10 Tips Liburan Bersama Keluarga, Seru Bebas Tanpa Ribet!

Pada saat liburpanjang, baik libur sekolah, libur hari raya, libur tahun baru, maupun liburpanjang lainnya, tempat wisata akan dipenuhi dengan manusia. Dan rata-rata, dimusim liburan, berbagai tempat wisata dipenuhi dengan pengunjung yang memborongserta para anggotakeluarganya.

Berlibur bareng keluarga biasanya terkesan ribet karena harus membawa anak-anak. Dan memang pada kenyataannya, memborong anak kecil pada saat liburan itu sedikit sulit. Terkadang ada rasa khawatir kalau anak-anak lepas dari pengawasan, atau berbagai masalah lainnya.

Untuk itu, kamu harusmempersiapkan semuanya secara matang. Baik masalah destinasi wisata, transportasi,akomodasi dan sebagainya. Nah untukmenjawab semua kekhawatiran itu, berikut tips liburan bersama keluarga yang nyaman dan aman:

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


1. PilihObyek Wisata yang Ramah untuk Anak

Liburan bersamakeluarga pastinya berbeda dengan liburan bersama teman-teman, karena dalamkeluarga ada anak kecil yang juga ikutserta. Nah, dalam memilih obyek wisata untuk liburan keluarga, pastikan obyekwisata tersebut ramah bagi semua anggota keluarga.

Jika dalamkeluarga kamu terdapat anak kecil atau orang tua, sebaiknya jangan pilih obyekwisata yang memiki medan sulit. Selain itu, tanyakan kepada anggota keluarga,wahana apa yang ingin mereka nikmati,agar liburan bisa dinikmati semua anggota.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


2. RisetCuaca Tempat Tujuan

Sebelum berangkatliburan, pastikan terlebih dahulu cuaca tempat tujuan. Kondisi cuaca ini bisa kamu jadikan bahanpertimbangan dalam memilih obyek wisata mana yang tepat untuk dikunjungi.

Selainmenentukan obyek wisata mana yang layak dikunjungi, kondisi cuaca jugamenentukan perlengkapan yang harus kamu bawa. Misalnya, kamu berkunjung ke lokasi yang kondisi cuaca dingin ataumusim hujan, maka pakaian hangat dan jas hujan harus masuk ke dalam list barangbawaan.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


3. BawaKotak Obat

Kotak obatmerupakan salah satu daftar barang bawaan yang harus ada pada saat liburanbersama keluarga. Obat-obatan tersebut berupa obat pribadi jika ada penyakitkhusus yang diderita,Karena bagaimanapun, anak kecil rawan sakit dan kecelakaan kecil.

Misalnyaseperti mabuk perjalanan, tergores benda-beda tajam dan terjatuh, demam, dan sebagainya.Semua itu butuh penanganan secara tepat. Untuk itu, jangan lupa bawalah obat-obatan umum saat liburan.

4. JanganMeninggalkan Perlengkapan Anak

Sebelum kamu dankeluarga berangkat liburan, kamu wajib membuat list barang yang akan dibawa.Ini meminimalisir ketertinggalan barang bawaan pada saat berangkat nantinya. Nah,selain barang-barang inti, jangan lupamembawa perlengkapan anak.

Salah satu kendala saat liburan bersama keluarga adalah anak yang mudah rewel. Nah, terbayang gimana rewelnya dia kalo salah satunya perlengkapan, misalnya boneka kesayangan anak tertinggal di rumah.

Baca Juga: 12 Tips Packing Barang Travel Keluarga yang Super Praktis

5. GunakanTrasnportasi yang Ramah Keluarga

Jika kamu membawakendaraan pribadi, pastikan bahwa mobil yang kamu gunakan sesuai dengan jumlahanggota keluarga. Pastikan bahwa seluruh keluarga kamu mendapatkan ruang yang nyaman saat diperjalanan.

Dan jika kamu menggunakantransportasi umum, pastikan bahwa kamu memilih transpotasi yang layak dan nyaman untukdigunakan oleh keluarga. Tertutama kendaraan yang ramah terhadap anak kecil.

6. PilihPenginapan yang Cocok untuk Keluarga

Selaintransportasi, akomodasi juga tak kalah pentingnya untuk kamu pertimbangkanketika liburan, apalagi liburan bersama keluarga. Untuk itu pilihlah jenispenginapan yang nyaman untuk keluarga. Nah, jika memungkinkan, sebaiknya kamu pilihpenginapan berupa apartemen atau vila.

Mengapademikian? Karena dibandingkan dengan hotel, kedua jenis penginapan inimemberikan fasilitas yang lebih privasi. Dengan menginap di apartemen atau vila,keluarga kamu dapat leluasa beraktivitas, karena kamu tak perlu berbagifasilitas dengan orang lain.

7. PilihPenginapan Dekat Destinasi Wisata

Dalam memilihlokasi penginapan, usahakan pilih penginapan yang dekat dengan destinasi wisatayang mau dikunjungi. Pilihlahlokasi penginapan yang berada di tengah-tengah beberapa obyek wisata.

Dengan begitu,kamu dan keluarga dapat mengunjungi beberapa obyek wisata sekaligus. Dan kamu jugatidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk mencapai wisata tujuan.

8. SediakanUang Receh

Menyediakan uangreceh memang hal yang seringkali diabaikan, padahal ini termasuk hal yang cukuppenting saat liburan. Dengan uang receh,akanmemudahkan kamu untuk melakukanpembeliantiket di beberapa obyek wisata. Uangreceh juga akan berguna saat kamumembayar uang parkir dan membeli jajan.

Nah, daripadakamu bingung mencari uang kecil untuk sekedar membayar uang parkir dan belijajanan ringan, lebih baik bawalahuang receh atau uang kecil. Karena jika hanya membawa uang besar, khawatirtukang parkir dan penjual tidak memiliki kembaliannya.

9. TentukanTitik Temu Bersama Keluarga

Padasaat kamu sampai di lokasi sebuah obyek wisata, kamu sebaiknya menentukan titiktemu. Artinya, jika ada anggota keluarga yang terpisah, nanti kalian bertemu dititik tersebut. Memilih titik temu harus titik-titik yang strategis, misalnyadekat loket atau pos dekat gerbang, dan titik-titik strategis lainnya.

Nah, terkaitdengan titik temu, sebaiknya kamu ajarkan kepada anak-anak bagaimana cara melaporkepada petugas wisata jika nantinya dia terpisah. Kenalkan kepada merekaciri-ciri petugas wisata yang sedang bertugas. Dan sebelum itu, sebaiknya kamu fotomasing-masing anggota, agar jika hilang mudah ditemukan.

10. WaspadaKriminalitas

Pada saatmusim-musim liburan, berbagai tempat wisataakan penuh dengan pengunjung. Dan ini merupakan resikobesar terjadinya kriminalitas. Kriminalitas yang sering terjadi ditempat-tempat wisata adalahpencopetan. Jadi, kamu harus waspada ketika sedang liburan, terutama jikaberlibur pada saat musim liburan.

Membawa uangtidak masalah, asalkan cerdasdalam menyimpannya. Usahakan, kamu tidak menyimpan uang tunai pada satu tas.Sebaiknya letakkan uang tersebut dibeberapatas, misalnya sebagian diletakkan di tas milik kamu sendiri, tas milikpasangan, tas milik anak, dan sebagainya.

Berlibur bersamakeluarga akan selalu menjadi momen yang paling seru dan berharga. Nah, tipsliburan bersama keluarga yang di sebutkan di atas akan menjadikan momen kamu bersamakeluarga menjadi lebih seru. Jadi, sudah siap untuk liburan bersama keluarga?

Leave a Comment