bahwa pantai ini merupakan tempat surfing terbaik di dunia.

Letak pantai ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, jadi tak heran kalau karakteristik ombaknya besar. Selain itu, G-Land atau Pantai Plengkung memiliki garis pantai yang panjang.

Meskipun banyak diminati oleh surfer dunia, bukan berarti yang tidak memiliki hobi surfing tidak bisa menikmati pesonanya. Pantai Plengkung ini juga asyik sekalipun hanya untuk dinikmati pemandangannya saja.

Atau kamu juga melakukan aktivitas lainnya misalnya seperti memancing atau bermain-main pasir. Hanya saja, tips buat kamu yang ingin memancing disini, sebaiknya datang pada saat kondisi ombak kecil, antara Bulan November sampai Maret.

Pantai Plengkung ini berada dalam Kawasan Wisata Alas Purwo, berjarak sekitar 86 km dari pusat kota Banyuwangi. Jadi, untuk menuju ke lokasi Pantai Plengkung, kamu harus melalui pintu masuk Wisata Alas Purwo.

3. Bangsring Underwater

Apakah kamu seorang penggila snorkeling? Jika iya, Wisata Bangsring Underwater adalah rekomendasi wisata yang tepat untuk dikunjungi saat kamu ke Banyuwangi, ini tidak boleh dilewatkan.

Ekosistem bawah laut di tempat ini menyuguhkan pesona yang elok dan sangat memukau. Lokasinya berada di Kabupaten Banyuwangi bagian utara, tepatnya di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Di tempat wisata ini, kamu akan menjumpai eloknya kurang lebih 500 jenis ikan yang menari-nari di atas koral. Dan koral di tempat ini juga terbagi dua jenis, yaitu hard coral dan soft coral.

Semua spesies dan terumbu karang yang ada di Bangsring Underwater terjaga dan terawat dengan baik. Menariknya, Wisata Bangsring Underwater ini dikelola oleh nelayan setempat secara swadaya.

Bahkan, pengelolaan wisata ini mendapatkan Penghargaan Kalpataru dari pemerintah pusat. Hebat bukan? Jadi, kalau kamu berwisata ke tempat ini, jangan sampai mengganggu atau bahkan merusak ekosistemnya.

Jadi, bagi kamu yang mempunyai hobi snorkeling, Wisata Bangsring Underwater harus masuk dalam list kunjunganmu. Bagi yang tidak hobi snorkeling juga tak akan menyesal karena pesonanya akan tetap memancar dalam jernihnya perairannya.

4. Pantai Teluk Hijau

Sesuai dengan namanya, wisata di Banyuwangi yang satu ini memang didominasi dengan warna hijau. Saat kamu menginjakkan kaki di pantai ini, kamu akan menemukan pantai feminim bernuansa hijau.

Sejauh mata memandang, warna hijau akan selalu berkelebat di mata saat kamu berada di pantai ini. Bahkan perairan di pantai ini pun nampak berwarna hijau, karena perairannya yang dangkal dan kaya dengan alga.

Permukaan air pantainya yang berwarna hijau berkolaborasi dengan hamparan pasir putih membentuk perpaduan yang elok. Perbaduan ini menjadikan pemandangan indah dan nampak segar di mata, sungguh mengagumkan.

Pantai yang juga disebut Green Bay ini memiliki karakteristik ombak yang relatif tenang, cocok dijadikan destinasi untuk bersantai. Hamparan pasirnya pun juga putih, bersih, dan teksturnya lebih halus dibanding pantai lain di sekitarnya.

Di sekitar pantai juga ditumbuhi hutan rindang, mendukung nuansa hijau pantai ini. Hutan ini masih terjaga kealamiannya, tak heran kalau di pantai ini banyak berkeliaran hewan-hewan seperti monyet.

Dan satu hal lagi yang menjadikan spot menarik di Pantai Teluk Hijau ini, yaitu adanya air terjun yang langsung bermuara ke pantai. Konon, pernah ada bidadari yang singgah di air terjun ini untuk mandi.

5. De Djawatan Perhutani Benculuk

Jika semua destinasi yang disebutkan di atas berupa wisata bahari, maka beda dengan yang satu ini. Wisata ini menampilkan keelokan pemandangan hutan yang sebenarnya bukan hutan asli.

Tempat wisata yang satu ini memang menjadi destinasi favorit kalangan milenial karena spotnya yang kece. Pemandangan hutan yang elok menampilkan spot mempesona bak dunia fantasi.

Pesono unik De Djawatan Perhutani yaitu tampilan spot berupa pepohonan yang dihiasi dengan paku-pakuan menjuntai diantara cabang-cabangnya. Spot ini akan membuat pengunjung merasa berada di dunia fantasi.

Selain untuk menikmati pesona keindahannya, di De Djawatan Perhutani juga bisa menikmati berbagai aktifitas seru lainnya. Kamu bisa bisa menikmati permainan arung jeram, flying fox, tubing atau berupa aktifitas santai seperti memancing dan lainnya.

Lokasi De Djawatan Perhutani terletak di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan rute untuk menuju lokasi ini pun tidak sulit, karena letaknya tak jauh dari jalan raya.

Satu lagi alasan mengapa tempat wisata ini menjadi pilihan favorit para wisatawan, karena fasilitas De Djawatan terbilang lengkap. Mulai dari toilet, hingga lapangan bola dan tennis. Bahkan untuk akomodasi pun juga tersedia.

-Rz

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *