9 Cara Memilih Destinasi Liburan yang Hits Agar Tidak Menyesal

memilih-wisata-liburan-709575

Melakukan traveling atau liburan adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa jenuh yang sering kita alami akibat rutinitas yang kita lakoni setiap hari. Namun tak jarang kita dikecewakan dengan kualitas tempat wisata yang kita tuju. Atau juga terkadang kita merasa terbebani karena telah mengunjungi tempat wisata yang kurang tepat.

Hal itu terjadi karena ketidaksiapan kita dalam mempersiapkan destinasi wisata yang akan kita kunjungi. Kita terlalu gegabah dalam memilih destinasi wisata tanpa mempertimbangkan beberapa hal. Untuk mengantisipasi hal yang bisa saja mengecewakan, berikut ini ulasan beberapa tips dan cara memilih destinasi wisata.

Nah, bagi kamu yang telah merencanakan liburan saat ini, jangan lupa untuk mempertimbangkan hal-hal berikut ini!

1. Searching Informasi di Internet

Hal dasar yang perlu kamu lakukan untuk memilih destinasi liburan yang tepat ialah mengorek informasi dari internet. Saat ini banyak yang me-review tentang berbagai wisata yang ada di Nusantara bahkan wisata luar negeri. Jadi, tidak ada alasan bagi kamu untuk kekurangan informasi mengenai traveling.

Dalam mencari informasi ini, kamu harus memperhatikan segala aspeknya, baik dari segi kualitas wisata tersebut, jarak, biaya dan sebagainya. Kamu harus mengorek informasi sedetail mungkin agar acara liburan kamu tidak menyebabkan kekecewan di akhir-akhir.

2. Dapatkan Review dari Pengalaman Teman

Selain mengorek informasi di internet, kamu juga harus mengorek informasi dari pengalaman teman-teman kamu. Mengapa demikian? Karena apa yang digambarkan di internet terkadang tidak sesuai dengan keadaan aslinya. Foto bisa saja dipercantik, dan kata-kata bisa saja diperhalus, hingga apa yang ada di internet melenceng dari kondisi sebenarnya.

Jadi, sangat penting untuk menanyakan hal ini kepada teman-teman kamu. Yang dimaksud teman-teman ini bukan hanya teman kerja atau semacamnya, namun meliputi semua orang kamu kenal. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dan dari siapa saja yang menurut kamu dapat dipercaya.

3. Pilihlah Destinasi yang Cocok Hobi

Hal yang paling menyenangkan saat sedang berlibur ialah ketika dimana tempat liburan yang kita kunjungi cocok dengan hobi yang kita miliki. Ibaratnya kumbang bertemu dengan bunga, ada kesenangan dan kepuasan tersendiri. Nah, ketika kamu menemukan sesuatu yang kamu senangi, bukankah hal itu menjadi kesan yang membahagiakan?

Jadi, pilihlah jenis destinasi yang cocok dengan hobi yang kamu senangi. Jika kamu senang berenang, kamu dapat memilih destinasi kolam renang. Atau jika kamu hobi snorkeling, surfing dan diving? Mengeksplor kekayaan pantai dan laut adalah pilihan yang tepat. Dan masih ada banyak pilihan destinasi yang dapat kamu eksplor.

4. Pilih Obyek Wisata Menarik dan Instagramable

Belum afdhol rasanya jika mengunjungi suatu tempat wisata tidak dilengkapi dengan kenang-kenangan foto. Berswafoto ketika melakukan traveling atau liburan sudah menjadi tradisi tak tertulis. Hasil jepretan ini biasanya akan dipampang di berbagai media sosial populer seperti instagram, tak heran jika obyek yang menarik untuk difoto disebut intagramable.

Ketika kamu menjelajah Instagram, kamu akan banyak menemukan foto-foto keren, terutama bertemakan traveling. Jadi, ketika kamu hendak memilih destinasi untuk dikunjungi, pilihlah yang memiliki obyek menarik untuk dinikmati dan difoto. Tidak sulit mencari obyek wisata yang menarik, karena saat ini hampir semua tempat wisata berlomba-lomba menyuguhkan obyek yang instagramable. Jadi, kamu harus pintar-pintar memilih destinasi.

5. Tentukan Beberapa Opsi

Katika memilih destinasi yang ingin kamu kunjungi untuk mengisi waktu liburan kamu, pilihlah beberapa opsi yang kamu suka. Jangan terpatok kepada satu pilihan destinasi. Menjadikan salah satunya sebagai prioritas tidak masalah, asalkan kamu tetap menyediakan beberapa opsi lain sebagai planning B.

Beberapa opsi tersebut sebagai cadangan jika nantinya terjadi sesuatu hal dengan destinasi utama yang kamu jadikan prioritas tadi. Jika kamu mempunyai banyak opsi, kamu akan dengan mudah mengganti destinasi tujuan kamu.

Selain beberapa tips yang disebutkan di atas, kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum menentukan destinasi untuk kamu kunjungi. Bagaimanapun, hal-hal berikut ini merupakan hal penting yang mempengaruhi kepuasan acara liburan kamu. Nah, sebelum menentukan pilihan destinasi, pertimbangkan tips berikut ini!

6. Cek Lokasi dan Pertimbangkan Jarak

Jika kamu telah menemukan beberapa destinasi yang menarik hati, cek lokasi dengan internet, pertimbangkan jarak serta akses yang akan ditempuh nantinya. Perihal jarak ini tentunya berkaitan dengan waktu dan biaya. Jarak yang jauh akan banyak menghabiskan waktu dan biaya yang lebih banyak.

Selain itu, kondisi kesehatan kamu juga dipengaruhi oleh jarak dan akses yang akan kamu tempuh. Jika kondisi kamu kurang prima, pilihlah jarak yang tidak terlalu jauh serta aksesnya mudah. Tidak mungkin kan kamu pergi untuk mendaki gunung ketika dalam kondisi kesehatan yang kurang fit?

Baca Juga: 9 Tips Traveling Menggunakan Kendaraan Umum agar Tetap Nyaman di Jalan

7. Pertimbangkan Biaya

Seperti yang dikatakan di atas, biaya ini hampir sepenuhnya berkaitan dengan jarak serta akses yang ditempuh. Sebelum menentukan destinasi tujuan, sebaiknya kamu cek dulu biaya yang kamu anggarkan untuk liburan atau traveling. Kamu pertimbangkan kebutuhan dengan dana yang kamu miliki.

Selain jarak dan akses, tiket masuk suatu tempat wisata juga menjadi hal yang sangat mempengaruhi pembiayaan. Jika kantongmu masih dalam kondisi kurang tebal, sebaiknya pilih destinasi yang tidak terlalu jauh dan dengan biaya akses yang murah. Ketahui pula tiket masuknya, jika perlu pilihlah destinasi wisata yang gratis.

8. Pertimbangkan Waktu

Lamanya waktu liburan yang kamu miliki harus disesuaikan dengan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Boleh saja kamu memilih destinasi yang cukup jauh dan menghabiskan waktu yang lama jika kamu mempunyai waktu liburan yang panjang. Jika kamu memiliki waktu liburan yang panjang, tidak ada salahnya memilih destinasi yang dilengkapi penginapan.

Atau kamu juga dapat memilih tempat wisata yang dapat dinikmati untuk berkemah. Tentu hal ini akan sangat mengesankan. Akan tetapi, jika kamu hanya punya waktu liburan yang singkat, sebaiknya pilihlah destinasi terdekat. Pantai dan staycaution cocok menjadi pilihan kamu ketika punya masa liburan yang singkat.

9. Pertimbangkan Cuaca dan Kondisi Alam

Ada baiknya kamu mempertimbangkan cuaca serta kondisi alam ketika hendak memilih destinasi wisata. Jangan memilih destinasi pantai jika cuaca sedang pada musim hujan lebat atau pada musim dimana angin sering berhembus kencang. Pada musim seperti itu biasanya kondisi ombak cukup besar.

Hal ini bukanlah tidak boleh dilakukan, namun harus tetap kamu pertimbangkan. Setidaknya kamu waspada terhadap apa yang bisa saja terjadi. Tidak ada salahnya kan mempertimbangkan segala kemungkinan yang tidak diharapkan terjadi? Jadi, kamu harus selalu pantau kondisi alam dengan aplikasi BMKG.

Jadi bagaimana, sudah dapat menentukan destinasi mana yang ingin kamu kunjungi untuk liburan selanjutnya? Jika kamu menerapkan tips memilih destinasi di atas secara tepat dan bijaksana, dijamin kamu tidak akan menyesal. Acara liburan yang kamu lakukan akan terasa mengesankan karena telah memilih destinasi yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here