13 Tips Travelling ke Singapura dengan Biaya yang Terjangkau

travelling ke Singapura

Singapura merupakan salah satu negara terbaik dan menjadi tujuan favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berlibur. Itu karena letak negara ini sangatlah dekat dengan Indonesia. Bahkan, pemandangan indah negara Singapura yang sangat bisa dilihat dari kota Batam.

Untuk dapat sampai ke negara ini, hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam dari daerah Jawa. Apabila Anda berasal dari pulau Sumatra, maka waktu yang ditempuh untuk sampai ke negara ini akan lebih singkat.

Karena letaknya yang berdekatan, suasana di negara ini hampir sama dengan di Indonesia. Maka dari itu, Anda tidak harus repot-repot beradaptasi dengan suasana dan iklim di sekitar. Selain itu, kebersihan di negara ini sangatlah terjaga.

Mungkin, bagi Anda yang memiliki dana banyak, tidak perlu pusing memikirkan biaya yang akan dikeluarkan untuk bepergian ke Singapura. Namun, apabila dana Anda terbatas, Anda juga tetap bisa travelling ke negara ini.

Walaupun terlihat simpel untuk berlibur ke Singapura, namun Anda perlu beberapa tips travelling menuju Singapura supaya mendapatkan harga terbaik dan liburan yang menyenangkan. Apa saja tips-tips untuk berlibur ke Singapura? Berikut ini tips traveling ke singapura dengan biaya yang terjangkau.

1. Jangan Lupa Siapkan Paspor dan Cek Masa Berlakunya

Apabila Anda ingin bepergian ke luar negeri, Anda wajib memiliki barang yang satu ini. Paspor merupakan syarat bagi seseorang untuk dapat berkunjung ke negara lain. Tanpa adanya paspor, Anda akan dianggap sebagai imigran gelap oleh negara tersebut.

Jangan sampai Anda tidak teliti dengan masa berlaku paspor Anda. Masa berlaku paspor Anda minimal harus 6 bulan dari tanggal keberangkatan. Misalnya, Anda ingin berangkat ke Singapura pada tanggal 6 Februari 2019, maka paspor Anda harus memiliki masa berlaku paling tidak hingga 6 Agustus 2019.

Apabila masa berlaku paspor Anda kurang dari 6 bulan, Anda harus mengurus dan memperpanjang masa berlaku paspor Anda. Jadi, apabila ingin bepergian, sebaiknya cek terlebih dahulu paspor Anda supaya tidak repot.

Saat ini, membuat dan memperpanjang paspor sudah jauh lebih mudah. Anda bisa melakukannya dengan cara online. Tentunya, tidak ada alasan untuk menunda keberangkatan ke negara tetangga hanya karena masalah paspor.

2. Rutin Cek Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat

Karena letaknya yang berdekatan dengan Indonesia, maka harga tiket pesawat dari Indonesia menuju Singapura tidak terlalu mahal. Namun, Anda masih bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

Saat ini, ada banyak sekali maskapai penerbangan atau OTA (Online Travel Agent) yang menawarkan promo tiket pesawat menuju negara yang terletak di dekat Indonesia. Apabila Anda ingin mencari tiket pesawat yang murah, Anda sangat dianjurkan untuk rutin cek aplikasi atau berlangganan newsletter dari OTA dan website resmi milik maskapai penerbangan.

Mengapa Anda perlu berlangganan newsletter? Karena, beberapa maskapai atau OTA menawarkan promo tiket pesawat melalui email. Jadi, hanya pengunjung yang berlangganan saja yang bisa mendapatkan promo tiket pesawat ke luar negeri.

Harga tiket dari Jakarta ke Singapura umumnya sekitar Rp400.000. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan tiket menuju Singapore hanya dengan Rp100.000. Maka dari itu, sering-seringlah buka aplikasi maskapai atau OTA.

3. Ambillah Peta Pada Bandara

Apabila Anda sudah tiba di Changi Airport, Anda perlu mencari area Tourism Information Center atau sebuah rak yang di dalamnya terdapat peta tentang transportasi publik dan beberapa destinasi wisata.

Peta atau brosur tersebut sangat membantu Anda yang ingin berjalan-jalan mengunjungi negara singa ini, terutama untuk Anda yang baru pertama kali mengunjungi Singapura. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui jalur yang dilalui oleh MRT.

Terkadang, pada brosur atau peta tersebut terdapat voucher atau potongan harga untuk mengunjungi beberapa tempat wisata, tempat makan, ataupun penginapan. Hal itu sangat menguntungkan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan negara yang satu ini.

4. Jangan Lupa Pilih Tempat Penginapan yang Efisien

Ada banyak sekali tempat penginapan pada negara ini. Tempat penginapan di sini memiliki pelayanan yang sangat baik bagi para pelangannya. Anda bisa memesan tempat penginapan dengan datang langsung ke tempatnya, ataupun memesan saat Anda berada di Indonesia.

Akan lebih baik apabila Anda memesan saat Anda masih di Indonesia, terutama apabila Anda masih pemula. Jadi, ketika Anda sudah sampai Singapura, tidak perlu repot mencari tempat dan khawatir tidak kebagian tempat penginapan.

Biasanya, tempat penginapan atau hostel yang akrab dengan para wisatawan adalah di daerah Bugis, China Town, dan Little India. Uniknya, harga penginapan hostel di Singapura bukan dihitung per kamar, namun per kasur. Itu karena pada satu ruangan hostel terdapat banyak kasur seperti pada asrama.

Berikut adalah rekomendasi beberapa tempat penginapan di daerah Singapura :

  • ABC Hostel
  • Pillows & Toast Hostel
  • Kawan Hostel
  • Footprint Hotel

Apabila Anda ingin menginap di tempat yang lebih nyaman dan lengkap fasilitasnya, Anda bisa coba menginap di hotel. Untuk mendapatkan harga hotel atau hostel terbaik di Singapura, lebih baik Anda memesan sejak 1 bulan sebelum tanggal kedatangan.

5. Cari Tempat Makan yang Hemat

Anda berpikir kalau makanan di Singapura mahal? Kalau Anda berpikiran seperti itu, maka Anda salah. Rupanya, ada banyak makanan di Singapura yang memiliki harga yang sangat terjangkau. Memang, kelihatannya biaya hidup di Singapura memang mahal.

Namun, untuk hal makan, harga makanan di Singapura beda tipis dengan harga makanan di Indonesia. Harga makanan di sini diberi harga mulai dari SGD 2, atau sekitar Rp19.000. Dengan harga segitu, Anda sudah mendapatkan makanan dengan porsi yang besar.

6. Pilih Transportasi yang Terbaik

Sistem transportasi di Singapura sudah tertata sangat rapi. Mudah bagi Anda untuk berkunjung ke suatu tempat menggunakan transportasi publik. Anda bisa menggunakan MRT untuk berkeliling Singapura.

Supaya lebih hemat transportasi, sebaiknya Anda membeli  Singapoure Tourist Pass. Dengan menggunakan Singapore Tourist Pass, biaya transportasi Anda dengan MRT akan lebih murah. Anda tidak perlu khawatir uang Anda akan habis untuk biaya MRT saja.

Apabila Anda ingin menggunakan media transportasi yang mahal, Anda bisa menggunakan taksi untuk berkeliling Singapura. Di stasiun MRT, Anda tidak diperbolehkan untuk makan dan minum.

Itu karena dikhawatirkan akan mengurangi kebersihan pada area stasiun. Apabila Anda melanggarnya, Anda bisa dikenai denda sekitar SGD 500. Aturan yang mereka terapkan membuat Singapura menjadi salah satu negara terbersih di dunia.

Selain itu, pada gerbong MRT, Anda harus lebih memprioritaskan orang yang memiliki kebutuhan khusus. Apabila Anda sedang duduk di dalam MRT dan melihat orang berkebutuhan khusus tidak mendapatkan tempat duduk, sebaiknya Anda berikan tempat duduk Anda pada orang tersebut.

7. Jangan Bawa Permen Karet

Memang kelihatannya peraturan di Singapura itu sepele, yaitu dilarang membawa permen karet jika sudah berada di Singapura. Peraturan tersebut tidak ada di Indonesia, di mana setiap orang bebas mengkonsumsi permen karet lalu membuang sampahnya sembarangan.

Berbeda dengan Singapura, mereka melarang keberadaan permen karet karena dapat membuat kebersihan negara menjadi berkurang. Pemerintah Singapura takut jika permen karet diizinkan untuk beredar, akan banyak rakyat yang membuang sampah sembarangan.

Pemerintah tidak ingin membuang waktu hanya untuk membersihkan permen karet. Mereka punya urusan yang jauh lebih penting dibandingkan dengan mengurusi permen karet.

8. Jaga Etika Saat di Eskalator

Lagi-lagi ini peraturan negara Singapura yang tidak ada di Indonesia. Jika di Indonesia, Anda bebas berdiri di sisi manapun pada eskalator, hal itu tidak bisa dilakukan di Singapura. Anda harus mengerti di bagian mana Anda berdiri.

Apabila Anda ingin berdiam diri dan tidak berjalan, maka Anda harus berada di sisi kiri eskalator. Namun, jika Anda terburu-buru ingin berjalan cepat, Anda bisa gunakan lajur kanan.

9. Menyeberang Pada Tempatnya

Jika di Indonesia, Anda bisa menyeberang pada area manapun, Anda tidak bisa lakukan hal tersebut di Singapura. Di negara ini, Anda harus menyeberang pada zebra cross supaya tidak mengacaukan sistem lalu lintas.

Di Singapura sudah ada traffic light dengan tombol stop yang berfungsi membantu para penjalan kaki untuk menyeberangi jalan. Selain itu, Anda juga tinggal mengacungkan tangan untuk menyetop kendaraan.

10. Dilarang Merokok Sembarangan

Di Singapura, aturan ini berjalan dengan sangat baik. Tidak ada orang di Singapura yang berani merokok seenaknya di tempat umum ataupun di sembarang tempat. Pemerintah Singapura sudah menyediakan tempat yang khusus diperuntukkan untuk merokok.

Selain itu, Anda juga bisa merokok di tempat terbuka yang dekat dengan tempat sampah. Anda boleh membawa rokok dari Indonesia dan petugas tidak akan menyita rokok Anda. Namun, jika Anda lebih ingin membeli rokok di Singapura juga tidak masalah. Untuk harga rokok di Singapura berkisar antara 10-15 SGD.

11. Kunjungi Tempat Wisata Gratis di Singapura

Berlibur di Singapura tidak harus selalu mengeluarkan uang banyak. Ada banyak tempat wisata di Singapura yang gratis untuk dikunjungi. Tidak susah untuk menemukan tempat wisata gratis tersebut. Contohnya adalah patung Merlion, Singapore Botanical Garden, pertunjukan di Marina Bay, hingga Orchard Road.

12. Beli Kartu Internet Pada Tempatnya

Setibanya di Singapura, Anda pasti ingin berfoto-foto dan meng-upload pada media sosial Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda membeli kartu internet di 7 Eleven karena harga kartu internet di sana jauh lebih murah dibandingkan di sekitar kawasan Changi Airport.

Kartu internet yang cukup baik yaitu Singtel. Anda bisa mencobanya dan Anda tidak akan mengalami susah sinyal. Dengan demikian, Anda akan tetap bisa eksis di sosial media.

13. Sesuaikan Kaki Colokan Listrik

Di Singapura, biasanya colokan listriknya memiliki 3 kaki, beda halnya dengan di Indonesia yang hanya memiliki 2 kaki. Jadi, Anda perlu membawa converter untuk menghubungkan colokan 2 kaki dengan 3 kaki supaya Anda dapat mengisi baterai gadget Anda. Apabila lupa, Anda juga bisa membeli perangkat tersebut di tempat sekitar. Namun untuk menekan pengeluaran liburan, lebih baik Anda membawa converter sendiri.

Nah, itulah beberapa tips travelling ke Singapura dengan biaya yang sangat terjangkau dan tidak repot. Bagi Anda yang belum pernah ke Singapura, Anda bisa mengikuti tips ini supaya mempermudah kegiatan Anda selama di Singapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here