Cari Kuliner Di Semarang Yang Enak Dan Murah, 6 Tempat Ini Harus Dikunjungi!

kuliner-di-semarang

Semarang selain menjadi ibu kota Provinsi Jawa Tengah, ternyata juga merupakan kota metropolitan yang besar. Sebenarnya tidak heran jika Semarang memiliki kemajuan yang pesat karena memang menjadi pusat dari seluruh Provinsi Jawa Tengah.

Tempat wisata di Semarang juga banyak sehingga tidak heran beberapa wisatawan luar daerah cukup sering datang berkunjung untuk liburan. Selain tempat wisata, ternyata banyak juga kuliner di Semarang yang memasak makanan khas dengan sajian yang sangat lezat sehingga membuat para pelanggannya merasa ketagihan. Berikut ini beberapa tempat makan yang harus anda datangi dan kuliner yang harus anda coba ketika sedang berada di Semarang.

1. Lumpia Semarang

Siapa yang tidak kenal dengan Lumpia Semarang? Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Semarang yang sudah terkenal, bahkan beberapa daerah juga menjual makanan serupa.

Di Semarang sangat banyak yang menjual makanan ini, namun ada empat tempat yang paling enak dan wajib anda kunjungi. Lokasinya ada di Gang Lombok, Jalan Mataram, Jalan Pandanaran, dan Jalam Pemuda di Semarang.

Tempat-tempat tersebut menyediakan lumpia dengan cita rasa yang sangat enak dan anda juga bisa memilih lumpia basah atau goreng sesuai dengan keinginan anda. Lumpia memang sangat cocok dijadikan cemilan atau oleh-oleh ketika sedang liburan di Semarang.

2. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal, makanan khas Semarang yang satu ini memang yang cukup unik. Namun jangan salah, sebab rasanya sangat lezat dan bisa membuat anda ketagihan.

Makanan ini terbuat dari potongan tahu goreng yang dipadukan dengan tauge, lontong, telur mata sapi, rajangan kubis mentah dan juga gimbal atau bakwan udang, setelah itu bagian atasnya akan disiram dengan saus kacang petis udang yang rasanya sangat lezat.

Banyak tempat yang menjual Tahu Gimbal, tetapi tempat yang paling enak ada di sektiar Plampitan. Tempat ini buka dari siang hari dan akan tutup pada jam 21.00 WIB. Anda harus siap-siap merasa kecewa sebab sangking larisnya, tempat ini sering sekali kehabisan Tahu Gimbal.

3. Kue Lekker Paimo

Selanjutnya ada Kue Lekker Paimo yang juga cukup terkenal dan sudah ada sejak tahun 1978. Berbeda dengan kue lekker yang biasanya, di Kue Lekker Paimo banyak disukai karena isinya yang enak dan juga memiliki variasi.

Banyak orang yang suka dengan isian pedas sebab rasa sambalnya memang khas. Ada dua jenis lekker yang bisa dipilih, ada yang tebal dengan isian coklat dan caramel, sedangkan yang tebal ada telur, keju, sosis, jagung, dan lain sebagainya.

Lokasi dari Kue Lekker Paimo ada di pedagang kaki lima, depan SMA Kolose Loyola, Jalan Karanganyar, Semarang, Jawa Tengah. Jika anda tidak suka dengan rasa yang pedas namun ingin mencoba rasa yang gurih, ada baiknya bilang dari awal pada penjualnya sebab di Kue Lekker Paimo memiliki rasa pedas yang cukup menyengat.

4. Tahu Pong

Tahu Pong memang bukan makanan yang asing, sebab di beberapa daerah makanan ini sudah tersedia dengan cita rasa yang nikmat. namun ketika anda datang ke Semarang maka wajib untuk mencoba Tahu Pong khas Semarang.

Tempat ini menjual tahu pong yang dapat dinikmati di tempat atau dibawa pulang. Tahu pong akan disajikan dengan petis udang encer, acar, cabai hijau diuleg kasar, bakwan udang, dan juga telur bulang yang sudah digoreng. Lokasinya ada di Jalan Gajah Mada, sebrang Gereja Bethel, Semarang, Jawa Tengah.

5. Bandeng Presto

Tempat makanan lainnya yang harus didatangi ketika di Semarang adalah Bandeng Presto. Tempat ini sudah sangat terkenal dan sering dijadikan pusat oleh-oleh bagi wisatawan yang berlibur di Semarang. Tempat ini menjual ikan bandeng yang sudah di presto dan dalam keadaan yang sudah dikemas. Bandeng Presto dapat bertahan selama berminggu-minggu, jadi tidak heran jika dijadikan oleh-oleh.

Lokasinya ada di Jalan Pandanaran, Semarang, Jawa Tengah. Bandeng Presto selalu ramai dengan pengunjung dan menu yang disuguhkan, tidak hanya bandeng presto tetapi ada juga otak-otak bandeng, bandeng presto kremes, dan macam-macam lainnya.

6. Babat Gongso

Babat Gongso jadi kuliner terakhir yang bisa direkomendasikan ketika anda sedang berada di Semarang. Babat Gongso merupakan potongan babat dan beberapa jeroan lainnya yang dimasak dengan bumbu kecap kental dan rasanya memang sangat lezat. Makanan tinggi kolesterol ini selalu diburu oleh para wisatawan ataupun warga lokal.

Ada banyak tempat yang menjual Babat Gongso, namun yang paling enak ada d Jalan Alon-alon Barat, Semarang, Jawa Tengah. Selain ada babat gongso ada juga menu nasi goreng babat yang akan membuat anda merasa ketagihan menikmati menu yang ada.

Kuliner di Semarang tersebut harus dicoba agar liburan dan jalan-jalan anda di Semarang semakin seru. Pilih makanan yang memang anda sukai dan dekat dengan lokasi anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here