12 Tips Traveling Untuk Perempuan Supaya Tetap Aman dan Nyaman

tips-traveling-perempuan

Bepergian jauh untuk jalan-jalan atau traveling merupakan aktivitas yang kebanyakan dilakukan oleh laki-laki. Kegiatan ini rupanya tidak terlalu akrab dengan wanita. Banyak wanita yang tidak suka untuk travelling dan menikmati keindahan alam.

Bukan tanpa alasan, wanita memang kurang tertarik melakukan traveling karena dunia petualang memang dianggap kurang ramah dengan wanita. Dilihat dari jumlah data kecelakaan yang terjadi, maka sebagian besar terjadi pada wanita. Banyak terjadi kecelakaan ataupun kejahatan pada wanita saat traveling.

Hal itulah yang membuat sebagian besar wanita takut untuk bepergian jauh, terutama apabila liburan seorang diri atau solo traveling. Banyak sekali ancaman yang menghantui para wanita. Bagi para perempuan yang hendak melakukan traveling untuk mencari kepuasan pribadi, tidak masalah.

Namun, Anda perlu memperhatikan tips traveling untuk perempuan yang perlu diperhatikan dan sangat penting bagi keselamatan Anda. Apa saja tips-tipsnya? Langsung saja kita bahas.

1. Sebisa Mungkin Usahakan Jangan Sendiri

Bagi Anda seorang perempuan yang ingin bepergian jauh, akan sangat lebih baik apabila mencari teman untuk menemani perjalanan Anda. Itu karena, seorang perempuan yang bepergian jauh sendirian akan cenderung meningkatkan angka kejahatan.

Sangat riskan bagi Anda untuk bepergian sendiri. Akan ada banyak orang yang menggoda Anda bahkan hingga mengancam keselamatan Anda. Tentunya, Anda tidak ingin kan hal tersebut terjadi pada diri Anda sendiri?

Apabila Anda tidak memiliki seorang teman yang mau diajak traveling, Anda bisa juga pergi bersama tour guide untuk menemani Anda. Namun, dengan syarat tour guide tersebut sudah terjamin keamanannya.

Baca Juga: 13 Tips Solo Traveling Yang Aman Dan Menyenangkan

2. Carilah Tempat Penginapan yang Terbaik

Apabila Anda menyewa hotel, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan memesan per kamar. Namun, apabila Anda memesan hostel sebagai tempat penginapan Anda, sangat disarankan untuk memesan hotel yang khusus untuk perempuan.

Itu karena, cara kerja hostel adalah seperti asrama. Jadi, beberapa pemesan akan memesan per kasur, lalu mereka akan tidur dalam kasur mereka masing-masing bersama dengan pemesan lainnya. Tentunya, akan sangat berbahaya apabila Anda memesan hostel dengan dorm bersifat campuran.

Meskipun hostel dengan dorm campuran memiliki harga yang lebih murah daripada dorm khusus perempuan, namun tingkat kejahatannya jauh lebih tinggi. Anda bisa jadi akan tidur satu ruangan bersama laki-laki lain dan itu sangat berbahaya bagi diri Anda sendiri, terutama apabila Anda baru bepergian pertama kali.

Kalau Anda sudah sering memesan hostel campuran, tidak masalah. Namun, apabila Anda belum pernah, lebih baik pilih hostel khusus untuk perempuan supaya lebih aman bagi Anda. Anda juga bisa memesan hotel yang kondisinya jauh lebih nyaman apabila Anda mempunyai dana yang lebih.

Intinya, jangan pernah mempertaruhkan keselamatan diri Anda hanya karena uang. Uang bisa dicari. Namun, jika terjadi ancaman terhadap diri Anda, maka Anda akan menyesal.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Hotel Untuk Liburan yang Nyaman dan Terbaik

3. Sebisa Mungkin Hindari Perjalanan Malam

Perjalanan malam sangat berbahaya bagi sebagian orang. Tidak hanya untuk perempuan, namun bagi laki-laki pun juga cukup berbahaya. Maka dari itu, Anda sebagai perempuan lebih baik hindari perjalanan malam dan melakukannya pada pagi, siang, atau sore hari.

Jika Anda terpaksa harus pergi sendirian pada malam hari, lebih baik Anda pergi bersama teman Anda supaya meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Itu karena  sangat bahaya bagi seorang perempuan bepergian sendirian pada malam hari.

4. Bawa Peralatan Untuk Pertahanan Diri

Alat-alat pertahanan diri sangat penting bagi Anda yang merupakan seorang perempuan. Anda harus membawa peralatan ini untuk membela diri Anda apabila terdapat kejahatan yang mengancam diri Anda.

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kita nanti dalam perjalanan. Maka dari itu, kita perlu antisipasi apabila ada kejahatan yang mengancam kita. Anda juga harus meletakkan alat-alat tersebut pada tempat yang mudah untuk Anda jangkau, seperti pada kantung jaket, baju, ataupun celana.

Jadi, apabila ada seseorang yang mengancam Anda secara tiba-tiba, Anda bisa langsung mengeluarkan alat tersebut untuk melawan mereka. Jangan sampai Anda lupa membawa atau meletakkan alat pertahanan diri. Pastikan, Anda selalu membawa alat ini ke mana-mana untuk melindungi diri Anda ketika melakukan traveling.

5. Jangan Pernah Menggunakan High Heels

High heels sangat tidak cocok untuk dibawa bepergian, terutama traveling. Jangan sekali-kali menggunakan high heels untuk traveling karena hal itu sangat berbahaya bagi Anda. Mungkin Anda berpikir Anda akan tampil keren saat menggunakan high heels.

Hal itu tidak berlaku apabila Anda sedang berpetualang. Anda malah dianggap sebagai orang yang tidak dapat menempatkan sesuatu pada tempatnya. Selain itu, dengan menggunakan high heels tidak pada tempatnya juga dapat mengancam keselamatan Anda.

Bayangkan, pada saat mendaki gunung yang memiliki medan susah, Anda menggunakan high heels. Pasti, Anda akan kesulitan untuk mendakinya dan bahkan Anda mungkin akan tergelincir jatuh. Maka dari itu anda tetap harus dapat menempatkan sesuatu pada posisinya.

Selain itu, ketika sedang traveling, Anda juga bisa saja harus berlari. Tentu tidak mungkin Anda berlari menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi. Sangat berbahaya bagi Anda untuk melakukan hal tersebut. Sebaiknya, Anda menggunakan sepatu sport atau sepatu lain yang lebih santai. Anda juga bisa menggunakan sandal jika Anda merasa lebih nyaman menggunakan sandal.

6. Pilih Tempat Penginapan yang Dekat Dengan Tempat Kebutuhan

Sangat disarankan bagi Anda untuk memilih tempat penginapan yang lokasinya dekat dengan tempat membeli kebutuhan Anda, contohnya dekat dengan ATM, tempat makan, dan lain-lain.

Dengan begitu, Anda tidak memerlukan waktu yang lebih dibandingkan jika Anda memilih tempat penginapan yang letaknya jauh dengan tempat-tempat tersebut. Akibatnya, keamanan dan keselamatan diri Anda akan lebih terjamin.

Apabila lokasi tempat penginapan Anda dekat dengan tempat tersebut, biasanya jalan menuju tempat tersebut dari penginapan Anda cukup ramai. Anda tidak perlu khawatir dengan dengan keamanan. Namun, alangkah lebih baik kalau Anda tetap pergi mengajak teman walaupun tempat tujuan itu cukup dekat menurut Anda.

7. Bawa Barang Seperlunya Saja

Biasanya, wanita itu sangat dipusingkan dengan barang bawaan. Mereka inginnya membawa semua barang yang mereka inginkan. Apabila Anda juga melakukan hal itu, sebaiknya segera hentikan karena dapat membahayakan keselamatan diri Anda.

Ketika Anda membawa barang banyak, maka itu akan menarik perhatian orang lain untuk melakukan tindakan yang mengancam keselamatan diri Anda. Pasti orang akan mengira Anda adalah seorang wisatawan yang tidak tahu informasi tentang lokasi sekitar.

Bisa saja mereka memberikan harga yang tinggi kepada Anda karena mereka tahu Anda adalah seorang wisatawan. Tentunya, itu sangat merugikan karena Anda bisa jadi membayar jauh lebih tinggi dari yang orang lain bayar.

Sebelum bepergian, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu. Lebih baik Anda mencari tahu seputar informasi dan harga yang ditawarkan untuk tempat tujuan Anda dan tempat-tempat di sekitarnya.

8. Jangan Bawa Barang yang Mencolok

Sangat bahaya bagi Anda seorang wisatawan wanita untuk membawa barang berharga terlalu mencolok. Tentunya akan memancing perhatian orang lain. Tujuan Anda itu untuk berjalan-jalan menikmati keindahan, bukan untuk pamer barang berharga Anda. Jadi, sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan barang-barang yang dapat mengundang perhatian orang dan dapat mengancam keselamatan diri Anda sendiri.

Mungkin, apabila Anda tidak membawa barang berharga yang mencolok, tidak ada orang yang terpancing dengan barang Anda. Tapi, jika Anda kemudian membawa barang seperti perhiasan, perhatian orang-orang langsung  tertuju pada Anda.

9. Berpakaian yang Tertutup

Apabila Anda seorang muslim, akan sangat lebih baik apabila Anda menggunakan hijab atau penutup rambut supaya Anda tidak mudah diganggu oleh orang yang tidak dikenal. Anda juga sebaiknya tidak perlu berpakaian yang terlalu menarik perhatian orang lain dan mengundang kejahatan.

Jangan menggunakan pakaian yang terlalu terbuka hingga membuat seseorang fokus pada pakaian Anda karena hal tersebut sangat membahayakan Anda sendiri. Anda juga tetap harus berperilaku baik, sedikit tertutup, namun tetap ramah pada setiap orang.

Jangan mudah tergoda dan tetap jaga image diri ketika sedang berbicara dengan orang lain yang tidak dikenal. Apabila Anda bersikap baik, maka orang lain akan bersikap baik kepada diri Anda.

10. Pastikan Anda Memiliki Baterai yang Banyak Untuk Smartphone

Sebelum bepergian untuk traveling, alangkah baiknya Anda mengisi baterai smartphone Anda hingga 100%. Tujuannya adalah supaya Anda lebih mudah untuk mengakses internet, atau menghubungi teman atau seseorang apabila Anda butuh bantuan.

Apabila Anda memiliki power bank, Anda juga bisa mengisinya terlebih dahulu kemudian membawanya untuk cadangan baterai. Jangan lupakan charger juga, karena Anda juga harus membawa charger untuk mengisi baterai smartphone Anda.

11. Beritahu Orang Lain Jika Anda Sedang Traveling

Tips traveling untuk perempuan selanjutnya pasti sering Anda lakukan. Jangan pernah diam-diam traveling sendirian dan tidak ada orang yang mengetahui posisi Anda. Sebaiknya, Anda beritahu orang lain yang Anda percaya, seperti keluarga, teman, atau kekasih tercinta, bahwa Anda saat sedang akan berlibur ke suatu tempat.

Sebisa mungkin untuk kerap memberikan kabar sedang apa dan sedang di mana. Hal itu dapat mengurangi rasa khawatir pada orang-orang di sekitar Anda. Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah dilacak apabila terjadi sesuatu dengan Anda.

12. Jangan Terlalu Percaya Dengan Orang Lain

Tidak semua orang itu baik. Ada juga orang yang punya niatan jahat, bahkan banyak. Maka dari itu, Anda jangan pernah percaya dengan orang lain yang baru dikenal demi keselamatan diri sendiri. Bukannya berpikiran buruk sama orang, tapi apa salahnya hanya berjaga-jaga saja.

Anda tidak perlu takut mengecewakan orang lain apabila Anda menolak permintaan mereka, misalnya menawarkan minum, memberikan bantuan, dan lain-lain. Saat ini, Anda harus benar-benar melindungi diri sendiri dari orang lain.

Nah, itulah 12 tips traveling untuk perempuan yang perlu Anda lakukan. Bepergian sendiri terutama untuk perempuan itu cukup berbahaya. Maka dari itu, Anda harus selalu waspada dan prioritaskan keselamatan diri Anda sendiri dari apapun. Tetap persiapkan semuanya dengan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here