Yang Hobi Jalan-Jalan! Ketahui 8 Manfaat Traveling, Salah Satunya Bisa Bikin Bahagia Lho!

Yang Hobi Jalan-Jalan! Ketahui 8 Manfaat Traveling
Yang Hobi Jalan-Jalan! Ketahui 8 Manfaat Traveling
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Banyak orang mengatakan betapa pentingnya traveling. Apa keuntungan dan manfaat traveling? Mengapa bepergian itu penting? 

Bepergian sejatinya menggabungkan travelling dan gaya hidup sehat pada saat yang bersamaan, karena gaya hidup sehat sangat erat kaitannya dengan travelling dan dianggap sebagai elemen penting untuk mengembangkan kepribadian.

Ilmuwan telah membuktikan bahwa bepergian baik untuk tubuh dan pikiran. Mungkin inilah alasan mengapa banyak orang yang suka traveling.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Contohnya beberapa menit di bawah sinar matahari dapat meningkatkan kadar vitamin D kita dan memperbaiki suasana hati kita. Vitamin D juga sangat baik untuk kesehatan jantung kita.

Lalu, mengapa kita perlu berlibur atau sejenak meluangkan waktu untuk traveling?

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Pentingnya bepergian berdasarkan kemungkinan penyakit jantung yang lebih rendah hingga menghilangkan stres dan kecemasan. Melakukan perjalanan juga dapat meningkatkan kreativitas, rasa bahagia, dan kepuasan kita. Yups, hampir semua orang pasti bahagia saat traveling.

Ketika kamu merencanakan liburan, secara otomatis pikiranmu teralihkan dari hal-hal yang dapat membuat kamu stres. Hal ini karena selama perencanaan perjalanan, kamu mulai berkhayal tentang kemana kamu akan pergi dan apa yang akan kamu lakukan setelah sampai di sana.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Masih banyak lho manfaat traveling lainnya, yuk kita cari tahu bersama!

1. Membantu Redakan Stres

Berlibur Membantu Redakan Stres
Images by Pexels

Dari mengurangi stres, hingga menurunkan peluang terkena penyakit jantung, manfaat bepergian bagi kesehatan sangatlah besar.

Sering kali bepergian cenderung berdampak besar pada kesehatan mental, terutama jika kamu tidak terbiasa keluar dari zona nyaman. Namun sisi baik berkunjung ke tempat wisata adalah dapat menurunkan tingkat stres seseorang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health menyimpulkan bahwa peserta yang baru saja pulang liburan merasa tidak terlalu cemas, lebih banyak istirahat dan suasana hati yang lebih baik.

Menariknya, manfaat tersebut cenderung bertahan hingga berminggu-minggu setelah trip berakhir.

2. Meningkatkan Kreativitas

Berlibur-Meningkatkan-Kreativitas
Images by Pexels

Salah satu manfaat terbesar dari bepergian adalah membawamu keluar dari zona nyaman. Apalagi jika kamu berwisata ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, segala sesuatunya terasa segar dan baru.

Sesuatu yang baru akan menyerang semua indra. kamu melihat pemandangan baru dan menikmati warna-warna cerah. Bepergian memperkenalkan hal-hal baru ke otak dan meningkatkan kognisi.

Saat kamu kembali ke rumah, kamu dapat menggunakan semua rangsangan dan kreativitas baru ini untuk menghasilkan ide-ide baru. 

“Pengalaman asing meningkatkan fleksibilitas dan kedalaman kognitif serta keterpaduan pemikiran, kemampuan untuk membuat hubungan yang dalam antara bentuk-bentuk yang berbeda,” jelas Adam Galinsky, seorang profesor di Columbia Business School .

3. Menurunkan Risiko Jantung

Traveling-Menurunkan-Risiko-Jantung
Images by Pexels

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembukaan artikel ini, traveling dipercaya bisa membantu menurunkan resiko penyakit jantung. 

Sebuah studi bersama dari Global Commission on Aging and Transamerica Center for Retirement Studies dan U.S. Travel Association menyimpulkan bahwa wanita yang berlibur setidaknya dua kali setahun secara signifikan menurunkan risiko serangan jantung jika dibandingkan dengan mereka yang hanya bepergian sekali setiap enam tahun.

Studi yang sama juga menyimpulkan bahwa pria yang tidak berlibur setidaknya setahun sekali meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 30% dan risiko kematian sebesar 20%.

4. Menambah Pengetahuan Baru

Traveling-Menambah-Pengetahuan-Baru
Images by Pexels

Traveling memberi kamu kesempatan untuk bertemu orang baru, mendengarkan musik, mencicipi makanan dan mengunjungi berbagai tempat menarik. Berbagai aktivitas dalam perjalanan dapat memperkaya pengetahuanmu lebih luas dan meningkatkan kepuasan hidup.

Biasanya orang yang bepergian selalu mengembangkan empati dan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya lain. Hal tersebut sangat bagus untuk menambah pengetahuan baru bagi kamu mengenai hal lain yang tak pernah kamu ketahui sebelumnya. 

Ada kutipan dari Santo Agustinus, yang berbunyi “Dunia adalah sebuah buku, dan mereka yang tidak bepergian hanya membaca satu halaman”

5. Lebih Aktif Secara Fisik

Traveling Lebih Aktif Secara Fisik
Images by Pexels

Sangat mudah terjebak dalam rutinitas jika kamu mengikuti rutinitas yang sama secara teratur. Meskipun kamu telah menerapkan rutinitas olahraga ke dalam jadwal harian, kamu mungkin hanya tetap aktif secara fisik selama satu jam atau kurang setiap harinya. 

Perjalanan memberimu kesempatan untuk aktif sepanjang hari, mengunjungi tempat-tempat wisata lokal, berpartisipasi dalam kegiatan yang menyenangkan, atau sekadar menjelajah tempat baru. 

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa kamu lebih aktif secara fisik karena kamu sangat bersemangat untuk mempelajari destinasi baru.

Saat kamu melakukan perjalanan ke tempat baru, kamu akan melakukan lebih banyak langkah dan pergerakan daripada yang biasanya kamu lakukan di rumah.

Berjalan-jalan di pantai saat matahari terbenam atau berjalan-jalan di kota yang ramai di malam hari adalah cara yang menggembirakan untuk membenamkan diri di destinasi baru dan mencari lebih banyak pengalaman sambil berolahraga ekstra.

6. Membuat Kenangan Indah

Traveling Membuat Kenangan Indah
Images by Pexels

Pendidikan kehidupan nyata lebih berkesan karena bersifat pribadi. Hal tersebut mencakup tentang siapa kita, identitas kita hingga ingatan kita tentang banyak hal. Saat traveling, kamu bisa menambah pengalaman dan membuat banyak kenangan indah selama berada di tempat-tempat menakjubkan. 

Salah satu hal wajib saat liburan yakni foto. Ya, setiap orang tentu tak ingin ketinggalan untuk berfoto saat mengunjungi berbagai tempat wisata baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. 

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur
Images by Pexels

Melansir dari well-beingsecrets, Ada beberapa alasan mengapa bepergian dapat membantumu tidur lebih nyenyak.

Pertama, saat bepergian kamu cenderung tidak menghabiskan waktu dengan elektronik seperti smartphone atau laptop. Saat digunakan menjelang waktu tidur, cahaya dari perangkat tersebut dapat menyebabkan penekanan melatonin yang meyakinkan otak bahwa hari sudah gelap dan waktunya untuk tidur.

Menghabiskan waktu untuk aktivitas lain dan menghabiskan waktu di luar ruangan di bawah sinar matahari, sebenarnya dapat membantu ritme sirkadian kamu mengatur dirinya sendiri. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan tidur dan bagun dengan semangat keesokan harinya.

Umumnya lebih mudah untuk tidur saat stres berkurang, ini menjadi salah satu manfaat traveling. Selain itu, berolahraga dengan berjalan kaki dan melakukan aktivitas lain selama bepergian juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

8. Traveling Membuat Bahagia

Traveling Membuat Bahagia
Images by Pexels

Keseruan jalan-jalan memang bisa membuatmu bahagia, begitu juga dengan sekedar membicarakan dan merencanakan perjalananmu selanjutnya. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Cornell University menemukan bahwa mendiskusikan tempat wisata yang mungkin ditemukan setelah kamu sampai di sana dapat menjauhkan pikiran dari tekanan harian di tempat kerja atau di rumah, serta membantu meningkatkan kebahagiaan.

Selain itu, merencanakan perjalanan yang menyenangkan memberimu pengalaman yang unik, memperbaiki suasana hati dan meningkatkan rasa tanggung jawab atas aktivitas pekerjaanmu nanti.

Ingin liburan tapi merasa tak punya waktu? jangan khawatir, jika kamu adalah seorang yang penuh kesibukan, kamu tetap bisa bepergian di akhir pekan atau di hari libur.