13 Tempat Wisata Di Solo Yang Menarik Dan Sedang Hits Untuk Dikunjungi

wisata solo

Solo menjadi salah satu kota yang cukup terkenal di Jawa Tengah. Sebenarnya nama asli dari kota Solo adalah Surakarta namun kebanyakan orang lebih mengenal nama Solo. Di kota ini banyak sekali tempat wisata yang bisa anda datangi bersama dengan orang terdekat entah keluarga ataupun teman-teman anda. Terkenal dengan latar sejarah yang kental membuat solo memiliki keragaman budaya yang khas. Bukan hanya itu wisata alamnya juga cantik dan sayang untuk dilewatkan.

Menikmati liburan akhir pekan atau liburan panjang di kota Solo juga menjadi hal yang menarik. Untuk membuat liburan anda semakin menyenangkan pastikan untuk datang di tempat wisata yang cantik dan sedang populer seperti pembahasan ini. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di solo yang menarik dan sedang hits.

1. Taman Balekambang

Taman-Balekambang
Instagram/maisyaroh32

Pertama untuk liburan yang sederhana bersama dengan keluarga menikmati pemandangan pepohonan dan juga tempat yang cocok untuk piknik sebaiknya anda datang ke Taman Balekambang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Solo. Luas taman ini sekitar 10 hektare dan cukup bersejarah sebab dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII di tahun 1921.

Taman Balekambang ini dibagi menjadi dua kompleks, pertama ada di Partinah Bosch yang merupakan sebuah rumah dari berbagai macam tanaman langka. Kemudian kompleks satunya bernama Partini Tun yang ditempati oleh kolam dengan berbagai macam perahu hias dan bisa dinaiki oleh para wisatawan. Menikmati keindahan Taman Balekambang dengan orang terdekat akan membuat suasana menjadi semakin hangat.

2. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum-Purbakala-Sangiran

Jika anda berlibur dengan keluarga dan mengajak anak-anak pastikan memberikan tempat wisata yang menyenangkan dan beredukasi seperti Museum Manusia Purba Sangiran yang ada di Solo. Lokasinya tidak berada di kota Solo, tetapi lokasinya tidak terlalu jauh untuk dijangkau dan merupakan museum arkeologi berlokasi di Desa Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah.

Museum Manusia Purba Sangiran juga tidak terlalu jauh dari situs fosil purbakala Sangiran yang terkenal dan sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Banyak benda-benda bersejarah yang bisa anda temukan dan anda lihat. Bahkan ada juga beberapa benda bersejarah yang usianya mencapai 200.000 tahun bahkan juga sampai 2 juta tahun dan disimpan dengan baik di Museum Manusia Purba Sangiran.

3. Taman Sriwedari

Taman-Sriwedari-Solo

Selanjutnya objek wisata yang dapat anda kunjungi adalah Taman Sriwedari. Tempat wisata yang satu ini menjadi kompleks berbagai macam tanaman dan memiliki lokasi di Laweyan, Solo. Sudah ada sejak kepemimpinan Pakubuwana X membuat tempat ini sering dijadikan lokasi hiburan rutin ketika malam selikuran.

Di Taman Sriwedari terdapat Gedung Wayang Orang yang merupakan pertunjukkan wayang orang. Pada dinding bangunannya terdapat lukisan besar yang menceritakan tentan Mahabharata dengan judul “Kresno Duto”. Dapat dikatakan bahwa Taman Sriwedari menjadi tempat hiburan dan seni masyarakat Solo. Akan sangat menarik jika anda datang ketika ada acara seni di Taman Sriwedari.

4. Keraton Surakarta

Keraton-Surakarta

Sudah pernah melihat sebuah keraton? Di Solo anda juga bisa mengunjungi Keraton Surakarta sebagai tempat wisata. Di tempat ini anda bisa mempelajari sejarah dan juga budaya khas Jawa dari Surakarta. Bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuana II di tahun 1744. Bahkan sampai detik ini bangunan tersebut masih digunakan untuk tempat tinggal Sri Sunan.

Ada beberapa kompleks di Keraton Surakarta, ada Alun-alun Lor, Alun-alun Kidu, Siti Hinggil Lord an Kidul, Sasana Sumewa, dan masih banyak lagi. Masing-masing kompleks tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Dapat dikatakan bahwa Keraton Surakarta merupakan tempat wisata yang paling banyak didatangi oleh para wisatawan.

5. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan-Sewu

Grojogan Sewu Tawangmangu jadi tempat wisata alam yang bisa anda kunjungi ketika berada di Solo. Destinasi tempat berlibur yang satu ini merupakan sebuah air terjun dengan tinggi sekitar 80 meter. Lokasinya ada di sisi barat Gunung Lawu, jika berangkat dari pusat kota Solo maka harus menempuh perjalan sekitar 37 km. Dapat dikatakan bahwa Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan air terjun tertinggi di wilayah Jawa Tengah.

Untuk menuju ke tempat wisata ini anda harus mendaki sekitar 1000 anak tangga, namun pemandangan yang disuguhkan sungguh menyenangkan. Ketika akhir pekan Grojogan Sewu Tawangmangu selalu ramai dengan pengunjung entah dari luar kota ataupun dalam kota sendiri. Tiket masuknya sekitar 20.000 IDR untuk satu orang.

6. Galabo Solo

Galabo-Solo
Instagram/gudegsolo

Selain tempat wisata, Solo juga memiliki beberapa tempat kuliner dengan cita rasa yang khas. Di Galabo Solo anda dapat dengan mudah mencoba berbagai aneka makanan sampai dengan tengah malam. Dapat dikatakan bahwa Galabo Solo merupakan tempat tujuan para wisatawan ketika ingin mencari makan. Lokasinya ada di Jalan Mayor Sunaryo, Galabo, Solo. Harga yang dibandrol juga terbilang murah.

Banyak sekali pedagang makanan yang bisa anda jumpai, sekitar 50 stand pedagang dengan berbagai macam aneka makanan. Menikmati indahnya kota solo dan tempat wisatanya yang menarik tidak akan pas jika tidak mencoba makan di Galabo Solo. Sangat ramah juga tempatnya untuk membawa keluarga makan di Galabo Solo.

7. Pura Mangkunegaran

Pura-Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran merupakan sebuah istana yang dibangun dengan indah dan juga menjadi tempat kediaman resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran. Bangunan yang berada di Jalan Ronngowarsito ini dijadikan sebagai pusat budaya dan seni dari kota Solo. Anda dapat menjumpai berbagai macam koleksi peninggaan kerajaan Mataram dan Majapahit di Pura Mangkunegaran.

Ketika anda memasuki area pura maka akan disuguhkan dengan halaman yang luas dan bangunan arsitektur khas Eropa. Kavalerie-Artillerie akan menjadi tulisan pembuka yang akan anda lihat. Bangunannya memang cukup unik sebab memadukan Jawa dan Eropa sehingga menyuguhkan pemandangan yang cantik. Ketika datang ke Solo, Pura Mangkunegaran sayang untuk dilewatkan.

8. Pasar Klewer

Pasar-Klewer
surakarta.go.id

Berbelanja di kota Solo juga menjadi hal yang menarik untuk dilakukan. Anda bisa datang ke Pasar Klewer dimana tempat tersebut merupakan surganya batik dan juga kain. Beberapa pilihan yang cantik bisa anda gunakan sebagai oleh-oleh keluarga di rumah. Batik yang dijual di Pasar Klewer merupakan batik pengerajin lokal, tetapi ada juga beberapa yang termasuk batik mancanegara.

Tidak hanya batik dan kain tetapi anda juga bisa menemukan penjual baju, kebutuhan seragam sekolah, celana, dan berbagai macam lainnya. Harga yang dibandrol di Pasar Klewer juga terbilang cukup murah dan ada juga penjahit yang siap membantu anda untuk memenuhi permintaan serta selera anda.

9. Kampung Batik Kauman

Kampung-Batik-Kauman

Jika di Pasar Klewer anda bisa membeli batik dan kain, maka di Kampung Batik Kauman anda bisa langsung melihat proses pembuatan batik secara langsung. Batik yang merupakan salah satu kebudayaan milik Indonesia ini benar-benar dilestarikan di Kampung Batik Kauman. Letaknya juga tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta dan bisa menjadi objek wisata yang edukatif untuk anak-anak anda juga.

Banyak sekali jenis batik yang diproduksi, mulai dari batik tulis, batik cap, batik modern, dan berbagai macam jenisnya. Di Kampung Batik Kauman anda juga bisa mencoba mengikuti bagaimana cara membatik dan mencoba membatik sendiri. Kain batik yang sudah dibuat para pengerajin juga di jual dan harga yang dibandrol cukup bervariasi.

10. Tugu Lilin

tugu-lilin-solo

Untuk menikmati kota Solo dengan bersantai maka anda bisa mencoba datang ke Tugu Lilin dan memang paling pas ketika anda datangnya pada sore hari. Tugu Lilin ini dibangun untuk memperingat kelahiran dari Boedi Oetomo dan berlokasi di Jalan Kebangkitan Nasional, Solo. Lilin sengaja dipilih untuk menggambarkan semangat dan perjuangan Bangsa Indonesia yang terus menyala untuk merebut kemerdekaan.

Tugu Lilin sangat cocok dijadikan latar untuk berfoto, ketika sore hari pemandangannya akan semakin terlihat sangat cantik. Banyak wisata kuliner di dekat Tugu Lilin yang bisa anda datangi sembari menikmati pemandangan yang ada dan mempelajari sejarah pada jaman perjuangan.

11. Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa-Water-World

Bermain wahana air di Solo bersama dengan keluarga, baiknya anda datang ke Pandawa Water World Solo Baru. Dapat dikatakan bahwa tempat wisata yang satu ini merupakan tempat berlibur yang modern. Pandawa Water World Solo Baru menawarkan sensasi wahana permainan air yang sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga apalagi jika anda membawa anak-anak.

Konsep yang dimiliki oleh Pandawa Water World Solo Baru sangat menarik yaitu epos Mahabharata yang menawan dan terlihat sangat khas dengan Solo. Banyak sekali patung besar Pandawa Lima yang bisa anda temukan di Pandawa Water World Solo Baru. Harga tiketnya untuk hari biasa dibandrol sekitar 80.000 IDR, sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur dibandrol sekitar 100.000 IDR untuk satu orangnya.

12. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun-Binatang-Taru-Jurug

Bukan hanya museum, tempat bersejarah, dan juga wahana air tetapi anda juga bisa mengajak anak anda keluarga anda untuk datang ke Kebun Binatang Taru Jurug. Lokasinya ada di Jalan Ir. Sutami, Kentingan, Jebres, Solo dan letaknya tidak jauh dari Universitas Sebelas Maret. Harga tiket masuknya sekitar 8.000 IDR untuk satu orangnya dan anda sudah dapat melihat aneka satwa di tempat ini.

Cukup banyak satwa yang dimiliki dan dijaga dengan baik oleh para pekerjanya. Tempatnya juga bersih dan nyaman didatangi bersama dengan keluarga. Kebun Binatang Taru Jurug dibangun dari tahun 1870 oleh Sultan Hamengkubuwono X sebagai tempat konservasi flora dan juga fauna.

13. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro-Night-Market
Instagram/night_market_ngarsopuro

Wisata malam yang dapat anda kunjungi ketika berada di kota Solo adalah Ngarsopuro Night Market. Tempat ini merupakan objek wisata berbelanja dengan bandrolan harga yang murah dan hanya ada ketika malam hari. Lokasinya ada di Jalan Diponogoro dan dekat dengan Pura Mangkunegaran.

Pasar malam yang satu ini selalu buka setiap hari Sabtu dan Minggu dan anda bisa berbelanja mulai dari barang-barang kerajinan, aksesoris, baju, atau juga makanan. Bahkan beberapa makanan tradisional sampai dengan makanan yang modern juga bisa anda temukan dengan mudah di Ngarsopuro Night Market.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di Solo. Cukup banyak tempat yang bisa anda eksplor di Solo sehingga tidak akan bosan dan liburan anda semakin menyenangkan. Pilihlah beberapa tempat yang memang cocok dengan anda dan orang-orang terdekat anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here