5 Manfaat Menggunakan Sistem Point Of Sale Bagi Bisnis Retail

5 Manfaat Menggunakan Sistem Point Of Sale Bagi Bisnis Retail
5 Manfaat Menggunakan Sistem Point Of Sale Bagi Bisnis Retail
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Point Of Sale atau POS adalah titik dimana pelanggan melakukan pembayaran untuk barang atau jasa. Sistem ini juga disebut dengan mesin kasir.

Point Of Sale pada dasarnya berfungsi untuk mempermudah proses penjualan atau pembelian dalam bisnis retail. Sehingga pelanggan dapat dengan cepat dan mudah dalam melakukan proses pembayaran.

Dilihat dari fungsinya, Point of Sale ini sangat dibutuhkan untuk bisnis yang menginginkan transaksi yang cepat tanpa adanya kesalahan.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Apa Saja Manfaat yang Diperoleh Jika Bisnis Retail Menggunakan Sistem Point Of Sale?

Apa Saja Manfaat yang Diperoleh Jika Bisnis Retail Menggunakan Sistem Point Of Sale?
photo by afahrurrojinet

Sistem POS dalam transaksi memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk membantu mempermudah dalam bisnis retail. Apa saja manfaat yang diperoleh bisnis retail jika menggunakan sistem POS ini? Simak penjelasannya:

1. Meningkatkan pelayanan

photo by highlight.id

Melalui sistem point of sale, retailer dapat menyediakan customer experience yang lebih baik. Jadi staff toko dapat mencarikan produk yang diinginkan oleh pelanggan hanya dalam hitungan detik. Sistem ini juga memungkinkan pemilik retail untuk membuat self service untuk pelanggan.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Meningkatkan pelayanan untuk pelanggan ini dapat memberikan banyak dampak positif bagi pemilik retail, hal ini dikarenakan pelanggan akan merasa puas akan pelayanan yang diberikan. Serta memberikan review yang baik kepada bisnis retail yang dijalankan.

2. Mengoptimalkan keamanan data

Mengoptimalkan keamanan data
photo by okezone techno

Sistem ini juga memiliki tujuan untuk mengoptimalkan keamanan data pelanggan. Hal ini juga termasuk menjaga informasi kartu kredit pelanggan secara aman.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Sistem ini dinamakan Cloud POS, seluruh data disimpan di dalam cloud, bukan di sistem data komputer. Sehingga menghilangkan resiko kehilangan data akibat virus atau sistem yang rusak.

Dengan menggunakan sistem POS berbasis cloud ini, seluruh transaksi juga tetap berjalan tanpa adanya kekhawatiran kehilangan data. Seluruh data transaksi akan disimpan dan disinkronisasi ketika sistem terhubung di jaringan internet.

3. Mempermudah mengelola barang yang ada di toko

photo by konsultasi bisnis surabaya

Sistem point of sale ini memungkinkan pemiliki untuk mengecek sekaligus melacak persediaan barang yang ada di toko.

Selain itu, jika bisnis Anda terdiri dari beberapa cabang, sistem ini juga bisa mengecek barang-barang yang ada di toko lain. Hal ini bertujuan, jika salah satu toko stok barangnya sudah habis, maka bisa mencarinya di toko lain dengan mudah.

Mempermudah mengelola barang yang ada di toko ini sangat penting bagi pemilik retail, karena jika pembeli menginginkan suatu barang, maka pemilik tidak usah repot-repot mencarinya di tempat lain, karena hanya perlu mengeceknya di toko retail cabangnya.

4. Adanya laporan penjualan

Adanya laporan penjualan
photo by talenta

Sistem point of sale pos ini memungkinkan pemilik untuk menghasilkan laporan penjualan dengan lengkap dan akurat. Laporan ini meliputi, jumlah produk yang terjual, produk yang laris, keuntungan penjualan, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan sistem ini, pemilik juga dapat meminimalisir human error yang biasanya disebabkan ketika salah memasukkan data penjualan.

5. Memudahkan proses refund

Memudahkan proses refund
photo by goodmoner.id

Jika ada pelanggan yang komplain atau mau refund, maka pengelola retail tidak perlu direpotkan lagi. Karena dengan menggunakan sistem point of sale ini memungkinkan proses pengembalian barang secara cepat.

Ketika ada pelanggan yang ingin membatalkan pembelian produk, pemilik bisa memprososesnya melalui sistem pos hanya dengan beberapa klik saja. Jumlah yang tadinya bertambah akan berkurang dengan sendirinya secara otomatis.

Sebagai pelaku bisnis retail, memiliki sistem point of sale ini adalah suatu keharusan karena banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh, baik dari segi efisiensi dan menghindari human error dari bisnis retail Anda.