in

Indonesia Gudang Sejarah! Ini 8 Kota Bersejarah yang Wajib di Kunjungi

Indonesia Gudang Sejarah! Ini 8 Kota Bersejarah yang Wajib di Kunjungi

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ratusan kota yang tersebar dari sabang hingga Merauke dengan segala macam keunikan dan keindahannya masing-masing. Meskipun berada dalam satu negara, namun setiap kota memiliki beragam ciri khas dengan landmark yang berbeda-beda pula.

Nah, ciri khas tersebut bisa jadi tidak bisa lepas dari kisah sejarahnya. Banyak sekali peninggalan sejarah di setiap daerah yang bisa kamu nikmati. Maka dari itu, jangan lewatkan untuk berkunjung ke beberapa kota bersejarah ini.

1. Kota Pahlawan, Surabaya

Kota Pahlawan, Surabaya
Sumber : pixabay.com

Surabaya atau yang dikenal dengan kota pahlawan ini memiliki sejuta panorama alam dan pesona yang menakjubkan yang masih belum sepenuhnya terekspos. Banyak sekali spot objek wisata keren di Surabaya, mulai dari situs sejarah, situs budaya, hingga spot foto kenian.

Mesipun sekarang Surabaya telah menjadi kota metropolitan yang cukup megah. Namun, sejarahnya tetap dikenang sampai saat ini, bisa dilihat dari bangunan-bangunan bersejarah yang masih kokoh berdiri dan patut untuk dibanggakan.

Apabila dalam waktu dekat ini kamu berencana berlibur ke Surabaya. Pastikan tidak melewatkan destinasi wisata sejarahnya, seperti Tugu Pahlawan, Museum Surabaya, Jembatan Merah, Monumen Kapal Selam, Museum WR Soepratman, serta wisata lainnya.

2. Kota Kembang, Bandung

Kota Kembang, Bandung
Sumber gambar: pixabay.com

Siapa sih, yang tidak kenal kota sejuta gadis cantiknya ini? Yups, Kota Bandung atau yang dikenal dengan sebutan Kota Kembang ini ternyata banyak sekali memiliki destinasi wisata yang seru dan menyenangkan. Hal ini bisa di lihat dari banyaknya antusias wisatawan yang sering datang ke Kota Kembang ini.

Selain memiliki destinasi wisata keren, ternyata kota ini juga memiliki destinasi wisata sejarah yang tidak kalah menariknya. Tidak hanya sebagai lokasi berlibur, namun Bandung juga pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin berlibur sambil belajar dan manembah ilmu.

Saat ke Bandung jangan lupa mengunjungi Gedung Sate, Museum Wangsit Mandala Siliwangi, Monumen Bandung Lautan Api, Gedung Merdeka, dan lokasi sejarah lainnya yang bisa kamu kunjungi selama di Bandung.

3. Kota Metropolitan, Jakarta

Kota Metropolitan, Jakarta
Sumber gambar: pixabay.com

Kota yang memiliki sejuta gedung pencakar langit dan aktivitas warganya yang sangat padat. Tidak heran jika Jakarta dijuluki sebagai Kota Metropolitan terbesar di Indonesia. Meskipun demikian, kota ini memiliki banyak sekali destinasi wisata sejarah yang seru untuk dikunjungi. Selain berlibur, tentunya kamu akan menambah rasa nasionalisme dalam diri terhadap bangsa sendiri.

Nah, jika kamu anak metropolitan atau yang sedang berada di Jakarta, sebaiknya coba untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Museum Satria Mandala, Monumen Nasional, Museum Fatahillah, Museum Bahari, Museum Bank Indonesia, Museum Kebangkitan Nasional, Kota Tua, Museum Gajah, Tugu Proklamasi, dan Museum Katedral.

Selain museum sejarah, banyak tempat-tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi. Jadi meskipun di Jakarta kamu tidak harus melulu liburan ke tempat bermain di dalam gedung, seperti mall saja.

4. Kota Apel, Malang

Kota Apel, Malang
Sumber gambar: pixabay.com

Banyak destinasi wisata heritage yang berada di Kota Apel, Malang. Tidak heran kamu akan menemukan banyak bangunan lama masih terawat dengan baik. Jika ke Malang biasanya akan pergi ke wisata wahana dan kebun, sekarang coba berlibur sambil belajar dengan mengulas sejarah Kota Malang di masa lalu.

Jika kamu sedang berada di Malang, kunjungi beberapa wisata bersejarah seperti Balai Kota Malang, Tugu Merdeka, Candi Badut, Klenteng Eng An Kiong, Ijen Boulevard dan lain sebagainya.

5. Kota Daeng, Makassar

Kota Daeng, Makassar
Sumber gambar: pixabay.com

Asal kamu tahu, nama Kota Makassar sebelumnya adalah Ujung Pandang. Kota ini menjadi ibu kota dan termasuk sebagai kota metropolitan di wilayah Indonesia Timur. Masyarakat lokal umumnya menjuliki kota ini sebagai Kota Daeng. Kata ‘Daeng’ berasal dari panggilan anak kepada orang tuanya, atau bisa dibilang memanggil orang yang di tetuakan.

Karena menjadi kota yang di tetuakan, tidak heran jika kota ini menjadi bukti akar sejarah berdirinya NKRI. Hal ini dibuktikan dengan berbagai tempat wisata sejarah yang ada di kota ini.

Jika ingin berlibur di Makassar dengan menikmati nilai sejarah, kamu bisa mengunjungi Benteng Fort Rotterdam, Monumen Mandala, Monumen korban 40.000 Jiwa, Museum Kota Makassar, Kompleks Makam Raja-Raja Tallo, Makam Pangeran Diponegoro, dan Benteng Somba Opu.

Selain tempat wisata bersejarah, Makassar juga memiliki banyak sekali objek wisata menarik lainnya, seperti pulau-pulau esotis, hamparan pasir pantai yang indah, wisata kesenian, wisata kuliner, dan tentunya juga ada wisata hiburan lainnya.

6. Kota Melayu Deli, Medan

Kota Melayu Deli, Medan
Sumber gambar: upload.wikimedia.org/

Siapa yang tahu tentang Kesultanan Deli? Yups, salah satu Kesultanan yang ada di Indonesia ini berada di Kota Medan. Kesultanan Deli telah menguasai wilayahnya hingga Perang Dunia II berahir. Mesipun berdiri di zaman dahulu, namun sampai saat ini masih tetap berdiri. Hanya saja, saat ini Kesultanan Deli tidak memiliki kekuasaan seperti dahulu kala. Tidak heran, jika Kota Medan disebut sebagai Melayu Deli, dengan segudang nilai histori yang begitu kuat.

Jangan pernah bilang telah berkunjung ke Medan, jika belum mengunjungi wisata sejarahnya seperti Istana Maimun, Kuil Sri Mariamman, Rumah Tjong A Fie, Masjid Raya Medan, dan Vihara Gunung Timur.

7. Kota Pelajar, Jogja

Kota Pelajar, Jogja
Sumber gambar: pixabay.com

Jogja! Salah satu kota yang seakan memiliki medan magnet tersendiri bagi para traveler lokal maupun mancanegara. Bagaimana tidak. Kota ini memiliki daya tarik bagi pecinta kuliner. Selain itu, hampir wilayah jogja memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Oleh karena itu, tidak heran jika kota ini tidak pernah masuk dalam kategori destinasi low peak season.

Wisata sejarah di Jogja yang wajib dikunjungi yaitu Kratin Yogyakarta, Taman Sari, Situs Warungboto, Benteng Vredeburg, dan Kotagede. Banyak sekali wisata sejarah yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke kota ini.

8. Kota Tercinta, Padang

Kota Tercinta, Padang
Sumber gambar: pixabay.com

Memiliki keindahan alam yang begitu memukau dan membuat siapapun yang datang akan jatuh cinta. Tidak heran jika Padang dijuluki sebagai Kota Tercinta, terutama bagi para pecinta travelling. Jika berkunjung ke kota ini saja, kamu sudah bisa melihat penampakan bukit-bukit yang mengeliling kota. Selain itu, daerah kota yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia membuat orang semakin takjub dengan keindahan alamnya.

Selain wisata alam, jangan salah. Kota Padang juga memiliki wisata sejarah yang cukup beragam, mulai dari bangunan untuk beribadah, histori, pemerintahan, hingga bangunan dengan nuansa budaya.

Wisata dengan nilai tinggi akan sejarah seperti Padangsche Spaarbank, Masjid Muhammadan, Museum Bank Indonesia Padang (De Javasche Bank), Adityawarman Museum, Kerajaan Pagaruyung, Masjid Raya Ganting, Klenteng See Hin Kiong, dan Gedung Balai Kota Padang.

Dari 8 kota diatas mana kota kelahiranmu? Sudahkan kamu mengenal sejarah kotamu? Jika belum, agendakan liburanmu saat ini juga! Jangan sampai, orang lain bahkan negara lain lebih memahami sejarah kotamu daripada kamu sendiri. Kota mana yang menurutmu memiliki histori sejarah yang lebih menarik?

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *