9 Cara Mengatasi Sakit Saat Lagi Liburan agar tetap Menyenangkan

Sakit Saat Lagi Liburan

Sakit merupakan hal yang tidak diinginkan dan termasuk hal yang paling diwanti-wanti ketika kita hendak pergi liburan atau traveling. Segala hal tentunya telah dipersiapkan agar kesehatan tetap dalam kondisi prima. Namun tetap saja, ketika tubuh terlalu lelah, bisa saja penyakit mudah untuk menyerang.

Terkadang, meskipun kita mengantisipasi agar tidak sakit, tetap saja kadang tubuh menolak untuk itu. Hingga pada akhirnya kita jatuh sakit saat kita lagi di perjalanan liburan. Jika kita sakit, maka agenda traveling akan jadi berantakan, bahkan kita tidak akan bisa menikmatinya secara sempurna.

Nah, apakah kamu pernah mengalami hal itu pada saat traveling? Jika kamu pernah mengalaminya, tentu kamu akan tau bagaimana rasanya sakit di saat kamu ingin menghabiskan waktu untuk liburan dan bersenang-senang, pasti tidak mengenakkan. Semua itinerary yang kamu susun akan berantakan.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami hal ini atau pun belum pernah mengalaminya, sebaiknya kamu baca artikel ini sampai tuntas. Karena artikel ini akan memberikan beberapa tips tentang cara mengatasi sakit saat kamu sedang pergi traveling.

Biasanya, tanda-tanda yang akan kamu rasakan ketika akan sakit adalah badan yang terasa tidak enak, kepala terasa pusing dan berat, tenggorokan sakit dan sebagainya. Pada tahap munculnya gejala-gejala tersebut, kamu dianjurkan untuk melakukan hal di bawah ini:

1. Perbanyaklah Minum Air Putih

Air merupakan zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Ketika kamu sudah merasa tidak enak badan, perbanyaklah minum air putih. Karena dengan air putih tersebut, panas serta kotoran dalam tubuh akan terbuang melalui urine. Itu sebabnya, pada saat banyak meminum air putih kamu akan lebih sering membuang air kecil, dan jangan pernah menahannya.

Selain untuk mengeluarkan kotoran dan panas pada tubuh, banyak minum air putih juga bisa mencegah dehidrasi dalam tubuh. Kemudian, minum air putih juga mampu untuk mengurangi rasa lelah yang dialami serta mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh.

2. Makan Buah-buahan dan Sayuran

Untuk membantu mencegah dehidrasi pada tubuh, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan menjaga kestabilan cairan dalam tubuh. Selain banyak mengandung air, sayuran dan buah-buahan juga banyak mengandung serat dan vitamin. Vitamin yang biasanya paling dibutuhkan saat kamu merasa kurang enak badan ialah vitamin C.

Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga mampu memberimu energi sehingga tidak mudah lelah dan jatuh sakit. Jadi, ketika kamu sudah merasa kurang enak badan, belilah buah-buahan untuk kamu konsumsi, terlebih lagi buah-buahan seperti jeruk.

3. Jaga Pola Makan yang Teratur

Menjaga pola makan di saat kamu sedang liburan sangat perlu diperhatikan, terlebih lagi di saat kesehatan sedang terganggu. Makanan berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Bagaimanapun, kamu harus menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh. Meskipun sedang traveling, jangan terlalu mengandalkan makanan instan.

Selain itu, jaga pula waktu untuk makan, jangan sampai telat. Kalau lagi tidak enak badan, perut yang kosong akan sangat mudah untuk jatuh sakit. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya makanan untuk dijadikan tenaga. Oleh sebab itu, isi perut kamu jangan sampai kosong, terlebih lagi jika kesehatan sedang terganggu.

4. Konsumsi Vitamin dan Obat-obatan Pribadi

Selain vitamin yang terkandung dalam makanan dan buah-buahan yang kamu makan, kamu juga perlu mengkonsumsi vitamin dalam bentuk lainnya. Terlebih lagi jika kamu sedang sakit, kamu membutuhkan asupan gizi tambahan. Selain itu, jika kamu mengidap penyakit khusus, jangan pernah melalaikan obat pribadi yang harus kamu konsumsi.

5. Jangan Terlalu Lama Terkena Paparan Sinar Matahari

Jika kamu sudah mulai merasa tidak enak badan, sebaiknya jangan terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. Mengapa? Karena terkena paparan sinar matahari secara langsung akan membuat kondisi tubuh semakin drop. Panas yang menyengat sangat tidak baik bagi kondisi tubuh yang kurang fit.

Jadi, ketika kamu sudah mulai merasa kesehatanmu menurun, sebaiknya hindari berlama-lama berada di bawah paparan sinar matahari langsung. Atau setidaknya gunakan topi atau kacamata untuk sedikit melindungimu, karena bagian kepala ini adalah bagian yang rentan terhadap panas yang dapat menyebabkan pusing.

6. Pastikan Mindset Agar Selalu Positif

Sebagian besar kesehatan dipengaruhi oleh pikiran. Percaya atau tidak, pikiran yang positif akan mampu menjadikan kesehatan kamu menjadi lebih baik. Pernah tidak kamu mengalami kesehatanmu sedang berada pada titik yang kurang baik, kemudian karena suatu hal yang mendesak, kamu harus menahannya.

Karena hal tersebut, pada akhirnya kamu harus meyakinkan diri bahwa kamu masih kuat dan sehat. Nah,saat itu pula otak akan memerintah tubuh untuk menjadi lebih sehat.

Kekuatan pikiran memang sangat luar biasa. Jadi, sebelum kamu benar-benar jatuh sakit, jagalah pikiran agar tetap positif. Bila perlu tetap lakukan aktifitas yang direncanakan asalkan aktifitas tersebut tidak terlalu memforsir tubuh kamu.

Baca Juga: 12 Tips Traveling Untuk Perempuan Supaya Tetap Aman dan Nyaman

7. Jangan Mengeluh dan Nikmati yang Ada

Terkadang apa yang menjadi ekspektasi tidak sesuai dengan realita yang dijumpai. Misalnya, seperti keadaan tempat yang dituju memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dari yang kamu perkirakan. Atau bisa jadi, tempat yang kamu kunjungi tidak sebaik apa yang kamu harapkan. Dan pada akhirnya kamu banyak mengeluh akan hal itu.

Dan bahkan saat kamu mengeluhkan kesehatanmu yang tiba-tiba drop saat kamu sudah berada di tempat tujuan. Ketahuilah bahwa saat kamu mengeluh, hal tersebut akan membuat tubuhmu menjadi cepat lelah dari biasanya.

Jika kesehatanmu menurun, perbanyaklah hiburan dan nikmati setiap apa yang bisa kamu nikmati. Yakinlah, hal tersebut akan membuat kondisimu lebih baik.

8. Istirahat yang Cukup

Jika kamu sudah terlanjur sakit, maka istirahatlah secukupnya. Jangan pernah memaksakan untuk menyelesaikan itinerary yang sudah kamu rancang. Jika perlu, kamu gunakan waktumu seharian penuh untuk beristirahat di tempat penginapan. Jika tidak demikian, maka sulit bagi tubuhmu untuk segera pulih.

9. Periksa kepada Dokter Atau Klinik Terdekat

Selain beristirahat yang cukup, kamu juga perlu memeriksakan kesehatanmu di klinik terdekat. Jika kesehatanmu sudah benar-benar drop, maka kamu wajib melakukan ini. Jika tidak mampu melakukan sendiri, maka kamu bisa meminta tolong kepada pihak terpercaya, seperti pelayan hotel dan sebagainya untuk memanggilkan dokter.

Yang harus kamu ingat bahwa ketika kamu mulai merasakan gejala sakit mulai menyerang, kamu harus menyiasatinya secara tepat. Tidak masalah jika kamu harus mengubah rancangan itinerary dari awal. Hal itu lebih baik dibandingkan kamu benar-benar jatuh sakit dan pada akhirnya kamu tidak bisa sepenuhnya menikmati acara liburan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here