Kisah Sukses Kunal Bahl, Pendiri Snapdeal

kunal-bahl-pendiri-snapdeal

Kunal Bahl adalah pengusaha, co-founder dan CEO Snapdeal, platform e-commerce besar yang berbasis di India. Pada tahun 2015 lalu, Kunal Bahl mendapatkan penghargaan “Entrepreneur of the Year”, karena naluri bisnisnya yang luar biasa. Berikut ini adalah kisah sukses Kunal Bahl, pendiri Snapdeal, mulai dari biografi, profil, dan perjalanan hidup.

Biografi Kunal Bahl

Kunal Bahl lahir pada 1 Januari 1980 di New Delhi, India. Dia menyelesaikan pendidikan sekolah awalnya di Delhi Public School R. K. Puram (DPS) New Delhi. Setelah itu dia menamatkan kuliahnya di University of Pennsylvania di fakultas Jerome Fisher Program in Management and Technology.

Dia meraih dua gelar sarjana dalam Strategi Pemasaran dan Operasi dan Teknik Manufaktur dari The Wharton School dan School of Engineering and Applied Science. Dia juga menyelesaikan program executive marketing dari Kellogg School of Management.

Saat belajar di Amerika Serikat, Bahl mendirikan sebuah perusahaan deterjen dan menjual produknya di toko-toko Walmart. Bahl juga pernah bekerja di Microsoft untuk waktu yang singkat, karena dia harus kembali ke India karena masalah visa pada tahun 2008.

Mendirikan Snapdeal

Setelah kembali ke India, Bahl  bersama teman masa kecilnya, Rohit Bansal, mendirikan Snapdeal pada 4 Februari 2010 sebagai platform transaksi harian, tetapi diperluas pada September 2011 menjadi marketplace.

Dengan visi dan ketekunan mereka, Snapdeal berkembang menjadi salah satu pasar online terbesar di India yang menawarkan berbagai macam produk di berbagai kategori dari lebih dari tiga ratus ribu penjual.

Pendanaan Snapdeal

Snapdeal telah menerima beberapa kali putaran pendanaan. Snapdeal menerima investasi pertamanya senilai US $ 12 juta dari Nexus Venture Partners dan Indo-US Venture Partners pada Januari 2011. Kemudian diikuti oleh putaran lain pada Juli 2011 senilai USD 45 juta dari Bessemer Venture Partners. Putaran ketiga pendanaan bernilai USD 50 juta yang dipimpin dari eBay.

Pada Februari 2014, Snapdeal mengumpulkan dana sebesar USD 133 juta. Putaran ini dipimpin oleh eBay dengan partisipasi dari investor institusi saat itu: Kalaari Capital, Nexus Venture Partners, Bessemer Venture Partners , Intel Capital, dan Saama Capital.

Pada bulan Mei di tahun yang sama, pendanaan senilai USD 105 juta berhasil dikumpulkan dari investor BlackRock, Temasek Holdings, PremjiInvest dan lainnya. Softbank menginvestasikan USD 647 juta pada Oktober 2014, sekaligus menjadikannya sebagai investor terbesar di Snapdeal.

Pada Agustus 2015, Alibaba Group, Foxconn dan SoftBank menginvestasikan USD 500 juta untuk Snapdeal. Pada bulan Februari tahun 2016, Ontario Teachers’ Pension Plan yang berbasis di Singapura Brother Fortune Apparel, memimpin investasi senilai USD 200 juta.

Pada Mei 2017, Snapdeal mendapatkan dana segar dari Nexus Venture Partners.

Penghargaan Kunal Bahl

Pada tahun 2014, Bahl dianugerahi “BMA Entrepreneur of the Year 2014” dan “EY Entrepreneur of the Year- Start-up 2014“. Selain itu, nama Kunal Bahl masuk dalan “Top 50 Entrepreneurs of India“, 2014 oleh ET.

Fortune 40 memasukkan namanya ke 25 dalam daftar “40 Most Influential Business Leaders“. Dia juga mengantongi penghargaan “Nasscom Next-Gen Entrepreneur 2014“.

Kunal Bahl mendapatkan Penghargaan “Entrepreneur of the Year” tahun 2015. Dia juga dianugerahi AIMA “Transformational Business Leader of the Year“.

Profil Singkat Kunal Bahl

  • Nama: Kunal Bahl
  • Pasangan: Yashna Bahl
  • Tanggal Lahir: 1 January 1980
  • Tempat Lahir: New Delhi, India
  • Pendidikan: The Wharton School, University of Pennsylvania
  • Jabatan Pekerjaan: CEO & co-founder Snapdeal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here