10 Cara Menghemat Biaya Liburan agar Tidak Kehabisan Uang di Jalan

cara-menghemat-biaya-liburan

Jika ditanya siapa yang suka jalan-jalan, maka dapat dipastikan semua akan menjawab “Saya”. Jalan-jalan atau traveling ke beberapa daerah merupakan hobi yang paling banyak digemari semua orang. Selain berfungsi sebagai cara untuk menghilangkan perasaan sumpek dan penat akibat aktivitas sehari-hari, liburan juga merupakan salah satu cara untuk menambah pengalaman.

Di luar manfaat dan kesenangan yang didapat, tetap saja ada hal yang terkadang terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, salah satunya ialah kehabisan biaya. Banyak traveler kurang merencanakan pengeluaran saat berlibur, dan pada akhirnya menyusahkan dirinya sendiri. Nah untuk mengatasi masalah ini, berikut ini adalah cara menghemat biaya liburan supaya anda tidak kehabisan uang di perjalanan. Berikut ini tipsnya:

1. Atur Rencana dari Jauh Hari

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum beranjak pergi jalan-jalan adalah kamu harus merencanakannya secara matang. Perencanaan ini berupa booking tiket, penginapan serta pilihan destinasi yang ingin kamu kunjungi. Mengapa hal ini diletakkan pada urutan pertama pada tips kali ini? Karena hal ini yang menjadi dasar managemen keuangan saat kamu berlibur.

Dengan menentukan rencana seperti ini, kamu akan dapat mempersiapkan dana secara tepat. Dalam perencanaan ini, usahakan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai daerah tujuan yang ingin kamu kunjungi. Kemudian pilihlah beberapa destinasi yang gratis atau murah. Ini akan membantu penghematan biaya dalam acara traveling kamu.

2. Carilah Traveling Gratis

Saat ini sedang terjadi tren mencari traveling gratisan. Bagi kamu yang minim biaya untuk pergi traveling, kamu dapat mencari traveling gratis. Gimana caranya? Ada banyak cara untuk mendapatkan traveling gratis, di antaranya sponsor endorse, volunteer, ikut kuis, pertukaran pelajar, dan masih banyak lainnya.

Nah, dengan mendapatkan traveling gratis berbagai jenis itu, kamu bisa sedikit menghemat biaya rencana liburan. Ini juga termasuk salah satu cara untuk memanage biaya traveling agar lebih hemat. Bukankah lumayan jika mendapatkan biaya liburan gratis, sekalipun hanya dengan gratis untuk tiketnya saja, tapi ini sudah cukup membuat beban biaya liburan menjadi berkurang.

3. Belilah Tiket pada Saat Ada Promo

Jika kamu tidak bisa mendapatkan traveling gratis, kamu tetap bisa menghemat dengan cara membeli tiket pada saat promo berlangsung. Untuk beberapa waktu dan tujuan, biasanya perusahaan penerbangan menawarkan harga promo. Nah, kamu harus up to date untuk mengorek informasi terkait promo tiket ini.

Baca Juga: 13 Cara Memilih Tiket Pesawat dengan Harga Murah

4. Pilihlah Waktu Traveling yang Tepat

Selain berburu tiket promo, kamu juga harus up to date tentang beberapa destinasi yang menyediakan promo di hari-hari tertentu. Biasanya ada beberapa destinasi wisata yang pada hari-hari tertentu menawarkan berbagai promo. Jadi, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan traveling ini.

5. Carilah Tempat Penginapan Murah

Tips selanjutnya dalam memanage biaya traveling, sebaiknya kamu cari tempat penginapan yang murah meriah. Jika kamu memang niat mencarinya, kamu akan mendapatkan tempat penginapan yang cukup murah namun tetap menjaga kenyamanan dan kebersihan, contohnya hostel atau hotel kapsul.

Di hostel atau hotel kapsul ini kamu akan tetap menemukan kenyamanan dalam beristirahat namun dengan harga yang sangat terjangkau. Dalam memilih hostel, tidak ada salahnya jika kamu mencari hostel yang instagrameble, dengan begitu kamu akan merasakan liburan kali ini lebih bermakna dan menyenangkan.

Terkait dengan penginapan, pada umumnya travelers melakukan booking penginapan secara online dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Hal ini dapat kamu lakukan untuk mendapatkan opsi penginapan yang bagus namun dengan harga yang murah. Jadi tips ini juga merupakan alternatif dalam menghemat biaya traveling kamu.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Hotel Untuk Liburan yang Nyaman dan Terbaik

6. Bawalah Uang Secukupnya

Yang dimaksud dengan membawa uang secukupnya ialah membawa uang yang hanya dialokasikan untuk biaya traveling saja, mulai dari transportasi, penginapan, dan biaya yang lain-lain. Untuk anggaran dana tak terduga harus tetap kamu sediakan, bahkan itu wajib untuk memenuhi beberapa hal yang darurat atau membutuhkan biaya tambahan yang tak ada dalam anggaran.

Akan tetapi, membawa dana selain dana yang dianggarkan untuk biaya traveling itu merupakan hal tidak baik. Hal tersebut menjadi peluang untuk kamu menghabiskan dana tersebut. Jadi, jangan pernah membawa dana selain anggaran untuk biaya liburan. Dengan begitu, kamu akan lebih terkontrol ketika kamu berbelanja.

7. Lakukan Penukaran Mata Uang Sebelum Berangkat

Jika kamu berniat liburan ke luar negeri, sebaiknya lakukan penukaran uang dengan mata uang negara tujuan tersebut sebelum berangkat. Mengapa? Karena di Indonesia, membeli mata uang negara asing harganya lebih murah dibandingkan dengan melakukan penukaran uang di negara yang menjadi tujuan traveling-mu.

Selain harga yang lebih murah, dengan melakukan penukaran di Indonesia, kamu akan dapat membatasi uang yang akan kamu bawa untuk traveling. Seperti yang dijelaskan pada tips sebelumnya bahwa membatasi pembawaan uang traveling akan mambantu kamu dalam mengontrol keuangan agar tidak boros.

8. Jangan Kalap Ketika Berbelanja

Ini adalah penyebab utama dan paling sering dialami oleh para traveler ketika berada pada masa-masa liburan. Seringkali mereka lupa diri ketika sedang berada di tempat perbelanjaan sehingga kalap untuk membeli semua barang yang disukai tanpa mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan.

Terkadang hal ini juga disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor lingkungan yang menampilkan tawaran menggiurkan maupun faktor ajakan teman. Oleh karena itu, jika kamu berada pada kondisi seperti ini, segera ingat tentang semua perhitungan anggaran traveling-mu. Kamu harus bisa menolak ajakan teman demi memanage biaya dengan baik.

9. Jangan Sungkan Melakukan Penawaran Ketika Berbelanja

Melakukan tawar-menawar ketika berada di tempat perbelanjaan suatu tempat wisata merupakan hal yang lumrah. Ini merupakan hal yang biasa dilakukan hampir semua travelers ketika berada di sebuah tempat wisata. Jadi jangan pernah merasa sungkan untuk melakukan tawar menawar demi mendapatkan harga yang murah.

Sebelum melakukan tawar menawar ini, usahakan kamu melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada penjual. Suguhkan senyuman dan kata-kata yang sopan serta ramah. Kemudian, setelah dirasa cukup akrab, lakukan penawaran secara sopan. Dengan begitu, peluang kamu untuk berhasil menawar akan besar.

10. Catatlah Biaya yang Telah Dikeluarkan

Ketika kamu berada pada masa traveling, catatlah semua pengeluaran biaya. Hal ini bertujuan untuk memantau stabilitas keuangan kamu. Jika kamu sudah mencatatnya, periksa secara berkala tentang kondisi keuangan dengan menyesuaikan kebutuhan kamu selanjutnya.

Jangan pernah merasa malas untuk mencatat setiap biaya yang kamu keluarkan, karena ini sangat penting untuk kamu lakukan agar semua pengeluaran sesuai dengan anggaran. Jika tidak demikian, maka hal ini bisa menyebabkan hal yang fatal untuk keuangan kamu. Bisa jadi kamu akan kehabisan biaya saat berada di daerah orang lain.

Nah, itulah beberapa tips menghemat biaya saat traveling agar tidak boros dan membekakkan pendaan. Jika kamu menerapkan beberapa tips di atas secara bijak, maka dijamin deh.. kamu akan bisa traveling secara lancar dan sesuai dengan rencana. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan uang atau pusing setelah melakukan traveling dengan biaya yang telah kamu habiskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here