13 Cara Membuka Usaha Laundry Untuk Pemula Agar Sukses Dan Berkembang Besar

membuka-bisnis-laundry

Di jaman modern yang serba bisa ini, ibu rumah tangga memang dituntut untuk lebih produktif lagi. Sekalipun tanpa meninggalkan rumah, kamu juga bisa memiliki penghasilan sendiri. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan dengan membuat bisnis laundry di rumah. Usaha laundry merupakan usaha dengan modal kecil dan sering juga digunakan oleh para pegusaha kecil menengah. Tidak heran jika kamu sering melihat jasa penerimaan laundry yang bertebaran.

Kamu juga dapat membuat bisnis jasa laundry di rumah kamu agar tetap dapat mengurus segala keperluan rumah tangga. Sekalipun dapat berjalan dengan modal yang kecil, namun untuk memulai usaha laundry tidaklah mudah. Berikut ini tips dan cara membuka usaha laundry untuk pemula yang sukses.

1. Tentukan lokasi yang tepat

Membuka usaha laundry sebenarnya tidak jauh berbeda dengan berdagang, kamu membutuhkan para pelanggan yang mempercayakan pakaiannya untuk dicuci dengan jasa laundry yang kamu tawarkan. Hal penting pertama yang harus diperhatikan adalah memilih lokasi yang tepat. Jika rumah kamu terletak di daerah yang strategis maka akan sangat memungkinkan dapat membuka usaha laundry.

Kesalahan lokasi yang kamu tentukan dapat membuat bisnis laundry kamu akan sepi dan kurang banyak yang tahu. Sangat menguntungkan lagi jika daerah yang kamu gunakan dikelilingi oleh tempat kos-kosan atau juga kontrakan. Tempat strategis akan sangat membantu usaha laundry kamu maju dengan cepat.

2. Bandrolan harga tepat

Jika sudah mendapatkan lokasi yang strategis dan memungkinkan banyak peminat, maka selanjutnya kamu harus menentukan harga. Bandrolan harga yang kamu berikan juga berpengaruh pada ramai atau tidaknya usaha tersebut. Para pelanggan yang akan mencucikan baju tentunya juga akan berfikir tentang harga yang kamu tetapkan.

Untuk itu sebelum menjalankan bisnis laundry, ada baiknya mencari informasi sebanyak mungkin atau kamu dapat melakukan riset harga laundry yang cocok untuk daerah anda. Jangan sampai bandrolan tersebut terlalu mahal sehingga membuat para pelanggan enggan menggunakan jasa anda. Tetapi juga jangan terlalu murah agar kamu tidak rugi dan usaha kamu dapat terus berkembang.

3. Pastikan pelayanan bagus

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika membuka usaha laundry adalah pelayanan yang bagus. Para pelanggan akan sangat nyaman menggunakan jasa kamu ketika pelayanan yang diberikan sangat bagus. Tidak hanya soal baju yang dicuci bersih, rapi, dan wangi, tetapi kamu juga harus memperhatikan hal-hal yang lainnya.

Misalnya saja, jika kamu menemukan uang milik pelanggan di dalam kantong, ada baiknya tetap kembalikan dalam keadaan semula ketika sudah dicuci atau dapat memberikannya secara langsung jika tahu uang tersebut milik pelanggan yang mana. Bukan hanya itu saja, waktu buka juga mempengaruhi perkembangan bisnis laundry anda, terkadang ada jasa laundry yang tidak tentu bukanya, hal ini membuat pelanggan sedikit kecewa karena harus menunggu waktu tertentu untuk mengambil pakaiannya. Oleh karena itu, sekalipun bisnis rumahan namun pastikan kualitas pelayanan kamu istimewa.

4. Promosi kreatif

Jika semua sudah kamu lakukan untuk membuka usaha laundry, maka cara agar bisnis kamu ramai dengan pelanggan adalah dengan cara melakukan promosi. Jika kamu hanya berdiam dan tidak melakukan promosi sama sekali, maka dapat membuat bisnis kamu sepi dan mungkin saja mengalami kebangkrutan. Untuk melakukan promosikan dengan kreatif dan menarik, memberitahukan para tetangga bahwa kamu membuka usaha laundry saja tidak cukup, kamu harus melakukan promosi yang lebih luas lagi.

Promosi yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan brosur bertuliskan nama usaha  laundry kamu, kemudian beri harganya agar calon pelanggan tahu dan juga jangan lupa kualitas yang kamu sajikan dituliskan dalam brosur tersebut. Untuk pembukaan awal mungkin kamu dapat memberikan diskon beberapa persen selama beberapa hari bagi calon pelanggan agar usaha laundry kamu ramai.

5. Pekerjakan karyawan

Usaha laundry yang kamu bangun sudah berjalan dengan lancar? Hal penting yang dapat kamu lakukan adalah mempekerjakan karyawan. Dengan adanya bantuan di dalam usaha kamu, maka tidak hanya memudahkan kamu tetapi juga dapat membantu pekerjaan kamu lebih cepat. Karyawan yang kamu rekrut pastikan memenuhi syarat seperti cekatan dan jujur.

Begitupun untuk kamun, ketika sudah memilik karyawan pastikan untuk memperlakukannya dengan baik agar kinerjanya juga semakin baik. Tidak perlu memiliki banyak karyawan terlebih dahulu, kamu bisa memperkirakan kebutuhan untuk memilih karyawan bagian menyetrika, mencuci, atau yang lainnya.

Baca Juga: 13 Cara Mencari dan Mendapatkan Karyawan yang Berpotensi

6. Belajar menghargai waktu

Tidak hanya untuk bisnis laundry, semua usaha juga harus belajar menghargai waktu agar usaha yang kamu lakukan berjalan dengan baik dan semakin berkembang. Bagi para pengusaha, waktu adalah uang yang harus diperlakukan sebaik mungkin. Jika kamu dapat memanfaatkan waktu dengan baik, dan berani memberikan janji kepada para pelanggan dalam waktu menyelesaikan cuciannya dengan cepat, maka kamu harus tepati janji itu dengan baik.

Jangan karena usaha kamu ramai kemudian enggan melakukan cucian dengan cepat. Jika kamu melambat dan memberikan jarak waktu yang terlalu lama, maka bisa saja para pelanggan enggan lagi menggunakan jasa anda. Menyelesaikan laundry tepat waktu dan lebih cepat dapat membantu kamu menambah pelanggan yang setia.

7. Berikan innovasi

Agar laundry kamu jauh lebih ramai dari yang lainnya, pastikan kamu memberikan hal-hal yang menarik dan dibutuhkan para pelanggan. Banyak cara yang dapat kamu lakukan, misalnya saja memberikan layanan kepada para pelanggan dengan delivery, jadi kamu akan mengambil dan mengantar baju kotor dari rumah pelanggan. Hal tersebut pasti dibutuhkan oleh pelanggan yang terkadang tidak punya waktu atau malas mengantarkan cuciannya ke laundry.

Selain itu, kamu juga dapat memberikan kartu member. Jadi para pelanggan yang memiliki kartu member akan kamu berikan diskon. Kartu member juga membantu para pelanggan untuk tetap menjadi pelanggan setia dan tidak berganti menggunakan jasa laundry yang lainnya.

8. Mau intropeksi dan jadi cerdas

Jika kamu sudah merasa memberikan yang terbaik bagi para pelanggan laundry tetapi omset tetap saja menurun, maka kamu harus introspeksi apakah ada kekurangan yang kamu miliki dalam berbisnis tersebut. Perhatikan juga trend bisnis agar tidak kalah dari laundry-laundry yang memberikan inovasi terbaru dan semakin membuat para pelanggan merasa nyaman.

Penurunan omset yang terjadi sebenarnya juga tidak hanya kesalahan internal, tetapi bisa juga para pesaing kamu memberikan hal-hal yang menguntungkan dan dibutuhkan para pelanggan, sehingga jarang ada yang menggunakan jasa laundry anda. Untuk itu cobalah berpikir cerdas dan berusaha membuat bisnis laundry kamu menjadi yang nomor satu.

9. Mau belajar

Membuka usaha apapun pastikan kamu mau belajar dan tidak merasa sombong. Terkadang beberapa orang yang sudah merasa usaha mereka berjalan lancar, mereka seolah-olah tidak mau mendengarkan nasehat dan pengalaman orang lain. Padahal itu semua sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis kamu kedepannya.

Belajar dan cari informasi sebanyak mungkin tentang ide-ide terbaru untuk membuat laundry kamu tetap unggul. Mengasah kemampuan dan wawasan kamu menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar usaha yang kamu lakoni tetap pada sasaran dan berkembang semakin besar untuk jangka waktu yang panjang.

10. Ikuti siklus kebutuhan konsumen

Membuka usaha laundry pasti memiliki pelanggan yang berbeda-beda dan kebutuhan yang dimiliki juga berbeda-beda. Agar usaha laundry kamu tetap berjalan dan ramai dengan pelanggan, maka pastikan untuk menggunakan konsep bahwa pelanggan kamu adalah raja. Sekalipun terlihat susah dan berat, tetapi segala keluhan dan saran konsumen yang kamu dengarkan bisa jadi ladang introspeksi agar usaha kamu lebih maju dan berkembang.

Jangan malu-malu bertanya tentang kepuasan pelanggan menggunakan jasa laundry anda. Jika memang ada yang kurang puas maka cari tahu dimana letak kesalahan tersebut. Segala keluhan yang didengarkan akan membuat usaha kamu menjadi semakin berkembang dan maju dengan pesat. Para pelanggan juga merasa nyaman apabila kamu menanggapi saran yang diberikan.

11. Hitung modal dan biaya

Usaha laundry yang sedang kamu jalankan tentunya membutuhkan biaya dari awal pendirian bisnis. Biaya tersebut berupa modal yang bisa didapatkan darimana saja. Menyesuaikan modal dengan kebutuhan kamu menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Banyak orang yang sering mencampurkan modal dengan kebutuhan hidup sehingga usahanya tidak dapat berjalan dengan baik.

Jika kamu mengambil pinjaman untuk membuka usaha tersebut, maka yakinkan dan usahakan agar laundry kamu tetap berjalan dengan baik. Jika tidak memilik uang yang banyak maka cobalah untuk memulai usaha laundry kecil-kecilan di rumah.

12. Tahu bagaimana menjalankan laundry

Laundry bukan hanya sekedar mencuci baju dengan bersih saja, kamu harus memperhatikan segala hal tentang baju para pelanggan dengan baik. Jangan sampai ceroboh dengan mencampur adukan semua baju miliki pelanggan dalam satu mesin cuci. Memang mencampurkan semuanya dapat membuat prosesnya menjadi lebih cepat, tetapi hal tersebut dapat merusak kualitas pakaian.

Misalnya saja kamu mencampurkan kemeja berwarna putih dan baju atau celana yang ternyata mudah luntur. Alhasil bukannya kepuasan yang didapatkan oleh pelanggan justru kekecewaan. Tidak mendapatkan keuntungan tetapi kamu bisa rugi besar-besaran jika terus melakukan hal tersebut. Belum lagi nantinya kabar kurang baik tersebut juga dapat menyebar dengan cepat. Hal tersebut dapat membuat citra kamu buruk dalam usaha laundry yang sedang dijalankan.

13. Kembangkan usaha laundry

Jika semua cara dan inovasi sudah kamu lakukan untuk mendapatkan posisi tempat laundry terbaik yang ada di daerah anda, maka sudah saatnya untuk menambah peluang usaha agar menjadi semakin besar. Kreativitas akan sangat dibutuhkan untuk membantu mengembangkan usaha. Jika awalnya kamu hanya menerima laundry pakaian saja, maka selanjutnya kamu juga dapat menerima laundry karpet, boneka, sepatu, atau bahkan tas.

Pikiran-pikiran yang sederhana tersebut dapat menarik minat para pelanggan menjadi lebih banyak lagi. Yang awalnya hanya mencucikan baju dengan jasa anda, sekarang mereka menggunakan jasa kamu untuk melaundry boneka milik anaknya, atau bahkan sepatu kantor miliknya. Namun pastikan agar pelayanan yang diberikan tetap terbaik untuk semua jenis laundry milik pelanggan anda.

Membuka usaha memang penuh dengan lika-liku yang harus kamu nikmati, jika jatuh segera bangkit dan jangan berputus asa agar usaha laundry kamu bisa berjalan seperti sedia kala dan dapat berkembang menjadi lebih besar.  Tips usaha laundry di atas dapat kamu terapkan atau pelajari terlebih dahulu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here