in

7 Hal yang Perlu Dilakukan Pengusaha Ritel di Era Modern

Bisnis Ritel Modern

Bisnis ritel termasuk salah satu jenis bisnis yang selalu memiliki pasar cukup luas di era modern seperti sekarang ini. Namun, ada banyak hal yang perlu dilakukan dalam mengembangkan bisnis ritel di era modern ini.

Terlebih lagi, di masa sekarang ini bisnis e-commerce sudah mulai menguasai sebagian besar pasar dalam bisnis. Jika para pengusaha ritel tetap diam di tempat, maka pasar yang dimiliki akan habis dilahap oleh bisnis e-commerce.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan dipertimbangkan ulang agar para pelanggan tidak hilang. Berikut ini hal-hal yang dimaksud:

1. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Pelanggan merupakan aset besar dalam mengelola bisnis ritel. Pelanggan ini adalah kunci bertahannya sebuah bisnis. Jika banyak pelanggan yang terpikat dengan toko anda, maka dapat dipastikan ritel anda akan mampu bersaing di era modern.

Akan tetapi, untuk mendapatkan perhatian pelanggan, anda harus memberikan pelayanan yang lebih baik. Cobalah untuk lebih meningkatkan kenyamanan dan kemudahan para pelanggan saat berbelanja di otlet anda.

Misalnya, mengatur ruangan agar nyaman jika sudah masuk otlet, atur tata letak barang dengan mengumpulkan barang yang sejenis, menyediakan fasilitas yang dibutuhkan. Dan pastikan bahwa stok barang yang biasa mereka beli selalu tersedia.

Oleh karena itu, saat ritel anda bersaing di era modern, hal yang perlu anda perhatikan pasokan stok barang. Karena, satu kesempatan mendapatkan pelanggan akan hilang jika barang yang mereka cari tidak ada di otlet anda.

2. Up Date Toko dengan Teknologi Terbaru

Salah satu kesalahan fatal yang seringkali dialami oleh pengelola bisnis ritel di era modern ini ialah tidak mengiringi perkembangan teknologi. Padahal sekarang jaman sudah canggih, ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan dari itu.

Contohnya saja, coba anda terapkan pembayaran digital di ritel anda. Jaman sekarang ini, orang-orang cenderung suka melakukan pembayaran digital ketimbang pembayaran menggunakan uang tunai.

Setidaknya anda coba menerapkan pembayaran menggunakan kartu debit atau kartu ATM di kasir otlet anda. Atau jika ingin selangkah lebih maju, coba menggunakan layanan dompet digital seperti Dana, GoPay, OVO atau banyak layanan lain yang juga bermunculan.

Jika anda menutup diri dengan semua teknologi-teknologi ini, maka kemungkinan bisnis ritel anda akan tertinggal jauh oleh para pesaing anda. Cobalah untuk perlahan menerapkan teknologi sederhana terlebih dahulu di ritel anda.

3. Mengkolaborasikan Promosi Online dan Offline

Harus kita sadari bahwa di pola hidup masyarakat berubah cukup drastis, termasuk pola mereka dalam berbelanja. Ini tentunya menjadi tuntutan bagi para pebisnis dalam mengelola bisnisnya dengan melakukan beberapa inovasi.

Gaya hidup masyarakat masa kini cenderung lebih suka berbelanja online ketimbang offline. Sekalipun masih ada banyak pula yang suka berbelanja offline, namun sebelumnya mereka biasanya mencari informasi produk dan toko secara online.

Ini merupakan suatu keharusan bagi anda pemilik ritel agar ikut terjun ke dalam berbagai media online. Mau tidak mau, anda juga harus menggerai dagangan anda di berbagai media online, baik marketplace, website maupun beberapa media online lainnya.

Atau setidaknya, anda melakukan beberapa promosi secara online, misalnya dengan membuat katalog online tentang produk atau jasa yang dijual. Anda juga bisa menerapkan pemesanan online dan melakukan pengambilan barang di toko online.

4. Mengikuti Setiap Perkembangan Tren

Dari waktu ke waktu, perubahan tren semakin kerap dan kilat, seakan-akan setiap perubahan berlalu hanya dalam satu kejapan mata. Nah, bisnis ritel ini dituntut untuk mampu beradaptasi dengan setiap perubahan yang ada.

Misalnya, mengenai beberapa barang yang paling ngentren, usahakan anda menyediakan stok yang memadai untuk barang yang sedang ngetren saat ini. Atau, lakukan modifikasi pada tampilan otlet sehingga lebih banyak di lirik oleh konsumen.

Boleh-boleh saja anda menyematkan beberapa interior unik yang bisa dijadikan spot foto untuk menarik pengunjung otlet anda. Akan tetapi, kenyamanan dalam berbelanja harus tetap menjadi prioritas yang utama.

Jadi, tren ini termasuk salah satu faktor penting dalam mengelola bisnis ritel di era modern ini. Sebab, jika bisnis anda tertinggal dalam satu langkah saja, maka akan kuwalahan mengejar langkah para pesaing.

5. Gunakan Omnichannel untuk Brand Awereness

Brand awereness merupakan salah satu strategi wajib dalam menjalankan bisnis di era modern. Jaman sekarang, masyarakat akan mengenal suatu dagangan melalui brand, sekecil apapun bisnis tersebut.

Jika ibaratnya bisnis ini tubuh, brand merupakan wajah dari bisnis tersebut. Untuk menjadikan nama brand bisnis (khususnya ritel) mudah diingat oleh masyarakat memang tidak mudah, namun harus tetap diupayakan.

Nah, untuk jaman sekarang ini, media yang paling efektif untuk memperkenalkan brand yaitu omnichannel. Artinya, anda harus konsisten dalam mempromosikan ritel anda di beberapa media online, seperti instagram, facebook, youtube, dan beberapa media lainnya.

Dengan begitu, nama brand ritel anda akan banyak muncul layar gadget banyak orang. Tentu ini sangat membantu nama brand anda untuk diingat. Dan yang paling penting, anda harus konsisten mem-publish hal-hal yang positif dan bermanfaat.

6. Melakukan Program Khusus Pelanggan yang Loyal

Menarik simpati pelanggan merupakan trik yang paling efektif dalam mempertahankan bisnis ritel di era modern ini. Bagaimanapun, kekuatan bisnis ritel ini sangat bergantung kepada loyalitas pelanggannya.

Salah satu kesalahan fatal yang dialami oleh beberapa pebisnis ritel ialah terlalu mengabaikan loyalitas pelanggannya. Mereka terlalu abai dengan pelanggan, menganggap bahwa pelanggan akan berdatangan dengan sendirinya.

Padahal tidak demikian, semua pelanggan yang datang ke ritel perlu diberikan beberapa hal agar selalu merasa terpikat dan terikat dengan ritel anda. Dengan begitu, mereka akan terus kembali berbelanja di otlet anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Beberapa diantaranya yang biasanya banyak dilakukan oleh pebisnis masa kini seperti memberikan potongan harga, mengadakan promo, mengadakan give away, dan beberapa hal lainnya.

7. Menyediakan Media Komplain Bagi Pelanggan

Apapun jenis bisnis yang dikelola, semuanya dituntut untuk tahan terhadap komplain. Karena setiap bisnis tentu akan membawa kelemahan tersendiri. Anda harus siap sedia dan mampu mengatasi hal tersebut apa.

Nah, semua komplain tersebut harus mampu di manajemen dengan baik, yaitu harus disalurkan ke dalam sebuah wadah. Buatlah media komunikasi yang bisa menghubungkan antara anda dan konsumen ritel anda.

Media komplain ini tidak hanya sebagai wadah untuk komplain-komplain, namun juga bisa bermanfaat sebagai media diskusi antara anda dan pelanggan anda. Atasi komplain mereka dengan solusi dan akhiri dengan perbaikan dalam sistem ritel anda.

Jaman sekarang ini sudah canggih, banyak media komunikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mewadai komplain para konsumen. Beberapa pebisnis biasanya menggunakan e-mail, WhatsApp, atau bagi yang memiliki website menyediakan media komplain.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *