9 Cara Efektif Bangun Lebih Awal Bagi Kamu yang Terbiasa Kesiangan

Cara Efektif Bangun Lebih Awal

Disamping leganya bangun kesiangan, ternyata bangun kesiangan memiliki dampak yang kurang baik bagi kehidupan kita. Salah satunya adalah bangun kesiangan akan mengganggu aktifitas kita dengan maksimal. Misalnya, kamu menjadwalkan untuk mencuci baju sebelum berangkat ke kampus, gara-gara kesiangan kamu malah tidak sempat mencuci baju.

Hal itu tentunya membuat kamu kesal kan? Karena bangun kesiangan, jadwal yang kamu rencanakan malah kacau. Nah, ayo akhiri kebiasaan itu mulai besok! Gimana caranya? Simak cara efektif untuk bangun lebih awal untuk mengakhiri kebiasaanmu bangun kesiangan:

1. Kurangi Begadang

Faktor utama yang biasanya mempengaruhi pola tidur seseorang adalah karena kebiasaan mereka yang suka begadang. Jika kamu punya kebiasaan begadang, sebaiknya kurangi itu demi bisa bangun pagi. Tubuh kamu membutuhkan waktu istirahat yang cukup, sekitar 8 jam perhari.

Logikanya, jika jam tidur kamu mundur, maka kemungkinan besar jam bangun kamu juga akan mundur. Yah, meskipun hal tersebut tidak menutup kemungkinan orang yang begadang juga bisa bangun lebih pagi. Namun pastinya hal itu akan jauh lebih berat dibandingkan tidur lebih awal, karena kamu membutuhkan waktu yang cukup untuk tidur.

Jadi, kurangi kebiasaan begadang setiap harinya jika kamu memang ingin bangun lebih awal dari hari-hari biasanya. Begadang boleh saja, jika memang ada keperluan mendesak. Jika tidak ada sesuatu hal yang mendesak untuk begadang, sebaiknya jangan begadang, usahakan selesaikan pekerjaan lebih awal.

2. Jangan Mengkonsumsi Kafein Sebelum Tidur

Seperti yang kita ketahui bahwa kafein bisa membuat seseorang sulit untuk cepat tidur. Itu sebabnya banyak orang yang minum kopi tujuannya agar mereka tidak mudah mengantuk. Karena pada faktanya, dalam kopi banyak mengandung kafein. Kafein ini yang akhirnya membuat jantung berdetak lebih banyak dari biasanya sehingga tidak merasa cepat mengantuk.

Nah, ketika kamu merasa tidak cepat mengantuk, maka kamu akan tertidur lebih lambat. Jika kamu tertidur lebih lambat dari waktu normal, maka otomatis kamu akan terbangun dengan waktu yang lebih lambat pula. Kafein juga menyebabkan kualitas tidur kamu tidak maksimal, sehingga kamu membutuhkan waktu tidur lebih lama.

3. Kurangi Jam Tidur Siang

Tidur siang memang merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Hal tersebut dapat diibaratkan menge-charge kondisi tubuh yang sudah lelah setelah beraktifitas. Akan tetapi, ketika kamu memutuskan tidur siang, jangan sampai terlalu lama. Waktu tidur siang yang baik hanya berkisar sekitar 15 menit hingga 30 menit saja.

Jika kamu tidur siang terlalu lama, maka dikhawatirkan kamu sulit untuk tidur lebih cepat pada malam harinya. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa ini memang berpengaruh terhadap jadwal tidur malam kamu. Jika jadwal tidur kamu lebih lambat, maka bangun pun akan terlambat. Jadi, sebaiknya kontrol waktu tidur siangmu.

4. Jangan Makan Makanan Berat

Waktu makan yang mendekati waktu tidur akan membuat pencernaan mu tetap bekerja. Padahal mereka juga membutuhkan waktu istirahat. Nah, ketika kamu tidur, tubuh akan tetap mencerna makanan tersebut. Maka jangan heran kalau pagi harinya tubuh kamu terasa lelah dan berat untuk beranjak dari tempat tidur.

Jadi, usahakan sebelum tidur jangan makan apa-apa, apalagi sampai makan makanan yang cukup berat. Akan sangat baik jika kamu menggantinya dengan meminum air putih saja.

5. Atur Tempat Tidur Senyaman Mungkin

Kondisi tempat tidur ini akan mempengaruhi kenyamanan serta kualitas tidur kamu. Atur posisi tempat tidur kamu senyaman mungkin, agar ketika kamu tidur merasa sangat nyaman. Selain posisi tempat tidur yang tepat, usahakan kamu mematikan lampu kamar. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Kondisi tempat tidur yang nyaman akan membantumu lebih mudah mendapatkan tidur yang berkualitas. Saat mendapatkan tidur yang berkualitas, kondisi tubuh kamu yang awalnya lelah juga akan mudah fit kembali. Nah, ini akan berpengaruh dengan jadwal bangun kamu yang akan lebih awal dari biasanya.

Baca Juga: 9 Efek Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

6. Pasang Alarm Lebih dari Satu

Hal lain yang wajib kamu lakukan agar bisa bangun lebih awal ialah memasang alarm. Jika kamu sulit bangun sendiri, kamu harus menggunakan alarm untuk membantu kamu agar terbangun. Jika kamu selama ini memasang satu alarm namun belum efektif juga, maka kamu membutuhkan banyak alarm.

Terkadang, satu kali alarm tidak mempan membangunkan seseorang yang memang terbiasa bangun kesiangan. Nah, kali ini coba kamu pasang alarm yang banyak. Jika alarm pertama tidak bisa membangunkanmu, masih ada alarm kedua. Alarm kedua tidak mempan, masih ada alarm ketiga dan seterusnya.

Jadi, otomatis telingamu akan kesal mendengar banyak bunyi alarm yang terus terngiang-ngiang di kepalamu. Dengan demikian, kamu bisa bangun lebih awal dari biasanya karena bunyi alarm yang beruntun.

7. Jauhkan Alarm dari Jangkauan Tempat Tidur

Selanjutnya kamu bisa meletakan alarm jauh dari jangkauan tempat tidurmu. Biasanya, saat alarm berbunyi, kita malah langsung mematikannya kemudian melanjutkan tidur kita. Hal ini karena alarm tersebut dekat dengan posisi tempat tidur dan mudah dijangkau. Apalagi kamu hafal dengan letak alarm, maka itu akan lebih mudah dijangkau tanpa harus membuka mata.

Jadi, coba letakkan alarm jauh dari posisi tempat tidur kamu. Dengan begitu, ketika bunyi alarm mulai mengusik tidurmu, maka kamu akan membutuhkan usaha yang lebih keras untuk menjangkaunya. Nah, ketika kamu sudah menggapai alarm, sebaiknya jangan kembali lagi ke tempat tidur, segeralah pergi ke kamar mandi untuk cuci muka atau mandi.

8. Minum Air Putih Sebelum Tidur

Meminum air putih sebelum tidur merupakan aktivitas yang bermanfaat dan menyehatkan bagi tubuh. Banyak riset medis yang menunjukkan bahwa meminum air putih sebelum tidur memiliki manfaat yang banyak. Salah satu manfaat utamanya ialah untuk mengganti cairan yang hilang selama aktifitas seharian.

Nah, siapa sangka hal ini juga bisa dijadikan trik untuk dapat bangun pagi. Logikanya, ketika kamu meminum air putih sebelum tidur, maka kantong kemih akan penuh. Jadi hal inilah yang akan memaksamu untuk bangun pagi-pagi. Mau tidak mau, kamu harus pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil.

9. Niatkan dalam Hati

Sebenarnya, hal dasar yang perlu kamu tanamkan dalam diri agar bisa bangun lebih awal adalah niat. Niat ini akan memberikan sugesti alam bawah sadar bahwa kamu memang ingin bangun lebih awal besok hari. Niatkan semuanya untuk beberapa alasan yang memang kamu butuhkan.

Misalnya, kamu mau bangun lebih awal karena kamu harus kekantor pagi hari, atau kamu harus mengerjakan tugas yang sangat penting, dan lain-lain. Tanamkan niat ini dan bersungguh-sungguh dalam hati.

Menjaga pola hidup sehat itu dimulai dari dirimu sendiri. Jadi, mulailah melakukan cara efektif bangun lebih awal di atas dengan dasar kemauan yang teguh dari diri kamu sendiri. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here