in

13 Tips Traveling di Alam Bebas yang Aman dan Berkesan

Ada banyak opsi yang bisa kamu pilih sebagai tujuan destinasi traveling. Ada yang untuk sekedar bersantai, ada yang bisa sekalian olahraga, ada pula yang menantang, tergantung tipe mana yang kamu suka. Nah, salah satu opsi favorit traveller ialah mengeksplor alam bebas.

Banyak yang hobi melakukan traveling di alam bebas atau alam terbuka. Keindahan alam selalu memukau dengan pesonanya dan bisa memberikan pengalaman yang luar biasa  Untuk mengeksplor keindahan alam terbuka, kamu harus melakukan beberapa tips agar wisatamu berjalan aman, nyaman dan berkesan. Berikut ini tips traveling di alam bebas.

1. Riset Tempat yang Ingin Dikunjungi

Keindahan alam memang selalu nampak mempesona bagi siapapun yang memandangnya. Namun, di balik semua keindahan itu, tentu ada beberapa hal yang harus kamu bayar. Beberapa diantaranya seperti kondisi cuaca dan iklim, medan yang cukup menantang, dan budaya setempat yang harus dihormati.

Untuk mengatasi semua kesulitan itu, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan riset melalui internet, maupun bertanya kepada beberapa kenalan yang sudah berpengalaman atau setidaknya pernah mengunjungi tempat tersebut. Dengan begitu, kamu sudah mempersiapkan segala kemungkinan secara matang.

2. Siapkan Fisik dan Mental Sebelum Berangkat

Mau traveling di hutan, gunung, laut, bukit atau dimana pun, traveling di alam bebas membutuhkan persiapan yang matang, baik secara fisik maupun mental.

Sebelum kamu berangkat, kamu harus memastikan kondisi kesehatanmu dalam keadaan prima. Karena kesehatan fisik sangat mempengaruhi mental, begitu juga sebaliknya.

Jadi, sebelum kamu berangkat, pastikan bahwa kamu sehat secara fisik dan mental. Jika kamu ingin traveling dengan cukup berat seperti mendaki gunung dan lainnya, sebaiknya lakukan latihan fisik secara rutin beberapa hari sebelumnya, agar acara travelingmu bisa lancar tanpa adanya masalah kondisi tubuh.

Baca Juga: Tersesat Saat Mendaki Gunung? Ikuti 11 Tips Ini!

3. Bawa Pakaian Secukupnya

Traveling di alam bebas, biasanya akan sulit menemukan toko yang menjual pakaian dan sebagainya. Untuk itu, jika kamu berniat bermalam di tempat tersebut, kamu harus memastikan bahwa pakaian yang kamu bawa cukup.

Akan tetapi, karena minimnnya ruang kosong untuk barang bawaan, sebaiknya jangan terlalu banyak membawa pakaian. Bawa saja secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

4. Jangan Lupa Bawa Jaket

Selain pakaian ganti, satu pakaian yang tidak boleh kamu tinggalkan, yaitu jaket. Kondisi alam memang seringkali berubah-ubah seketika. Dari cuaca yang tadinya hangat, kemudian berubah dingin. Jaket ini untuk mengantisipasi dengan adanya cuaca yang seringkali berubah-ubah tidak menentu.

Apalagi kamu akan menjelajah alam seperti di pegunungan, puncak atau di hutan, pastinya harus membawa jaket tebal. Kamu pasti tidak mau kan kalau harus menghentikan perjalanan karena terserang dingin di tengah di perjalanan?

Nah, agar kamu dapat mengekplor alam dengan lancar, pastikan jaket ada pada daftar barang yang kamu bawa.

5. Bawa Bekal yang Cukup

Salah satu hal penting yang tidak boleh kamu tinggalkan saat liburan di alam bebas adalah membawa bekal. Ketika kamu berada di alam bebas, kamu akan kesulitan menemukan makanan. Beda halnya ketika kamu liburan di kota atau tempat wisata yang memang ramai penjual makanan.

Jadi, sebelum kamu berangkat, pastikan bahwa kamu membawa bekal yang cukup. Perhitungkan berapa lama kamu akan berpetualang di sana dengan perbekalan yang akan kamu bawa.

6. Bawa Kompor Portable Jika Memungkinkan

Salah satu hal yang akan menambah keseruan saat berlibur di alam bebas ialah memasak makanan sendiri. Boleh saja kamu membawa makan siap saji, akan tetapi akan lebih seru kalau kamu dan tim memasaknya sendiri. Atau sekedar memasak air untuk menyeduh kopi.

Nah, kompor portable merupakan barang mungkin menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan itu. Jadi, kamu hanya perlu menyediakan bahan mentah yang simpel dibawa, seperti mie instan. cabe bubuk, minyak goreng, dan lain-lain. Dijamin kamu akan mendapatkan kesan traveling yang luar biasa.

7. Bawa Obat-obatan dan Lotion Anti Nyamuk

Kebanyakan, orang yang pernah menjalani liburan di alam bebas mungkin akan kesal dengan adanya serangga dan nyamuk. Untuk mengatasi masalah itu, bawalah lotion anti nyamuk dan serangga.

Selain itu, jangan lupa bawa obat-obatan pribadi yang umum, misalnya obat deman. Sekalipun kamu tidak membutuhkannya, siapa tau teman kamu membutuhkannya.

8. Bawa Tenda dan Sleeping Bag

Traveling di alam bebas indentik dengan berkemah. Belum afdol rasanya mengeksplor keindahan alam kalo tidak berkemah. Untuk itu, bawalah sleeping bag, atau jika traveling bersama teman-teman, kamu bisa membawa tenda. Bawalah tenda sesuai kapasitas jumlah anggota tim saja, agar tidak menyulitkan kalian membawanya.

9. Bawa Alat Penerangan

Jika benar kamu memutuskan untuk berkemah di alam bebas, pastikan kamu membawa alat penerangan. Ketika berada di alam bebas dan terbuka, kamu memang bisa membuat api unggun sebagai penerangan. Akan tetapi, kamu tetap harus membawa lampu senter, pastinya benda ini akan sangat dibutuhkan ketika malam.

10. Jangan Lupa Bawa Kamera

Untuk sekarang ini, traveling kemanapun, baik di alam bebas maupun tidak, kamera menjadi salah satu barang yang mesti dibawa. Patinya kamu tidak mau kan kehilangan momen-momen indah dan berkesan saat mengeksplor alam? Sangat disayangkan jika momen itu tidak kamu abadikan dalam bentuk potret yang indah.

11. Gunakan Pemandu

Traveling di alam bebas akan selalu memiliki tantangan yang berkesan di setiap perjalanannya, baik medan yang sulit maupun rutenya yang rumit.

Nah, jika kamu masih baru pertama kali mengunjungi tempat itu, ada baiknya kamu gunakan pemandu wisata. Pilihlah pemandu yang benar-benar paham kondisi daerah tersebut agar acara travelingmu menjadi lebih aman.

12. Jangan Bertingkah Sembarangan

Hal yang paling diwanti-wanti namun seringkali diabaikan oleh traveller saat mengeksplor alam bebas ialah mengenai sikap.

Seringkali mereka bertingkah sembarangan ketika berada di suatu daerah asing. Karena semua daerah tentu memiliki tradisi dan kearifan lokal yang berbeda-beda.

Sekalipun kearifan lokal yang mereka lestarikan berbeda dengan pemahaman kamu, jangan pernah meremehkannya. Tetaplah menghormati dan bersikap ramah terhadap penduduk setempat. Kemudian taati setiap peraturan yang berlaku di daerah tersebut.

13. Nikmati Setiap Keindahan dan Tantangan

Terkahir, kamu harus bisa menikmati wisata alam kali ini. Sesulit apapun rintangan yang kamu hadapi, nikmati saja semuanya.

Nikmati setiap keindahan alam sekitar, dan jangan banyak mengeluh karena rintangan yang kamu hadapi. Karena sejatinya rintangan tersebutlah yang akan memberikan kesan, kenangan dan kepuasan tersendiri.

Jadi, itulah beberapa tips traveling di alam bebas yang penting untuk kamu perhatikan sebelum kamu berangkat. Pastikan bahwa semua tips di atas kamu pelajari, atau setidaknya sesuaikan dengan kondisimu saat itu. Dan persiapkan semuanya dengan matang, baik fisik, mental maupun peralatan.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *