in

Dari Resort Hingga Alam, 6 Objek Wisata Pulau Bintan Super Kece!

wisata pulau bintan

Diantara eksotisnya pesona alam Indonesia di mata dunia, Pulau Bintan menyumbang potongan surga di dalamnya. Dan Pulau Bintan adalah salah satu destinasi wisata yang banyak diminati traveller.

Pulau kecil yang merupakan bagian dari Kepulauan Riau ini menyajikan pesona alam bak surga. Ada banyak sudut memukau dari Pulau Bintan, baik desinasi wisata alam, pantai yang memukau hingga berbagai resort mewah.

Berbagai objek wisata dan keindahan Pulau Bintan juga banyak menarik wisatawan mancanegara. Diantara semua destinasi yang menarik, 6 obek wisata ini menjadi pilihan paling favorit:

1. Crystal Lagoon

Crystal Lagon adalah objek wisata yang spektakuler di Pulau Bintan. Perpaduan epic antara eksotisnya pemandangan alam dan megahnya pembangunan membentuk sebuah kolam renang terbesar se-Asia Tenggara.

Kolam seluas 6,4 hektar ini dibangun di tepi pantai. Dengan kapasitasnya yang cukup besar, airnya pun diambil dari air laut. Airnya tentu sudah sangat jernih karena sudah mengalami penyulingan terlebih dahulu.

Warna air jernih di Crystal Lagoon menampilkan gradasi yang epic dengan warna biru, nampak seperti pantai aslinya. Di tempat ini para traveller dapat berenang sepuasnya.

Tak hanya berenang, di tempat ini juga bisa menikmati berbagai fasilitas water sport, seperti seluncuran slip and slide, paddle boat, fly board, serta banyak aktivitas seru lainnya yang bisa dinikmati.

Lokasi Crystal Lagoon tidak sulit ditemukan karena berada dalam kawasan Treasure By Bintan. Dan memang orang-orang lebih banyak mengenal Treasure By Bintan. Crystal Lagoon ini tepat berada di Chill Cove, taman rekreasi terpadu di kawasan tersebut.

2. Pantai Lagoi

Sebagai pulau kecil, tentu pesona Pulau Bintan tak akan lepas dari eksotisme wisata pantainya. Salah satu pantai yang populer dan banyak menarik minat turis mancanegara ialah Pantai Lagoi.

Pantai yang berhadapan langsung dengan Negara Malaysia dan Singapore ini memiliki pesona yang memukau. Dihiasi dengan hamparan batu granit yang bertebaran di garis pantainya, menjadikan pesonanya semakin memancar.

Banyak orang yang juga mengenal Pantai Lagoi dengan sebutan miniaturnya Singapore. Alasannya, dulu jika wisatawan akan berkunjung ke tempat ini, wisatawan harus membayar dengan mata uang SGD.

Konsep Pantai Lagoi mirip dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Karena di Pantai Lagoi wisatawan juga dapat menjumpai banyak resort, spa, diskotik, dan lapangan golf. Tak heran pantai ini banyak diminati turis mancanegara.

3. Pulau Penyengat

Destinasi populer di Pulau Bintan selanjutnya ialah Pulau Penyengat. Pantai ini salah satu bagian wilayah yang tak hanya menarik dengan keindahannya, namun juga sebagai saksi sejarah perjuangan Indonesia.

Sisi menarik dari Pulau Penyengat ialah berdirinya Masjid Sultan Raya, masjid megah yang dibangun dengan memakan waktu cukup lama yaitu sekitar 40 tahun. Konon, masjid ini dibangun menggunakan putih telur.

Tentu tidak hanya itu, selain bangunan masjid, ada banyak pula objek-objek yang bisa traveller kunjungi di pulau kecil ini. Garis pantai di Pulau Penyengat juga memiliki pesona yang memukau, cocok untuk bersantai dan berfoto ria.

Pulau Penyengat terletak tidak jauh dari Kota Tanjung Pinang, Ibukota dari Provinsi Kepulauan Riau.

Untuk menuju pulau ini, traveller harus menyebrangi perairan dengan waktu sekitar 15 menit, dan tarifnya pun sangat murah, hanya Rp 7.000,-.

Saran kecil buat traveller yang ingin mengunjungi Pulau Penyengat, sebaiknya datang pagi hari. Dengan begitu, traveller bisa keliling Pulau Bintan dan mengunjungi banyak objek wisata.

4. Gurun Pasir Busung

Pernah terbayang akan menjumpai gurun pasir di tengah pulau kecil yang dipenuhi pantai-pantai eksotis dan hutan rindang? Di Pulau Bintan ada wisata berupa gurun pasir loh, wisata alam Indonesia rasa Timur-Tengah.

Ketika menginjakkan kaki di tempat ini, traveller akan takjub dengan hamparan pasir putih yang membentang sekitar 6.000 hektar.

Partikel pasir-pasir putih ini halus, namun panorama bernuansa Timur-Tengah ini akan begitu saja membalut keindahan tempat ini.

Banyak turis lokal maupun non-lokal yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini, memuaskan dahaga travelling sekaligus berburu foto epic. Yang pasti pemandangan di Gurun Pasir Busung menyuguhkan spot yang instagramable.

Sebenarnya, gurun pasir ini merupakan bekas pertambangan pasir bauksit yang sudah lama dihentikan. Namun setelah lama luput dari perhatian, lokasi ini disulap menjadi kawasan wisata oleh warga setempat.

Gurun pasir ini terletak di Jalan Raya Busung, Desa Busung, Kecamatan Seri Koala Lobam, Kab. Bintan.

Sejauh ini, traveller belum dikenakan tarif tiket masuk, hanya membayar biaya parkir kendaraan senilai Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

5. White Sands Island

Nah, rekomendasi destinasi yang satu ini jangan sampai terlewatkan jika travelling ke Pulau Bintan. Banyak traveller mengatakan bahwa pulau kebanggaan Bintan ini menjadi list destinasi wajib dikunjungi.

Selaras dengan namanya, ketika traveller menginjakkan kaki di tempat ini, traveller akan menemui sebuah pulau kecil beralaskan pasir putih. Dikombinasikan dengan birunya air laut hingga membentuk rangkaian pantai yang menawan.

Ragam fasilitas dan aktivitas dapat di tempat ini memang banyak. Ragam aktivitas yang biasanya dinikmati di tempat ini seperti diving, snorkeling, bermain speed boat, canoe, mangrove tour, atau sekedar hunting foto maupun santai-santai.

Jangan khawatir soal akomodasi, kamu akan banyak menemukan penginapan yang unik dan nyaman. Nah, penginapan di pulau kecil ini terdiri dari dua jenis, yaitu tipe kamar villa dan glamping camp. Tentu masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Baca juga: Yuk Traveling ke Madura, Eksplor 6 Gili Eksotis Ini!

Untuk dapat sampai di pulau nan eksotis ini, traveller harus menyebrangi perairan dari Pantai Trikora yang juga terkenal itu.

Dari Pantai Trikora, traveller hanya menempuh perjalanan 15 menit menyewa transportasi air yang sudah disediakan.

6. Danau Biru

Bak oasis di tengah hamparan pasir putih, Danau Biru yang terletak di Kawal menjadi destinasi favorit traveller. Tampilan warna yang kontras antara putihnya pasir dan birunya air danau menyuguhkan view epik.

Sebenarnya, Danau Biru ini bukanlah wisata resmi yang sengaja dibangun oleh pemerintah maupun penduduk setempat, bukan pula terbentuk secara alami. Danau ini terbentuk dari hasil kegiatan pertambangan.

Dengan adanya cekungan yang cukup luas dan adanya air yang mengisi cekungan tersebut, terbentuklah danau eksotis ini. Birunya langit seolah tumpah pada permukaan air di danau ini, cantik dan mempesona.

Karena tempat ini belum menjadi wisata resmi, jadi traveller tidak akan banyak menjumpai jumlah traveller lain yang ramai.

Di tempat ini tidak akan banyak dijumpai turis-turis seperti di beberapa tempat lain. Jadi bisa cukup leluasa hunting view dan foto.

Itulah berbagai destinasi yang paling populer dikunjungi di Pulau Bintan Kepulauan Riau. Selain daftar di atas, masih ada banyak destinasi lain yang tak kalah elok dan eksotis. Saat ini banyak pula agen-agen travelling dengan penawaran paket menarik. Jadi tunggu apa lagi?

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *