7 Cara Menemukan Skill dan Bakat yang Tersimpan Dalam Diri Kita

Menemukan Skill dan Bakat

Pernah tidak kamu ditanya oleh seseorang tentang skill yang kamu miliki di bidang apa? Kemudian, kamu bingung harus menjawab apa, karena memang kamu tidak mengetahuinya. Kamu merasa bahwa kamu tidak memiliki bakat atau skill apapun. Kamu merasa tidak ada kemampuan yang menonjol dalam diri kamu sendiri.

Pada dasarnya manusia terlahir dengan kekayaan skill yang sama, hanya saja dalam jenis yang berbeda. Percayalah bahwa Tuhan menganugerahi setiap manusia dengan kemampuan yang luar biasa. Jika kamu belum menyadari adanya skill dalam diri kamu, itu artinya kamu belum menemukannya.

Mungkin skill yang kamu miliki masih hilang. Dan hanya ada dua cara untuk menyikapinya, yaitu mencari dengan terus menggalinya atau hanya berdiam diri saja dan membiarkannya terus hilang. Nah, untuk menemukan skill yang kamu miliki, kamu harus menggalinya dengan beberapa cara. Untuk itu, simak cara menemukan skill dan Bakat yang tersimpan dalam diri kita di bawah ini:  

1. Lakukan Berbagai Hal yang Kamu Sukai

Menemukan skill yang kamu miliki, tidak serta merta dapat menemukannya dengan mudah. Kamu mungkin kadang merasa bahwa apa yang kamu sukai saat ini merupakan skill. Tapi belum tentu juga. Bisa saja itu adalah kesenangan sementara yang hanya hinggap di saat kamu terpengaruh terhadap suatu hal.

Misalnya, saat itu, kamu berada diantara orang-orang yang menyukai musik. Kemudian kamu mulai tertarik dan mencoba untuk belajar bermain musik bersama mereka. Karena saat itu kamu menikmatinya, maka kamu menganggap itu merupakan skill kamu. Nah, itu salah. Belum tentu apa yang kamu sukai merupakan skill yang kamu miliki.

Jadi, lakukan saja dulu semua hal yang kamu sukai. Jangan membatasi diri terhadap sesuatu yang kamu senangi. Masih ada banyak tahap yang harus kamu pastikan untuk menunjukkan bahwa itu benar-benar skill yang kamu miliki. Diantara banyak hal yang kamu sukai, bisa jadi salah satu diantaranya adalah skill kamu yang sebenarnya.

2. Perhatikan Beberapa Hobi Kamu

Hobi merupakan beberapa hal yang kamu senangi dan kamu suka melakukannya ketika dalam waktu senggang. Terlepas dari itu, kamu harus tahu bahwa hobi dan skill biasanya berdekatan. Meskipun pada kenyataannya, tidak semua hobi yang kamu lakukan merupakan skill kamu yang sebenarnya.

Hobi tidak sekedar aktifitas yang dapat kamu lakukan pada waktu senggang. Jika kamu jelih, kamu akan menemukan sesuatu yang kamu cari itu. Jadi, perhatikanlah setiap hobi yang sering kamu lakukan. Bisa jadi, skill kamu sebenarnya berada di antara rentetan hobi yang selama ini kamu lakukan.

Baca Juga: Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang? Inilah Penjelasan dan Caranya!

3. Lihat Berapa Lama Kamu Melakukannya

Seperti yang dikatakan pada poin sebelumnya, kamu disarankan untuk melakukan semua hal yang kamu sukai. Untuk itu, lihatlah hal mana yang paling lama kamu melakukannya. Pada umumnya, skill akan melekat dalam diri kamu dengan waktu yang lama, bahkan selamanya akan terus menjadi hal yang kamu sukai.

Akan tetapi, perlu kamu perhatikan, terkadang ada yang merasa jenuh dengan skill atau passion karena pengaruh beberapa hal. Namun hal itu tidak akan sampai membuat skill kamu menghilang, itu hanya berlangsung dalam sekejap waktu. Pada umumnya, skill akan mudah kamu terima kembali menjadi hal yang kamu sukai.

Selain itu, biasanya skill akan memberikan kepuasan ketika kamu melakukannya. Kamu tidak akan sadar bahwa kamu telah menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya. Hal ini bisa kamu jadikan indikator untuk menemukan skill kamu yang sebenarnya.

4. Perhatikan Sesuatu yang Mampu Kamu Kerjakan

Selama ini, tentu kamu dapat melakukan berbagai hal bukan. Coba deh kamu perhatikan apapun yang mampu kamu kerjakan. Di antara semua hal yang mampu kamu kerjakan, bisa jadi itu merupakan skill kamu yang sebenarnya. Karena skill itu merupakan sesuatu yang pastinya mampu untuk kamu kerjakan, jika tidak mampu, maka itu bukanlah skill.

Misalnya, selama ini kamu mampu mendesain pakaian, bisa jadi kamu memang punya skill dalam hal mendesain. Nah, kamu perhatikan semua hal yang pernah kamu kerjakan, mungkin saja skill kamu sebenarnya adalah apa yang sering kamu kerjakan selama ini.

Salah satu ciri yang harus kamu ketahui dalam mencari skill dalam diri ialah kamu akan merasa menemukan kepuasan luar biasa ketika kamu mampu dan berhasil mengerjakannya. Kepuasan tersebut berbeda dengan kepuasan ketika kamu menyelesaikan pekerjaan lainnya.  Jadi, carilah skill kamu di antara beberapa hal yang mampu dan pernah kamu kerjakan.

5. Pancing dengan Beberapa Projek

Selain semua cara yang telah disebut di atas, kamu perlu memancingnya dengan beberapa projek atau pekerjaan terkait. Dalam membuat suatu projek, sebaiknya kamu melakukannya sesuai dengan apa yang kamu sukai. Misalnya kamu suka menggambar, coba membuat suatu karya yang berkaitan dengan aktifitas menggambar.

Dalam memancing skill, jangan hanya melakukan satu projek, buatlah berbagai projek terkait hobi dan apa yang kamu sukai. Jika hobi-hobi yang selama ini kamu lakukan sekedar untuk mengisi waktu luang, cobalah untuk melakukannya lebih serius dengan suatu projek. Kemudian mintalah orang lain untuk menilai hasil projekmu itu. Kalau menurut mereka memuaskan, mungkin hal itu adalah bagian dari skill kamu.

6. Temukan Kemampuan Paling Dominan Diantara yang Lain

Salah satu ciri utama dari skill adalah dia akan menjadi paling unggul atau dominan di antara kemampuan yang lainnya. Manusia memang dianugerahi dengan banyak kemampuan. Dengan memiliki skill, tidak berarti itu menutup kemampuan yang lainnya. Kamu tetap punya banyak kemampuan, hanya saja skill akan lebih mendominasi.

Nah, cobalah perhatikan setiap aktifitas dan kemampuan yang kamu lakukan selama ini. Di antara semua kemampuan itu, carilah mana yang paling dominan atau paling unggul. Kemampuan yang mendominasi itu merupakan skill kamu yang sebenarnya. Jadi, perhatikan dengan jelih, kemampuan mana yang paling menjiwai dan yang paling mengungguli.

7. Tanyakan Pendapat Orang Lain

Selain kamu mencarinya dengan memperhatikan sendiri tentang apa yang ada dalam diri, kamu juga perlu meminta pendapat orang lain. Jika kamu tipe orang yang peka, kamu akan menemukannya dengan mudah. Akan tetapi, jika kamu tipe orang yang kurang peka, kamu membutuhkan pendapat orang lain.

Bisa jadi, orang lain dapat melihat skill yang kamu miliki melalui keseharian kamu. Biasanya, skill juga akan nampak dari luar, sehingga orang lain dapat melihatnya. Jadi, jangan pernah ragu untuk meminta pendapat orang lain tentang skill yang kamu miliki. Mereka bisa menjadi jalan untuk menemukan skill kamu yang sebenarnya.

Jadi, jangan pernah mengeluh bahwa kamu tidak punya kemampuan apapun. Karena manusia pasti punya skill-nya masing-masing, kamu hanya perlu menggali diri kamu sendiri untuk menemukannya. Dengan cara menemukan skill di atas, semoga kamu menemukan skill yang kamu miliki dan mampu untuk memanfaatkannya untuk hal yang baik dalam hidup ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here