in

Mau Menurunkan Berat Badan? Coba 7 Resep Infused Water Ini

Mau Menurunkan Berat Badan? Coba 7 Resep Infused Water Ini

Infused water belakangan ini sedang naik daun lantaran dianggap sebagai salah satu minuman pelengkap gaya hidup sehat yang kaya manfaat. Anda mungkin sering melihat irisan buah direndam dalam air minum? Nah, inilah yang disebut infused water. Infused water adalah air mineral yang dicampurkan dengan berbagai macam potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, atau rempah-rempah. Anda bisa membuat minuman ini sendiri di rumah. Tak ada buah, sayuran, herbal atau rempah khusus bisa dimanfaatkan untuk membuat infused water. Pilihan bahan-bahan tersebut disesuaikan dengan apa yang Anda sukai.

Minuman ini akan disimpan dalam sebotol air mineral dan di dinginkan di dalam kulkas setidaknya 1-12 jam agar sari buah lebih menyatu dengan air. Setelah didiamkan dalam waktu yang lama, potongan buah atau sayuran yang digunakan biasanya akan menjadi lembek.

Manfaat infused water sendiri salah satunya adalah untuk melancarkan sembelit dan menjadi minuman yang penuh vitamin, terutama pada lemonnya. Namun, lama kelamaan, infused water sendiri dapat diinovasikan dengan buah lainnya agar tidak membosankan.

Infused water seringkali digunakan untuk salah satu cara dalam melakukan diet karena minuman ini rendah kalori. Selain itu, minuman ini juga berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Bagi Anda yang ingin mencoba menurunkan berat badan dengan infused water, berikut 7 resep Infused Water yang patut Anda coba.

1. Infused Water Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang paling sering dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Bahkan lemon digadang-gadang sebagai makanan “pengurus” badan. Tak heran jika berbagai campuran lemon kini dipahami banyak orang sebagai ramuan yang baik dikonsumsi untuk diet, salah satunya dijadikan infused water.

Air lemon dipercaya bisa menurunkan berat badan karena buah satu ini mengandung pektin, yaitu jenis serat yang bisa memberikan rasa kenyang dan tahan lama. Banyak orang yang menganggap bahwa kandungan pektin dalam lemon mampu mengurangi asupan kalori dalam satu hari karena membuat Anda jadi tak gampang lapar setelah mengonsumsinya.

2. Infused Water Jahe Lemon

Jahe dikenal karena mampu meredakan rasa sakit dan juga menjadi agen detoks yang sangat baik. Jadi, lemon yang dicampur dengan jahe membuatnya menjadi resep detoks yang sempurna.

Untuk membuatnya, Anda tinggal mempersiapkan sebotol air, kemudian ditambahkan setengah air lemon, serta separuh jahe yang diparut. Pastikan bahwa jahe yang Anda pakai masih segar supaya membuatnya lebih fresh.

3. Infused Water Mentimun Mint

Mentimun mengandung 95 persen air dan rendah kalori. Selain itu mentimun juga kaya akan serat, sehingga cocok sebagai camilan sehat yang mengenyangkan. Saat perut kenyang, keinginan untuk ngemil pun berkurang yang artinya asupan kalori juga bisa dibatasi. Jennifer Aniston, mengaku makan tiga buah mentimun setiap hari untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dan mencegah dehidrasi.

Mentimun adalah sayuran keempat yang paling banyak dibudidayakan di dunia, dan salah satu superfood paling disukai, karena alasan yang baik. Mentimun mengandung vitamin yang menghidrasi tubuh, nutrisi penting dan rendah kalori, membuatnya jadi bahan utama menunjang diet.

Mau langsing? Anda pasti pernah mendengar saran minuman detoks ini. Minum banyak air dianggap sebagai cara detoks yang sempurna. Tapi, kalau Anda menambahkan beberapa racikan, minuman ini bisa mempercepat metabolisme Anda dan menghilangkan racun di tubuh secara efektif.

Anda tinggal mencampurkan beberapa lembar daun mint, sepotong lemon dan mentimun ke dalam sebotol air. Biarkan selama beberapa jam dan minuman detoks Anda pun siap. Kalau Anda mau, Anda bisa mempersiapkan 2-3 botol untuk hasil yang maksimal.

4. Infused Water Semangka

Semangka itu kaya vitamin dan mineral serta merupakan sumber yang baik untuk menyingkirkan racun dari tubuh Anda. Tambahkan buah ini ke air minum untuk menikmati manfaat detoksifikasinya.

Potong dadu semangka dan tambahkan ke dalam air. Simpanlah dalam lemari es selama beberapa jam sebelum Anda bisa menikmati infused semangka ini.

5. Infused Water Stroberi Lemon Mint

Buah stroberi memiliki kalori yang cukup rendah serta tidak mengandung sodium, gula, ataupun lemak. Dengan demikian, Anda bisa menjadikan strawberry sebagai menu andalan di kala diet sedang berlangsung.

Untuk langkah-langkahnya yaitu persiapkan tiga bahan utama yaitu strawberry, lemon, dan mint. Langkah selanjutnya adalah potong kecil-kecil stoberi dan potong memanjang untuk lemon. Sedangkan, untuk daun mint dapat digunakan per daunnya. Lalu, tutupi bahan bahan tersebut dengan es batu sehingga infused water menjadi lebih terasa.

6. Infused Water Nanas Mint

Nanas sendiri merupakan buah yang sangat mudah ditemui di Indonesia pada segala musim. Buah ini cocok dikonsumsi baik ketika dingin maupun panas. Nanas merupakan buah dengan nutrisi kandungan vitamin C yang sangat kaya serta sejumlah kandungan lainnya. Buah ini juga berguna untuk menurunkan berat badan.

Sebagai buah yang sehat, nanas sama sekali tidak mengandung lemak sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Kandungan gula di dalamnya juga tidak terlalu tinggi dan berbeda-beda tergantung jenis buah nanas yang dikonsumsi.

Kupas dan iris tipis buah nanas ukuran sedang. Semakin tipis buah nanas yang diiris, maka rasa yang dihasilkan akan semakin kuat. 4-6 buah daun mint segar, sedikit dihancurkan agar aromanya keluar.

Masukkan dalam sebuah wadah botol minum dan tambahkan air matang. Simpan di dalam kulkas selama beberapa jam agar sari buah nanas dan daun mint keluar.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Yang Jarang Orang Tahu

7. Infused Water Delima Jeruk Nipis Daun Mint

Delima adalah buah dengan biji yang banyak dan kecil. Di balik kecilnya biji buah tersebut ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan yaitu sebagai buah yang mampu menurunkan berat badan Anda.

Buah delima mampu mencegah Anda untuk makan secara berlebihan. Walaupun bijinya kecil, buah ini juga kaya serat yang baik untuk menurunkan berat badan lho.

Dibandingkan mengonsumsi kopi, teh, atau minuman ringan yang tinggi gula dan kafein, infused water bisa dijadikan pilihan minuman yang lebih sehat. Dengan mengonsumsi infused water, maka Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus. Pertama asupan cairan Anda terpenuhi. Kedua, Anda juga mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi dari sayuran serta buah-buahan yang Anda sukai. Selamat mencoba menurunkan berat badan dengan infused water.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *