in

Selain Pulau Komodo, ini 6 Pulau Destinasi Wisata di Labuan Bajo

Selain Pulau Komodo, ini 6 Pulau Destinasi Wisata di Labuan Bajo

Siapa yang tak kenal dengan nama Labuan Bajo, salah satu destinasi wisata tersohor di Indonesia. Labuan Bajo tak hanya di kalangan wisatawan lokal namun juga wisatawan mancanegara. Labuan Bajo terkenal dengan pesona alam yang menankjubkan. Ada banyak pulau-pulau dengan suguhan pemandangan epic di sekitar Labuan Bajo. Dan ini biasanya menjadi bagian dari paket wisata Labuan Bajo.

Sebenarnya, Labuan Bajo termasuk dari bagian Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sedangkan beberapa pulau yang menjadi paket dari wisata Labuan Bajo merupakan bagian terpisah.

Karena Labuan Bajo merupakan tempat berkumpulnya wisatawan yang ingin pergi ke beberapa pulau di sekitar, maka beberapa pulau tersebut dikenal sebagai bagian dari wisata Labuan Bajo.

Kira-kira apa saja pulau-pulau yang menjadi destinasi favorit saat liburan ke Labuan Bajo? Berikut ini beberapa pulau terfavorit sekaligus terpopuler di sekitar Labuan Bajo:

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo tentunya menjadi destinasi yang paling utama dan tidak boleh dilewatkan saat berlibur ke Labuan Bajo. Karena pada faktanya, Kota Labuan Bajo terletak di dalam kawasan Pulau Komodo.

Jadi mana mungkin kamu akan melewatkan pulau yang satu ini. Dan pastinya ada banyak hal unik yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata ini, kekayaan alam yang dimiliki adalah faktor utamanya.

Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo merupakan habitat bagi hewan komodo yang ada di sana. Dan seperti kita tau bahwa hewan yang satu ini termasuk hewan langka dan sangat dilindungi.

Ada ribuan komodo yang hidup di pulau ini. Dan tidak hanya komodo, keindahan Pulau Komodo tidak perlu ditanyakan lagi, pesona sungguh memukau setiap pengunjung yang melihatnya.

2. Pulau Rinca

Nah, selain Pulau Komodo, kamu juga bisa menjumpai hewan komodo di Pulau Rinca. Memang Pulau Rinca salah satu bagian dari gugusan pulau-pulau yang juga menjadi tempat tinggal komodo.

Tak hanya hewan komodo yang hidup di pulau ini, ada juga beberapa hewan lain seperti burung, kerbau dan babi liar. Keindahannya juga pastinya menjadi hal lain yang menarik dari pulau ini.

Berbagai potongan kecil pulau yang berserak di sekitarnya menampilkan bentuk pulau yang berkelok-kelok dan nampak indah. Bahkan keindahannya sudah bisa kamu rasakan saat melewatinya dengan menaiki kapal.

Biru dan jernihnya air laut di sekiling pulau ini menambah pesona yang cukup membius mata. Ditambah lagi dengan hijaunya rerumputan di pulau ini menjadi perpaduan yang harmonis dan eksotis.

Nah, kabarnya, tampilan Pulau Rinca akan diubah menjadi seperti tampilan di film Jurassic Park. Jika memang benar rencana ini terwujud, maka akhirnya Indonesia memiliki Jurassic Park.

3. Pulau Padar

Pulau Padar merupakan salah satu destinasi terfavorit saat liburan ke Labuan Bajo. Dapat dibilang bahwa Pulau Padar termasuk salah satu pulau terbaik yang ada di antara gugusan pulau-pulau Wisata Komodo.

Pulau Padar hadir dengan pesona pemandangannya yang sangat menakjubkan. Kamu akan menemukan landscape yang eksotis ketika mencapai puncak pulau ini, menikmati pesona sekitar dari ketinggiannya.

Yah, pulau ini memang sedikit berbeda dengan pulau lain di sekitarnya, yaitu berupa perbukitan. Untuk menemukan landscape terbaik pulau ini, kamu harus melalui beberapa tracking yang cukup menanjak.

Untuk menaklukkan track-nya, kamu pun harus waspada dan membutuhkan persiapan yang matang. Kondisi fisik dan mental harus kamu persiapkan, karena untuk menuju puncak Padar bukan waktu yang sebentar.

Tapi jangan berkecil hati, perjuangan yang kamu lakukan pastinya sebanding dengan kepuasan yang akan kamu dapatkan di Puncak Pulau Padar. Sejauh mata memandang, rasa takjub yang akan kamu rasakan.

4. Gili Laba

Gili Laba
Gambar by instagram.com/falisha.journey/

Gili Laba termasuk ke dalam gugusan pulau-pulau cantik yang ada di sekitar Wisata Labuan Bajo. Sesuai namanya, gili yang biasanya digunakan untuk menyebut pulau yang berukuran kecil.

Gili Laba memang termasuk salah satu pulau berukuran kecil. Pulau kecil yang juga dikenal dengan sebutan Gili Lawa ini terletak di sebelah utara Pulau Komodo dan menghadap langsung ke laut Flores.

Sama halnya dengan Pulau Padar, Gili Laba juga didominasi perbukitan dan rumput-rumput hijau membentuk landscape yang sangat elok. Kamu akan mendapat suguhan landscape eksotis dari puncak pulau ini.

Dan untuk mencapai puncaknya membutuhkan waktu perjalanan yang cukup panjang dan stamina yang kuat. Track untuk mencapai puncak Gili Laba juga terbilang sulit karena kontur tanah berpasir, licin dan terjal.

Nah, kalau kamu ke Gili Laba, kamu tidak boleh melewatkan satu spot favorit di pulau ini, yaitu di perairan yang diapit dengan pulau. Spot instagramble yang satu ini menjadi spot ikonik dari Gili Laba.

5. Pulau Kanawa

Kalau kamu suka dengan keindahan alam bawah laut, Pulau Kanawa adalah rekomendasi yang tepat untuk kamu kunjungi. Pulau ini termasuk salah satu pulau eksotis yang menjadi favorit para wisatawan.

Yah, Pulau Kanawa merupakan pulau kecil di sekitar Labuan Bajo yang populer dengan keindahan ekosistem lautnya. Di pulau ini kamu bisa menyaksikan keindahan terumbu karang beserta ikan kecil tanpa harus menyelam.

Kejernihan airnya menampilkan ekosistem laut yang elok. Jadi, bagi kamu yang suka diving dan snorkeling, mestinya kamu tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati pesona Pulau Kanawa.

Selain keelokan alam bawah lautnya, Pulau Kanawa juga menyuguhkan nuansa ketenangan, kamu bisa bersantai di pulau ini. Di pulau ini juga terdapat dermaga yang menjadi spot favorit para wisawatan.

Jadi, di Pulau Kanawa ini kamu bisa melakukan hobi diving dan snorkeling sekaligus bersantai dan berjemur. Kalau kamu sudah menginjakkan kaki di pantai ini, dijamin kamu bakalan betah berlama-lama.

6. Pulau Seraya

Letak Pulau Seraya tidak jauh dari Kota Labuan Bajo, berjarak sekitar 10 km di sebelah utara. Sama halnya dengan pulau-pulau di sekitarnya, Pulau Seraya memiliki daya tarik tersendiri.

Garis pantai yang dimiliki Pulau Seraya cukup panjang, membentang sekitar satu kilometer. Pulau ini memiliki pesona keindahan yang menakjubkan, sangat cocok untuk wisatawan yang ingin merileksasi diri.

Bahkan pulau ini merupakan pilihan yang cocok buat wisatawan yang ingin berbulan madu, karena suasananya yang sangat menenangkan. Perpaduan yang elok antara pasir putih dengan jernih air laut yang membiru.

Tak hanya itu, pulau ini juga memiliki pesona ekosistem laut yang menakjubkan. Kamu bisa melakukan diving maupun snorkeling di pulau ini, karena keasrian alam bawah lautnya masih sangat terjaga.

Sepanjang garis pantai, kamu akan menemukan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan kecil. Apalagi saat air laut surut, kamu bisa berjalan dengan radius sekitar 500 meter menuju tengah laut.

Jadi, kamu pasti tau seberapa populer wisata Labuan Bajo saat ini, karena banyak agen travel yang menawarkan jasa dan agen travelling ke tempat-tempat tersebut. Dan tentunya ada banyak paket liburan Labuan Bajo yang bisa kamu pilih.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *