in

10 Manfaat Fitur Live Chat Pada Website Bisnis

Manfaat Fitur Live Chat di Website Bisnis

Pernahkan anda mengunjungi website bisnis yang ada fitur live chat? Live chat adalah platform yang memungkinkan pengelola web untuk mengobrol langsung dengan pengunjung situs web mereka. Live chat dipercaya dapat meningkatkan penjualan online suatu website, karena sifatnya yang bisa memberikan informasi yang cepat, praktis, dan simple, langsung dari tim sumbernya.

Akan tetapi, masih banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika memberikan fitur live chat di situs web bisnis anda, khususnya pada website jual beli produk online, ecommerce, jasa, service, dan sabagainya. Berikut adalah manfaat live chat di website bisnis.

1. Pengurangan Biaya

Layanan support tradisional untuk pelanggan biasanya melalui telepon dan email, namun cara tersebut saat ini sudah usang untuk bisnis yang modern, apalagi bisnis yang dipromosikan secara online. Disamping itu, support jenis ini juga membutuhkan biaya operasional yang besar.

Fitur Live chat tidak membutuhkan biaya operasional yang besar seperti layanan email dan telepon. Bahkan, penelitian Forrester menunjukkan bahwa layanan live chat lebih murah 17-30% daripada layanan support telepon.

Ini karena live chat memungkinkan anggota tim Anda melakukan multitasking dan bisa mensupport banyak pengunjung sekaligus. Rata-rata, dengan pelatihan yang tepat, sebagian besar PIC live chat bisa menangani tiga atau lebih case secara bersamaan.

Dan ini akan menghemat beban perusahaan karena bisa menekan jumlah customer service, karena memungkinkan beberapa PIC live chat untuk melayani jumlah pelanggan yang banyak. Berbeda dengan PIC telepon yang biasanya hanya bisa melayani pelanggan satu per satu.

2. Peningkatan Penjualan

Banyak Penelitian telah menunjukkan bahwa live chat dapat membantu meningkatkan penjualan, dimana live chat bisa mendongkrak 3-5x peningkatan penjualan. Laporan yang sama menyatakan bahwa pelanggan yang menggunakan live chat, 3x lebih besar melakukan pembelian dibandingkan pelanggan yang tidak menggunakan live chat.

Angka-angka ini menjelaskan bahwa live chat sangat efektif dalam hal promosi. Karena live chat memberikan pengunjung akses cepat ke staf pendukung dan tim penjualan Anda, dan tim Anda memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru.

3. Meningkatan Loyalitas Pelanggan

Menurut survei dari eDigital Customer Service Benchmark yang melibatkan 2000 konsumen, menghasilkan bahwa bisnis yang mempunyai live chat memiliki tingkat kepuasan pelanggan tertinggi di angka 73%, sedangkan support email diangka 61%, dan support telepon di angka 44%.

Data tersebut menyatakan bahwa pelanggan merasa lebih percaya melakukan bisnis dengan perusahaan yang punya support yang mudah dan cepat, tanpa kerumitan dan berbelit-belit. Faktanya, studi penelitian konsumen dari Oracle menemukan bahwa 90% pelanggan mengatakan “Live chat” memberi mereka kepercayaan bahwa mereka bisa mendapatkan bantuan yang cepat.

Live chat memungkinkan Anda memberikan jawaban yang cepat tentang pertanyaan produk, penyelesaian masalah yang lebih cepat, dan meyakinkan pelanggan bahwa Anda selalu siap memberi support kapan saja mereka butuhkan. Ini adalah konsep sederhana, namun sangat efektif untuk meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

4. Cepat Menemukan ‘Pain Points’ Pelanggan

Revolusi Internet dan pemasaran digital menghasilkan banyak istilah bisnis baru, dan “Pain Points” adalah salah satunya. Pain Points adalah masalah yang belum dipecahkan oleh pelanggan, atau kebutuhan yang belum diatasi.

Dengan sistem support tradisional, seperti email atau panggilan telepon, kadang sulit untuk mengetahui kesulitan pelanggan karena mereka hanya dapat didengar atau diterima oleh satu tim atau individu saja.

Namun, dengan support live chat, administrator dan pengawas memiliki akses ke semua riwayat obrolan, yang dapat disortir, dicari, dan disaring, agar bisa dengan cepat dipelajari poin-poin permasalahan pelanggan.

Oleh karena itu, manajemen dapat dengan mudah menemukan masalah atau kebutuhan pelanggan dan menemukan cara untuk mengatasi dan menyelesaikannya. Ini adalah salah satu manfaat terbesar dari live chat.

5. Resolusi Masalah Lebih Cepat

Biasanya artikel bantuan adalah cara terbaik untuk memberikan support dan membantu konsumen memecahkan masalah. Namun, jika Anda memiliki banyak artikel bantuan online, konsumen Anda mungkin tidak dapat menemukan atau mengaksesnya dengan cepat.

Dengan fitur live chat, Tim anda bisa memberikan link langsung untuk membantu konsumen memecahkan masalah. Oleh karena itu, daripada memandu mereka dengan prosedur langkah demi langkah melalui email atau telepon (itupun kalau konsumen paham apa yang sedang dijelaskan). Lebih baik tim memberikan link menuju konten yang sesuai dengan permasalahannya melalui live chat.

Selain itu, live chat juga memiliki kemampuan berbagi screenshot. Hal ini bisa mempercepat koordinasi untuk penyelesaian permasalahan.

Ini adalah sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan dengan dukungan telepon. Fitur ini adalah fitur yang dapat menghemat waktu dalam membantu menyelesaikan masalah yang mungkin dialami pelanggan Anda.

6. Kenyamanan Pelanggan

Kualitas keseluruhan dari produk atau layanan Anda akan menjadi penentu apakah bisnis Anda akan sukses atau tidak. Dan salah satu pengukur kualitasnya adalah kemudahan dalam mengakses layanan anda.

Live chat akan memberikan para pengunjung web Anda akses langsung ke tim penjualan dan tim support. Ketika mereka bisa dengan mudah menghubungi tim terkait dengan pertanyaan atau masalah yang sedang mereka hadapi, maka mereka akan lebih percaya kepada perusahaan Anda.

Sebuah laporan penelitian Aberdeen Group menemukan bahwa live chat adalah metode komunikasi yang paling disukai oleh pembeli online dibandingkan dengan metode komunikasi lainnya.

Dalam laporan penelitian tersebut, live chat memudahkan pelanggan untuk menjalin bisnis dengan Anda, yang biasanya akan mengarah kepada peningkatan loyalitas mereka.

Jika konsumen anda puas dengan layanan anda, biasanya mereka akan memberikan review positif yang dapat membantu Anda menarik pelanggan baru.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online

7. Keuntungan Kompetitif

Apa keunggulan kompetitif yang bisa didapat dengan live chat?

Sebuah laporan terbaru yang diterbitkan oleh TELUS International menemukan bahwa banyak perusahaan besar masih belum menggunakan sistem live chat di situs web mereka. Faktanya, penelitian terbaru terhadap 1.000 situs web menemukan bahwa baru 9% web yang sudah menggunakan live chat untuk memberikan dukungan yang cepat kepada pelanggan mereka.

Ini berarti jika Anda menerapkan live chat di web Anda, itu artinya Anda akan memiliki keunggulan dibandingkan pesaing Anda dalam hal support.

Dalam sebuah penelitian, dalam lima tahun terakhir, jumlah pembeli online A.S. yang menggunakan live chat meningkat dari 38% menjadi 58%. Ini berarti akan semakin banyak perusahaan yang akan mengadopsi live chat untuk meningkatkan penjualan mereka.

Karena itu, jika Anda ingin mulai membedakan perusahaan Anda dari pesaing, maka anda bisa menggunakan fitur live chat di situs web penjualan anda.

8. Memperluas Jangkauan Pasar

Meskipun website membantu Anda memperluas jangkauan bisnis ke seluruh dunia, namun bukan berarti para pengunjung web anda akan nyaman melakukan pemesanan secara online.

Menurut pengamatan, banyak konsumen yang mengurungkan niatnya membeli produk di internet dikarenakan mereka tidak tahu caranya membeli dan tidak menemukan support yang bisa dihubungi. Konsumen tersebut biasanya berasal dari luar negeri yang memiliki bahasa dan sistem pembayaran yang berbeda.

Live chat dapat mempermudah Anda memperluas jangkauan bisnis ke seluruh dunia. Jadi konsumen dari manapun tidak akan dibuat kebingungan karena mereka bisa bertanya dengan cepat karena ada fitur live chat.

9. Obrolan Proaktif

Sistem live chat modern tidak hanya memungkinkan Tim anda menerima permintaan obrolan, tetapi juga untuk memulainya. Menggunakan fitur pemantauan dan pelacakan yang canggih, platform live chat bisa memberi tahu tim anda tentang kedatangan pengunjung di situs web dan memberikan penyambut untuk memulai percakapan.

Permintaan obrolan dari tim anda bisa dikirim secara manual atau otomatis berdasarkan aturan yang telah ditentukan. Jenis inisiasi obrolan proaktif ini dapat membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka butuhkan lebih cepat dan berpotensi mengubah mereka menjadi seorang pembeli.

10. Laporan dan Analisis

Dengan support email, Anda memiliki catatan pesan yang dikirim antara Anda dan pelanggan Anda. Namun tingkat pertanggung-jawabannya terbatas untuk meninjau kinerja staf anda.

Dengan support telepon, anda akan sulit meninjau kinerja staf kecuali Anda merekam semua panggilan. Namun anda akan menghabiskan waktu yang banyak untuk mendengarkan semua rekaman tersebut.

Dengan live chat, Anda bisa melihat semua jenis laporan yang dibuat khusus oleh sistem live chat serta riwayat obrolan semua tim Anda.

Akses ke tipe data ini memungkinkan Anda melihat berapa banyak pengunjung yang diterima situs Anda, berapa banyak permintaan obrolan yang diterima atau yang diabaikan, laporan kinerja tim, laporan waktu tunggu, dan berbagai metrik pengunjung lain, yang dapat membantu Anda menerapkan strategi pemasaran yang lebih baik untuk menarik lebih banyak konsumen.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *