9 Tips Memilih Hotel Untuk Liburan yang Nyaman dan Terbaik

tips-memilih-hotel

Menginap di hotel merupakan pilihan sebagian orang ketika sedang berjalan-jalan ke suatu tempat yang jauh dari tempat tinggalnya. Hotel menjadi pilihan bagi mereka yang ingin berkunjung ke suatu tempat dalam waktu yang agak lama dan butuh tempat penginapan yang nyaman, walaupun harganya cukup membuat kantong menjadi kering.

Terkadang, bagi sebagian orang, memesan hotel yang memiliki fasilitas lengkap akan mempengaruhi kenyamanan mereka dalam berlibur. Dampaknya, mereka menjadi lebih menikmati liburan mereka karena tempat penginapannya sangat nyaman untuk ditinggali.

Saat ini, ada banyak sekali hotel yang memiliki fasilitas dan pelayanan yang sangat baik bagi para pengunjung. Para pemilik hotel berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di mata pengunjung. Fasilitasnya juga sangat beragam, tergantung hotelnya dan harga yang ditawarkan.

Biasanya, hotel yang memiliki fasilitas yang lengkap akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan hotel yang fasilitasnya kurang lengkap. Apabila kamu ingin menginap di hotel pada saat liburan, sebaiknya persiapkan dengan matang. Karena tempat penginapan merupakan hal yang sangat penting dan mempengaruhi suasana liburan Anda.

Bagi kamu yang ingin menginap di hotel namun bingung memilih hotel yang mana yang terbaik dan sesuai dengan keinginan, kamu perlu baca tips memilih hotel untuk liburan yang nyaman. Apa saja tips-tipsnya? Langsung saja kita bahas.

1. Lihat Fasilitas yang Disediakan Oleh Hotel

Tips yang pertama dan paling penting bagi semua orang adalah fasilitas yang dimiliki oleh hotel. kamu ingin memesan hotel yang seperti apa? Apakah kamu ingin tempat penginapan yang memiliki kolam renang, punya fasilitas wifi, makanannya yang enak, atau punya pemandangan yang indah?

Jika iya, kamu bisa cari hotel yang di dalamnya terdapat fasilitas kolam renang dan fasilitas yang kamu inginkan supaya kamu bisa menikmati liburan kali ini. kamu juga bisa memilih untuk menginap di hotel bintang 5 jika ingin tempat penginapan yang sangat nyaman dengan kualitas pelayanan terbaik.

Namun, apabila kamu memesan hotel bintang 5, maka sebaiknya kamu gunakan fasilitas yang dimilki oleh hotel tersebut, seperti kolam renang, akses WiFi, antar jemput ke bandara, spa, dan lain-lain.

Jika kamu memesan hotel bintang 5, namun kamu tidak menggunakan fasilitasnya, maka kamu seolah-olah membuang uang sendiri. Apabila memesan tempat penginapan hanya untuk tidur, sebaiknya pesan hotel bintang 3 saja.

Fasilitas dan kualitas hotel berbintang 3 sudah cukup baik bagi kamu yang ingin tidur dengan nyaman. Sangat disarankan untuk memilih hotel berbintang 3 ke atas apabila kamu merupakan orang yang mengutamakan kenyamanan dibandingkan harga.

Bukan berarti hotel berbintang 3 ke bawah tidak nyaman. Hotel berbintang 3 ke bawah juga memiliki fasilitas dan pelayanan yang baik. kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan, kamu ingin hotel yang seperti apa.

2. Sesuaikan Dengan Budget Anda

Pasti kamu ingin menginap di tempat penginapan yang memiliki fasilitas lengkap dengan harga yang terjangkau. Tentu hal itu tidak ada, kecuali apabila kamu mendapat promo potongan harga hotel dari penyedia hotel.

Apabila kamu ingin mendapatkan hotel yang memiliki reputasi baik dengan harga ekonomis, kamu harus sering mengecek harga penginapan tersebut. Namun jika kamu tidak menemukan harga promo, kamu harus menyesuaikan harga tempat penginapan dengan kondisi keuangan Anda.

Jangan memaksakan memilih penginapan yang terbaik dan berbintang 5 apabila kamu tidak memiliki dana yang cukup untuk membayarnya. Intinya, apabila kamu berlibur, sesuaikan dengan kondisi dan jangan terlalu memaksakan keuangan hanya supaya dianggap orang kaya oleh orang lain.

Nyatanya, hotel berbintang 5 tidak selalu membuat seseorang nyaman menginap di situ. Terkadang, seseorang justru nyaman dengan hotel yang memiliki fasilitas yang seadanya dibandingkan dengan hotel mewah dengan fasilitas lengkap.

Selain harga promo, biasanya pihak hotel memberikan harga lebih murah untuk kamar yang dibatalkan mendadak oleh calon penginap dengan tujuan tetap mendapatkan keuntungan di saat yang darurat.

Hal itu bisa kamu manfaatkan dengan cara memesan kamar tersebut. kamu bisa saja mendapatkan kamar hotel yang sangat mewah dengan harga terjangkau.

3. Jangan Pernah Lupakan Keamanan Hotel

Tips memilih hotel yang selanjutnya adalah dengan memilih hotel yang memiliki keamanan yang baik. Keamanan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang. Tentunya, kamu tidak ingin kan menginap di hotel yang terjangkau namun keamanannya masih diragukan?

Lebih baik kamu menginap di hotel yang harganya agak mahal namun keamanannya tidak diragukan lagi, daripada kamu harus menginap di hotel yang murah namun belum tentu aman. Keselamatan diri itu lebih dari sekedar uang.

Jangan korbankan keselamatan diri kamu hanya untuk sekedar uang saja. Uang dapat dicari lagi, namun keselamatan diri tidak bisa dicari jika sudah hilang. Jangan sampai terjadi hal yang buruk terhadap kamu karena kamu tidak memilih hotel yang memiliki keamanan tinggi.

4. Perhatikan Waktu Saat Pesan Hotel

Tips ini rupanya banyak diabaikan orang ketika akan memesan hotel. Banyak orang yang memesan hotel pada saat hampir bepergian, atau bahkan pada saat sudah sampai di tempat tujuan. Cara seperti itu cukup berbahaya bagi Anda, khususnya yang memiliki dana seadanya.

Bagaimana jika tempat penginapan yang kamu inginkan dan sesuai dengan keuangan kamu  ternyata habis? kamu pasti harus memesan tempat penginapan yang kurang cocok dengan Anda. Bisa saja kamu harus memesan hotel yang mahal, ataupun yang jauh karena tidak ada penginapan lain yang tersedia.

Maka dari itu, alangkah baiknya kamu memesan hotel berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan sebelum keberangkatan. Dengan demikian, kamu akan bisa mendapatkan hotel ataupun kamar yang sesuai dengan keinginan.

Selain itu, dengan memesan kamar berbulan-bulan sebelum keberangkatan akan memberikan kamu harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan memesan beberapa hari sebelum keberangkatan.

Dengan begitu, pada saat akan berlibur, kamu tidak perlu direpotkan dengan kegiatan persiapan untuk liburan. Tentunya, hal itu membuat liburan kamu menjadi semakin menyenangkan dan memberikan kesan.

5. Perhatikan Lokasi Tempat Penginapan

Jangan abaikan lokasi tempat penginapan yang akan kamu pesan dengan lokasi tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Lokasi sangat penting bagi kualitas liburan yang akan kamu jalani. Jika bisa, sebaiknya kamu memilih tempat penginapan yang letaknya dekat dengan tempat wisata yang kamu tuju.

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang, kamu juga bisa memilih tempat penginapan atau hotel yang letaknya dekat dengan pusat oleh-oleh. Pastikan juga tempat penginapan kamu memiliki akses transportasi yang mudah, supaya tidak repot untuk bepergian ke mana-mana.

Jangan tergiur dengan harga yang murah namun susah untuk mengakses transportasi. Liburan kamu bisa terganggu jika kamu tidak nyaman. Buatlah diri kamu nyaman ketika liburan, supaya kamu tidak mudah stress.

Perhatikan juga lokasi hotel kamu dengan tempat makan. Biasanya, orang lebih suka untuk makan di luar daripada makan makanan yang telah disediakan oleh pihak hotel. Untuk itu, jangan abaikan unsur yang satu ini demi kenyamanan liburan Anda.

6. Jangan Remehkan Review dan Testimoni Pelanggan

Tips memilih hotel yang selanjutnya adalah review dan testimoni. Review dantestimoni pengguna terhadap suatu produk atau layanan itu tidak kalah penting. Testimoni dari pengguna menggambarkan kualitas pelayanan pada hotel tersebut.

Kualitas review dan testimoni dari pengguna memiliki tingkat keakuratan yang jauh lebih tinggi daripada perkataan dari pihak hotel itu sendiri. Dengan adanya review ataupun testimoni, kamu bisa mendapatkan gambaran seperti apa kualitas hotel yang akan kamu pilih.

Saat ini, ada banyak traveller blogger yang membuat review mengenai hotel dan biasanya mereka diberikan layanan berupa gratis menginap selama semalam untuk membuat para traveller blogger paham mengenai hotel beserta fasilitas yang akan mereka review.

7. Cari Referensi Tentang Hotel Tersebut

Untuk dapat memesan hotel yang sesuai dengan keinginan Anda, ada baiknya kamu mencari informasi mengenai hotel melalui sumber lain, seperti internet. kamu juga bisa bertanya kepada keluarga ataupun teman kamu yang pernah menginap di hotel tersebut.

Dengan mencari referensi, kamu akan menjadi semakin memiliki gambaran tentang hotel yang kamu cari. Meskipun terlihat remeh, namun tips ini sangat akurat bagi kamu yang belum pernah memesan hotel sekalipun.

8. Pilih Hotel yang Tidak Terlalu Ramai Kendaraan

Pastinya kamu tidak nyaman apabila kamu terganggu dengan suara kendaraan yang brisik pada saat sedang istirahat. Maka dari itu, sebaiknya kamu memesan hotel yang lokasinya jauh dari jalan besar di mana banyak kendaraan lalu lalang melewati jalan tersebut.

Hal tersebut bisa membuat liburan kamu menjadi jauh lebih menyenangkan karena kamu merasa tenang dan nyaman dengan kondisi kamar. Karena niat kamu berlibur untuk menenangkan dan menghibur diri. Maka, jangan sampai liburan kamu dirusak oleh bisingnya kendaraan yang lalu lalang.

9. Pilih Kapasitas Kamar Sesuai Dengan Jumlah Orang

Terkadang kita sering melalaikan tips memilih hotel yang satu ini. Biasanya, hotel akan menawarkan kamar dengan jumlah kasur yang beragam. kamu bisa memilih jumlah kasur yang cukup untuk menampung jumlah orang pada rombongan Anda.

Jangan sampai kamu memesan kamar dengan jumlah kasur yang tidak mampu untuk menampung rombongan. Bisa jadi, kamu beserta rombongan akan tidur berdesak-desakan dan membuat kenyamanan kalian dalam berlibur menjadi berkurang.

Nah, itulah 9 tips memilih hotel yang harus kamu perhatikan sebelum memesan hotel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai, kenyamanan kamu menjadi terganggu hanya dengan salah memilih hotel yang sesuai dengan kenyamanan.

Untuk masalah penginapan, sebaiknya kamu jangan anggap remeh. kamu perlu memperhatikan dengan serius mengenai tempat penginapan yang akan kamu gunakan untuk berlibur. Tempat penginapan sangat mempengaruhi mood kamu dalam berlibur.

Sebaiknya, kamu buat diri kamu senyaman mungkin pada saat berlibur. Karena, pada saat itulah diri kamu perlu dimanja dan diberikan kenyamanan setelah lelah bekerja. Toh juga sesekali tidak masalah, walaupun harus mengeluarkan uang yang banyak.

Dengan membuat diri menjadi nyaman, maka kamu akan lebih semangat dalam beraktivitas sehari-hari. Terkadang, manusia memang perlu berjalan-jalan untuk menghilangkan stress pada diri mereka setelah lelah bekerja seharian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here