5 Hal Yang Dapat Menyebabkan Kegagalan Dalam Bisnis

0
kegagalan bisnis

Halo teman-teman kali ini kami akan membahas apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan kegagalan dalam sebuah bisnis. Pastinya kalian tidak ingin kan ketika menjalankan bisnis namun pada akhirnya mengalami sebuah kegagalan. Maka dari itu, kami akan mengulas beberapa hal yang dapat mengakibatkan kegagalan dalam bisnis agar kalian bisa berhati-hati dan memperhatikan poin-poin yang akan kami sampaikan.

Ketika kalian mengetahui penyebab kegagalan sejak dini, itu akan menjadi sebuah keuntungan bagi kalian dalam menentukan rencana yang tepat dalam mengantisipasi kegagalan yang lebih besar nantinya. Walaupun kegagalan bisnis merupakan hal yang sangat wajar terjadi, namun yang terpenting adalah ketika kita mengetahui kegagalan sedini mungkin, kita dapat segera bangkit dan segera menutup hal-hal yang dapat menyebabkan kegagalan dalam bisnis. Langsung saja simak ulasan berikut!

1. Tidak Menetapkan Tujuan

Ini merupakan hal yang fatal bagi para pebisnis muda. Bagi kalian yang akan menjalankan bisnis, maka hendaklah kalian menetapkan sebuah tujuan. Kalian harus menentukan pasar atau sasaran bisnis sebelum memulai usaha sendiri.

Ketika kalian punya tujuan bisnis, maka kalian bisa mengetahui kemana akan membawa bisnis tersebut. Sebaliknya, ketika kalian tak punya tujuan bisnis, maka bisnis kalian layaknya sebuah kapal yang terombang-ambing di lautan lepas. Saat kalian menetapkan tujuan mendirikan bisnis sendiri, kalian bisa merancang perencanaan yang tepat dan meminimalisir sebuah kegagalan.

2. Tidak Memahami Bisnis Yang Dijalankan

Yang kedua yang harus kalian lakukan adalah memahami bisnis yang kalian jalankan sebelum memulai bisnis tersebut. Alangkah baiknya jika kalian mengetahui apa yang akan kalian jual, baik secara teori maupun praktek-nya. Tentu saja akan lebih baik lagi jika bisnis tersebut sesuai dengan bidang ilmu dan minat kita sendiri.

Membangun usaha tidak sekedar memproduksi barang atau jasa, tapi kita juga harus mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat, berapa banyak permintaan, penawaran, dan lain-lain. Sebenarnya kita tidak harus ahli di bidang bisnis yang akan dikerjakan, namun setidaknya kita pernah bekerjasama dengan orang lain dan punya pengalaman di bidang tersebut.

Sebagai contoh, seorang yang punya minat dalam dunia otomotif dan pernah bekerja di restoran, pastinya akan lebih mudah membangun bisnis otomotif dari pada seseorang yang punya minat dan pengalaman di dalam dunia pendidikan.

3. Menjalankan Bisnis Hanya Untuk Coba-Coba

Yang ketiga, menjalankan sebuah bisnis bukanlah seperti saat kalian bermain judi yang biasanya dilakukan atas dasar coba-coba atau iseng-iseng saja. Ketika kalian memulai sebuah bisnis kalian pastinya memepertaruhkan segalanya, jadi kalian haruslah bersungguh-sungguh dalam menjalankan sebuah bisnis.

Tentunya memang ada beberapa orang yang menganggapnya seperti itu. Saat kalian memutuskan membangun sebuah bisnis, kalian harus siap menghadapi tugas berat yang menguras tenaga dan pikiran. Kalian harus siap akan suatu penghalang yang menanti kalian di depan mata.

Pada perjalanan sebuah bisnis, kemungkinan besar kita akan berhadapan dengan tantangan berat yang harus siap kalian lalui. Semua tantangan itu tidak mungkin bisa dilalui bila kalian hanya ingin coba-coba atau iseng saja dalam memulai usaha. Saat awal memulai bisnis, hendaklah kalian harus punya niat untuk menjalankan usaha tersebut dengan serius karena bisnis yang sekedar iseng dan coba-coba biasanya akan cepat bangkrut atau gulung tikar.

4. Mengatur Pemasaran

Pemasaran yang baik adalah salah satu bagian yang penting dalam semua jenis bisnis. Ketika pemasaran tidak berjalan dengan baik, maka itu akan mempengaruhi keberlangsungan suatu bisnis. Dalam dunia yang modern seperti saat ini, banyak bisnis yang mengandalkan pemasaran yang itu-itu saja dan kesannya monoton atau terkesan cara tradisional.

Walaupun memang pemasaran cukup efektif untuk beberapa bisnis tertentu, namun pada era globalisasi, bisnis yang tidak memanfaatkan teknologi informasi dalam pemasarannya itu merupakan hal yang sangat disayangkan.

Kita bisa mempromosikan melalui media sosial, semua masyarakat sekarang sudah memiliki akun media sosial. Itu bisa menjadi jalan untuk melakukan pemasaran bisnis. Kalian harus merekrut atau memperkerjakan pegawai yang juga dapat melakukan promosi melalui dunia maya, tidak hanya untuk bertahan tapi untuk maju dan berkembang menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

5. Kegagalan Dalam Mengelola Administrasi dan Keuangan

Pada saat kalian mengambil keputusan dalam menjalankan sebuah bisnis, maka keputusan tersebut harus didasarkan pada catatan administrasi, jadi kalian bisa menimbang berdasarkan catatan akuntabilitas atau catatan administrasi. Kalian tidak bisa hanya mengandalkan insting dan pengalaman saja. Ketentuan yang sama juga berlaku dalam hal keuangan. Terdapat banyak sekali kasus dimana para pebisnis pemula menjalankan bisnis mereka tanpa memilik data keuangan yang baik dan terjadi tumpang tindih dalam laporan keuangan.

Pelaporan keuangan yang tidak baik dan terstruktur dapat membuat kebingungan dalam pengambilan keputusan. Tidak memiliki data yang akurat dan transparan dapat mengakibatkan kecurangan pada tingkat manajmen paling bawah. Selain itu ketika pelaporan keuangan tercatat dengan baik, terstruktur, transparan dan dapat diandalkan, maka itu akan mencerminkan kesehatan bisnis yang kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here