in

Bosan di Rumah Aja Selama Pandemi? Berikut 7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan!

Bosan di Rumah Aja Selama Pandemi? Berikut 7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan!

Beberapa bulan terakhir sejak terjadi pandemi covid-19, pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau yang biasa kita kenal dengan PSBB. Keadaan dimana segala bentuk kegiatan di luar rumah dan berkumpul di tempat umum menjadi sesuatu yang tidak bisa lagi dilakukan secara bebas. Sekolah, bekerja dan berbagai kegiatan lain dilakukan dari rumah. Hal ini membuat sebagian dari kita terutama yang biasa di luar rumah pasti merasakan yang namanya bosan dan jenuh.

Rasa bosan memang wajar banget terjadi apalagi jika kita tidak memiliki ruang gerak yang bebas untuk mengeksplorasi banyak hal saat bosan melanda. Tiga bulan hanya berada di rumah dengan rutinitas yang itu-itu saja nggak hanya membosankan, bahkan hampir menimbulkan stress. Berbagai keinginan seperti liburan, nongkrong di luar bersama teman-teman, dan banyak hal lain yang biasa kita lakukan sekarang memang harus ditunda dulu.

Nah, perasaan bosan jangan sampai membuat kita terlalu larut dalam stress yang bisa berujung pada pekerjaan atau bahkan membuat kita tidak sabar dan memilih keluar rumah dengan egois. Ada banyak sekali hal seru yang bisa kita lakukan di rumah untuk menghilangkan rasa bosan lo, dears. Yuk intip!

1. Workout

Photo by Unsplash

Belakangan banyak sekali video workout bertebaran di youtube atau bahkan sekedar ajakan workout bareng di media sosial. Hal ini sekaligus mengajak kita yang mungkin bingung hendak melakukan kegiatan apa selama di rumah aja. Selain menambah kegiatan baru, workout jelas membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Karena selama di rumah aja pergerakan kita juga ikut terbatas, bukan?

Berbagai macam jenis workout yang ringan bisa kita lakukan selama di rumah aja. Hitung-hitung membakar kalori karena pasti sulit mengontrol keinginan untuk makan terus. Hehe. Workout bisa kamu lakukan di pagi hari sebelum memulai aktivitas seperti sekolah online atau bekerja online. Ini juga ampuh untuk membuat mood-mu lebih semangat dan memperlacar aliran darah ke otak, jadi saat bekerja atau sekolah bisa lebih fokus.

2. Belajar dan mengasah skill baru

Photo by Unsplash

Jika pada weekdays kita masih disibukkan dengan sekolah atau Work From Home (WFH), maka weekend membuat kita mati gaya karena bingung mau ngapain. Nah terlebih bagi yang sejak pandemi malah memiliki banyak waktu luang dibanding sebelumnya, kamu bisa mengisi waktu dengan mempelajari hal-hal baru sambil terus mengasahnya agar menjadi tambahan skill dan waktu tidak terbuang sia-sia.

Beberapa hal baru yang bisa dilakukan seperti belajar bahasa asing, latihan public speaking, belajar software desain grafis, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memanfaatkan berbagai tutorial melalui video. Biasanya dengan melakukan hal baru semangat kita akan kembali lagi dan terhindar dari kebosanan. Ya, meski pun mungkin untuk konsisten mengasahnya akan membutuhkan usaha ekstra. Namun, percayalah dengan mengasah skill baru membuat kemampuanmu lebih ter-upgrade saat keadaan sudah kembali normal.

3. Berkebun

Photo by Unsplash

Kegiatan yang satu ini juga banyak digalakkan sebagai salah satu kegiatan positif yang membawa banyak manfaat selama di rumah aja. Kegiatan berkebun ini tidak membutuhkan skill yang mumpuni, atau lahan yang luas, serta alat dan bahannya juga banyak disediakan. Kegiatan berkebun menjadi suatu kegiatan yang menarik dan tentu juga menghasilkan. Banyak selebriti maupun selebgram yang melakukan kegiatan ini selama di rumah.

Dengan memanfaatkan halam rumah maupun balkon dapat menjadi lahan berkebun bagi kamu yang ingin menekuni kegiatan ini selama di rumah aja. Di beberapa toko online di e-commerse sudah banyak menyediakan paket tanaman beserta peralatannya dan juga lengkap dengan buku panduannya. Jadi akan lebih mudah meski pun bagi kamu pemula. Manfaat berkebun selain menghilangkan rasa bosan juga hasilnya dapat kamu nikmati.

Baca juga : 5 Kegiatan Seru Saat Weekend Bareng Keluarga dan Pasangan

4. Membuat karya

Photo by Unsplash

Membuat karya menjadi hal yang bisa kamu lakukan selama di rumah. Mengingat banyaknya waktu luang, mungkin ada beberapa hal yang sebelum pandemi ingin kamu lakukan namun terkendala waktu dan banyaknya pekerjaan. Maka inilah saatnya untuk kamu memulai hal yang sempat tertunda. Salah satunya membuat karya.

Membuat karya seperti menulis buku misalnya, bisa kamu lakukan lakukan dengan konsisten dengan mengambil beberapa jam waktumu sehari. Kamu bisa mulai menulis di beberapa aplikasi yang memuat karya kamu.

Membuat video atau podcast juga merupakan karya yang bisa kamu upload di beberapa media online sebagai sesuatu yang bisa kamu lakukan selama di rumah aja. Serta beberapa kemampuan kamu yang lainnya seperti membuat desain, menulis artikel di website, mengikuti beragam lomba, dan membuat karya skripsi misalnya. Wah ini sih bisa mempercepat wisuda, ya dears. Hehehe.

Apa pun jenis karya yang kamu buat setidaknya bisa mengisi waktumu dan terhindar dari rasa bosan.

5. Mengikuti webinar

Photo by Unsplash

Selain menonton drama korea atau nonton video di youtube, hal seru dan bermanfaat lainnya yang bisa kamu lakukan selama di rumah aja adalah mengikuti webinar. Ada banyak sekali seminar online yang diadakan dan sebagian besar gratis. Jadi nggak ada alasan buat nggak coba ikutan yang satu ini, kan?

Selain mendapat banyak ilmu, kamu juga bisa menambah relasi meski pun sedang di rumah aja. Selain webinar, selama pandemi juga banyak sharing ilmu melalui instagram live yang bisa kamu pilih mau ikut yang mana. Dari bisnis, ilmu tentang financial , film dan musik, buku, kesehatan, dan banyak lainnya tinggal pilih deh pokoknya. Tinggal mengandalkan kuota kamu bisa meraup banyak ilmu secara gratis dan cuma-cuma.

6. Memasak

Photo by Unsplash

Siapa nih yang skill memasaknya masih perlu diasah lagi? Hehe. Nah inilah saatnya untuk mencoba berbagai macam resep dan belajar memasak. Jika sebelumnya kamu nggak punya waktu untuk memasak sendiri, maka kegiatan yang satu ini bisa kamu coba selama di rumah aja. Kamu bisa menjadwalkan setiap hari akan memasak satu resep hingga dua resep sehari. Dengan begini perbendaharaan resep makanan yang kamu kuasai bisa lebih banyak.

Kalau terus diasah dan menghasilkan resep yang enak dan komersil, malah bisa jadi penghasilan selama kamu di rumah aja. Kamu bisa buka open order makanan dan jualan secara online. Memasak sendiri di rumah juga lebih sehat dan hemat.

7. Menata ulang dekorasi rumah atau kamar

Photo by Unsplash

Kegiatan mendekor ulang rumah atau kamar jadi sesuatu yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa bosan. Kamu bisa melihat contoh desain yang mudah dan sederhana di sosial media untuk mendapatkan desain kamar atau rumah yang kamu inginkan. Sekalian bersih-bersih ya kan?

Karena waktu lebih banyak dihabiskan di rumah, jadi kenyamanan rumah atau kamar menjadi salah satu hal yang penting. Dengan berbagai dekor baru membuatmu lebih betah di rumah. Nggak mesti harus beli barang-barang baru, cukup mengubah letak penataannya atau menambah dekor kecil-kecilan yang murah atau bisa didaur ulang sudah cukup untuk membuat tempat tinggalmu jadi tidak membosankan.

Nah, itu tadi dears beberapa hal seru yang bisa kamu lakukan selama di rumah aja. Semoga menginspirasi !

Baca juga : 9 Tips Menata Dekorasi Rumah Minimalis Yang Nyaman

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *