9 Tips Solo Backpacker Khusus Buat Cewek agar Tetap Aman

Solo Backpacker Khusus Buat Cewek

Tren traveling semakin kesini juga semakin mengalir kepada arah tren traveling sendirian, atau juga kerap disebut dengan solo backpacker atau solo traveling. Tak heran, jika kini tren tersebut juga semakin nampak di masa sekarang ini. Selain tidak ribet, solo backpacker juga memiliki nilai keistimewaan tersendiri bagi traveller.

Namun, yang menjadi topik utama pada artikel kali ini, apakah hanya cowok yang bisa solo backpacker? Gimana dengan yang cewek? apakah masih banyak kesempatan? Nah, kamu tidak perlu lagi bertanya tentang itu, karena saat ini sudah banyak backpacker cewek yang mengispirasi dengan pengalaman travelingnya.

Solo backpacker bagi cewek sudah bukan lagi menjadi hal yang tabuh. Jadi, bagi para perempuan yang ingin mencoba solo backpacker, tidak perlu lagi merasa was-was karena memang saat ini sudah menjadi hal yang biasa. Akan tetapi, kamu tetap harus hati-hati dan lakukan beberapa tips solo backepacker khusus buat cewek seperti di bawah ini:

1. Kumpulkan Informasi Terkait

Sebagai seorang perempuan, hal pertama yang harus kamu lakukan ketika solo backpacker sendirian yaitu kamu harus mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Kamu harus menentukan dulu tujuan tempat yang ingin kamu kunjungi. Baru setelah itu kamu mulai mengumpulkan segala informasinya.

Informasi terkait hal itu, kamu harus memastikan tentang transportasi, akomodasi, dan makanannya, juga beberapa hal lain terkait obyek destinasi yang ingin kamu kunjungi. Segala halnya perlu kamu cari tahu kejelasannya. Agar nantinya hal-hal itu bisa berjalan lancar tanpa harus membuatmu repot ketika menjalaninya.

2. Pahami Karakter Destinasi yang Ingin Dikunjungi

Ini merupakan hal yang paling penting untuk kamu perhatikan sebagai seorang cewek ketika ingin backpacker sendirian. Karakter dari sebuah destinasi tidak hanya mempengaruhi kepuasan dalam berlibur, namun juga berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan kamu selama di sana.

Ketika kamu mencari informasi mengenai destinasi yang akan kamu kunjungi, pastikan bahwa kawasan daerah tersebut aman untuk kamu. Perhatikan pula bagaimana kondisi alam sekitar, karena dengan begitu kamu dapat mempersiapkan apa yang akan kamu butuhkan untuk menghadapi kondisi alam di sana.

3. Minta Ijin kepada Orang Tua

Hal yang satu ini merupakan hal yang penting, bahkan amat sangat penting untuk dilakukan, walaupun tak jarang banyak yang mengabaikannya. Yah, kamu pasti tahu bahwa backpacker sendirian akan menanggung beban yang berat dibandingkan pergi ramai-ramai. Apalagi kamu seorang cewek, tentu akan lebih berat lagi.

Nah, untuk hal ini, pastikan kamu sudah mendapatkan restu dari kedua orang tua. Kemungkinan besar mereka akan memberikan penolakan di awal, akan tetapi kamu tetap mampu meyakinkan mereka jika kamu punya data yang matang untuk kamu informasikan kepada orang tuamu mengenai rencana tersebut.

4. Usahakan Selalu Sopan dan Ramah

Meskipun kamu cewek dan backpeacker sendirian, itu bukan berarti kamu harus tertutup dengan semua orang yang kamu temui saat traveling. Waspada itu penting, namun tetap saja kamu harus dapat terbuka dengan orang lain. Yang dimaksud terbuka yaitu kamu wajib bersikap sopan dan ramah serta mudah berbaur terhadap siapapun yang kamu temui.

Bahkan hal ini yang akan memberimu rasa aman, karena dengan sikap sopan dan ramah orang lain juga akan menyambutmu dengan sikap yang hangat. Sikap-sikap hangat mereka yang akan membuatmu merasa nyaman. Karena bagaimanapun, solo backpacker merupakan saat yang paling pas untuk menguji sosialitas kamu.

5, Berpakaian yang Sopan

Hal yang tidak diinginkan ketika sedang di tempat umum bisa saja terjadi. Siapapun tidak dapat memperkirakannya, akan tetapi kita bisa berusaha untuk mencegahnya. Salah satu cara untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ketika seorang cewek solo backpacker ialah menggunakan pakaian yang sopan.

Memang tidak ada larang untuk memakai pakaian yang minim, akan tetapi akan jauh lebih baik bagi kamu yang solo backpacker untuk menggunakan pakaian yang sopan. Dengan melihat pakaianmu yang sopan, orang lain akan lebih menghargaimu. Bagaimanapun, ketika backpacker sendirian, kamu yang bertanggung jawab atas dirimu sendiri.

Baca Juga: 12 Tips Traveling Untuk Perempuan Supaya Tetap Aman dan Nyaman

6. Jangan Tampilkan Hal Mencolok

Sebagai seorang cewek, resiko untuk menjadi sasaran kejahatan memang lebih besar dibandingkan dengan cowok. Mungkin karena cewek dianggap lebih lemah secara fisik dibandingkan dengan cowok. Walaupun itu tidak menutup kemungkinan bahwa cowok juga bisa rentan terhadap kriminal.

Nah, demi keamanan kamu, sebaiknya berpenampilanlah dengan sederhana tanpa ada hal yang mencolok. Jika perlu, berpakaianlah seperti pakaian lokal, agar turis kamu tidak nampak. Juga jangan pernah memakai perhiasan, apalagi sampai berlebihan. Hal ini tentunya banyak mengundang resiko bagi keamanan kamu.

7. Selalu Positive Thingking

Rasa khawatir dan was-was memang pasti hadir ketika kamu hendak backpacker sendirian. Kamu boleh saja waspada terhadap apapun yang bisa saja terjadi, namun itu bukan berarti kamu selalu negative thingking ya. Karena bagaimanapun, tidak semua orang didunia ini mempunyai niat untuk berbuat jahat.

Kamu harus tetap positive thingking terhadap apapun yang ada di sekililingmu. Dengan begitu, pikiran kamu akan jauh lebih tenang. Kamu juga akan menjadi lebih menikmati setiap momen yang kamu dapatkan di traveling kamu. Jadi, jangan menghabiskan waktu liburanmu untuk berpikiran negatif.

8. Usahakan untuk Tidak Mudah Panik

Terlepas dari semua hal yang dijelaskan di atas, bisa jadi kamu akan menghadapi sesuatu yang tidak diharapkan selama backpacker. Ketika kamu menghadapi apapun yang tidak seperti bayanganmu, jangan pernah bersikap panik. Tenangkan saja perasaanmu agar semuanya dapat dikondisikan secara baik.

Mengapa begitu? Karena ketika kamu backpacker sendirian, itu artinya tidak ada orang lain yang bisa kamu andalkan. Kamu harus mampu mengurus semuanya sendiri. Nah, bagaimana bisa kamu mengurus semuanya jika kamu sangat panik dan tidak tenang menghadapinya. Untuk itu, calm down! Semuanya pasti akan teratasi.

9. Membatasi dalam Memberikan Informasi Pribadi

Satu hal lagi tips terakhir yang harus kamu lakukan ketika kamu mau backpacker sendirian, yaitu membatasi untuk memberikan informasi pribadi kepada orang yang baru kamu temui. Berkenalan dan berbaur dengan orang-orang di sekitarmu memang penting, apalagi dengan masyarakat sekitar. Akan tetapi, kamu tetap harus waspada.

Untuk itu, jangan pernah memberikan informasi yang detail tentang pribadimu. Misalnya ada orang yang menanyakan penginapanmu, maka jawab saja dengan menyebut nama daerahnya saja. Jangan memberikan informasi yang lebih detail dari hal itu seperti menyebut nama hotel, apalagi kamarnya. Itu sangat tidak aman untuk kamu lakukan.

Jadi, kini backpacker sendirian bukanlah hal yang perlu ditakutkan atau dibatasi bagi cewek. Meskipun kamu seorang cewek, semuanya akan tetap dapat kamu lakukan, asalkan kamu mengerti beberapa halnya. Yah, setidaknya kamu mencoba beberapa tips solo backpacker di atas agar bisa memberimu saran yang tepat untuk membantu memperlancar acara travelingmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here