8 Jenis Kerja Freelance Online yang Paling Banyak Dicari Saat Ini

8 Jenis Kerja Freelance Online yang Paling Banyak Dicari Saat Ini
8 Jenis Kerja Freelance Online yang Paling Banyak Dicari Saat Ini
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Pernahkah kamu ditawari kerja freelance online? Atau kamu pernahberpikir ingin menjadi seorang freelancer dibidang yang kamu sukai? Jika iya,artinya kamu telah merencanakan pekerjaan yang sangat tepat di era modern ini.

Sebab sekarang, freelancer menjadi salah satu pekerjaan yangpaling nyaman dengan gaji yang terbilang besar. Sehingga banyak anak muda yangbercita-cita menjadi seorang full time freelancer pada bidang yang merekakuasai.

Tetapi masih banyak pula orang awam yang bertanya, “Apa itufreelancer?” atau “Apakah freelancer itu artinya kita bisa kerja online darirumah tanpa perlu ke kantor?”. Nah agar tidak bingung, mari kita bahas apa itukerja freelance online dan apa saja peluang pekerjaan freelance yang palingbanyak dicari saat ini.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Apa Itu Kerja Freelance Online?

Secara umum, freelance bisa diartikan sebagai pekerjaserabutan atau part-time dengan jam kerja yang jauh lebih flexible. Sebab kamu bisamengerjakan pekerjaan tersebut dimana saja dan kapan saja yang kamu mau.

Jadi apakah freelance bisa kerja online dari rumah? Bisadibilang iya, kamu bisa mengerjakan pekerjaan freelance dimana saja termasuk dirumah.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Tetapi bukan hanya itu, menjadi seorang freelancer artinyakamu juga menjadi bos untuk dirimu sendiri. Jadi, kamu bisa memilih kerjafreelance online mana yang ingin kamu terima dan ingin kamu tolak. Jika adapekerjaan yang dirasa tidak kamu kuasai atau budget yang tidak cocok, maka pekerjaantersebut bisa kamu lewati dan beralih ke pekerjaan dari klien yang lain.

Tak heran jika kerja online ini sangat cocok untuk pelajardan mahasiswa yang ingin mengembangkan bakatnya sembari belajar dan menerimapenghasilan. Sebab kamu bisa mengerjakan pekerjaan itu dari rumah, dan memilihpekerjaan freelance mana yang sesuai dengan minat dan bakat.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Tetapi, Freelance juga memiliki beberapa kekurangan. Salahsatunya adalah penghasilan yang tidak menentu atau tidak tetap. Karena kamu hanyadibayar untuk setiap hasil pekerjaan yang kamu buat, dan kamu tidak akanmendapatkan uang jika tidak ada pesanan dari klien.

Oleh karena itu, kamu perlu mencari kerja freelance onlineyang paling banyak dicari dan paling kamu kuasai.

Ada banyak jenis freelance atau kerja online yang bisa kamu jalani.Mulai dari kerja online input data, menjadi designer, pembuat lagu atau musik,hingga menjadi seorang pengisi suara.

Tetapi tidak semua jenis kerja freelance online dibutuhkan oleh orang-orang khususnya perusahaan dalam dan luar negeri yang berani menyiapkan budget besar. Oleh karena itu, kamu bisa memilih 8 jenis kerja freelance yang paling banyak dicari saat ini agar bisa mendapatkan penghasilan meski kerjanya di rumah.

1. Data Scientist

Beberapa dari kamu mungkin masih awam dengan nama data scientist. Padahal dalam sebuahperusahaan, khususnya yang bergerak di bidang digital, seorang data scientist memegang peranan yangsangat penting.

Seorang data scientistmemiliki tugas mengumpulkan data yang akan diteliti dan dijadikan dasar sebuahalgoritma. Menjadi data scientist merupakan salah satu pekerjaan freelanceuntuk mahasiswa dengan bayaran paling tinggi dan paling dibutuhkan.

Bahkan tidak jarang para mahasiswa yang menjadi freelance data scientist direkomendasikan menjadipekerja tetap di perusahaan besar bila sang petinggi puas dengan hasilkerjanya.

2. Programmer

Jika kamu perhatikan, belakangan ini pemerintah Indonesiatengah mengencarkan pelajaran pemrograman di sekolah. Hal ini dikarenakan kelakprogrammer akan menjadi pekerjaanyang paling dibutuhkan di dunia.

Hal ini bahkan sudah bisa kamu rasakan saat ini. Seorang programmer freelancer, bisa menghasilkanribuan dolar untuk setiap pekerjaan yang mereka selesaikan.

Bahkan seorang freelance programmertidak hanya dibutuhkan di dalam negeri. Ada banyak klien luar negeri yang siapmenerima hasil kerja freelance kamu jika kamu memiliki skill dan budget yangcocok dengan mereka.

3. Desain Grafis

Seorang desain grafis juga kebanyakan bekerja secarafreelance online di rumah atau di tempat-tempat yang menurut mereka nyaman.Sebab dalam mendesain, mereka harus berada dalam kondisi yang tenang dan tanpagangguan.

Bila pada jaman dahulu desain grafis hanya digunakan olehperusahaan majalah atau Koran saja, kini desain grafis lebih dibutuhkan lagi.Baik dalam mendesain banner, brosur, hingga logo perusahaan.

Selain itu bayaran para freelance desain grafis juga sangattinggi. Mengingat hasil kerja mereka dibuat dalam waktu yang cukup lama,khususnya dalam menemukan ide. Jadi tak heran bila freelance desain grafis bisamemberi harga ratusan dolar untuk satu pekerjaan.

4. Art Commissions

Kerja freelance online yang berikutnya adalah dengan membukajasa art commissions. Kerja onlineyang satu ini mungkin masih berhubungan dengan seni seperti layaknya desaingrafis, tetapi art commission lebihbanyak dalam membuat karakter.

Biasanya ada 2 jenis artcommissions yang bisa kamu buka yaitu characterillustration dan fan art commission. Untuk characterillustration biasanya dibutuhkan oleh perusahaan game atau animasi dalammembuat karakter di game atau film yang sedang mereka buat.

Sedangkan fan artcommission biasanya dibutuhkan oleh para creator atau fans yang ingin melihat karakter kesukaannya dalamgambar baru yang kamu gambar.

Dan keduanya sama-sama dibutuhkan oleh banyak perusahaanbaik dalam maupun luar negeri. Jadi bila kamu memiliki bakat atau hobimenggambar, membuka art commissionbisa menjadi salah satu cara kamu mencari uang.

5. Editor Video atauFoto

Menjadi video atau foto editor juga merupakan salah satupekerjaan freelance yang paling dicari saat ini. Sebab semakin banyak orangyang hobi fotografi dan videografi, namun tidak banyak orang yang bisa mengeditvideonya agar terlihat makin keren.

Biasanya seorang video editor banyak dicari oleh youtuber atau streamer yang tidak punya waktu untuk mengedit video. Sedangkan photo editor banyak dicari oleh photographer yang belum mahir dalammengedit hasil foto sendiri.

Tarif dalam mengedit foto dan video juga sangat menggiurkan. kamu bisa dapat ratusan ribu untuk mengedit satu foto yang diinginkan oleh klien.

Baca Juga: 10 Langkah Bisnis Online Kekinian yang Harus Dipahami

6. Pengisi Suara

Dan kerja freelance online yang paling banyak dicari yangterakhir adalah voice over aliaspengisi suara. kamu mungkin tidak menyangka bila ternyata seorang dubber atau pengisi suara jugadibutuhkan dalam dunia freelancer.

Saking sedikitnya jumlah freelancer yang membuat voice over, membuat para perusahaan yangmembutuhkannya berani memasang harga tinggi untuk mengisi suara dalam durasiyang relatif rendah.

Meskipun bisa dibilang menjadi seorang voice over tidak membutuhkan modal yang begitu besar. kamu hanyaperlu modal keberanian dan perekam suara yang bisa kamu dapatkan darismartphone.

7. Skill IT

Jika kamu kebetulan memiliki skill dalam bidang IT, makakamu bisa menjadikan skill itu untuk menjadi seorang freelance. Saat ini sudahbanyak sekali perusahaan yang telah memiliki sistem kerja remote untuk masalahIT mereka. Karena IT ini berubah setiap detiknya, maka perusahaan juga harusmencari orang-orang yang berkemampuan tinggi dalam bidang IT agar bisnis merekatidak ketinggalan.

Bukan hanya programmer saja, tapi skill dalam bidangkonfigurasi server, jaringan komputer, dan sebagainya juga memiliki permintaanyang besar. Kamu hanya harus pintar-pintar menawarkan diri dalam portofolio. Ataukamu bisa bergabung dengan komunitas-komunitas freelancer dalam bidang IT.

8. Content Writter

Terakhir adalah menjadi seorang content writter. Dengan menjamurnyamedia online saat ini, maka ada sebuah permintaan besar untuk penulis konten didalam platform milik media-media online tersebut.

Untuk menjadi content writter ini biasanya bisa dilakukan dimana saja. Kamu hanya tinggal bekerja sama dengan pengelola media online untukmengisi konten di platform mereka. setelah itu kamu hanya tinggal mengirimkarya tulis kepada mereka. Biasanya kamu akan dibayar per konten (artikel) yangkamu hasilkan.

Nah itulah dia penjelasan mengenai kerja freelance onlinedan beberapa kerja online yang paling banyak dicari saat ini. Pastikan memilihfreelance yang paling kamu sukai dan sesuai dengan keahlianmu agar kamu tidakbosan atau merasa tertekan ketika bekerja.