14 Cara Alami Mengatasi Kulit Kering Dan Kusam Dengan Aman Dan Efektif

0
merawat-kulit-kering

Hampir semua orang pasti menginginkan kulit yang sehat dan bercahaya. Memiliki masalah pada wajah tentu akan membuat seseorang tersebut merasa kurang nyaman dengan penampilannya. Cukup banyak masalah pada wajah, salah satunya adalah kulit yang kering dan kusam. Jika kulit terlihat kering dan kusam maka bisa saja penampilan wajah kita terlihat jauh lebih tua.

Sebenarnya untuk mengatasi kulit kering dan kusam tidak sulit dan banyak cara untuk dilakukan. Selain menggunakan cara yang instan dengan produk kecantikan, anda bisa juga menggunakan cara alami mengatasi kulit kering dan kusam yang jauh lebih aman. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk perawatannya.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih tidak hanya penting untuk kesehatan tubuh tetapi juga sangat dibutuhkan oleh kulit. Air putih akan membantu untuk mencegah dehidrasi pada kulit anda. Kebanyakan orang yang kekurangan air putih akan membuat tubuhnya lemas dan kulitnya juga akan menjadi lebih kusam dibandingkan dengan orang yang banyak minum air putih.

Pastikan untuk mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan setiap harinya. Hindari beberapa minuman yang kurang sehat untuk tubuh sebab dapat berpengaruh juga pada kulit seperti alkohol, minuman bersoda, dan beberapa lainnya. Memulai hidup sehat akan membuat tubuh dan kulit anda tampak lebih segar.

2. Gunakan pelembab yang alami

Selanjutnya untuk membantu mengatasi kulit kering sebenarnya cukup mudah, anda bisa menggunakan pelembab alami untuk kulit wajah anda. Banyak sekali pelembab alami yang bisa anda gunakan seperti bubuk almond, madu, atau bahkan minyak argan. Kandungan di dalam beberapa bahan alami tersebut memang dapat membuat kulit wajah anda tetap terjaga lembab.

Menggunakannya bisa dengan cara untuk masker atau bisa juga memberikan pijatan pada kulit wajah agar sirkulasi darah lancar dan bisa membuat wajah terlihat lebih tenang. Karena menggunakan bahan yang alami pelembab tersebut aman digunakan setiap hari.

3. Konsumsi ikan

Menjaga kesehatan kulit tidak bisa hanya menggunakan perawatan luar saja, anda juga harus memberikan nutrisi yang baik untuk menunjang wajah agar tetap sehat. Selain mengkonsumsi air, anda juga harus memberikan gizi yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi ikan bisa jadi cara yang sangat tepat untuk membantu kulit menjadi lembab. Di dalam ikan ada kandungan protein, vitamin, dan beberapa nutrisi yang lainnya untuk menunjang kulit anda menjadi lebih kenyal sekaligus mencegahnya terdehidrasi.

Ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan laut yang masih segar dan diolah dengan tepat. Hindari memasak ikan yang sudah tidak sehat kondisinya sebab dapat memberikan efek yang kurang baik untuk kesehatan tubuh anda. Untuk mengkonsumsi ikan tidak perlu setiap hari, tiga kali dalam satu minggu saja sudah sangat baik untuk kesehatan kulit.

4. Konsumsi Cranberry

Sudah pernah lihat buah cranberry? Buah yang satu ini memang tidak mudah ditemukan di Indonesia atau bahkan sangat jarang kehadirannya. Namun siapa yang menyangka cranberry sangat membantu untuk mengatasi masalah kulit seperti kering dan kusam. Cranberry cukup terkenal sebagai buah yang bisa memberikan hidrasi untuk kulit yang kering agar kembali lembab.

Cara mengkonsumsinya hanya dengan minum jus cranberry setiap hari agar kulit menjadi segar dan kenyal. Untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa menambahkan bubuk akar dandelion yang akan mengeluarkan garam berlebihan pada tubuh yang bisa menyebabkan kulit mengalami dehidrasi.

5. Menggunakan lidah buaya

Selain bagus digunakan untuk merawat kesehatan rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan kulit kering anda menjadi lebih lembab. Bisa dikatakan bahwa lidah buaya termasuk bahan alami terbaik untuk menghadapi masalah kulit. Bukan hanya kulit kering dan kusam saja yang bisa diatasi, tetapi lidah buaya juga melindungi kulit dari sengatan matahari.

Untuk menggunakan lidah buaya cukup gunakan gel lidah buaya yang ditumbuk halus dan tambahkan minyak almond secukupnya. Aduk rata dan oleskan pada wajah anda seperti menggunakan masker. Diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat agar wajah anda menjadi lebih tenang. Gunakan cara ini 3 kali dalam satu minggu untuk kulit yang kenyal.

6. Menggunakan teh hijau

Bahan alami selanjutnya yang aman digunakan untuk mengatasi kulit kering dan kusam adalah teh hijau. Sudah bukan rahasia lagi bahwa manfaat teh hijau sangat besar, selain bisa digunakan untuk proses diet ternyata juga bermanfaat untuk menutrisi kulit. Teh hijau akan berperan sebagai antioksdan yang akan menjaga kesehatan kulit dan juga menjaganya agar tetap segar.

Cara membuatnya, gunakan bubuk teh hijau yang sudah dicampur dengan minyak zaitun secukupnya. Aduk rata dan gunakan sebagai masker. Oleskan pada wajah ketika anda akan tidur dan bilas setelah didiamkan selama 30 menit. Cara ini bisa dilakukan 3 kali dalam satu minggu agar wajah anda tidak kering dan segar.

7. Menggunakan alpukat

Cukup banyak bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam, salah satunya adalah buah alpukat yang sangat mudah dijumpai. Alpukat memiliki kandungan asam lemak yang akan menjadi sifat antibakteri dan juga ada kandungan vitamin E yang akan membuat kulit menjadi lebih lembab. Menggunakan alpukat akan jauh lebih ampuh jika dipadukan dengan madu asli.

Caranya, anda bisa menghaluskan daging buah alpukat kemudian campur dengan madu secukupnya. Gunakan masker pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 30 menit. Bilas menggunakan air hangat agar terasa lebih nyaman. Gunakan masker alpukat tersebut 2-3 kali satu minggu agar hasilnya maksimal.

8. Menggunakan gliserin

Pernah mencoba perawatan wajah dengan gliserin? Tidak banyak yang tahu tetapi gliserin juga cukup ampuh untuk memerangi kulit kering dan kusam. Bahkan menggunakan gliserin dengan rutin juga akan membuat wajah anda semakin halus. Namun ketika menggunakannya pastikan bahwa gliserin tersebut tidak tercampur dengan pewarna dan juga tidak menambahkan bahan tambahan lainnya.

Cara menggunakannya, oleskan gliserin pada kulit wajah anda yang kering. Jika anda mengalami kulit kering yang cukup parah dapat menggunakannya dalam jangka waktu 2 jam sekali. Tetapi jika kulit kering anda sudah teratasi dengan baik maka hentikan penggunakan gliserin.

9. Menggunakan yogurt dan telur

Anda pasti sudah sering dengar perawatan wajah yang menggunakan yogurt. Memang yogurt dapat membuat wajah anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari kulit yang kering. Kandungannya akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Akan sangat bagus jika anda mengkombinasikannya dengan telur.

Caranya, sediakan yogurt tanpa rasa secukupnya dan campurkan dengan putih telur ke dalamnya. Aduk sampai rata dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan seperti menggunakan masker. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan menggunakan air yang bersih. Cukup lakukan cara ini dua kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil wajah yang kenyal dan lembab.

10. Menggunakan minyak kelapa

Bahan-bahan alami untuk perawatan wajah memang membutuhkan proses agar mendapatkan hasil maksimal namun tetap aman digunakan tanpa efek samping. Mengatasi kulit kering dan kusam juga dapat menggunakan minyak kelapa yang terbilang sangat efesien dan mudah didapatkan. Kandungannya akan membuat kulit wajah tetap lembab dan menjaganya dari beberapa masalah wajah seperti jerawat ataupun komedo.

Caranya sangat sederhana cukup dengan mengoleskan minyak kelapa secara merata pada wajah anda. Diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat. Akan sangat baik jika anda melakukannya ketika akan tidur.

11. Menggunakan minyak almond

Minyak almond termasuk dalam rangkaian bahan alami untuk membantu mengatasi kulit kering. Bisa dikatakan bahwa minyak almond memiliki kandungan vitamin E yang akan membantu melembabkan dan juga mencegah bakteri datang pada kulit wajah. Minyak almond juga bisa didapatkan dengan mudah.

Untuk menggunakannya tidak jauh berbeda dengan minyak kelapa, anda cukup mengoleskannya secara merata pada wajah yang sudah dibersihkan. Berikan pijatan agar sirkulasi darah pada wajah menjadi lebih lancar. Diamkan selama semalaman, esok hari bilas dengan air bersih. Gunakan cara ini 3 kali dalam seminggu agar kulit kering anda teratasi.

12. Menggunakan krim susu

Krim susu memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi dimana akan bekerja sebagai kolagen yang dibutuhkan oleh kulit. Kulit kering anda juga bisa diatasi dengan mudah menggunakan krim susu sebab bahan alami yang satu ini juga dapat melembabkan.

Cara menggunakannya, cukup bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan krim susu tersebut pada wajah yang kering secara merata. Diamkan selama 30 menit atau sampai krim susu menjadi kering. Bilas dengan air bersih dan anda bisa menggunakannya 3 kali dalam seminggu agar kulit menjadi lebih segar dan sehat.

13. Menggunakan minyak zaitun

Sudah banyak orang yang tahu bahwa minyak zaitun sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi kulit yang kering. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi dan juga berperan sebagai antioksidan. Hal tersebut akan membantu melembabkan kulit dan mencegah kekeringan di wajah anda.

Caranya, oleskan minyak zaitun pada wajah yang sudah dibilas terlebih dahulu. Oleskan secara merata kemudian beri pijatan sekitar 3 menit agar sirkulasi darah menjadi lancar. Diamkan selama 30 menit atau bisa juga semalaman kemudian bilas dengan air bersih. Cara ini sangat ampuh dilakukan setiap hari, selain bisa melembabkan juga bisa membuat wajah anda menjadi lebih cerah dan sehat.

14. Menggunakan tomat

Terakhir anda bisa menggunakan tomat untuk mengatasi kulit yang kering dan kusam. Tomat memilik kandungan lycopene yang akan membantu melembabkan wajah dan mengatasi beberapa masalah seperti jerawat dan komedo. Kandungan lainnya juga dapat mencerahkan kulit wajah anda.

Untuk menggunakannya, sediakan satu buah tomat segar kemudian cuci dan blender sampai lembut. Gunakan sebagai masker pada wajah anda secara merata. Diamkan selama 15 menit atau sampai tomat menjadi kering. Bilas dengan air bersih dan lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu secara rutin atau sampai kulit kering anda menjadi lebih lembab.

Beberapa cara diatas ada yang harus anda terapkan setiap hari secara rutin agar kulit kering anda dapat hilang dengan cepat. Pastikan tetap menjaga kesehatan dan kebersihan kulit dan tubuh. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here