Kisah Sukses Pendiri Airbnb – Nathan Blecharczyk

Nathan Blecharczyk adalah seorang pengusaha dari Amerika yang merupakan co-founder dan CTO dari Airbnb. Situs ini adalah sebuah online marketplace bagi orang-orang yang ingin menyewa dan menyewakan kamar pribadi, apartemen ataupun rumahnya untuk digunakan dalam jangka pendek, layaknya penyewaan sebuah hotel. Namun harga sewanya ditetapkan oleh pemilik properti.

Situs yang berkantor pusat di San Fransisco, California, ini telah memiliki lebih dari 5 juta list properti untuk disewakan, di lebih dari 81 ribu kota di 191 negara di seluruh dunia. Nathan ikut mendirikan Airbnb pada tahun 2008 bersama dua pendiri Airbnb lainnya yakni Brian Chesky dan Joe Gebbia. Nah berikut adalah biodata, biografi, profil, fakta, dan kisah sukses pendiri Airbnb, Nathan Blecharczyk.

Sebelum mulai mendirikan Airbnb, Nathan merupakan seorang arsitek teknis di bidang komputer. Dia kemudian bertemu dengan salah satu pendiri Airbnb pada tahun 2008. Siapa sangka, keputusannya mendirikan Airbnb mengantarkan dirinya sebagai salah satu pengusaha terkaya termuda di Amerika dan dunia sampai saat ini.

Masa kecil Nathan Blecharczyk

Meskipun tanggal lahir tepat Nathan belum diketahui, namun diperkirakan bahwa dia lahir sekitar tahun 1983. Ayahnya bernama Paul Steven Blecharczyk  dan ibunya bernama Sheila Underwood. DIa tumbuh dalam keluarga kelas menengah ke atas di Boston, Massachusetts.

Selama di sekolah menengah, dia sudah bisa menghasilkan uang sendiri dengan menciptakan bisnis perangkat lunaknya sendiri. Bisnis hosting web-nya menyediakan layanan kepada spammer dan pernah terdaftar di “Registry of Known Spam Operators (ROKSO)” dari Spamhaus yang berisi daftar layanan spam terbaik.

Nathan menyelesaikan kelulusannya pada tahun 2001 dari Boston Latin Academy, kemudian dia masuk di Harvard University dan menerima gelar B.Sc. gelar dalam Ilmu Komputer. Nathan kemudian menjadi seorang arsitek teknologi dan memutuskan untuk fokus mengejar karir dalam bidang teknologi.

Karir dan mendirikan Airbnb

Nathan memulai karirnya sebagai insinyur di OPNET Technologies pada tahun 2005. Kemudian dia menjabat sebagai kepala pengembangan di Batiq pada 2007. Pada 2008, Nathan bergabung dengan Brian Chesky dan Joe Gebbia untuk mendirikan Airbnb, ia menjabat sebagai chief technology officer pertama di perusahaan tersebut.

Secara bertahap, mereka mulai memasukkan properti ke dalam situs web Airbnb. Nathan, bersama dengan pendiri lainnya, terbang ke New York untuk mempromosikan situs web dengan cara bertemu dengan para pengguna. Pada 2009, konten situs ini mengalihkan fokusnya dari shared spaces dan tempat tidur ke berbagai properti yang lebih luas, seperti apartemen, rumah, kastil, kamar pribadi, iglo, rumah pohon dan bahkan pulau-pulau pribadi.

Perkembangan Airbnb

Sejak situs ini didirikan pada tahun 2008, Airbnb sukses mendapatkan 1 juta pemesanan pada 2011. Pada 2012, naik menjadi 10 juta pemesanan. Pada 2014, Nathan merevisi desain situs, mengubah logonya, dan juga mendesain ulang aplikasi seluler. Pada 2015, perusahaannya mensponsori Tim Manor F1.

Sejak awal berdirinya situs web ini, Nathan dan timnya telah mendirikan sejumlah kantor internasional Airbnb di Hamburg, London, Barcelona, Paris, Milan, Sao Paulo, Moskow dan Kopenhagen. Pada 2012, mereka mengumumkan bahwa akan lebih berkonsentrasi pada pasar Australia, Indonesia, Thailand, dan negara Asia lainnya.

Pada awal 2017, Nathan beralih jabatan menjadi chief strategy officer di Airbnb. Dia terdaftar sebagai orang terkaya ke-568 di dunia, dengan perkiraan kekayaan US $ 3,7 miliar menurut Forbes 2019. Selain itu, Nathan juga diumumkan sebagai chairman Airbnb China, dan juga dikenal sebagai Aibiying, pada Oktober 2017.

Airbnb saat ini telah beroperasi di lebih dari 81 ribu kota di 191 negara. Situs ini telah memiliki 5 juta list properti sewaan di seluruh dunia. Properti di situs ini telah disewa sebanyak 300 juta tamu dan terus bertambah sampai saat ini.

Kehidupan Pribadi

Nathan menikah dengan Elizabeth Morey Blecharczyk dan telah memiliki dua orang anak. Meskipun Nathan punya jadwal yang sangat sibuk, namun dia masih menyisihkan waktunya untuk bersama keluarga kecilnya. Karena hal inilah Nathan dikenal sebagai ayah dan suami yang baik.

Profil Nathan Blecharczyk

  • Nama: Nathan Blecharczyk
  • Tanggal lahir: 1983
  • Pendidikan: Harvard University
  • Kebangsaan: Amerika
  • Dikenal sebagai: Co-founder and chief strategy officer Airbnb
  • Pasangan: Elizabeth Morey Blecharczyk
  • Anak: 2
  • Orangtua Sheila Underwood Blecharczyk dan Paul Steven Blecharczyk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here