in

Me Time, Sering Dianggap Remeh Namun Memiliki Manfaat dan Tujuan yang Penting

Me Time, Sering Dianggap Remeh Namun Memiliki Manfaat dan Tujuan yang Penting
Photo by @thiszun from Pexels

Setiap orang pasti pernah merasakan jenuh dengan kegiatan atau aktifitas sehari-hari sehingga menginginkan waktu untuk diri sendiri tanpa ada gangguan oleh orang lain. Inilah yang sering disebut sebagai me time, yaitu saat dimana Anda meluangkan waktu sendirian melakukan segala hal yang Anda inginkan guna beristirahat sejenak dari rutinitas.

Berdasarkan penuturan Psikolog, meskipun manusia terlahir sebagai makhluk yang membutuhkan sosialisasi, tetap saja manusia pada dasarnya adalah makhluk individual.

Tujuan Menyisihkan Waktu untuk Me Time

Tujuan Menyisihkan Waktu untuk Me Time
Photo by Just Name from Pexels

Momen untuk diri sendiri ini terbilang krusial, karena menjadi momen dimana Anda bisa beristirahat dari aktifitas dan rutinitas yang seringkali membuat lelah hingga stres.

Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan jika me time artinya menghindar dari kewajiban atau tugas meskipun untuk sementara waktu. Padahal hal tersebut tidaklah benar. Kegiatan ini tidak harus dilakukan dengan cara berlebihan. Menyediakan setidaknya dua jam setiap hari pun, asalkan untuk diri sendiri sudah bisa disebut me time. Asalkan, kegiatan yang dilakukan tersebut dapat memenuhi 4 hal berikut ini.

1. Meningkatkan Mood

Apapun kegiatan untuk diri sendiri yang Anda lakukan, haruslah bisa meningkatkan mood, membuat lebih bahagia dan tidak menimbulkan rasa bersalah atau penyesalan. Tidak perlu menghabiskan uang untuk liburan jauh, jika setelahnya ada penyesalan karena tagihan kartu kredit membengkak dan sebagainya. Karena itu, momen untuk diri sendiri ini tidak berpatok pada apa yang dikerjakan, namun bagaimana dampaknya pada diri sendiri.

2. Membuat Anda Memahami Diri Sendiri

Tujuan dari me time yang harusnya tercapai adalah membuat Anda bisa memahami diri sendiri dengan lebih baik. Moment inilah yang harusnya membuat Anda bisa memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang lebih positif, serta membuat Anda bisa lebih optimis dalam menyambut masa depan serta tantangan di masa yang akan datang.

3. Memperbaiki Kondisi Mental

Aktifitas dan rutinitas yang terus berulang disertai dengan tuntutan pekerjaan bisa memicu timbulnya stress. Inilah mengapa Anda membutuhkan waktu untuk diri sendiri agar Anda terhindar dari stres, rasa kesal yang berlebihan dan pastinya membuat Anda bisa memandang segala sesuatu dengan lebih positif.

4. Berkomunikasi Lebih Baik

Tujuan yang harusnya bisa tercapai dengan melakukan moment untuk diri sendiri adalah agar Anda bisa memahami diri Anda sendiri lebih dalam. Dengan begitu, tujuan selanjutnya yang seharusnya bisa tercapai adalah membuat Anda bisa berkomunikasi lebih baik dengan lingkungan Anda.

Dalam hal ini komunikasi yang bersifat tanpa emosi, tidak egois dan komunikasi yang didasari pada cara berpikir logis. Sehingga nantinya, jika dibutuhkan, Anda bisa mengambil keputusan terbaik pula.

Manfaat Meluangkan Waktu untuk Me Time

Manfaat Meluangkan Waktu untuk Me Time
Photo by Min An from Pexels

Guna mencapai keempat tujuan tersebut, kegiatan me time tidak harus selalu tentang liburan, berbelanja atau hal-hal sejenisnya. Bahkan tidur siang dengan waktu cukup di sela-sela bekerja pun bisa disebut sebagai me time karena setelah itu akan membuat Anda lebih bahagia. Selain membuat lebih bahagia, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan sekaligus menjadi alasan mengapa moment untuk diri sendiri ini sangat penting.

1. Membuat Lebih Produktif

Stres dan gangguan pikiran cenderung membuat seseorang menjadi tidak produktif. Jika terus dipaksakan untuk bekerja pun hasilnya akan tidak baik. Karena itu, Anda membutuhkan waktu untuk diri sendiri untuk beristirahat. Lakukan kegiatan yang Anda suka, seperti jalan-jalan, berolahraga, nonton atau bahkan sekedar tidur.

Momen me time yang bisa membuat pikiran Anda lebih segar, menaikkan mood sehingga akan meningkatkan konsentrasi Anda. Dengan begitu, produktifitas pun akan meningkat.

2. Membantu Melepas Stres

Sesibuk apapun seseorang, pasti membutuhkan waktu untuk rileks. Saat Anda meluangkan waktu untuk diri Anda sendiri dan melakukan hal-hal yang Anda sukai, bisa di ibaratkan hal itu menekan tombol reset untuk otak Anda.

Ketika ada banyak hal yang membuat Anda stres, me time adalah tombol reset tersebut. Apapun kegiatan untuk diri Anda sendiri yang mampu melepas stres dan mengembalikan mood Anda, hal-hal tersebutlah yang akan mengangkat stres Anda.

3. Membantu Anda untuk Lebih Menikmati Hidup

Banyak orang yang tanpa sadar terlalu mengejar karir, mengutamakan pekerjaan dan hal-hal yang berkaitan dengan materil tanpa tahu untuk apa sebenarnya hal-hal materil tersebut didapatkan. Dengan menyisihkan waktu untuk diri Anda sendiri, Anda jadi bisa lebih memahami diri Anda lebih dalam lagi. Anda juga jadi mengetahui untuk apa hal-hal bersifat materil itu Anda kumpulkan. Ketika Anda sudah mengetahuinya, maka Anda pun akan bisa menikmati hidup.

Waktu untuk diri sendiri ini akan membantu Anda menikmati setiap hasil kerja keras yang Anda lakukan. Waktu untuk diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai akan membuat Anda memiliki work-life balance. Dengan menjalankan hobi yang Anda sukai, Anda jadi punya sesuatu hal yang ditunggu untuk segera dilakukan setelah bekerja. Hal sederhana seperti inilah yang disebut dengan menikmati kehidupan.

Aktifitas Menarik dan Menyenangkan untuk Me Time

Aktifitas Menarik dan Menyenangkan untuk Me Time
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Sekarang Anda sudah tahu apa tujuan dan manfaat memiliki waktu untuk diri sendiri ini. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu untuk diri sendiri ini. Jenis kegiatan untuk diri sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis yang berdasarkan emosional, kepuasan, mental, sensoris, sosial, spiritual dan fisik. Nah, inspirasi kegiatan me time berikut mungkin bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu untuk diri sendiri.

1. Melakukan Hobi

Melakukan hobi adalah jenis kegiatan untuk diri sendiri yang paling sering dipilih. Ada banyak macam aktifitas yang bisa Anda lakukan, asalkan kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk bersenang-senang, membuat Anda bisa menikmati kegiatan tersebut dan tanpa ada unsur kompetisi. Contohnya membaca buku, menonton film atau drama, melukis, memotret dan banyak lagi yang lainnya.

2. Berolahraga

Kegiatan yang olahraga tidak hanya terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh namun juga membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Karena itu, berolahraga bisa menjadi pilihan lain untuk Anda menghabiskan waktu me time. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, misalnya jogging, bersepeda, berenang, atau beragam jenis olahraga lainnya. Saat ini bahkan sudah banyak kegiatan olahraga sambil rekreasi yang banyak digemari.

3. Kegiatan Sehari-hari (Daily Activity)

Melakukan me time tidak selalu harus menyisihkan waktu khusus. Anda pun bisa melakukan kegiatan untuk diri sendiri sambil melakukan rutinitas sehari-hari.

Contohnya, bekerja sambil mendengarkan musik, atau sambil berangkat ke tempat kerja dengan transportasi umum bisa disambi dengan membaca cerita novel atau komik favorit Anda. Hal-hal sederhana tersebut dijamin berhasil meningkatkan mood dan pastinya memberikan sedikit kebahagiaan di tengah rutinitas Anda.

Masih ada lebih banyak referensi jenis aktifitas untuk diri sendiri yang bisa Anda lakukan. Menyisihkan waktu untuk diri sendiri atau yang lebih dikenal dengan me time adalah hal yang sangat dibutuhkan di tengah tuntutan pekerjaan yang semakin meningkat. Kegiatan untuk diri sendiri ini akan membantu Anda lebih bahagia, lebih menikmati hidup dan dampaknya bisa kembali meningkatkan produktivitas.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *