Hindari Perdebatan Tak Penting! Karena Mengalah Bukan Berarti Kalah

Hindari Perdebatan Tak Penting! Karena Mengalah Bukan Berarti Kalah
Hindari Perdebatan Tak Penting! Karena Mengalah Bukan Berarti Kalah
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Sifat egois adalah sifat yang hanya memikirkan diri sendiri tanpa memperdulikan orang lain. Pada umumnya, orang yang egois tidak peka terhadap kondisi di sekitarnya. Mereka yang memiliki sifat egois sulit untuk mengalah dan selalu ingin menang sendiri.

Kebalikan dari sifat egois adalah sifat yang suka mengalah. Perlu Anda ketahui bahwa mengalah tidak berarti kalah. Mengalah menjadi sifat yang jauh lebih mulia dibandingkan dengan menang namun bersifat egois.

Dalam kehidupan bersosialisasi, Anda mungkin akan mendapatkan konflik baik secara internal maupun eksternal. Semua orang tidak ingin memiliki konflik apalagi dengan orang terdekat. Salah satu cara menghindari konflik adalah dengan mengalah.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Meskipun terkesan sederhana, namun mengalah bukan hal yang mudah dilakukan. Gengsi dan ego merupakan faktor yang membuat seseorang enggan mengalah.

Jika Anda sedang berdebat atau memiliki konflik dengan orang lain, cobalah mengalah karena mengalah bukan berarti kalah. Berikut ini beberapa alasan mengapa mengalah itu merupakan hal yang baik:

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


1. Perdebatan Tidak Memberikan Dampak Apapun

Foto: Pexels

Perdebatan terjadi karena adanya perbedaan pola pikir atau pandangan antara dua orang atau lebih. Mereka yang memiliki sifat egois biasanya tidak mau menerima pandangan dari orang lain.

Karena hal tersebut, terjadilah perdebatan yang panjang dan tidak berujung. Ingatlah bahwa setiap perdebatan yang dilakukan tidak memberikan dampak apapun. Seperti pepatah “menang menjadi arang, kalah menjadi abu”.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Semua akan mendapatkan hasil yang sama. Karena itu, akan lebih baik apabila Anda mengambil jalan mengalah untuk menghentikan perdebatan dan emosi.

2. Mengalah Menjadi Penyelesaian Masalah Secara Dewasa

Foto: Pexels

Mengalah merupakan salah satu bentuk penyelesaian masalah secara dewasa. Pasalnya sikap egois dan gengsi merupakan sikap yang dimiliki oleh orang-orang yang belum matang. Jika mereka masih memiliki sikap yang egois, maka pemikirannya belum dewasa.

Sebaliknya, apabila Anda mampu mengalah artinya Anda sudah belajar menjadi orang yang dewasa. Mengalah tidak akan membuat Anda menjadi kalah.

Bahkan mengalah mencerminkan sikap Anda yang dewasa, hebat, dan paham menyelesaikan masalah dengan cara yang damai. Karena perdebatan hanyalah hal yang sia-sia.

3. Menghindari Konflik yang Lebih Besar

Foto: Pexels

Mengalah adalah cara terbaik untuk menghentikan masalah dan perdebatan. Terlalu serius berdebat hingga memunculkan perasaan emosi dan ego yang tinggi sangat berbahaya.

Pasalnya hal tersebut bisa menimbulkan masalah atau konflik yang lebih besar di kemudian hari. Hubungan Anda dan orang lain menjadi tidak baik hanya karena ego masing-masing yang tidak bisa mengalah.

Apabila mampu menahan emosi dan bisa mengalah dalam perdebatan, maka masalah bisa cepat diselesaikan tanpa melibatkan emosi dan ego.

4. Menjadi Orang yang Hebat Karena Mampu Melawan Ego

Foto: Pexels

Mengalah memang terkesan menjadi hal yang sangat sederhana. Namun kenyataannya mengalah merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Pasalnya setiap orang pasti memiliki ego yang ingin menang dalam perdebatan.

Apabila Anda mampu mengalah, maka itu artinya Anda mampu melawan ego. Memang tidak mudah, akan tetapi semua orang sebenarnya bisa melakukannya.

Anda yang berhasil melakukannya adalah orang-orang yang hebat dan berani. Karena mengalah adalah sikap yang tidak dimiliki oleh banyak orang.

5. Meningkatkan Kedewasaan

Foto: Pexels

Kedewasaan seseorang tidak dilihat dari umur mereka. Namun kedewasaan bisa dilihat dari bagaimana cara menyelesaikan masalah yang sedang dialami. Apabila mampu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin, maka Anda bisa dikatakan sebagai orang yang dewasa.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Biar Nggak Boleh Gampang Marah Menghadapi Suatu Masalah

Sebaliknya, jika ego dan gengsi yang dikedepankan dalam menyelesaikan masalah, maka Anda tidak dikatakan sebagai orang yang sudah dewasa. Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu bersikap dewasa dengan mengalah pada perdebatan yang tidak memberikan hasil.

6. Mudah Mendapatkan Teman

Foto: Pexels

Egoisme merupakan salah satu sikap yang dihindari oleh banyak orang. Beberapa karakter yang menggambarkan sikap egoisme yaitu suka mengintimidasi, memaksakan kehendak, serta tidak mau mendengarkan pendapat orang lain yang berbeda.

Apabila memiliki sikap tersebut, maka Anda akan kehilangan banyak teman. Sebaliknya, sikap mengalah merupakan sikap yang disukai orang lain.

Bahkan orang egois juga membutuhkan orang dengan karakter suka mengalah. Anda yang sering mengalah tidak perlu merasa khawatir karena pasti akan banyak teman yang suka.

7. Lebih Mudah Bahagia

Foto: Pexels

Kebahagiaan adalah tujuan hidup seseorang. Apapun yang dilakukan di dunia ini bertujuan untuk bahagia. Mereka yang suka mengalah pada umumnya lebih mudah menemukan kebahagiaannya.

Mengalah tidak membuat mereka merasa terbebani dan memiliki pikiran negatif. Berbeda dengan orang yang egois. Biasanya orang-orang tersebut terlalu fokus pada pencapaian pribadi.

Apabila ada hal yang berjalan tidak sesuai kontrolnya, mereka akan mudah gusar. Hal inilah yang kemudian membuat orang egois tidak mudah bahagia.

8. Hubungan dengan Orang Lain Lebih Awet

Foto: Pexels

Orang yang suka mengalah memiliki keuntungan yaitu memiliki hubungan yang lebih langgeng. Hubungan tersebut bisa dengan orang tua, keluarga, pasangan, maupun teman. Karena tidak bersikap egois, semua masalah bisa terselesaikan tanpa berlarut-larut.

Sedangkan orang egois memiliki hubungan yang lebih rawan dibandingkan orang yang suka mengalah. Biasanya mereka tidak memiliki teman terdekat atau sahabat. Hubungan terdekat hanya dengan keluarga atau teman kantor, sekolah, dan kampus.

Baca Juga: 6 Kunci Sukses Membangun Friendship Goals yang Awet

Saat sudah memiliki pasangan pun, orang yang memiliki sifat egois lebih mudah untuk bertengkar dengan pasangan. Karena hal tersebut, risiko perceraian akan semakin tinggi dibandingkan mereka yang mampu mengalah dan menahan amarah.

9. Menjadi Orang yang Dicintai Tuhan

Foto: Pexels

Tuhan menyukai manusia yang memiliki akhlak mulia, salah satunya yaitu mengalah atau menghindari perdebatan. Orang-orang yang mampu mengalah biasanya memiliki sifat yang lemah lembut pada orang lain, mudah berempati, dan lain sebagainya.

Sifat-sifat seperti itu adalah sifat mulia yang disukai oleh Tuhan. Sedangkan orang yang tidak mau mengalah atau egois biasanya kurang peduli dan tidak memiliki sifat empati.

10. Meraih Kesuksesan Sejati

Foto: Pexels

Orang yang mengalah terkadang dipandang bodoh dan lemah oleh orang egois yang tidak mau mengalah. Namun kenyataannya, orang yang mengalah adalah orang yang menang meskipun kemenangannya tak diakui

Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa orang yang mengalah mampu meraih kesuksesan yang lebih bermakna karena tidak menjatuhkan orang lain untuk menang.

Tips Mengalah yang Bisa Anda Coba

Ego dan gengsi bisa membuat Anda kesulitan untuk mengalah. Beberapa orang menganggap jika mengalah artinya kalah dalam perdebatan. Padahal mengalah adalah sikap dewasa yang sangat penting dimiliki semua orang.

Anda juga tidak akan dianggap lemah meskipun mengalah dengan orang lain. Apabila masih kesulitan mengalah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Ketika perdebatan tiada ujung, cobalah tutup mata sejenak. Pikirkan jika perdebatan tersebut tidak memberikan dampak.
  • Apabila perdebatan tidak dalam forum resmi, Anda bisa meninggalkan lokasi perdebatan. Meninggalkan lokasi bisa membuat emosi Anda mereda.
  • Pikirkan berbagai alasan di atas saat sedang berdebat dengan orang lain.

Itulah pembahasan mengenai sifat mengalah yang sebenarnya penting dimiliki oleh semua orang. Ingat bahwa mengalah bukan berarti kalah jadi Anda tidak salah untuk melakukannya.