17 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan untuk Liburan

17 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan untuk Liburan

Kamu sudah hampir melewati tahun ini dengan fearless. Musim liburan sudah di depan mata, saatnya merayakan keberhasilan tahun ini dengan rehat sejenak dan berlibur. Eits, agar liburan kali ini sukses dan menyenangkan, yuk simak 17 tips penting yang harus kamu lakukan sebelum traveling.

1. Atur Jadwal

Agar liburan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana, kamu dapat mengatur jadwal berdasarkan kalender libur nasional. Terutama manfaatkan tanggal merah yang jatuh pada hari Jumat. Jadi, kamu tak perlu ambil cuti kantor terlalu banyak deh. Tapi ingat, kamu pun tetap harus memastikan jadwal pekerjaan di kantor ya. Jangan sampai pekerjaan kantormu yang penting malah terabaikan.

2. Tentukan Destinasi

Jangan lupa buat daftar destinasi yang ingin Anda kunjungi. Urutkan dari yang paling ingin dikunjungi (mungkin sudah lama belum terwujud) hingga destinasi menarik tapi belum proritas. Jika Anda ingin pergi ke destinasi yang jauh seperti Eropa atau Amerika, kombinasikan cuti dengan kalender libur nasional agar masa liburan agak panjang.

3. Menyusun Anggaran Biaya Liburan

Membuat estimasi anggaran biaya selama liburan menjadi hal wajib. Jangan sampai biaya selama liburan justru melampaui anggaran yang disiapkan. Apalagi bila kamu berencana melakukan traveling panjang dan membutuhkan biaya yang besar.

Nah, yang dapat kamu lakukan adalah mengatur berapa banyak biaya yang diperbolehkan keluar selama liburan. Mulai dari transportasi dari dan ke lokasi, biaya penginapan, makanan, tiket ke lokasi wisata, hingga souvenir khas daerah tersebut. Cara ini cukup ampuh guna terhidar dari over budget.

4. Membuat List Barang Bawaan

Hal ini cukup penting mengingat mungkin masih banyak dari kamu yang tak tahan ingin membawa berbagai macam barang traveling. Ingat dear, bawa barang yang benar-benar Anda butuhkan selama bepergian.

Saat sedang berkemas, catat barang bawaan Anda dalam buku kecil agar Anda tak lupa barang atau pakaian apa saja yang dibawa. Kemudian update daftar tersebut saat Anda akan pulang. Pastikan semuanya lengkap dan jangan sampai ada yang tertinggal.

5. Salin Kartu Identitas dan Dokumen Berharga

Percaya deh.. kamu akan selalu berhati-hati selama liburan, tapi tetap saja kejadian yang tidak diinginkan bisa terjadi termasuk kehilangan paspor dan kartu identitas lainnya.

Maka, selalu sisipkan fotokopi Paspor, SIM, maupun KTP di dalam dompet atau tas dan soft copy di ponsel Anda untuk mengatasi kemungkinan terburuk kalau dompet Anda hilang saat berlibur. Untuk antisipasi, simpan juga di email atau kirim keanggota keluarga/orang terdekat agar bisa mengakses di mana pun Anda berada.

6. Bawa Baju dan Sepatu Olahraga

Agar tetap selalu menjaga kesehatan selama traveling, kamu bisa menyisihkan sebagian waktu mu untuk berolahraga. Jogging pagi di daerah tempat destinasi sambil menikmati pemandangan yang disuguhkan? Atau memanfaatkan fasilitas fitness di hotel tempat kamu menginap? Maka dari itu, jangan lupa memasukkan sepatu dan baju olahraga ke dalam koper.

7. Jangan Lupakan Makeup dan Skincare 

Tampil selalu mempesona dengan kulit yang sehat merupakan hal yang wajib, terutama saat traveling. Oleh karena itu, pastikan jangan pernah lupa untuk masukkan deretan keperluan perawatan wajah Anda dan tubuh Anda (tentunya dalam ukuran travel size, ya!)

8. Jaga Stamina dan Kesehatan Tubuh

Agar kamu bisa menikmati liburan dengan maksimal, ingat selalu untuk tetap memperhatikan stamina dan kesehatan tubuh terutama sebelum melakukan perjalanan. Apalagi jika perjalanan yang akan kamu tempuh memakan waktu dan tenaga yang banyak.

Jangan lupa untuk olahraga yang rutin, menjaga pola makan serta konsumsi supplement yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

9. Obat Pribadi

Pada saat Anda berencana untuk traveling, terkadang tubuh menjadi lebih rentan terhadap virus maupun penyakit. Mabuk perjalanan, keracunan makanan, diare, iritasi pada mata, menurunnya daya tahan tubuh, dan hal-hal lainnya yang dapat merusak perjalanan liburan kamu. Maka dari itu, bawalah perlengkapan obat-obatan umum untuk siap siaga juga kondisi kesehatanmu menurun.

10. Mencatat Barang Bawaan

Sebelum melakukan packing, ada baiknya catat segala sesuatu yang akan dibawa ketika hendak berlibur. Tulis di buku atau notes di ponsel agar tidak mudah hilang. Kalau bingung, kamu bisa mencari contoh barang apa saja yang harus dibawa di internet. Setelah itu cobalah menuliskannya, dan bersiaplah packing.

Baca Juga: 9 Cara Memilih Destinasi Liburan yang Hits Agar Tidak Menyesal

11. Bawa Barang Sesuai Destinasi

Untuk tips traveling yang selanjutnya yaitu membawa barang sesuai dengan destinasi. Seperti, jika Anda ingin berwisata ke London dan jika dilihat waktu pergi memasuki musim dingin maka yang harus dipersiapkan adalah pakaian hangat dan jaket tebal.

Selain pakaian, jangan lupa untuk memperhatikan steker listrik di negara tujuan. Jika berbeda, maka Anda harus membeli steker universal agar dapat digunakan.

12. Bawa Tas Kosong

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan tas kosong sebagai cadangan. Terutama bagi Anda yang hobi berbelanja, tas kosong sebagai cadangan ini sangat membantu. Sehingga Anda tidak perlu mengorbankan isi koper dengan beragam barang bawaan atau bahkan membeli koper baru.

13.Dokumen Penting

Tips berikut ini yaitu untuk Anda yang akan bepergian ke luar negeri. Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen penting yang akan dibawa. Contohnya saja seperti paspor dan juga visa, pastikan kedua dokumen ini sudah menjadi hal wajib yang harus ada di dalam tas.

14. Membuat Pengingat Waktu

Apabila Anda merupakan tipe orang yang sering lupa atau pelupa, sebaiknya cobalah membuat alarm waktu saat akan packing dan pergi. Sehingga, semua dapat terencana dengan baik dan teratur. Pastikan waktu pengingat tepat seperti jadwal, terutama jadwal keberangkatan dan kepulangan.

15. Jangan Asal Meletakan Barang di Kamar Hotel

Sering kali bahkan tidak jarang juga bagi para traveler yang ketinggalan barang di kamar hotel. Itu dikarenakan kebanyakan mereka meletakan barang sembarangan. Untuk menghindari hal-hal semacam itu, sebaiknya Anda meletakan barang di dalam tas atau di dekat perlengkapan lainnya saat berada di hotel.

16. Mengalokasi Dana untuk Berbelanja

Biasanaya saat akan traveling, yang sudah pasti dilakukan adalah berbelanja untuk oleh-oleh atau keperluan pribadi. Dalam hal ini yang harus dipastikan adalah menyiapkan dana untuk berbelanja. Pisahkan dana antara keuangan untuk ongkos dan kebutuhan berbelanja.

17. Istirahat yang Cukup di Hari Terakhir

Karena euforia liburan, kadang banyak yang sampai begadang di hari terakhir liburan. Tidak ada salahnya bersuka ria, namun pertimbangkan jadwal kepulangan, belum lagi urusan packing yang memakan banyak waktu. Jika pulang pagi, artinya di hari terakhir kita tidak bisa jalan-jalan sampai larut malam.

Jangan sampai juga kita melewatkan waktu tidur karena sibuk packing sampai tengah malam. Akibatnya kita pulang dengan kondisi kelelahan. Atau paling gawat lagi yaitu ketiduran dan bangun terlambat di hari kepulangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here