8 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Mudah dan Bisa Dilakukan Kapan Saja

8 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Mudah dan Bisa Dilakukan Kapan Saja
8 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Mudah dan Bisa Dilakukan Kapan Saja
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Memiliki badan yang tinggi dan ideal merupakanidaman bagi semua orang di dunia ini. Banyak orang akan lebih percaya diri jika memilikitinggi badan yang ideal. Lalu, banyak orang yang ingin mencoba cara menambahtinggi badan supaya badan mereka sesuai dengan harapan.

Bukan tanpa alasan, memiliki badan yang cukuptinggi bisa membuat seseorang terlihat lebih keren dan gagah. Selain itu,memiliki postur badan yang tinggi juga terkadang menjadi salah satu syarat untuk masuksebuah instansi atau perusahaan. Beberapa contoh instansi yang mengharuskan seorang pelamar untukmemiliki tinggi badan tertentu yaitu kepolisian, pramugari, model, dan profesilainnya.

Pada umumnya, batas maksimal usia untukpertumbuhan laki-laki yaitu sekitar 16 tahun. Sedangkan, perempuan memilikiusia maksimal 15 tahun untuk pertumbuhan tinggi badan. Tidak semua orangterlahir dalam keadaan badan yang berpotensi untuk tinggi. Bagi yang inginmemiliki badan yang tinggi, Anda bisa mengikuti cara-cara menambah tinggi badandi bawah.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggibadan, yaitu faktor genetik, olahraga, dan nutrisi. Untuk faktor genetik, kitasudah tidak bisa merubahnya. Namun, untuk faktor nutrisi dan olahraga, kitamasih bisa mengoptimalkan dengan cara rutin berolahraga yang benar danmengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat.

Tetapi, perlu diingat bahwa untuk bisamenambah tinggi badan, membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak instan.Langsung saja kita bahas cara menambah tinggi badan yang cukup ampuh.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


1. Rutin Minum Susu yang Berkalsium dan Berprotein Tinggi

Bagi Anda yang ingin memiliki badan yangtinggi, sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi susu yang mengandung kalsiumdan protein tinggi. Anda bisa mengkonsumsi susu sebanyak 2 gelas setiap hari,yaitu pada saat sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Pada malam hari, terutama pada saat seseorangtidur, tidak ada proses penghancuran sel tulang yang sudah tua atau yang seringdinamakan dengan osteoklas. Dengan demikian, kalsium akan lebih optimal diserapoleh tubuh.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Susu sangat dipercaya untuk membantumendongkrak tinggi badan. Protein pada susu sangat diperlukan untuk membantupertumbuhan pada tubuh. Sedangkan kalsium dapat membantu membentuk tulang dangigi. Pada setiap 100 gram susu mengandung 3,2 gram protein, 125 miligramkalsium, dan kandungan lainnya.

Kedua zat tersebut sangatlah penting untukmembantu pertumbuhan tulang. Pada tahun 2004, sebuah penelitian dari AmericanSociety for Clinical Nutrition mengatakan bahwa anak-anak yang rutin mengkonsumsi susu setiap harisebanyak lebih dari 500ml akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang lebihbaik dibandingkan dengan anak yang mengkonsumsi susu kurang dari 500ml setiapharinya.

Penelitian tersebut melibatkan 122 orang anakberusia 9 tahun. Kemudian, sang peneliti mengamati pertumbuhan tinggi badananak tersebut selama 3 tahun. Selain untuk meningkatkan tinggi badan, susu jugasangat bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang pada masa tua.

2. Rutin Melakukan Yoga

Cara menambah tinggi badan yang selanjutnyaadalah dengan melakukan senam yoga. Yoga juga mampu membuat tinggi badan Andasemakin bertambah. Cara kerja dari yoga adalah dengan meregangkan tubuh.

Dengan melakukan yoga, maka postur tubuh Andaakan menjadi semakin baik. Anda akan terbiasa berdiri atau duduk dalam posisitegak apabila rutin melakukan olahraga yang satu ini. Ketika tubuh sudahterbiasa tegak, maka akan semakin mudah untuk menjadi lebih tinggi.

Selain mampu membuat tubuh menjadi lebih tinggi,yoga juga mampu untuk meredakan stress. Yang tidak kalah pentingnya, yoga jugadapat membuat tubuh Anda menstimulasi dan memproduksi hormon yang berperanpenting dalam pertumbuhan.

Ada banyak sekali gerakan yoga yang bisa Andacoba, seperti Vrikshasana, Tadasana, Sukhasana, Trikonasana, dan lain-lain.Pastikan Anda melakukan gerakan tersebut dengan benar. Karena, jika Andamelakukan gerakan tersebut tidak sesuai dengan prosedur, maka manfaat yangdidapatkan akan kurang optimal.

3. Rutin Minum Air Mineral 8 Gelas Setiap Hari

Banyak orang yang tidak mengira bahwa denganrutin meminum air mineral sebanyak 8 gelas setiap harinya akan mampu menambahmenambah tinggi badan. Dengan minum air mineral rutin setiap harinya, memangtidak secara langsung bermanfaat menambah tinggi badan Anda.

Tetapi, khasiat air mineral yaitu mampumengendalikan kalori, menjaga keseimbangan cairan pada tubuh, membantumengoptimalkan kerja organ pada tubuh. Dengan kata lain, jika Anda rutin minumair mineral setiap hari, maka tubuh Anda akan lebih baik dalam bekerja sehinggadapat menyerap kandungan pada makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Air mineral juga memiliki sifat mudah larutdan dicerna oleh tubuh. Sehingga, air mineral mampu membantu tubuh mencernamakanan lebih cepat. Karena jika tubuh kekurangan air, maka proses penyerapannutrisi oleh tubuh sangat kurang optimal.

Perlu diingat, terlalu banyak mengkonsumsi airmineral juga tidak baik bagi tubuh. Salah satunya adalah dapat terjadipembengkakan sel. Batas wajar untuk mengkonsumsi air mineral yaitu 2-3 liter atausekitar 8-12 gelas setiap harinya.

4. Sering Bermain Basket

Cara menambah tinggi badan yang selanjutnyayaitu dengan rutin bermain basket. Basket sangat dipercaya oleh sebagian besarmasyarakat untuk membantu membuat tubuh semakin tinggi. Banyak orang sangatmenyukai olahraga yang satu ini, tidak terkecuali perempuan.

Itu karena permainan ini cukup menyenangkan. Selainitu, olahraga ini mampu meninggikan badan karena banyak terdapat gerakan yangmerangsang tulang kaki untuk semakin tumbuh sehingga tubuh akan lebih tinggi.Pada basket, kita pasti sering melakukan gerakan melompat untuk mengoper bolaataupun menembak ke jaring lawan.

Hal itulah yang dipercaya mampu membuat tubuhmenjadi tinggi. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh tinggi, sangat disarankanuntuk mencoba olahraga yang satu ini. Anda bisa bermain basket selama 3 kalisetiap minggu. Tidak perlu lama-lama, cukup 30 menit setiap latihan sudah cukupbagi.

Selain mampu menambah tinggi badan, olahragayang satu ini juga mampu melatih kekuatan otot pada tubuh Anda. Contohnya,gerakan menembak mampu melatih kekuatan otot dada dan otot lengan.

5, Rajin Makan Makanan Sehat

Makanan juga merupakan unsur yang sangatpenting dalam meningkatkan tinggi badan Anda. Itu karena salah satu faktorpenting yang dapat mempengaruhi tinggi badan adalah faktor makanan ataunutrisi.

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yangtinggi, sebaiknya Anda makan dengan teratur, yaitu minimal tiga kali sehari.Kelihatannya sangat sepele bagi sebagian besar orang. Tapi, makan dengan rutindan teratur mampu meningkatkan tinggi badan Anda secara signifikan.

Mengapa bisa demikian? Itu karena ketika Andamakan dengan teratur, maka tubuh akan terjadwal untuk bekerja dan mendapatkanasupan dari makanan. Jenis makanan yang dikonsumsi juga tidak bolehsembarangan.

Tidak semua makanan dapat menambah tinggibadan Anda. Pilihlah makanan dengan mengandung karbohidrat, protein, kalsium,serat, dan vitamin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Denganmengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan cukup, maka sangat membantu tubuhAnda untuk semakin tinggi.

6. Tidur yang Cukup

Cara menambah tinggi badan yang selanjutnyaadalah dengan cara tidur yang cukup. Ternyata, dengan tidur yang cukup jugabisa menambah tinggi badan Anda secara tidak langsung. Sangat disarankan untuktidur selama 7-9 jam setiap harinya bagi orang yang berusia di atas 18 tahun.

Sedangkan untuk remaja dengan usia 14-17tahun, sebaiknya memiliki waktu tidur selama 8-10 jam setiap harinya. Pada anakusia 6-13 tahun, sangat disarankan untuk tidur selama 9-11 jam. Intinya, semakinsedikit usia kita, semakin lama waktu tidur kita.

Mungkin jika dipikir, memiliki waktu tiduryang cukup tidak ada hubungannya dengan menambah tinggi badan. Tetapi, nyatanyatidur yang cukup itu memiliki manfaat untuk membuat proses pertumbuhan padatubuh menjadi lebih optimal karena hormon akan lebih lancar diproduksi.

Posisi tidur juga perlu diperhatikan supayatidak mengganggu dan merusak struktur tubuh Anda. Untuk bisa mengoptimalkanpostur tubuh, Anda sangat diharuskan untuk tidur dengan posisi yang benar.Posisi tidur yang sangat baik yaitu dengan menghadap ke kanan. Selain itu, usahakan persendian tulang sepertikaki dan lengan posisinya lurus ketika kita tidur.

7. Sering Berenang

Berenang juga sangat dipercaya oleh sebagianbesar masyarakat untuk menambah tinggi badan seseorang. Itu karena padaolahraga jenis ini menggunakan seluruh otot pada tubuh untuk bekerja. Dengandemikian, otot-otot akan lebih berkembang dan akibatnya tubuh akan menjadilebih tinggi.

Renang juga merupakan salah satu cabangolahraga terbaik dibandingkan olahraga lainnya. Sangat disarankan untukmelakukan olahraga ini minimal seminggu sekali. Sambil menyehatkan tubuh, Andajuga bisa bermain air sehingga rasa letih tidak akan terasa.

Anda bisa mengajak anak Anda untuk rutin berenang.Tujuannya agar anak Anda menjadi lebih terangsang untuk lebih aktif dalam masapertumbuhannya. Dengan demikian, peregangan sel-sel pada tubuh Anda sertapenyerapan asupan akan lebih optimal. Selain mampu menambah tinggi badan, rutinberenang juga sangat baik bagi organ tubuh lainnya.

8. Melompat

Tidak perlu memikirkan hal yang rumit untukmenambah tinggi badan. Anda bisa menambah tinggi badan hanya dengan rutinmelompat-lompat. Tujuannya adalah menstimulasi tulang untuk merenggang danmembuat tubuh menjadi lebih tinggi.

Apabila Anda bosan dengan kegiatan yang satuini, Anda bisa memodifikasi dengan menggunakan tali menjadi permainan lompattali supaya tidak mudah bosan. Yang perlu Anda lakukan hanya melompat selama 15menit setiap harinya.

Nah, itulah 8 cara menambah tinggi badan yangcukup mudah dan tidak memerlukan peralatan yang banyak. Anda bisa melakukanbeberapa hal tersebut di mana saja dan kapan saja. Dengan penjelasan di atas,dapat disimpulkan bahwa untuk menambah tinggi badan tidak terlalu susah dantidak memerlukan peralatan yang banyak.

Mungkin banyak orang yang sudah mencobamenerapkan cara di atas, tetapi masih belum bertambah tinggi badannya sesuaidengan yang mereka harapkan. Perlu diingat bahwa untuk menambah tinggi badanperlu waktu dan proses yang cukup lama. Anda harus bersabar dan konsistenmelakukan hal di atas.

Selain itu, faktor genetik juga mempengaruhitinggi badan seseorang. Seseorang yang lahir dari orang tua yang tinggi akanmemiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki postur tubuh yang tinggi juga.