12 Cara Mengeluarkan Racun dalam Tubuh dengan Detoks Alami

12 Cara Mengeluarkan Racun dalam Tubuh dengan Detoks Alami

Tahukah kamu bahwa tubuh kita kerap kali terpapar racun, entah dari dalam ataupun dari luar tubuh. Kita memang butuh membersihkan diri dari racun yang biasanya berasal dari makanan dengan kolesterol tinggi, minuman yang mengandung zat berbahaya, dan masih banyak yang lainnya. Jarang ada yang menyadari bahwa apa yang kita makan dan aktivitas yang sedang kita jalani dapat memberikan racun pada tubuh.

Detoks adalah cara yang tepat untuk mengeluarkan racun pada tubuh, karena hal tersebut bekerja memperbaiki sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan kamu terganggu, maka dapat membuat kondisi fisik menjadi semakin lemah dan mudah jatuh sakit. Detoksifikasi dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan beberapa cara alami yang akan membuat tubuh kamu menjadi lebih segar dan sehat. Berikut adalah cara mengeluarkan racun dalam tubuh dengan detoks.

1. Tambahkan asupan protein

Asupan-asupan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh dapat membantu mengeluarkan racun dan menjaga sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Pertama kamu dapat mencoba untuk menambahkan asupan protein. Banyak jenis makanan yang bisa membantu kamu memperoleh protein, seperti ayam, kacang-kacangan, dan ikan.

Makanan tersebut dapat kamu jadikan menu wajib dalam keseharian yang diimbangi dengan makanan sehat lainnya. Jika hal ini rutin dilakukan, maka tidak hanya sistem pencernaan kamu saja yang sehat tetapi organ tubuh yang lainnya juga akan terjaga.

2. Konsumsi banyak sayur

Selanjutnya kamu dapat memulai untuk hidup sehat dengan cara mengkonsumsi banyak sayuran. Jika bosan dengan menu yang sama, kamu dapat mengubahnya dengan sajian lainnya.

Saat makan siang dan makan malam, maka kamu bisa mengkonsumsi smoothie sayuran. Caranya dengan memblender syuran dan tambahkan buah agar ada rasa manisnya. Akan lebih enak lagi jika kamu menambahkan protein seperti yoghurt plain, dan lain-lain.

Kombinasi tersebut akan mmberikan kamu banyak asupan penting untuk tubuh, misalnya saja seperti antioksidan, mineral, fitokemikal, dan masih banyak lainnya. Untuk satu porsi smoothie dapat kamu konsumsi sekitar 2-3 kali dalam satu hari.

3. Mulai menerapkan sarapan sehat

Menerapkan hidup sehat akan membantu merawat tubuh, tidak hanya membuat racun dalam tubuh kamu menjadi hilang atau berkurang, tetapi juga semakin sedikit racun yang masuk dalam tubuh akibat pola makan yang tidak teratur.

Untuk membantu mendetoksifikasi tubuh, kamu dapat memulainya dengan sarapan yang sehat. Sarapan menjadi hal yang penting dilakukan jika kamu benar-benar ingin menjaga kesehatan pada tubuh anda. Sarapan yang sehat seperti oatmeal, telur orak-arik, dan gandum dapat membantu meningkatkan stamina dan terhindari dari racun yang berbahaya.

4. Kurangi kadar kalori

Kalori memang dibutuhkan oleh tubuh agar mendapatkan asupan energi. Biasanya kamu mengkonsumsi kalori sekitar 1.800 kalori, tetapi jika kamu ingin mengeluarkan racun, maka kamu bisa menguranginya menjadi 1.400-1.600 kalori. Jangan khawatir kamu akan lemas dan tidak memiliki tenaga karena pengurangan kalori, tubuh kamu tetap berenergi karena hanya berkurang sekitar 200-400 kalori saja.

Tetapi jika kamu mengurangi sampai menjadi 1.200 kalori setiap harinya, maka tubuh akan mulai membakar otot dan lemak. Hal tersebut sebenarnya kurang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan kamu dapat beresiko kekurangan vitamin yang tentunya menghambat kinerja organ dalam tubuh.

5. Perbanyak cairan tubuh

Mengkonsumsi air putih yang sesuai dengan takaran kebutuhan tubuh berguna untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh kita. Air putih yang kamu konsumsi akan membantu membersihkan sistem tubuh dan menjaga kesehatan liver, usus, ginjal, limfa, dan organ tubuh lainnya.

Maka dari itu, pastikan untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum setidaknya dua liter air dalam satu hari.

6. Olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang bisa membantu meningkatkan stamina dalam tubuh. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki waktu untuk olahraga.

Tidak perlu berolahraga dengan waktu yang lama dalam satu minggu, cukup dengan olahraga dengan intensitas rendah tetapi dilakukan secara teratur. Hal tersebut dapat membantu menjaga sirkulasi darah lebih lancar dan berpengaruh pada pengeluaran toksin dari dalam tubuh.

Baca Juga: 13 Cara Hidup Sehat yang Mudah untuk Kamu Lakukan

7. Puasa

Mungkin beberapa dari kamu sering menjalankan puasa, namun tahukah kamu bahwa menjalankan puasa bisa membantu membersihkan tubuh dari racun.

Saat berpuasa, kamu tidak minum dan tidak makan selama beberapa jam. Waktu tersebut akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk membersihkan dari zat-zat berbahaya. Jadi jika kamu punya kebiasaan berpuasa, ada baiknya terus melanjutkan kebiasaan ini agar tubuh semakin sehat dan bugar.

8. Konsumsi air lemon

Buah lemon terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa orang mungkin menggunakan lemon sebagai bahan perawatan kulit dan kecantikan. Namun ternyata lemon juga memiliki khasiat untuk membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Caranya dengan mengkonsumsi air lemon setiap pagi ketika lambung masih belum terisi. Hal tersebut akan membantu tubuh melakukan detoksifikasi. Air lemon dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh dan melancarkan percernaan.

Biasanya kamu akan merasakan hasilnya setelah melakukan cara ini dalam jangka panjang. Namun untuk kamu yang menderita sakit maag atau lambung, ada baiknya untuk tidak menggunakan cara ini.

9. Kurangi mengkonsumsi gula

Siapa yang tidak suka makanan manis? Rasanya hampir semua orang suka dengan makanan dan minuman yang manis. Mengkonsumsi gula memang dibutuhkan tubuh, namun kamu harus mengurangi kadar gula di dalam tubuh. Tidak hanya gula murni saja, gula buatan juga harus kamu kurangi.

Cara ini bertujuan untuk mengurangi racun di dalam tubuh. Ketika kamu mengkonsumsi banyak gula, maka kerja pangkreas akan semakin berat untuk menghasilkan insulin. Tapi kalau kamu ingin mengkonsumsi gula, ada baiknya menggunakan gula yang mengandung serat seperti beras merah, oat, gandung, dan sebagainya.

10. Minum teh herbal

Teh herbal atau yang sering dikenal dengan nama tisanes ini biasanya adalah campuran dari beberapa bahan alami yang memiliki khasiat tinggi, seperti campuran akar, bunga, daun, rempah-rempah, dan kulit kayu. Teh herbal dari bahan-bahan tersebut akan membantu proses pembuangan racun dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga organ tubuh bekerja lebih optimal.

11. Hindari makanan kurang sehat

Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan terkadang akan memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kebiasaan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang kurang sehat.

Ketika kamu sudah bertekad untuk mendetoks tubuh, maka pastikan kamu menghindari beberapa makanan agar racun dalam tubuh lebih mudah dikeluarkan.

Makanan yang harus kamu hindari seperti daging dengan kadar lemak yang tinggi, tepung, nasi, susu yang berlemak, soda dan alkohol. Beberapa jenis makanan dan minuman tersebut memang cukup lezat dan banyak orang yang suka, namun akan ada efek yang kurang baik untuk kesehatan tubuh anda.

12. Tidur dengan waktu yang cukup

Bukan hanya puasa saja, tapi tidur juga bisa menjadi waktu untuk organ tubuh memperbaiki dan mengoptimalkan kondisinya kembali. Coba saja kamu rasakan, ketika bangun tidur kamu biasanya akan merasa lebih segar dan bugar, kan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mencukupi waktu tidur setidaknya 8 jam sehari.

Beberapa cara mendetoks tubuh secara alami tersebut memang jarang diketahui banyak orang. Banyak yang memilih mengeluarkan detoks dengan bahan-bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan organ tubuh lainnya. Gunakan cara alami di atas agar racun dalam tubuh mudah dikeluarkan dan membuat organ dalam tubuh bekerja lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here