in

9 Tips Wisata Kuliner Menjelajahi Cita Rasa yang Hemat Budget

Tips Wisata Kuliner

Barangkali banyak yang setuju bahwa traveling tidak akan lepas dari acara wisata kuliner. Bahkan memang ada yang memfokuskan acara liburannya khusus menjajal makanan khas beberapa daerah. Mereka menjejaki berbagai kota dan bahkan negara hanya untuk mencicipi makanan khas daerah tersebut.

Tentu sangat asyik kan jalan-jalan menghabiskan waktu hanya untuk berwisata kuliner. Namun akan ada banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat agar minim kendala ketika kamu di sana. Misalnya, mengenai spot kuliner, biaya, dan lain sebagainya.

Sebelum kamu berangkat, sebaiknya kamu mempersiapkan semuanya secara matang. Usahakan acara wisata kulinermu berjalan terencana dengan mengetahui obyek kuliner yang tepat, mengetahui trik-trik wisata kuliner dengan cerdas, dan lainnya. Untuk itu, simak beberapa tips wisata kuliner di bawah ini yang patut kamu coba:

1. Kumpulkan Referensi Kuliner

Sebelum kamu memutuskan untuk pergi berwisata kuliner, sebaiknya kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Cari informasi berbagai tempat kuliner yang menarik dan layak untuk kamu kunjungi. Kamu pasti tidak mau kan kecewa karena telah mengunjungi tempat kuliner yang kurang tepat?

Nah, saat ini telah banyak informasi mengenai wisata kuliner yang ada di berbagai daerah. Kamu bisa mencari informasinya dari berbagai media, misalnya seperti media sosial, youtube, televisi, atau blog-blog kuliner. Atau kamu bisa bertanya kepada kenalan yang berpengalaman. Pastikan bahwa informasinya jelas agar kamu tidak kebigungan.

2. Jangan Lupa Survei Harga Terlebih Dahulu

Agar kamu tidak kaget ketika sedang wisata kuliner, sebaiknya kamu melakukan survei harga terlebih dahulu. Selain tentang kepuasan mendapat obyek kuliner yang tepat, mengetahui harga juga merupakan salah satu hal terpenting dalam melakukan wisata kuliner dimanapun.

Bagaimana tidak? Jika kamu tidak melakukan survei harga, yang dikhawatirkan adalah budget yang disiapkan tidak sesuai dengan harga makanan yang kamu nikmati. Beruntung jika harga makanan lebih murah, bagaimana jika lebih mahal? Wah, dijamin pasti kamu pasti kebingungan di tengah perjalanan. Jadi jangan lupa survei harga terlebih dahulu.

3. Sediakan Budget yang Cukup untuk Kuliner

Inilah mengapa sebelum kamu memilih spot kuliner, kamu harus mengetahui harganya terlebih dahulu, agar kamu dapat memilih-milih dan menentukan budget yang akan dikeluarkan. Usahakan, kamu menentukan jumlah budget secukupnya sesuai dengan informasi harga yang sudah kamu ketahui. Yah, lebihkan sedikit saja.

Mengapa begitu? Ini untuk mencegah pembengkakan budget kuliner yang kamu miliki. Biasanya, kamu akan menemukan banyak makanan dan minuman unik yang sangat menggiurkan di spot-spot kuliner. Ini akan berbahaya bagi keseimbangan pengeluaranmu jika kamu tidak mengantisipasinya dengan budget yang pas.

4. Pilih Kuliner yang Menyediakan Menu Khas

Ketika melakukan wisata kuliner, mencicipi menu khas daerah tersebut merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Ketika kamu memutuskan untuk pergi traveling atau berwisata kuliner, itulah saat yang tepat untuk mengeksplorasi hal-hal yang baru. Itu merupakan momen yang tepat untuk mencicipi hal-hal yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Mungkin yang jadi kendala dalam memilih menu adalah ketika kamu merasa khawatir apakah menu tersebut cocok untuk lidah kamu atau tidak. Nah, untuk itu, jangan pernah malu bertanya tentang menu-menu yang disediakan. Tanyakan saja mengenai bahan, cara memasak hingga rasanya. Biasanya mereka juga akan merekomendasikan menu favorit yang akan memudahkanmu untuk mencicipi menu pilihan.

5. Hindari Tempat Kuliner yang Mahal

Agar budget tidak jebol, hindari tempat makan yang mahal. Biasanya restoran-restoran hotel akan menentukan harga yang tinggi pada menu-menunya. Untuk itu, hindari memilih spot kuliner di restoran-restoran hotel. Karena hal itu hanya akan membuat budget yang kamu sediakan jebol.

Biasanya, tempat-tempat kuliner yang sederhana akan menyediakan berbagai macam kuliner khas namun dengan harga yang murah. Tak masalah dengan tempat kuliner yang tidak mewah, yang penting kamu dapat mencicipi kuliner khas dengan budget yang ramah. Yang terpenting pula adalah rasa yang memuaskan.

6. Tanyakan Harga Sebelum Memesan

Ketika kamu menjadi turis, maka hal itu akan rawan terjadi kecurangan. Ada beberapa pedagang yang terkadang usil terhadap wisatawan yang berkunjung. Mereka mematok harga jauh di atas harga asli. Dan ini memang sering terjadi pada tempat-tempat kuliner lokal yang tidak mematok harga dalam tulisan seperti halnya di restoran.

Tanpa adanya tulisan, mereka bisa semena-mena menentukan harga. Untuk itu, sebaiknya tanyakan dulu tentang harga sebelum kamu duduk dan memesan makanan maupun minuman di tempat kuliner tersebut. Jangan pernah malu untuk menanyakan harga, karena itu hak kamu. Jika harga dirasa kurang masuk akal, kamu bisa menghindarinya.

Baca Juga: 8 Cara Menghemat Biaya Makan Saat Traveling Secara Cerdas

7. Pilih Tempat Kuliner yang Ramai Pengunjung

Ramainya pengunjung dari sebuah tempat kuliner merupakan indikasi bahwa tempat tersebut merupakan tempat yang layak untuk dikunjungi. Setidaknya, hal itu cukup menguatkan bahwa tempat kuliner tersebut memiliki keistimewaan karena dapat menarik banyak pengunjung. Biasanya, tempat kuliner tersebut memiliki cita rasa yang khas.

Tips ini juga bisa kamu pakai ketika kamu merasa kelaparan sedangkan kamu masih bingung untuk memilih tempat kuliner yang pas. Yah, jika kamu bingung memilih tempat kuliner yang tepat, pilih saja yang paling ramai pengunjungnya. Karena kualitas cita rasa, pelayanan serta harga dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang datang.

8. Berburu Diskon Atau Voucher Kuliner

Langkah cerdas sebelum melakukan wisata kuliner ialah dengan berburu voucher kuliner. Kamu bisa berburu voucher di berbagai media, seperti media sosial dan media-media lainnya. Kebanyakan, restoran dan tempat makan akan mempromosikannya melalui berbagai media di internet. Biasanya mereka menawarkan beberapa diskon.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan voucher restoran hotel. Kapan lagi bisa mencicipi makanan berkelas di hotel dengan harga yang cukup terjangkau? Jadi, manfaatkan saja semua voucher dan diskon yang bisa kamu dapatkan. Jangan pernah gengsi untuk berburu voucher dan diskon, karena bisa membawa keuntungan bagi wisata kulinermu.

9. Atur Waktu Kuliner Sesuai Pola Makan yang Tepat

Kesalahan sederhana namun berakibat fatal ketika melakukan wisata kuliner ialah menjajal kuliner tanpa memperhatikan waktu. Sekalipun niat kamu hanya untuk berwisata kuliner, usahakan untuk menyesuaikan dengan jam makan kamu. Jangan sampai wisata kuliner dapat mengganggu kesehatan kamu. Bagaimanapun kesehatan adalah hal yang paling utama.

Untuk waktu-waktu di pagi hari, pilihlah menu yang cocok untuk dijadikan sekedar sarapan pagi. Begitupun untuk jam makan siang, pilihlah menu makanan berat yang memang cocok untuk dijadikan menu makan siang. Jangan sampai kuliner saat jam siang kamu malah memilih makan yang ringan seperti halnya menu sarapan pagi.

Dengan semua tips wisata kuliner yang disebutkan di atas dapat kamu gunakan untuk menjelajahi kuliner, baik lokal maupun non lokal tanpa harus jebol budget. Kamu bisa memperkaya pengalaman kulinermu dengan aneka macam kuliner khas dan baru kamu temui. Jadi, kamu jangan khawatir budget kuliner kamu akan meledak.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *