11 Penyakit Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat, Wajib Kamu Hindari!

penyakit-gaya-hidup-tidak-sehat

Kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dengan baik. Terkadang beberapa orang lupa bahkan seolah tidak peduli dengan apa yang mereka lakukan, entah mengkonsumsi makanan yang sehat atau tidak, entah berolahraga atau tidak, padahal semua itu memberikan pengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Jika kamu tidak bisa mengontrol kesehatan, maka bisa saja penyakit yang berbahaya datang menyerang, dan tentunya hal tersebut tidak ingin terjadi pada kita semua.

Beberapa penyakit memang bisa ditangani dengan mudah oleh perawatan dari rumah sakit. Namun jika sudah parah ataupun kronis, tentu hal ini akan menyusahkan hidup kita. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat juga terbilang banyak, seperti berikut ini.

1. Tekanan darah tinggi

Mungkin kita sudah sering mendengar penyakit darah tinggi atau bahkan beberapa orang di antara kita memiliki penyakit darah tinggi. Sekalipun kerap dianggap sepele, namun siapa sangka bahwa penyakit darah tinggi ini bisa membahayakan hidup kita.

Darah tinggi bisa disebabkan oleh konsumsi makan yang salah, terlalu stres, faktor genetik, dan efek dari obesitas. Jika memang kamu punya riwayat penyakit darah tinggi, maka ada baiknya kamu menjaga kadar garam dalam makanan yang dikonsumsi. Kemudian hindari stres sebab hal tersebut bisa membuat tekanan darah menjadi naik.

2. Penyakit jantung

Kita tidak bisa memilih penyakit apa yang bisa menyerang ketika menjalani pola hidup yang tidak sehat. Sebenarnya kamu bisa mencegah hal tersebut terjadi dengan cara memperhatikan kebiasaan-kebiasaan kamu dalam aktivitas sehari-hari.

Penyakit kronis selanjutnya yang bisa menyerang kamu adalah penyakit jantung. Penyakit ini sangat rentan dengan pola hidup yang kurang sehat.

Akibat dari pola hidup yang tidak sehat tersebut, maka otot jantung dan dinding pembuluh darah bekerja tidak maksimal. Jika hal tersebut dibiarkan secara terus menerus, maka kemungkinan kamu bisa terserang penyakit jantung. Apalagi untuk kamu yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan itu. sebab dapat membuat kamu semakin dekat dengan penyakit jantung.

3. Penyakit Arteriosclerosis

Penyakit Arteriosclerosis merupakan penyakit yang terjadi ketika dinding pembuluh darah menjadi tebal dan tidak elastis. Hal tersebut bisa disebabkan dari kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan tidak sehat, merokok, dan kebiasan buruk lainnya.

Namun sebenarnya Arteriosclerosis ini paling utama disebabkan makanan yang tidak sehat. Jadi pembuluh darah penuh dengan lemak sehingga dapat menyebabkan kelingan pada darah.

4. Diabetes tipe 2

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan yang terlalu berlebihan. Bagi kamu yang suka dengan beberapa makanan enak dan berlemak, kemudian jarang berolahraga, maka sebaiknya mulailah meninggalkan kebiasaan tersebut, sebab dapat menimbulkan penyakit diabetes tipe 2.

5. Obesitas

Di Indonesia sendiri masih banyak orang yang tidak memperdulikan berat badan dan makanan apa saja yang dikonsumsinya, padahal hal ini bisa menyebabkan masalah obesitas. Orang yang obesitas memang terlihat sehat dan segar, namun siapa sangka bahwa orang yang obesitas juga bisa membuatnya susah bernafas, darah tinggi, dan lain-nya.

Jika memang kamu suka makanan cepat saji, maka imbangi mengkonsumsi buah sayur, kemudian olahraga secara rutin agar lemak yang ada di dalam tubuh bisa melebur dan jauh dari obesitas.

6. Cirrhosis

Mungkin belum banyak yang tahu tentang penyakit ini. Cirrhosis adalah penyakit yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Jika kamu sering mengkonsumsi alkohol, adanya baiknya mulai berhenti dari sekarang agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya.

7. Penyakit paru-paru

Penyakit paru-paru termasuk dari daftar penyakit berbahaya yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Tentu saja hal tersebut dikarenakan kamu sering melakukan kebiasaan buruk merokok. Tidak hanya merokok saja tetapi penyakit ini juga bisa disebabkan oleh polusi udara yang kotor.

8. Stroke

Sebenarnya penyakit stroke terjadi karena pembuluh darah yang menyalurkan darah ke otak terhalang sehingga membuat otak kekurangan oksigen. Hal ini bisa dikarenakan makanan yang kita konsumsi membuat pembuluh darah tersumbat. Banyak yang mengira penyakit stroke ini hanya dialami oleh orang tua saja, tetapi sebenarnya siapa saja bisa terserang penyakit stroke.

Baca Juga: 13 Cara Hidup Sehat yang Mudah untuk Kamu Lakukan

9. Kanker

Belakangan makin banyak orang yang terserang oleh penyakit kanker. Sebenarnya kanker sendiri disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel yang membahayakan kesehatan.

Ada beberapa tipe kanker yang disebabkan oleh pola gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, terlalu sering terkena sinar matahari, atau sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karsinogen.

Untuk itu ada baiknya tetap waspada dengan kebiasaan yang sering kamu lakukan, bisa jadi kebiasaan tersebut bisa memicu penyakit membahayakan.

10. Swimmerear

Penyakit swimmerear merupakan penyakit telinga yang diakibatkan oleh peradangan, infeksi, dan iritasi pada bagian luar dan kanal dalam. Gejala awal yang sering ditimbulkan biasanya berupa suara berdenging yang sering muncul dan perlahan menurunkan kualitas pendengaran.

Sebenarnya penyakit Swimmerear ini tidak mematikan seperti beberapa penyakit lain jika segera mendapatkan penanganan yang tepat. Namun kamu bisa kehilangan pendengaran kamu selamanya jika didiamkan saja.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kebiasan buruk mendengarkan musik terlalu keras atau sering menggunakan headphone. Untuk itu pedulilah dengan kesehatan telinga anda.

11. Nephritis

Nephiritis adalah penyakit ginjal. Gejala atau tanda yang sudah kronis dari penyakit ini adalah membengkaknya ginjal, selain itu nephiritis juga diikuti dengan tidak bekerjanya ginjal atau sudah tidak berfungsi lagi.

Tentu saja penyakit ini terjadi dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Salah satu cara untuk menjaga ginjal kamu dalam keadaan yang baik adalah sering mengkonsumsi air putih.

Mengkonsumsi air putih paling tidak 2 liter dalam satu hari akan membantu menjaga kinerja ginjal anda. Dengan begitu racun yang ada di dalam tubuh akan mudah untuk dikeluarkan.

Hindari mengkonsumsi minuman yang bersoda, kafein, atau terlalu sering mengkonsumsi teh. Minuman-minuman tidak sehat lainnya ada baiknya tidak dikonsumsi agar kerja ginjal tetap optimal dan terbebas dari penyakit Nephiritis.

Itulah beberapa penyakit yang mungkin bisa menyerang jika tidak menjaga gaya hidup sehat, kamu bisa menghindarinya dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan buah dan sayur, penuhi asupan nutrisi, hindari kebiasaan buruk, dan juga sering berolahraga. Tidak hanya itu tetapi kamu juga harus rajin cek ke dokter seputar kesehatan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here