7 Alternatif Penginapan Selama Traveling, Lebih Murah dari Hotel

Biaya penginapanmenjadi salah satu bagian yang cukup banyak mengambil porsi dari total biayatraveling. Tak heran jika para traveler terkadang masih mempertimbangkan untukmenginap di hotel. Apalagi di musim liburan, tidak menutup kemungkinanhotel-hotel akan penuh dan tarif akan lebih mahal.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, ada banyak alternatif yang biasanya dipilih oleh para traveler. Mungkin saja alternatif-alternatif itu bisa kamu pilih sebagai alternatif untuk kamu menginap ketika sedang berlibur. Apa saja alternatif-alternatif yang dimaksud? Berikut ini alternatif penginapan selama traveling yang lebih murah dari hotel.

1. SewaApartemen dengan Patungan Harga

Seperti yangkita ketahui, harga hotel kini semakin mahal. Kamu pasti keberatan jika harusmenginap lama di hotel. Nah, bagi kamu yang ingin menginap lama untukmenghabiskan waktu liburan di sebuah kota, mending kamu sewa apartemen.Fasilitas apartemen tidak kalah mewah dengan fasilitas yang ada di hotel.

Apartemenmemiliki fasilitas yang lebih lengkap daripada hotel, seperti dapur. Kamu bisamemasak sendiri dengan fasilitas dapur yang disediakan apartemen, hanya tinggalmembeli bahan masakan. Jadi, ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menghematbiaya traveling.

Meskipun hargaapartemen terbilang cukup mahal, namun harga yang ditawarkan masih lebih murahdibandingkan hotel. Cara lain, kamu bisa patungan pembayaran dengan temantraveling kamu. Jadi, misalkan kamu sedang traveling dengan beberapa teman,kamu bisa patungan dengan teman-temanmu untuk menyewa sebuah apartemen.

2. Menginapdi Hostel Lebih Seru

Sudah pernahmerasakan di hostel belum? Kalau belum pernah, sebaiknya coba dulu! Kamu akanmenemukan keseruannya. Apa sih keseruannya? Banyak. Selain harga yang jauh lebih murahdibandingkan hotel, hostel ini bisa mengajak kamu untuk lebih banyak menemukanteman baru ketika sedang traveling.

Hostel merupakanjenis penginapan yang dalam satu kamar bisa diisi oleh banyak orang. Sekilas,hostel ini mirip dengan asrama. Jadi tidak heran para solo traveler lebih memilih menginap dihostel daripada di hotel, karena mereka biasanyamudah menemukan teman baru di hostel tersebut. Ini akan menambahpengalaman traveling kamu akan lebih berkesan.

Akan tetapi,bagi kamu yang ingin menginap di hostel tapitidak mau banyak orang di kamarmu, jangankhawatir. Karena sekarang ini sudah ada beberapa hostel yang memang dirancangminimalis yang muat hanya sepasang atau bahkan untuk satu orang saja. Jadi privasi kamumasih bisa terjaga.

3. CariGuest House atau Homestay

Salah satualternatif  penginapan yang biasanyadigunakan oleh para traveler yaitu menginap di guest house atau homestay. guesthouse dan homestay ini merupakan penginapan berupa rumah penduduk yangdisewakan untuk para turis, baik turis mancanegara maupun turis lokal. Bahkan,bisa jadi si pemilik rumah juga tinggal di dalamnya.

Jadi, jika kamumemilih guest house atau homestay sebagai tempat penginapan kamu selamatraveling, kamu akan merasakan seperti berada di rumah sendiri. Karena biasanyaguest house atau homestay ini akan mendapatkan pelayanan makan atau mencuci, seperti halnya aktifitas yangdilakukan di rumah sendiri.

Menginap di guest house atau homestay juga cocok bagi kamu yang ingin lebih dalam mengenal budaya masyarakat setempat. Sebenarnya, guest house dan homestay ini masing-masing merupakan jenis penginapan yang berbeda, namun mirip. Hanya saja, pada umumnya homestay ini tempat menginap dalam jangka waktu yang cukup panjang dibandingkan guest house.

Baga Juga: 9 Cara Memilih Penginapan Ternyaman Saat Liburan, Hemat dan Sesuai Budget!

4. Cobalahuntuk Melakukan Camping

Alternatif lainyang bisa kamu coba kalotidak ingin menginap di hotelialah dengan camping atau berkemah. Alternatif yang satu ini cocok bagi kamuyang ingin lebih mengeksplor fasilitas alam yang menakjubkan. Dengan camping,kamu akan menemukan kesan traveling yang sangat berbeda dari biasanya.

Kamu akan merasalebih menyatu dengan alam. Untuk melakukan camping, biasanya kamu hanyamembayar sedikit dari biaya traveling kamu, bahkan ada yang gratis. Selain itu,kamu bisa menginap dengan waktu yang tidak ditentukan. Kamu bisa datang danpergi kapan saja tanpa harus memikirkan biaya akomodasi.

5. Menginapdi Rumah Teman atauSaudara

Ketika kamuberpikir untuk tidak menginap di hotel saat liburankarena budget yang sangat minim, tenangmkamubisa mendapatkan penginapan yang gratis. Salah satu alternatif penginapangratis ialah menginap di rumah saudara atau teman. Memang untuk alternatif yangsatu ini kamu harus punyakenalan yang dekat dengan destinasi wisata yang kamu tuju.

Jika kondisinyamemungkinkan, kamu bisa mengambil alternatif ini. Kamu tidak perlu segan untukmenghubungi mereka, karena mereka pasti akan dengan senang hati menyambutkedatanganmu. Apalagi kalian sudah lama tidak berjumpa, anggap saja itukunjunganmu kepada mereka.

Akan tetapi,meskipun kamu tidak diminta membayar apapun untuk tumpangan menginap di rumahmereka, kamu harus sadar diri. Setidaknya kamu membawa bingkisan sebagaioleh-oleh untuk keluarga mereka. Dan juga kamu harus paham etika bertamu,jangan sampai banyak menyusahkan tuan rumah.

6. CobaTidur di Mobil

Selain menginapdi rumah kenalan, jika kamu punya budgetyang sangat minim untuk menginap di hotel dan ingin akomodasi gratis, kamu bisamenyiasatinya dengan tidur di mobil. Memang, alternatif yang satu ini hanyadapat dilakukan ketika kamu traveling menggunakan mobil pribadi.

Dan tidur dimobil juga sebaiknya dilakukan saatkamu berlibur dalam jangka waktu yangsebentar. Kamu juga harus memperhitungkan jumlah anggota yang ikut travelingbersama kamu. Pastikan bahwa mereka semua mendapat tempat yang nyaman untuk tidurdi mobil. Jadi, dengan alternatif yang satu ini, kamu tidak perlu memikirkanakomodasinya.

7. CobaMenginap di Bandara

Sama hal dengantidur di mobil, menginap di bandara juga tidak bisa dilakukan dalam waktu yanglama, bahkan lebih sebentar. Yah, setidaknya, waktu satu malam sambil menunggujadwal penerbangan, kamu bisa menginap di sana. Beberapa bandar punya cukup fasilitasyang nyaman untuk dijadikan alternatif menginap.

Fasilitas di beberapabandara tersebut seperti kamar mandi juga cukup memungkinkan untuk membersihkandiri sebelum kamu melakukan penerbangan. Selain itu, menginap di bandara jugaakan menimilisir keterlambatan kamu untuk melakukan penerbangan, karena kamusudah berada di bandara. Jadi, lumayan kan untuk menghemat biaya traveling?

Nah, daripadauang dihabiskan untuk menginap di hotel yang hanya semalam, lebih baikdigunakan untuk keperluan lainnya selama traveling. Jangan pernah gengsi untukmengambil alternatif yang satu ini, karena banyak juga para traveler yangmengambil alternatif ini. Jangan adagengsi untuk melakukan apapun, selagi hal itu tidak melanggar aturan.

Jadi, janganbingung jika kamu kehabisan hotel untuk di-bookingatau memang sengaja tidak ingin menginap di hotel karena minimnya budgettraveling. Dengan berbagai alternatif penginapan selama traveling ini bisamenjadi pilihan kamu untuk mengambil langkah cerdik. Semoga tulisan inibermanfaat untuk perjalanan kamu.

Leave a Comment