in

7 Persiapan Pernikahan yang Harus Dilakukan Sejak Jauh Hari, Menghindarkan Stres dan Repot

7 Persiapan Pernikahan yang Harus Dilakukan Sejak Jauh Hari, Menghindarkan Stres dan Repot

Pernikahan adalah sebuah momen penting dan bersejarah bagi setiap orang. Karena itu tak heran kalau persiapan pernihakan harus dilakukan sejak jauh-jauh hari. Selain untuk membuat momen sekali seumur hidup itu menjadi berkesan dan tak terlupakan, Kamu juga pasti tahu jika mempersiapkan pernikahan itu serba ribet dan kadang bikin stress.

Sudah bukan rahasia lagi jika prosesi pernikahan yang meskipun hanya dilakukan sehari, membutuhkan persiapan hingga berbulan-bulan. Ini karena ada banyak komponen yang harus bersinergi agar pernikahan yang Kamu impikan bisa berjalan lancar dan sesuai keinginanmu. Maka dari itu, mempersiapkan pernikahan memang harus dilakukan sejak jauh hari. Beberapa persiapan pernikahan yang harus sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari beberapa diantaranya sebagai berikut.

1. Tentukan Tanggal Berapa Hari Bersejarahmu Ini Terselenggara

Daftar utama yang harus dipersiapkan untuk pernikahan Kamu adalah tanggal pelaksanaannya. Jika belum dapat tanggal pasti, tentukan terlebih dahulu estimasi waktu pelaksanaannya. Menentukan tanggal pernikahan tentu harus melalui komunikasi dengan dua keluarga. Mengetahui estimasi tanggal pernikahan ini akan semakin memudahkan Kamu dalam mempersiapkan hal lainnya.

2. Ketahui dari Sekarang Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Mengurus Administrasi Pernikahan di KUA

Hal lain terkait persiapan pernikahan yang harus Kamu siapkan sejak jauh hari adalah berkas-berkas yang dibutuhkan untuk proses administrasi pernikahan Kamu di KUA. Proses ini terbilang cukup merepotkan, karena itulah harus dipersiapkan sejak lama. Akan ada banyak dokumen yang harus Kamu siapkan saat mendaftarkan administrasi pernikahan di KUA.

Saat mengurus administrasi pernikahan di KUA, mekanismenya pun bertingkat. Dari mulai menyiapkan dokumen-dokumen pribadi seperti KTP, ijazah, pas foto, KK dan lainnya. Setelah itu harus mengurus surat pengantar ke RT RW terlebih dahulu. Diikuti dengan mengurus surat-surat lainnya di kelurahan, sebelum menyerahkannya ke KUA Kecamatan tempat Kamu tinggal.

Banyaknya dokumen yang harus disiapkan, belum lagi jika ada dokumen yang membutuhkan perbaikan, tentu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengurusnya. Jika Kamu sudah menyiapkan sejak jauh-jauh hari, maka proses pengurusannya bisa lebih cepat.

3. Mau Menggelar Pernikahan Impian dengan Tema yang Kamu Inginkan? Tentukan dan Siapkan Budget Mulai Sekarang

Sedikit bergeser dari urusan administrasi, setiap orang pasti punya bayangan pernikahan impian. Kamu mungkin salah satu diantaranya yang sudah merancang konsep dan tema yang akan Kamu gunakan saat pernikahan nanti. Hal tersebut wajar bagi setiap calon pengantin. Memilih dan menentukan tema saat prosesi pernikahan menjadi hal yang penting. Hal tersebut karena dari tema, maka Kamu bisa melanjutkan ke bagian lain, seperti dekorasi, undangan, souvenir dan lainnya.

Nah, setelah memilih dan menentukan tema yang Kamu inginkan, aspek yang tak kalah penting dalam persiapan pernikahan adalah budget. Setelah Kamu menentukan tema apa yang akan Kamu gunakan, siapkan dan estimasikan budget yang akan Kamu keluarkan untuk menggelar pernikahan.

Jika Kamu sudah mengestimasikan budget untuk mewujudkan pernikahan sesuai konsep dan tema yang Kamu inginkan, maka selanjutnya bisa berjalan mengikuti. Kamu bisa memilih vendor dan venue yang bisa memenuhi keinginanmu berdasarkan budget yang sudah Kamu tentukan sebelumnya. Dengan begitu, Kamu bisa meminimalisir terjadinya over budget.

4. Perkirakan Siapa Saja yang Akan Kamu Undang Perlu Dilakukan Sejak Jauh Hari

Hal lain yang juga tak kalah penting dalam persiapan pernikahan adalah menentukan jumlah undangan. Dari jumlah undangan ini juga sebenarnya Kamu bisa membuat estimasi berapa kapasitas gedung yang akan digunakan atau berapa lama penggunaannya, jika memang menggunakan gedung. Setelah urusan undangan selesai, barulah Kamu bisa mulai mengurus gedung.

Dari perkiraan jumlah undangan yang sudah Kamu tulis dan seleksi ini jugalah, nantinya Kamu bisa menghitung aspek lainnya. Mulai dari jumlah souvenir yang harus disiapkan, berapa banyak katering yang harus dipesan dan lain sebagainya. Mempersiapkan undangan sejak jauh hari juga memungkinkan Kamu memiliki waktu lebih jika memang ada undangan yang harus diantarkan dengan bantuan kurir pengiriman. Hal ini bisa membuat efektifitas waktu lebih baik.

5. Mencari Baju Pernikahan atau Kain untuk Kerabat dan Orang Terdekat Bisa Juga Disiapkan Sedikit Demi Sedikit

Diantara daftar persiapan pernikahan yang bisa dilakukan sejak jauh hari, baju pernikahan dan baju seragam untuk keluarga juga harus masuk dalam prioritasmu. Kalau Kamu memilih menggunakan jasa sewa baju plus make up, maka hal tersebut tidak jadi masalah. Yang harus disiapkan selanjutnya adalah baju yang mungkin bisa digunakan seragam untuk keluarga.

Menyiapkan kain yang bisa dijadikan baju seragam keluarga saat pernikahanmu digelar bisa mulai dicicil sejak awal. Kamu bisa mencari kain dengan konsep yang serupa dengan baju pengantin yang akan Kamu kenakan. Kalau Kamu ingin meminta temanmu menjadi bridesmaid atau bestmen, maka siapkan juga kain yang akan dibuat menjadi baju untuk momen spesialmu.

Baca Juga: 50 Kata Kata Tentang Pernikahan Sederhana, Maknanya Menikah!

6. Souvenir, Terlihat Sepele Namun akan Sangat Meringankan Bebanmu Jika Disiapkan Jauh Hari

Banyak calon pengantin yang menganggap souvenir sebagai hal sepele sehingga tidak disiapkan sejak jauh-jauh hari. Meskipun souvenir relatif lebih mudah didapatkan, namun jika Kamu sudah mempersiapkannya sejak jauh hari, pasti akan lebih meringankan beban pikiranmu sehingga bisa fokus pada hal yang lain.

Apalagi jika kamu menghendaki souvenir yang unik dan tidak biasa. Sudah pasti dibutuhkan usaha lebih untuk mencari vendor yang menyediakannya. Atau jika ingin membuat sendiri, sudah pasti lebih banyak waktu yang dibutuhkan. Karena itu, persiapkan souvenir sejak jauh hari, agar nantinya tidak akan membebani pikiranmu dan merepotkan.

7. Jangan Lupakan Katering, Bentuk Layanan Terbaik untuk Tamu yang Hadir di Acara Istimewamu

Tak hanya gedung dan busana yang akan dikenakan pengantin, katering juga menjadi aspek lain dari daftar persiapan pernikahan yang harus Kamu cicil sejak lama. Manfaatkan waktu luangmu di akhir pekan untuk datang ke vendor katering, menanyakan harga, mencicipi menu sehingga nantinya Kamu bisa memutuskan akan menggunakan vendor yang mana.

Katering perlu disiapkan sejak jauh hari karena sebagai jamuan untuk tamu, Kamu tentu ingin yang terbaik. Sebagai bentuk penghormatan karena para tamu tersebut bersedia meluangkan waktu hadir di momen spesialmu, pemilihan jamuan pun juga tidak boleh sembarangan. Karena itu, siapkan sejak jauh hari agar tidak membuatmu pusing di hari-hari terakhir.

Nah, itu tadi adalah daftar persiapan pernikahan yang sebaiknya sudah Kamu lakukan sejak jauh-jauh hari. Menggelar acara pernikahan yang hanya terjadi sekali seumur hidup tentu membutuhkan persiapan lebih. Melalui persiapan sejak jauh-jauh hari, selain menghindarkanmu dari stres karena persiapan yang terlalu mendadak, juga bisa membantu Kamu dalam mengatur budget pernikahan.

Jika dipersiapkan jauh-jauh hari, Kamu bisa memilih segala sesuatu berdasarkan budget, apalagi jika Kamu bisa mendapatkan harga lebih murah untuk beberapa aspek. Dengan begitu Kamu bisa tetap menggelar pernikahan impian sekaligus bisa menabung lagi untuk persiapan kehidupan setelah menikah.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *