11 Tips Traveling Bersama Bayi agar Liburan Kamu Tidak Repot

traveling bersama bayi

Berlibur merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Faktanya, berlibur memang dapat membuat seseorang menjadi lebih fresh dan melepaskan semua beban yang ada di pikiran mereka.

Apabila kamu belum memiliki bayi, mungkin kamu bisa berlibur dengan tenang tanpa perlu memikirkan kebutuhan si kecil. Namun, apa yang kamu rasakan apabila kamu berlibur bersama bayi? Tentunya, yang ada di benak kamu pasti akan sangat repot dan membutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkannya.

Belum lagi pada saat di perjalanan, si bayi terkadang rewel dan merepotkan kamu. Hal tersebut pasti sangat mengganggu ketenangan liburan. Kamu yang awalnya ingin melepas penat dengan cara berlibur, justru harus repot mengurus bayi saat berlibur.

Bahkan, ada banyak orang yang memilih untuk tidak berlibur ketika anaknya masih bayi. Alhasil, mereka berlibur ketika anak mereka sudah agak besar ahar tidak terlalu repot untuk membawanya. Sebenarnya mudah kok traveling bersama bayi tanpa perlu repot mempersiapkan kebutuhan si bayi.

Tapi, tidak semua orang tua tahu bagaimana cara berlibur yang tetap menyenangkan walaupun kamu membawa si kecil. kamu perlu tahu beberapa tips traveling bersama bayi supaya liburan kamu tetap berkesan dan mampu menghibur diri sendiri setelah kepenatan menyelimuti. Apa saja tips-tipsnya? Langsung saja kita bahas.

1. Pilih Tempat Duduk Paling Depan

Saat berlibur membawa bayi, alangkah baiknya kamu memilih tempat duduk di depan apabila kamu menggunakan transportasi umum, seperti bus, pesawat, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa memilih duduk di depan apabila menggunakan kendaraan pribadi.

Dengan begitu, apabila si kecil mengompol atau rempong, kamu lebih mudah untuk menenangkan si bayi dengan cara mengganti popok atau bahkan membaringkan si bayi. Anak kamu pasti akan lebih nyaman karena memiliki ruang yang lebih luas untuk bergerak.

Apabila kamu bepergian menggunakan pesawat, kamu bisa mencoba menggunakan baby airplane seat supaya bayi lebih nyaman dan leluasa.

Dengan fasilitas baby airplane seat, kamu tidak perlu capek memangku dan menggendong si buah hati. Dengan demikian, liburan kamu menjadi tidak terganggu dan si bayi akan tetap nyaman.

Baca Juga: 13 Cara Memilih Tiket Pesawat dengan Harga Murah Tanpa Repot

2. Lebih Baik Berangkat di Siang Hari

Sangat disarankan untuk berangkat pada siang hari. Pasalnya, jika kamu pergi di pagi hari, maka kamu harus bangun lebih awal, belum lagi memandikan bayi dan mengurusi berbagai keperluan kamu dan si bayi, tentu hal ini akan sangat merepotkan.

Jika kamu berangkat pada siang hari, kondisi sang bayi biasanya masih tenang dan siap untuk diajak jalan-jalan. Nah, inilah waktu yang tepat bagi kamu untuk traveling bersama si kecil. Pastikan juga buah hati kamu dalam kondisi kenyang, agar dia tetap tenang ketika dalam perjalanan.

Jika kamu mengajak bepergian pada malam hari, kemungkinan si bayi sudah mulai mengantuk dan ingin tidur. Hal ini biasanya membuat dia sedikit lebih rewel dari biasanya.

Jika kamu menggunakan pesawat untuk transportasi, terkadang pesawat akan mengalami delay. Bahkan, waktu delay-nya pun bisa cukup lama. Tentunya, hal itu sangat menjengkelkan dan mengganggu ketenangan si bayi. kamu tidak mau kan liburan bersama si kecil menjadi terganggu?

3. Tentukan Destinasi Wisata yang Ringan

Sebaiknya kamu memilih destinasi wisata yang ringan dan ramah dengan si bayi pada saat traveling dengan buah hati. Jangan sampai tempat wisata yang akan kamu tuju justru memberatkan sang bayi.

Tips traveling bersama bayi yang satu ini memang sangat penting. Pasalnya, kekuatan fisik sang bayi masih sangat lemah. Akibatnya, si bayi belum sanggup dan kelelahan untuk diajak bepergian menuju tempat yang membutuhkan fisik yang cukup kuat, seperti naik gunung, dan sebagainya.

Apabila bayi kamu masih berusia di bawah 2 tahun, sebaiknya ajak dia ke tempat yang tidak terlalu berat untuk dilalui.

Baca Juga: 11 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Diketahui Bagi Pemula

4. Pisahkan Pakaian Bayi Dengan Pakaian Orang Tua

Kamu perlu memisahkan pakaian si kecil dengan pakaian milikmu. Tujuannya  supaya ketika si buah hati sedang rewel atau membutuhkan pakaian ganti, kamu tidak kesulitan mengambil pakaiannya.

Jika kamu mencampur pakaiannya dengan pakaian kamu sendiri, tentunya kamu pasti kesulitan untuk mengambil pakaian bayi. Maka dari itu kamu bisa memasukkan pakaian si kecil ke dalam plastik, kemudian memasukkannya ke dalam koper.

5. Jangan Lupa Bawa Obat-obatan Bayi

Bagaimanapun juga, tubuh bayi masih terlalu lemah dan rentan terkena penyakit apabila diajak bepergian. Sang bayi belum terlalu kuat menghadapi udara bebas. Maka dari itu, kamu perlu membawa obat-obatan khusus untuk si bayi, seperti minyak telon ataupun balsam.

Tujuannya adalah supaya saat si bayi mulai kedinginan, kamu bisa mengoleskan ke tubuh mungilnya agar tubuhnya mulai hangat kembali.

Mungkin, tips traveling bersama bayi yang satu ini terlihat sepele bagi sebagian orang. Namun, nyatanya cara ini cukup membantu para orang tua yang bayinya sering kedinginan pada saat diajak bepergian.

6. Pilih Tempat Penginapan yang Nyaman Bagi Bayi

Pada saat bepergian dengan bayi, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk pada saat memilih tempat penginapan. kamu harus memilih tempat penginapan yang membuat bayi nyaman berada di sana.

Tidak semua tempat penginapan bisa membuat bayi nyaman. Malah, ada banyak tempat penginapan yang justru mengganggu kenyamanan bayi. Sebaiknya, kamu memesan tempat penginapan yang tidak terlalu jauh dari destinasi wisata tujuan Anda.

Namun, apabila kamu tidak menemukan tempat penginapan yang dekat dengan destinasi wisata tujuan, kamu bisa memesan tempat penginapan yang memiliki akses transportasi yang mudah. Jadi, kamu tidak harus repot mencari kendaraan umum yang tentunya hal itu pasti akan membuat bayi merasa tidak nyaman.

Selain itu, pastikan kamu memilih penginapan yang tidak berisik. Banyak tempat penginapan yang sangat berisik. Hal itu sangat mengganggu bayi yang sedang tidur terlelap. Bisa-bisa, sang bayi menangis dan rewel karena terbangun oleh suara berisik.

7. Jangan Lupa Bawa Mainan Bayi

Tentunya, si buah hati akan rewel ketika diajak bepergian dalam waktu lama. Mungkin, dia merasa bosan dengan perjalanan liburan. kamu bisa membawa mainan yang paling disukainya untuk mengobati rasa bosan yang melanda dirinya.

Tidak perlu membawa banyak, kamu bisa membawa beberapa saja yang sekiranya tidak mengganggu barang bawaan lain. Sebaiknya, bawalah mainan yang simpel dan tidak terlalu besar untuk dibawa. Takutnya, justru kamu akan kerepotan apabila membawa mainan bayi dalam jumlah banyak dan besar.

Kamu bisa memberikan mainan tersebut pada si bayi supaya dia bisa terus bermain-main dengan mainan itu. Dengan begitu, si buah hati tidak mudah rewel ketika diajak bepergian.

8. Jangan Lupa Untuk Membawa Stroller

Apabila bepergian bersama anak kecil, sangat disarankan bagi orang tua untuk membawa stroller supaya dia merasa lebih nyaman diajak traveling. Apabila kamu membawa stroller, sang bayi dapat tidur dengan lebih nyaman di strollernya.

Selain itu, kamu juga tidak perlu repot dan lelah menggendong si kecil seharian. kamu dapat menghemat tenaga untuk menikmati liburan. kamu bisa menyewa, meminjam, ataupun membeli stroller apabila belum punya.

9. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Sebaiknya jangan membawa barang terlalu banyak, karena hal itu dapat membuat kamu repot sendiri. Selain itu, si bayi juga akan merasa tidak nyaman dan terbebani dengan liburannya. Apabila kamu ingin berbelanja ataupun membawa barang-barang kesukaan Anda, sabarlah sejenak.

10. Jangan Sibuk Sendiri

Ketika kamu mengajak si kecil untuk berlibur bersama, jangan sampai dia merasa sendirian karena kamu sibuk menikmati liburan kamu sendiri. Sesekali kamu hibur si kecil dengan menuruti apa yang dia inginkan.

Jangan sampai kamu sibuk sendiri sampai lupa dengan kebutuhan si kecil. kamu boleh menikmati liburan, namun jangan lupakan bahwa si kecil tetap butuh perhatian dari orang tuanya.

11. Catat Nomor Dokter Bayi

Daya tahan tubuh seorang bayi masih sangat lemah dan belum stabil. Untuk itulah kamu perlu mencatat nomor dokter khusus bayi pada kontak smartphone Anda. Tujuannya adalah supaya jika sang bayi sedang tidak enak badan, kamu bisa menghubungi dokter tersebut untuk berkonsultasi.

Nah, itulah beberapa tips traveling dengan bayi yang perlu untuk diperhatikan bagi orang tua yang ingin mengajak anaknya berjalan-jalan. Bepergian bersama anak yang masih bayi memang sangat merepotkan.

Namun, si bayi pastinya akan senang ketika diajak bepergian, walaupun hanya berlibur ke tempat tujuan yang dekat.Belum tentu juga sang anak akan mau diajak bepergian bersama orang tuanya ketika sudah dewasa nanti.

Maka dari itu, selagi kita bisa mengajaknya bepergian, tidak ada salahnya untuk bepergian bersama. Dengan begitu, sang bayi akan merasa diperhatikan dan mendapatkan kasih sayang yang cukup dari orang tuanya.

Perhatian orang tua kepada anaknya saat masih kecil sangat berpengaruh bagi anak tersebut ketika dia sudah dewasa nanti. Apabila anak sering diperhatikan dan disayang ketika masih kecil, maka saat sudah besar, anak akan sayang dan tidak melupakan momen-momen bersama kedua orang tuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here