in

9 Cara Memilih Jasa Tour Travel yang Terbaik

Memilih Jasa Tour Travel yang Terbaik

Saat ini minat masyarakat dalam berpergian atau berlibur kian meningkat dari tahun ke tahun. Banyaknya destinasi wisata baru yang indah menjadi daya tarik yang kuat bagi traveler untuk berpetualang mencari pengalaman baru. Hal inilah menyebabkan banyaknya jasa tour travel yang menjamur menawarkan berbagai macam paket perjalanan.

Permintaan tour guide kian meningkat seiring dengan perkembangan sektor wisata yang pesat. Tapi sayangnya tidak semua jasa tour travel bisa amanah dan terpercaya. Karena ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menyediakan jasa paket perjalanan yang abal-abal. Jadi kamu harus berhati-hati dalam memilih jasa tour travel karena sudah banyak kasus yang terkena penipuan.

Lalu gimana memilih jasa tour yang amanah dan terbaik? Berikut ini adalah tips dan cara memilih jasa tour travel terbaik.

1. Mengetahui Legalitas Perusahaan

Hal utama dan yang paling dasar ketika kamu akan memilih perusahaan jasa tour travel adalah dengan mencari tahu legalitas perusahaan. Legalitas perusahaan merupakan hal paling penting yang harus kamu tanyakan dan cari tahu dari perusahaan yang akan kamu pilih.

Kamu bisa meminta keterangan kepada pihak penyedia jasa tentang informasi legalitas perusahaannya. Jika perusahaan mereka telah berbadan hukum, maka kamu akan mendapatkan perlindungan hukum yang jelas sebagai konsumen.

2. Mencari Banyak Informasi

Dengan adanya internet, maka informasi apapun bisa kita dapat dengan cepat. Pada poin ini, kamu hanya perlu mencari banyak informasi tentang jasa tour travel tersebut di Internet. Misalnya di forum-forum traveling, sosial media, website, dan sebagainya. Carilah informasi tentang gimana kualitas jasa mereka, gimana pelayanannya, gimana feedbacknya, dan sebagainya.

3. Mencari Review

Sudah pasti bahwa feedback yang jujur itu datang dari konsumen yang pernah menggunakan jasa mereka. kamu perlu mengumpulkan semua review dan feedback dari semua jasa tour travel, agar memudahkan kamu untuk melakukan perbandingan kualitas pelayanan. Carilah informasi tersebut di Internet, media sosial, forum traveling, atau website.

Semua layanan jasa pasti tidak ada yang sempurna, pasti ada saja feedback yang negatif. Nah yang harus kamu perhatikan adalah apakah jasa travel tersebut merespon dengan baik feedback negatif tersebut, dengan cara memperbaiki layanan mereka. kamu bisa perhatikan feedback negatif yang berulang, misalnya hari ini layanannya lambat, seminggu kemudian ada juga feedback tentang layanannya lambat. Itu berarti tidak ada perbaikan tentang jasa tour travel tersebut.

4. Perhatikan Paket Harganya

Daftar paket di berbagai perusahaan jasa tour travel akan berbeda-beda. Pada umumnya, harga akan menentukan fasilitas dan daftar destinasi yang akan kamu kunjungi. Semakin mahal harga yang ditawarkan, maka biasanya paket yang diberikan akan semakin lengkap.

Jika kamu menemukan penawaran paket menarik dengan harga yang tidak masuk akal, maka kamu perlu mewaspadainya. Kecuali itu perusahaan terkenal yang memang sedang mengadakan harga promo. Pengecualian semacam ini tentu dapat dipercaya.

5. Fasilitas Travel

Dengan biaya yang akan kamu keluarkan, kamu berhak menanyakan apapun terkait dengan paket liburan. Apalagi terkait dengan fasilitas yang akan dapatkan nantinya. Sebaiknya kamu tanyakan dengan jelas sebelum memilih jasa tour travel, agar kamu tidak merasa dirugikan nantinya. Misalnya fasilitas hotel, makanan, bus, hingga tiket pesawat.

Pastikan bahwa harga yang kamu keluarkan sesuai dengan fasilitas yang akan kamu dapat. Biasanya semakin tinggi paket harga, maka semakin banyak fasilitas yang akan kamu dapat. Jadi jangan sungkan menanyakan fasilitas sebelum kamu memilih jasa tour travel.

Baca Juga: 7 Alternatif Penginapan Selama Traveling, Lebih Murah dari Hotel

6. Kuota Tour Travel

Saat kamu memutuskan menggunakan tour travel, pastinya kamu tidak akan pergi sendirian. kamu akan berangkat bersama anggota lainnya yang kemungkinan besar tidak kamu kenal. Oleh karena itu penting bagi kamu menanyakan kuota tour travel agar kamu lebih nyaman nantinya.

7. Acara Tour yang Jelas

Saat melihat promo jasa tour travel, biasanya mereka sudah menyusun acara tour mulai dari kepergian hingga kepulangan. Biasanya ada destinasi yang ditentukan oleh penyedia jasa travel yang tidak bisa diganggu gugat oleh anggota, misalnya spot berbelanja, restoran, hotel, dan sebagainya. Untuk itu kamu berhak tahu kemana kamu akan pergi dengan menanyakan seluruh acara tour tersebut.

Dengan adanya acara tour yang jelas, itu juga akan memberikan kejelasan wisata untuk kamu saat berada disana. Usahakan pilihlah jasa tour yang memiliki acara tour yang berkelanjutan, artinya tidak membiarkan kamu tidak kemana-mana, atau hanya berdiam di hotel saja.

8. Jam Terbang yang Berpengalaman

Kamu dapat melihat kredibelitas perusahaan jasa tour travel dari jam terbangnya. Biasanya, perusahaan jasa tour travel yang punya jam terbang yang banyak bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut dapat dipercaya.

Mengapa begitu? Karena dengan adanya jam terbang yang banyak, itu artinya sudah banyak orang yang sukses mereka berangkatkan. Dan mereka sudah berpengalaman dalam hal transportasi, memandu wisatawan, dan memberikan destinasi wisata yang menarik.

9. Memiliki Management yang Baik

Salah satu yang membedakan jasa tour travel yang amanah dan yang abal-abal adalah management perusahaan. Jasa tour travel yang amanah pastinya memiliki struktur management yang jelas. Baik dari owner-nya, pegawainya, tour guide-nya, dan sebagainya.

Gimana perusahaan bisa memberikan kejelasan kepada konsumennya kalo perusahaan itu saja gak jelas managementnya? Oleh karena itu, kamu wajib memperhatikan manajemen jasa tour travel.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *