in

5 Dampak Negatif Perang Antara Amerika Serikat dan Iran

Perang Amerika Iran

Sebenarnya apa tujuan perang? Mencapai kedamaian? Atau kah kerugian? Lebih banyak dampak negatif, ataukah dampak positif?

Banyak yang berspekulasi, kalau konflik yang terjadi pada Iran dan Amerika Serikat akan membuat perang dunia ketiga terjadi. Itu dipicu atas terbunuhnya Jenderal Iran Qossem Soleimani akibat serangan udara yang dilakukan oleh Amerika Serikat. Kemudian dibalas dengan serangan Iran ke Amerika Serikat bersama diluncurkannya sembilan roket pada basis tentara AS.

Jika peperangan ini dilanjutkan, kira-kira apakah dampak dari peperangan ini? Apa keuntungannya untuk Iran dan AS?

Jika kita memutar alur balik ke belakang, pada Perang Dunia I dan Perang Dunia II, dimana hasil dari peperangan itu sama sekali tak memberikan kita dampak positif. Melainkan cuma memberikan penderitaan yang dirasakan oleh belahan dunia Barat dan Timur.

Jika peperangan antar dua negera ini diteruskan, apa sajakah yang akan terjadi?

1. Memicu Peperagan Baru di Wilayah Lain

Memicu Peperagan Baru di Wilayah Lain

Yang berkonflik adalah Amerika dan Iran, tapi besar kemungkinan negara lain juga akan ikut perang melihat bahwa konflik-konflik antar negara tak cuma terjadi antara Iran dan AS saja. Juga negara lain seperti Palestina dan Israel dan negara-negara lainnya.

Indonesia pun juga sempat dikabarkan akan perang dengan China, tapi sepertinya sudah diredamkan oleh Bapak Jokowi melalui komunikasi baik-baik kepada China. Dan beberapa negara lainnya.

Bisa juga serangan Iran dan AS yang meleset dan malah nyasar ke negara orang, bisa membuat peperangan berlangsung semakin besar.

2. Amerika Bisa Mengalami Berkurangnya Jumlah Uang Kas dalam Pemerintahan

Krisis amerika serikat

Amerika sangat totalitas. Ia berani membiayai keperluan perang dalam jumlah besar. Contohnya pada konflik Irak dan Afghanistan pada 2001 sampai 2007. Konflik tersebut membuat Amerika kehilangan uang US$ 604 miliar dollar.

Dan bila peperangan terus berlanjut hingga 2017, uang yang habis bisa mencapai US$ 1,05 triliun. Langkah terbaik adalah menghentikan peperangan itu, karena jika tidak, Amerika akan mengalami defisit besar-besaran.

3. Harga Minyak Bisa Naik Sangat Tinggi

Harga Minyak Bisa Naik Sangat Tinggi

Dampak ini sudah sedikit kita rasakan. Pada tanggal 8 Januari 2020, tercatat harga minyak dunia melejit hebat. Dari US$ 2,5 menjadi US$ 65,21 atau naik 4%. Kalau peperangan terus berlangsung, besar kemungkinan harga minyak akan semakin mahal lagi dan lagi.

Hal ini bisa dirasakan oleh seluruh dunia, tak terkecuali Amerika. Mengingat penghasil minyak paling besar sendiri berada di wilayah Timur Tengah.

4. Perekonomian Dunia Terganggu

Perekonomian Dunia Terganggu

Yang merasakan dampak ekonomi dari perang dunia ini memang Amerika, tapi semua negara akan mendapatkan dampaknya. Amerika adalah kiblatnya mata uang dunia, juga berbagai produk yang kita pakai sekarang adalah kebanyakan dari Amerika. Jika Amerika mengalami krisis ekonomi, maka barang-barang yang dijual Amerika akan melonjak drastis.

Selain itu, jangan lupakan juga minyak bumi yang juga naik. Intinya, meskipun peperangan hanya terlibat oleh dua negara saja, tapi negara yang tidak tahu apa-apa pun bisa mendapatkan imbas tersebut.

Baca Juga: 50 Kata Kata Tentang Perang Dunia yang Bijak

5. Banyak Korban Berjatuhan, Baik Prajurit Maupun Rakyat yang Tak Bersalah

Pesawat tempur

Amerika dan Iran sama-sama mempunyai senjata mematikan. Mereka juga memiliki senjata nuklir, yang apabila diluncurkan, bisa membuat ratusan ribu nyawa berterbangan.

Yang paling mengerikan adalah bagian ini. Mereka yang tidak bersalah akan kehilangan nyawanya, kehilangan keluarganya, kehilangan masa depannya.

Perang harus dihentikan. Perang tak memiliki manfaat apa-apa jika memang kebutuhannya tidak mendesak.

Tapi meskipun begitu, perang dunia ketiga ini pastilah terjadi. Entah kapan, dan di antara siapa. Mungkin antara Bani Israel dan Umat Muslim di seluruh dunia. Kita bersiap-siap saja.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *