14 Cara Mengatasi Insomnia Untuk Kualitas dan Kuantitas Tidur Lebih Baik

cara-mengatasi-insomnia

Insomnia merupakan sebuah gangguan tidur dimana para penderitanya mudah sekali untuk terlelap sekalipun dalam keadaan terpejam. Dapat dikatakan bahwa insomnia adalah penyakit yang sangat mengganggu, sebab aktivitas sehari-hari juga dapat terpengaruh karena kamu kurang tidur pada malam harinya. Apalagi tidur merupakan aktivitas yang sangat penting untuk tubuh dan membantu memperbaiki sel-sel rusak agar kembali pulih.

Kurang tidur dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk tubuh kita. Karena inilah banyak orang yang merasa putus asa dengan masalah insomnia yang sedang dihadapinya. Namun tak perlu khawatir, karena insomnia bisa kita cegah dan atasi. Berikut ini cara mengatasi insomnia agar tidak terus mengganggu hidup kita.

1. Tidur ketika lelah

Tidur ketika kamu benar-benar merasa lelah dapat membantu mengatasi insomnia dengan baik. Ada baiknya kamu harus berbaring dikasur ketika sudah merasa lelah dan tidak lagi memiliki banyak tenaga. Kondisi fisik yang lelah itu dapat membuat kamu tidur lebih cepat. Namun pastikan juga untuk tidak membawa barang apapun ketika kamu sudah berada di atas kasur, apalagi untuk gadget pastikan untuk meninggalkannya sejenak.

Ketika kamu terbangun di malam hari. maka tinggalkan ruangan tempat tidur kamu dan lakukan aktivitas yang lainnya. Kemudian kembalilah ke tempat tidur ketika kamu sudah merasa lelah dan mengantuk kembali. Namun pastikan tetap menjaga waktu tidur yang konsisten agar insomnia dapat teratasi dengan sangat baik.

2. Terapkan jam tidur teratur

Agar insomnia dapat dihilangkan dengan cepat, ada baiknya kamu harus melakukan hal-hal yang rutin, misalnya saja dengan menerapkan jam tidur yang teratur. Pergi dan bangun tidur di jam yang sama setiap harinya agar tubuh kamu mulai terbiasa dengan hal tersebut, sehingga waktu tidur akan membuat kamu lebih nyenyak lagi saat tidur.

Kamu harus menentukan jam yang tepat dimana tubuh kamu sudah merasa sangat lelah dengan aktivitas sehari-hari dan kamu sudah mulai mengantuk.

Biasanya untuk orang dewasa jam-jam yang membuat tubuhnya merasa lelah ada di pukul 22.00  atau 23.00 malam. Jika pada jam-jam tersebut, maka pastikan esok kamu juga tidur pada jam yang sama. Cobalah lakukan setiap hari agar waktu tidur kamu menjadi lebih mudah.

3. Meditasi

Cara untuk membantu mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan meditasi. Terdengar sepele namun ternyata meditasi juga sangat berguna untuk menghilangkan insomnia. Meditasi akan membantu kamu untuk mengistirahatkan otak agar tidur kamu menjadi lebih nyenak setelah melakukan aktivitas yang panjang dalam satu hari.

Ada banyak cara untuk melakukan meditasi, namun gunakanlah cara yang sederhana dimana kamu tidak akan repot menggunakan cara yang satu ini. Cukup dengan mengatur penafasan akan membuat tubuh kamu menjadi lebih santai dan juga tetap fokus berkonsentrasi ketika tidur. Cara ini dapat dilakukan ketika kamu sudah merasa lelah dan hendak ingin tidur.

4. Rutin olahraga

Selain meditasi ternyata rutin berolahrga juga dapat membantu mengatasi insomnia dengan cepat. Ketika kamu rutin berolahraga maka kartisol yang membuat pola tidur terganggu akan terlepaskan. Cara untuk mengatasi insomnia cukup dengan melakukan olahraga di pagi hari seperti peregangan, yoga, atau hanya berjalan kaki.

Tetapi kamu juga dapat melakukan pemijatan agar peredaran darah kamu menjadi lancar dan membuat kamu lebih tenang. Jika ingin melakukan olahraga pada malam hari, maka lakukanlah 3 jam sebelum kamu menuju jam tidur. Agar setelah itu, tidur kamu akan menjadi nyenyak lagi dan tidak akan membuat kamu terbangun di tengah malam.

5. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur

Insomnia bukan hanya tentang kebiasaan kamu saja, tetapi juga termasuk pikiran kamu tentang fungsi dari tempat tidur. Jika kamu terbiasa melakukan banyak hal di tempat tidur maka tubuh kamu juga akan mengembangkan kebiasaan dan akan mengarah pada insomnia.

Ketika kamu sudah tidur dan terbangun di malam hari, maka pastikan untuk bangun dari tempat tidur paling tidak sekitar 20 menit. Pastikan pikiran kamu menerima bahwa tempat tidur itu adalah tempat untuk bangun dan tidur saja.

6. Mandi air hangat

Ada beberapa kebiasaan yang akan membantu mencegah insomnia datang. Salah satu kebiasaan tersebut adalah mandi dengan air hangat. Sebenarnya sudah banyak yang tahu bahwa mandi air hangat adalah cara alami untuk mengatasi insomnia, kamu bisa mandi air hangat terlebih dahulu sebelum tidur.

Setelah mandi dengan air hangat, tubuh kamu akan menjadi lebih rileks dan membuat kamu cepat mengantuk. Kebiasaan ini dapat kamu lakukan jika kamu merasa kesulitan untuk tidur dan tidak merasa mengantuk di malam hari.

7. Singkirkan gadget dan ponsel ketika akan tidur

Gadget atau ponsel merupakan salah satu faktor yang membuat insomnia menjadi semakin betah bertahan terjaga di malam hari. Kebiasaan buruk memegang ponsel atau gadget ketika akan tidur akan semakin memperparah insomnia. Cahaya yang dipancarkan oleh ponsel kamu akan bersifat merangsang otak dan membuat kamu menjadi susah untuk terlelap.

Bukan hanya itu saja, tetapi apa yang sudah kamu kerjakan pada ponsel membuat kamu ketagihan dan lebih memilih untuk terus bermain ponsel dibandingkan harus tidur. Jadi pastikan untuk tidak memegang ponsel atau gadget ketika mendekati waktu tidur.

8. Matikan lampu

Salah satu kebiasaan yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengatasi insomnia lainnya adalah dengan mematikan lampu dan mematikan semua sumber cahaya. Bahkan cahaya biru dari ponsel, jam digital, dan tablet, dari dekat tempat tidur. Coba saja matikan semua sumber cahaya tersebut agar membuat tidur kamu menjadi lebih cepat dan lebih nyenyak.

Tanpa adanya cahaya, tubuh kamu akan lebih rileks dan otak akan bekerja dengan tenang. Tubuh kamu akan mudah untuk diajak isitirahat lebih cepat dibandingkan dengan menghidupkan cahaya ketika akan tidur. Cara ini boleh dicoba ketika akan tidur, lakukan kebiasaan ini setiap hari agar tubuh menjadi terbiasa.

Baca Juga: Susah Tidur ? 9 Cara Mengatasi Sering Susah Tidur Malam (Insomnia)

9. Letakkan bantal pada kaki

Cara yang satu ini memang tidak selalu berhasil pada semua orang, namun kamu dapat mencoba untuk melakukannya. Letakkan bantal pada kaki kamu agar tidur menjadi lebih nyenyak. Tahukah kamu bahwa insomnia datang bisa dari punggung yang terasa nyeri. Punggung kamu dapat memberikan rasa kurang nyaman saat sakit sehingga mengganggu ketenangan tidur.

Memberikan bantal pada kaki akan membantu menyelaraskan pinggul agar lebih nyaman lagi. Jika kamu tidur dengan terlentang, maka selipkan bantal pada bagian bawah lutut anda. Jika sudah merasa nyaman dan punggung sudah tidak lagi sakit, maka mudah sekali untuk tidur dengan nyenyak.

10. Makan lebih awal

Mengatasi insomnia juga dapat dari pola makan agar membuat tubuh lebih cepat mengantuk. Pastikan untuk tidak makan makanan yang berat 3 jam sebelum waktu tidur. Jika kamu makan lebih lama dari itu, maka tubuh kamu akan kesulitan untuk tidur. Seperti yang sudah diketahui makan lebih awal dapat merasangsang tubuh untuk cepat mengantuk.

Selain itu hindari mengkonsumsi alkohol terlalu banyak, sebab hal tersebut memberikan kadar gula yang banyak dalam tubuh. Kadar gula terlalu banyak akan membuat kualitas yang buruk pada tubuh anda, apalagi pada bagian jantung dan hati. kamu akan susah untuk mengantuk dan tidur ketika mengkonsumsi alkohol yang berlebihan. Kebiasan buruk ini harus cepat untuk ditinggalkan.

11. Mengkonsumsi kiwi

Selain mencoba menerapkan beberapa kebiasaan yang dapat merangsang untuk lebih cepat tidur, kamu juga bisa mencoba mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat membuat lebih cepat untuk tidur. Banyak jenis makanan yang akan membantu kamu untuk cepat tidur, salah satunya adalah buah kiwi. Buah kiwi memiliki kandungan melntonin yang sangat banyak sehingga akan membuat kualitas tidur menjadi lebih nyenyak.

Kamu bisa mengkonsumsi satu atau dua buah kiwi ketika akan tidur dalam kurun waktu empat minggu untuk membantu kualitas dan kuantitas tidur menjadi lebih bagus lagi. Cara ini cukup ampuh untuk dilakukan untuk menghilangkan insomnia.

12. Minum susu

Selain kiwi kamu juga bisa mengkonsumsi susu agar membuat insomnia dapat teratasi dengan mudah. Susu memiliki kandungan triptofan yang akan membantu menenangkan tubuh dan membuat tubuh menjadi rileks. Saat tubuh sudah rileks, maka akan semakin mudah untuk membuat kamu cepat mengantuk dan tidur.

Untuk itu lakukan kebiasaan minum susu satu jam saat menjelang tidur. Tidak hanya membuat cepat mengantuk tetapi juga membantu tidur kamu menjadi lebih nyenyak lagi. sehingga tidak akan mudah untuk bangun di tengah malam.

13. Konsumsi pisang

Pisang juga dapat menjadi salah satu makanan yang digunakan untuk mengatasi insomnia. Seperti yang kita tahu bahwa pisang memiliki kandungan potassium, vitamin, triptofan, dan juga magnesium, yang bermanfaat untuk otak dan tubuh. Ketika kamu mengkonsumsi pisang, maka hormon ketenangan akan semakn optimal dan membuat kamu lebih cepat untuk terlelap.

Selain itu, pisang juga sangat baik untuk kesehatan organ tubuh. Untuk itu, biasakan mengkonsumsi dua buah pisang ketika akan tidur supaya kualitas tidur kamu semakin terjaga.

14. Berikan aroma lavender

Selain mengkonsumsi beberapa makanan, kamu juga bisa memberikan ruang tidur dengan aroma lavender. Bukan hanya wanginya saja yang membuat banyak orang suka, ternyata aroma lavender juga akan membantu menenangkan pikiran dan juga menciptakan perasaan baik dalam hati. Menggunakan aroma lavender di kamar dirasa sangat tepat untuk mengatasi insomnia. Cukup meneteskan minyak lavender pada tempat tidur atau pada pakaian sebelum tidur.

Tidak perlu terlalu banyak menggunakannya, cukup sedikit saja tetapi dapat membuat kamu merasa rileks. Ketika tubuh kamu sudah merasa tenang, maka rasa kantuk akan datang dan memudahkan kamu untuk tertidur.

Beberapa kebiasaan baik dan pola makan memang memberikan pengaruh yang besar pada insomnia. Untuk itu pastikan agar tetap menjaganya dengan baik agar waktu tidur juga semakin berkualitas dan berkuantitas. Tidur yang cukup dan nyenyak akan berdampak baik untuk kesehatan anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here