in

Mau Kerja Freelance? ini 9 Website Freelance Terbaik untuk Pemula

Mau Kerja Freelance? ini 9 Website Freelance Terbaik untuk Pemula

Kebanyakan para freelancer di Indonesia menggunakan website-website freelance sebagai media untuk mereka berjualan dan menawarkan skillnya. Tetapi sebagai orang yang masih awam, tentu masih banyak pula yang belum mengerti apa itu website freelance.

Jadi sebenarnya, website freelance ini mirip dengan marketplace atau aplikasi toko online. Bedanya adalah bila toko online tempat kalian memajang produk yang dijual, maka website freelance ini hanya bisa digunakan untuk memajang jasa yang ingin kalian tawarkan.

Selain itu, beberapa website yang biasa digunakan untuk memajang jasa freelance yang kalian kuasai juga ada yang berpusat di luar negeri. Sehingga bisa menjangkau klien secara international dari seluruh dunia.

Layaknya toko online, ada banyak website freelance dengan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu untuk kalian yang masih pemula dalam dunia freelancer, berikut ini adalah beberapa website terbaik untuk kalian memajang dan menawarkan skill yang kalian miliki.

1. Fiverr

Fiverr merupakan salah satu website untuk para freelancer yang paling terkenal di hampir seluruh dunia. Sebab di sini, kalian bisa menawarkan jasa apapun yang kalian miliki. Mulai dari art, SEO, marketing, artikel, programmer, voice actor, dan lain-lain.

Selain itu, Fiverr tidak hanya membuka media untuk menawarkan skill saja. namun juga untuk para client agar lebih mudah dalam mencari freelancer yang paling sesuai dengan kriteria pekerjaan yang ingin ditawarkan.

Ada 2 cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapat klien di Fiverr. Yaitu dengan membuat gigs atau lapak kalian sendiri. Atau dengan mengirim offer ke Buyer Request, yang mana tempat para pembeli membuat sayembara pekerjaan.

2. Sribulancer

Bila Fiverr menjadi website freelance paling terkenal di dunia, Sribulancer ini adalah website tempat berkumpulnya para freelancer yang paling terkenal di Indonesia. Bisa dibilang, Sribulancer ini adalah salah satu website pertama yang menyediakan media untuk para pekerja freelance di Indonesia.

Di Sribulancer kalian bisa menawarkan jasa apapun yang kalian miliki. Namun website ini didominasi dengan oleh para digital marketer, blogger, SEO, copy writer, dan hal-hal yang berhubungan dengan digital marketing lainnya.

Namun terdapat pula beberapa orang yang menawarkan jasa penerjemah, pengetikan ke softcopy, atau art and design. Jadi bisa dibilang, website yang satu ini lebih cocok untuk kalian para freelance digital marketing dan web designer.

3. Projects.co.id

Hampir mirip dengan Sribulancer, Projects.co.id juga merupakan salah satu website tempat para freelancer berkumpul yang paling besar dan terkenal di Indonesia. Namun bedanya dengan Sribulancer adalah website ini lebih seperti toko online atau e-commerce pada umumnya.

Sebab kalian juga bisa menjual barang berupa produk digital seperti template blog dan website, e-book, dan akun media sosial. Selain itu, tetap disediakan tempat untuk para freelancer mencari klien dengan cara menawarkan jasa mereka ke orang-orang yang membuat project.

Layaknya Sribulancer, Projects.co.id didominasi oleh para blogger content writer, SEO specialist, dan digital marketing. Sehingga sebagian besar project yang ada di sini berkaitan dengan digital marketing, website dan blog.

4. 99Design

Sesuai dengan namanya, 99Design merupakan salah satu website freelance yang dikhususkan untuk para graphic designer. Website ini dibuat di Australia dan sudah berdiri sejak tahun 2008. Bisa dibilang sebagai salah satu website untuk freelancer paling pertama di dunia.

Salah satu kelebihan utama dari 99Design adalah mereka memiliki fasilitas kontes. Dimana kalian bisa memamerkan hasil design yang kalian buat dan nantinya buyer atau klien akan memilih mana design yang paling cocok untuk mereka beli dan gunakan.

Berbeda dengan kebanyakan website lainnya yang memiliki system seller mencari buyer, di sini buyer lah yang menjadi seller. Sehingga cukup memudahkan untuk para freelancer. Namun jangan lupa, kalian juga akan bersaing dengan designer dari seluruh dunia di dalam website ini.

Baca Juga: 8 Jenis Kerja Freelance Online yang Paling Banyak Dicari Saat Ini

5. Shuttershock

Bila kebanyakan website sebelumnya didominasi dengan para freelance designer dan digital marketing, Shuttershock ini dibuat khusus untuk para freelance photographer baik professional maupun yang masih pemula.

Sebab disini adalah tempatnya kalian menjual stock photo dengan klien dari seluruh dunia. Sehingga, kemungkinan photo yang kalian posting terjual jauh lebih besar dan kalian bisa mengumpulkan pundi-pundi dollar dari sini.

Harga photo yang dijual di Shuttershock juga beragam. Mulai dari yang belasan dollar hingga puluhan dollar perfotonya. Namun untuk beberapa kata kunci tertentu yang paling banyak dicari, bisa terjual hingga ratusan dollar per satu foto.

6. Pixabay

Serupa dengan Shuttershock, Pixabay juga merupakan website freelance yang dibuat khusus untuk para fotografer. Namun terdapat sedikit perbedaan disini, dimana di Pixabay para pengunjung bisa menggunakan stock foto yang kalian miliki secara gratis.

Lalu bagaimana kalian akan mendapatkan uang? Yaitu dengan melakukan support donation atau memberikan donasi untuk mendukung sang fotografer. Jadi Pixabay tidak memaksa para pengunjung untuk membeli foto kalian, namun bila mereka punya kesadaran dan apresiasi, mereka akan melakukan donasi untuk mendukung karya kalian.

Tentu hal ini jauh lebih tidak menguntungkan bila dibanding Shuttershock. Sehingga Pixabay lebih cocok untuk para freelancer yang benar-benar hobi fotografi tanpa menjadikan uang sebagai tujuan utama.

7. Freepik

Freepik adalah salah satu Agency microstock sekaligus mesin pencari terkemuka untuk desain vektor, Foto, Ilustrasi dan Template. Salah satu hal yang menyebabkan cepatnya Freepik.com berkembang adalah karena Sistem Free Download yang diterapkan. Namun, meskipun bersifat free Download, Freepik.com ternyata juga memberikan layanan Premium untuk pengguna setianya.

Freepik.com membuka  peluang besar bagi Freelance Desainer Grafis dan Fotografer untuk menjadi Kontributor premium yang artinya setiap desain dan Foto yang kalian upload di Freepik.com tidak bersifat gratis tapi bersifat berbayar atau premium.

Nah kalau ada member Freepik premium yang mendownload foto dan gambar kalian, maka kalian akan mendapatkan income dollar yang lumayan.

8. Sketchfab

Berikutnya ada Sketchfab, tempat para freelance digital artist berkumpul dalam satu website. Disini, kalian bisa bertemu dengan 3D modeler, illustrator, designer, dan bermacam digital artist lainnya.

Sebab Sketchfab memang dibuat sebagai wadah para digital artist di seluruh dunia untuk memamerkan hasil karya mereka. Jika ada yang tertarik, buyer bisa langsung menghubungi sang artist untuk melakukan commission atau request dengan bayaran tertentu.

Sketchfab ini juga banyak digunakan oleh para developer game indie yang mencari talenta baru untuk bekerja bersama mereka. Jadi bila kalian bercita-cita ingin membuat game atau bekerja dibidang pembuatan game, Sketchfab adalah salah satu tempat yang tepat untuk memulainya.

9. Freelancer

Dan website freelance yang terkahir adalah Freelancer. Dari namanya saja pasti sudah terlihat jelas bahwa website ini adalah website yang menampung semua jenis pekerja freelance dari seluruh dunia.

Freelancer sendiri sudah tersedia dalam bahasa Indonesia. Mengingat website ini cukup terkenal di Indonesia yang juga memiliki banyak freelancer.

Tercatat sudah lebih dari 32 juta user dari seluruh dunia yang menggunakan website Freelancer. Dan untuk kalian yang baru mulai sebagai seorang freelance, kalian bisa mendaftar di sini secara gratis.

Nah, demikianlah beberapa website freelance yang bisa kalian gunakan untuk tempat mencari klien dan project. DI tengah kondisi wabah dan pandemic yang terjadi saat ini, menjadi seorang freelancer merupakan salah satu cara paling tepat untuk tetap bisa mendapatkan uang tanpa perlu keluar rumah.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *