5 Destinasi Wisata di Papua yang Indahnya 100% Kamu Pasti Takjub!

5 Destinasi Wisata di Papua yang Indahnya 100% Kamu Pasti Takjub!
5 Destinasi Wisata di Papua yang Indahnya 100% Kamu Pasti Takjub!
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Berbicara tentang Indonesia timur, rasanya haruslah menyentuh seputar pariwisatanya juga. Nah, kali ini akan diberikan rekomendasi mengenai 5 destinasi wisata di Papua indahnya 100%, untuk bisa menjadi tujuan berlibur memanjakan diri bersama pasangan, keluarga atau teman-teman.

Surga di Indonesia Timur

Pernahkah Kamu mendengar ungkapan bahwa Papua adalah tanah kaya? Haltersebut benar memang. Tempat tersebut adalah bumi eksotis nan kaya pada wilayah IndonesiaTimur dan masih bisa dibuktikan terkait dengan kesempurnaan alam serta kekayaanyang terkandung di dalamnya.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Tidakheran jika Papua dijuluki dengan surga di Indonesia Timur. Julukan itu memang layak diberikan karena memiliki kekayaan alam emas berlimpah yang tidakdimiliki oleh daerah manapun di seluruh dunia. Sehingga mengundang perusahaan asing untuk melakukanpenambangan.

Selain kekayaan emasnya, Papua juga memiliki pesona wisata luar biasa untukdinikmati. Kebanyakan hal tersebut datang dari alamnya yang masih sangat alamidan hijau. Dengan begitu, siapa saja jikaberkunjung ke sana pasti akan dibuat betah serta jatuh cinta dan tidakingin pulang.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Wisata-wisata alam di Papua terdiri atas pegunungan, destinasi pantai danlaut dimana pengunjung dapat menyelam dan berselancar.Terdapat juga pariwisata menarik lainyang cocok untuk dikunjungi saat liburan tiba bersama keluarga atau sahabattercinta sebagai sarana pelepas lelah dan penat.

Keunggulan Wisata di Papua

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Wisata di Papua sangat populer dan terkenal di seluruh dunia inimempunyai keunggulan tersendiri. Hal ini yang membedakannya dari destinasi wisata lain. Kelebihan tersebutmembuatnya semakin populer dan dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Pertama keunggulan dari destinasi wisata Papua yaitu,keindahan alamnya yang masih alami dan belum banyak terjamah seperti tempatpariwisata lain di Indonesia. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi parawisatawan dan mengakibatkan mereka rela datang jauh-jauh ke sana.

Disisi lain, dengan adanyawisata bawah laut nan eksotis serta dapat memanjakan pengunjung untukberjalan-jalan ke dalamnya. Tidak heran jikaprovinsi ini banyak dikunjungi wisatawan asing yang terus meningkat setiaptahunnya.

Berikut ini 5 destinasi wisata di Papua indahnya 100% agar bisa menjadi tujuan liburan yang menyenangkan di kemudian hari. Ingin tahu lebih lanjut apa sajakah wisata tersebut? Simaklah informasi berikut ini:

1. Raja Ampat

Raja Ampat
Photo by kkp.go.id

Pergi ke Papua tanpa mengunjungi Raja Ampat akan sangat terasa hampa. Ya,destinasi wisata yang satu ini memang sudah sangat mendunia dan terkenal akan keindahanalamnya yang terdiri atas empat pulau yakni Misool, Salawati, Batanta danWaigeo.

Raja Ampat terkenal karena biota lautnya yang bermacam-macam. Disana, ditemukan sebesar 75 persen spesies laut dari berbagaibelahan dunia. Kamu bisa menyelam dan melihat indahnya ciptaan Tuhan tersebut.Pasti akan terasa sangat seru dan menyenangkan.

Di samping itu, ada 1.511 jenis populasi ikan dan kura-kurayang akan menemani penyelamanmu. Namun, Kamu lebih baik datang ke sini padawaktu-waktu terbaik misalnya di bulan Oktober atau November karena cuacanya sangat bagusuntuk melakukan penyelaman.

Jika tidak suka menyelam, Kamu masih bisa menikmati keindahanyadengan mengelilingi pulau. Untuk memasuki area wisatanya pengunjung diwajibkanmembayar harga tiket sebesar Rp.500.000,- dengan menikmati fasilitas yang cukup mewah.

2. Lembah Baliem

Lembah Baliem
Photo by papua.go.id

Lembah Baliem terletak di Wamena Papua lebih tepatnya di sekitar gunungJayawijaya. Di sini penduduknya adalah masyarakat asli suku Papua yang terdiridari Yali, Lani dan Dani. Pakaian dari warga di sana masih menggunakan adatyakni koteka serta rumbai.

Setiap bulamnya, rata-rata pengunjung Lembah Baliem hanya sekitar 100orang saja. Namun, hal tersebut meningkat drastis ketika sedang dilaksanakanfestival adat pada bulan Agustus secara rutin. Wisatawan dari berbagai daerahdan mancanegara pun berbondog-bondong datang ketempat ini.

Festival adat iniberlangsung selama 3 hari dan diselenggarakan atas inisiatif pemerintahsetempat. Oleh sebab itu, jika Kamumemang berkeinginan untuk mengunjunginya, datanglah pada puncak acara agardapat melihat keramaian serta keseruannya, dan jangan lupa untuk menyiapkan baju hangat.

Wisata ini dibuka setiap hari,namun untuk tiket saat terjadinyafestival adat tersebut bisa mencapai harga Rp.7.000.000,-. Hal tersebut memang terbilang cukup mahal. Akan tetapi,itu tetap tidak mengurangi antusiasme pengunjung.

3. Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek
Photo by wisatasauwandarek.wordpress.com

Desa Wisata Sauwandarek berlokasi di Kawasan Raja Ampat Papua. Di sini,pengunjung bisa merasakan berinteraksi langsung dengan suku asli Papua wilayahpesisir atau dapat dikatakan tepi laut.

Di sana, terdapat banyak rumah tradisional yang berbahan kayu dan memilikiatap jerami. Tempat wisata budaya ini hanya ditempatisekitar 46 kepala keluarga. Bisadibilang sangat sepi ketika tidak ada pengunjung dari luar.

Menariknya, semua perempuan yang hidup di sana punya keterampilan untukmembuat tas serta topi yang berbahan dari daun pandan laut. Di sini, Kamu bisabelajar bersama mereka dan jika tertarik terhadap produknya, boleh langsungmembelinya sebagai cindera mata.

Selain berinteraksi dengan suku asli disini, Kamu juga bisamenyelam dan snorkeling. Selanjutnya,berkeliling ke telaga unik di desa ini yang bernama Yenauwyau yang sangatmenyenangkan saat melihat pemandangannya.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari bagi siapa saja pengunjung yang ingindatang. Kamu hanya perlu membayar biaya masuk sekitar Rp.50.000,- saja.Cepat-cepatlah membuat agenda untuk pergi ke sana dalam rangka mengisi liburanmu.

4. Danau Sentani

Danau Sentani
Photo by jayapurakab.go.id

Danau sentani terletak sekitar 50 km dari kota Jayapura dengan luas 9.360hektar dan merupakanwisata terbesardi Papua. Keindahanya sangat menakajubkanbagi siapa saja yang melihat. Sehingga, bisa dikatakan hampir menjadi kunjungan utama destinasi wisata papua.

Di sini Kamu bisa melakukan banyak kegiatan, di antaranyamemancing, berenang, berkeliling danau dengan menyewa perahu dan bahkanmenyantap wisata makanan kuliner khas dari wilayah Indonesia Timur.

Disisi lain, juga terdapat FestivalDanau Sentani yang diadakan pada setiap pertengahan bulan Juli. Untuk masuk ketempat wisata ini, Kamu hanya perlu mengeluarkan uang tiket masuk sebesar Rp.200.000,-, namun belum termasuk sewa perahu dan lain-lain.

5. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Photo by wondamakab.go.id

Taman nasional ini terletak di Teluk Mioswarr dan merupakan konservasi lautterluas di Indonesia dengan keluasan sebesar 1.453.500 km2. Dari wilayah tersebut, 90 persennya berupa perairan untuk perlindungan biotanya.

Di sana, Kamu dapat menyelam dengan 196 moluska dan 209 populasi ikan. Olehsebab itu, suasana penyelaman pun menjadi indah dan menyenangkan. Selain itu, juga sangat menantang serta memacu adrenalin.

Taman Nasional ini diresmikan pada tahun 1993 oleh Kementerian Kehutanan.Jika ingin berwisata ke sana, Kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp.300.000,- untukmenikmati segala keindahan di dalamnya.

Demikianlah informasi seputar 5 destinasi wisata di Papua indahnya 100%. Jangan menunggu lama-lama, cepatlah ke sana untuk melepas lelah, agar Kamu tidak semakin capek dan penasaran. Yuk, segera beli tiketnya.