13 Tips Solo Traveling Yang Aman Dan Menyenangkan

0
solo-traveling

Menikmati liburan sembari mendatangi beberapa tempat yang indah dan menakjubkan memang sangat menyenangkan. Sekalipun anda harus menikmati liburan sendirian pastikan untuk tetap membuatnya terasa lebih menarik dan aman. Memang terkadang beberapa orang ragu untuk melakukan solo traveling atau berlibur sendirian, namun sebenarnya ada juga keuntungan yang bisa didapatkan sebab anda bisa pergi sesuai keinginan anda seorang diri.

Biasanya, solo traveling akan dilakukan di beberapa tempat yang belum pernah anda kunjungi sama sekali. Hal tersebut tentu akan membuat anda membutuhkan banyak sekali persiapan yang matang agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa persiapan yang harus dilakukan ketika anda akan melakukan solo traveling agar lebih aman.

1. Foto identitas

Hal penting pertama yang jarang sekali disadari adalah foto identitas anda. Sebelum berpergian jauh pastikan untuk membawa dan memfoto identitas anda seperti KTP, paspor, SIM, atau bahkan kartu asuransi anda. Hal tersebut akan bermanfaat jika ada kehilangan kartu identitas dan keadaan anda sedang membutuhkannya.

Bukan hanya memfotonya saja, kirimkan juga foto beberapa identitas tersebut pada keluarga atau teman terdekat melalui e-mail. Jika handphone anda hilang makan bisa membuka e-mail untuk mendapatkan beberapa foto identitas tersebut. Hal ini memang terlihat sepele namun ternyata sangat bermanfaat.

2. Berikan informasi pada orang terdekat

Keamanan memang harus diperhatikan jika anda melakukan solo traveling. Selanjutnya anda juga harus memberikan informasi detail kepada keluarga ataupun teman dekat mengenai perjalanan anda. Beritahukan tujuan anda dimana saja akan berlabuh ketika berlibur. Bukan hanya itu saja, tetapi beritahu juga tempat menginap bahkan jadwal berkunjung anda ketika sedang di tempat asing untuk berlibur. 

Hal ini dilakukan untuk membantu memudahkan jika tidak ada kabar dari anda, dimana dan bagaimana orang terdekat dapat mencari anda, maka informasi tersebut akan sangat membantu.  Sekalipun anda menginginkan liburan yang aman dan baik-baik saja, namun berjaga-jaga untuk hal yang tidak terduga juga harus dilakukan.

3. Cari tahu informasi tujuan

Hal penting lainnya adalah anda harus faham tentang tempat yang akan anda datangi. Sebab jika anda tidak tahu sama sekali tentang tempat tujuan liburan anda, maka bisa jadi anda akan kebingungan ketika menikmati liburan.

Misalnya saja begini, jika anda berlibur di suatu negara yang belum pernah dikunjungi dan tidak tahu sama sekali lokasi liburan yang akan didatangi, sesampainya disana anda akan merasa kebingungan dan akhirnya liburan anda jadi kurang menyenangkan.

Untuk itu cari tahu informasi sebanyak mungkin entah melalui internet, berita, koran, atau bahkan majalah. Beberapa berita penting tentang lokasi liburan anda juga harus diperhatikan sebab bisa juga mengganggu rencana liburan anda.

4. Packing barang sesuai dengan kebutuhan

Selanjutnya anda juga harus mengemas barang sepintar mungkin untuk berlibur. Lupakan membawa banyak barang dengan harapan berlibur dengan menyenangkan. Barang yang terlalu banyak dibawa akan membuat perjalanan liburan menjadi semakin repot. Bawa baju secukupnya dan jangan lupa membawa baju hangat jika berlibur di negara yang sedang musim dingin. Kemudian bawa alas kaki sandal dan sepatu sesuai dengan kebutuhan.

Kemas barang anda dengan sesimpel mungkin agar semakin mudah mengeluarkan dan mengambil barang yang dibutuhkan. Bukan hanya itu, pastikan barang tersebut tidak memakan tempat yang banyak agar tidak terlalu berat dan susah ketika membawanya. Solo traveling bisa anda nikmati tanpa menyiksa diri sendiri jika barang bawaan tidak terlalu banyak.

5. Cari tiket transportasi dengan waktu yang aman

Apa maksudnya cari tiket transportasi dengan waktu yang aman? Kebanyakan ketika berlibur orang cenderung memperhatikan harga tiket yang murah tanpa memperhatikan waktunya. Lihatlah waktu berangkat dan waktu sampai di lokasinya. Pastikan untuk datang ke tempat tujuan dengan waktu yang aman, misalnya pagi sampai malam, dimana aktvitas masih banyak dilakukan. Hindari datang ke daerah asing dengan waktu dini hari, sebab bisa jadi kejahatan mudah untuk dilakuan, apalagi anda pergi seorang diri.

Tetapi jika anda harus datang ke tempat tujuan pada waktu dini hari, maka ada baiknya membuat janji dengan pegawai hotel untuk menggunakan jasanya agar menjemput anda. Sekalipun harus mengeluarkan biaya yang agak mahal namun keselamatan anda bisa terjamin di tempat yang asing.

6. Pesan hotel sebelum berangkat

Berlibur di daerah yang belum pernah anda datangi sama sekali memang harus ekstra hati-hati.  Pastikan anda juga memesan hotel atau tempat menginap jauh-jauh hari. Hal tersebut sangat penting dilakukan, jangan sampai ketika di lokasi anda belum menemukan penginapan dan justru sudah banyak penginapan yang penuh atau pelayanannya tutup karena jam kedatangan anda yang terlalu pagi.

Hal tersebut akan membuat anda merasa kerepotan dan juga bingung akan istirahat dimana. Untuk itu agar lebih aman pastikan memesan jasa penginapan sebelum anda berangkat menuju tempat berlibur tersebut.

7. Bawa kartu bisnis penginapan anda

Membawa kartu bisnis penginapan memang sangat penting dan cukup membantu. Jika anda datang ke sebuah negara dimana bahasa dan nama yang digunakan masih asing, maka kartu bisnis dapat membantu anda. Beberapa nama penginapan biasanya hampir sama dengan menggunakan bahasa yang asing atau bahkan anda lupa dengan nama penginapan anda.

Kartu bisnis penginapan akan membantu menemukan tempat menginap yang sudah anda pesan terlebih dahulu. Selain itu di kartu tersebut pasti tercantum nomor yang bisa dihubungi agar mempermudah anda untuk sampai ke tempat penginapan.

8. Yakinkan diri anda

Setelah sampai di tempat tujuan pastikan diri anda yakin bahwa tidak akan ada sesuatu hal yang buruk yang akan terjadi, yakinkan bahwa liburan anda akan menjadi sangat menyenangkan sekalipun sendirian. Hal ini juga harus diimbangi dengan jadwal yang sudah anda buat dan persiapan matang. Jadwal memang sangat penting agar anda tahu apa yang akan anda lakukan selanjutnya ditempat yang asing.

Persiapan matang juga membantu anda mempermudah ketika sedang menghadapi masalah atau kesulitan di tempat liburan. Pastikan lokasi liburan mana saja yang akan jadi sasaran anda dan apa yang anda ingin dapatkan di tempat tersebut agar liburan lebih bermakna.

9. Cek peta dan jadwal bus

Selanjutnya ketika sudah sampai dan anda sudah ingin memulai liburan anda dengan mengelilingi lokasi liburan, maka anda harus mengecek peta dan juga jadwal bus. Pastikan anda tahu ke mana arah tujuan lokasi liburan tersebut dengan melihat rute peta yang ada. Ketahui juga untuk sampai di lokasi, harus menggunakan transportasi apa saja yang harus ditempuh.

Jika anda harus menggunakan bus atau kereta, maka ketahuilah jadwal operasional transportasi tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar anda tidak ketinggalan bus atau kereta ketika sedang berlibur. Jika hal tidak menyenangkan tersebut terjadi, maka liburan yang direncanakan menjadi tidak sesuai dengan harapan anda.

10. Hati-hati ketika dijalan dan dikendaraan

Hal yang perlu dilakukan ketika anda memulai liburan adalah pastikan untuk mengosongkan saku celana anda. Kemudian letakkan barang berharga anda di tempat yang sulit dijangkau para pencopet. Hal ini dilakukan langkah antisipasi pada sesuatu kejadian yang tidak diinginkan. Identitas dan dompet ada baiknya diletakkan di dalam tas bagian dalam agar jauh lebih aman.

Ketika dijalan anda juga harus peka terhadap situasi di sekitar anda, hindari menggunakan earphone yang dapat membuat konsentrasi anda terganggu dan menjadi kurang peka. Hal tersebut cukup berpengaruh jika anda liburan sendirian di negara asing.

11. Jangan beritahu orang asing jika anda solo traveling

Cukup beritahukan keluarga dan orang terdekat bahwa anda akan melakukan solo traveling. Jika bertemu dengan orang asing dan diajak berkomunikasi, maka jangan beritahu bahwa anda sedang berlibur sendirian. Bukannya ingin berburuk sangka, namun ada baiknya tetap menjaga keamanan sebab anda sedang berlibur sendiri di tempat yang belum pernah anda datangi.

Lebih baik lagi jika anda tidak terlalu banyak berkomunikasi dengan orang asing yang belum anda kenal sama sekali. Berbeda lagi jika anda berkomunikasi dengan tourguide yang anda gunakan jasanya. Tourguide akan memberikan anda informasi dan juga keamanan ketika berlibur di negara asing.

12. Beritahu tujuan anda pada sopir bus atau taksi

Jika anda masih merasa bingung dengan tempat tujuan dan alamatnya, maka ada baiknya menggunakan bantuan sopir bus atau taksi yang anda gunakan. Hal ini akan membantu agar tidak membuat anda kehilangan arah dan kebingungan. Jika masih belum faham rute yang akan diambil ketika akan ke tujuan berlibur, maka anda bisa menanyakan langsung pada orangnya atau mencari tahu di peta internet.

13. Datangi lokasi liburan yang umum

Jika anda belum pernah datang ke sebuah negara kemudian ingin liburan ke tempat tersebut, maka pastikan untuk memilih beberapa lokasi yang memang sudah umum dikunjungi beberapa wisatawan asing lainnya.

Bukan hanya itu saja tetapi juga carilah transportasi yang mudah dijangkau dan selalu tersedia. Hindari mendatangi beberapa tempat wisata yang sepi pengunjung dan tempatnya berada di pedalaman sebuah daerah di negara tersebut. Sebab bisa jadi kejahatan juga terjadi di daerah tersebut dan liburan anda menjadi tidak aman.

Memang tidak mudah untuk melakukan solo traveling atau berlibur sendirian. Selain tidak memiliki teman, anda juga harus ekstra hati-hati untuk menjaga diri dan barang bawaan anda. Belum lagi jika daerah yang didatangi belum dikenal atau tampak asing, tentu beberapa hal akan menjadi lebih sulit dilakukan. Namun jika anda berhasil melakukan solo traveling dengan mudah, menyenangkan,  dan aman, pasti akan merasa ketagihan karena meraih kebebasan selama liburan. Selamat berlibur,  semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here