8 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Mudah dan Bisa Dilakukan Kapan Saja

cara-menambah-tinggi-badan

Memiliki badan yang tinggi dan ideal merupakan idaman bagi semua orang di dunia ini. Banyak orang akan lebih percaya diri jika memiliki tinggi badan yang ideal. Lalu, banyak orang yang ingin mencoba cara menambah tinggi badan supaya badan mereka sesuai dengan harapan.

Bukan tanpa alasan, memiliki badan yang cukup tinggi bisa membuat seseorang terlihat lebih keren dan gagah. Selain itu, memiliki postur badan yang tinggi juga terkadang menjadi salah satu syarat untuk masuk sebuah instansi atau perusahaan. Beberapa contoh instansi yang mengharuskan seorang pelamar untuk memiliki tinggi badan tertentu yaitu kepolisian, pramugari, model, dan profesi lainnya.

Pada umumnya, batas maksimal usia untuk pertumbuhan laki-laki yaitu sekitar 16 tahun. Sedangkan, perempuan memiliki usia maksimal 15 tahun untuk pertumbuhan tinggi badan. Tidak semua orang terlahir dalam keadaan badan yang berpotensi untuk tinggi. Bagi yang ingin memiliki badan yang tinggi, Anda bisa mengikuti cara-cara menambah tinggi badan di bawah.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi badan, yaitu faktor genetik, olahraga, dan nutrisi. Untuk faktor genetik, kita sudah tidak bisa merubahnya. Namun, untuk faktor nutrisi dan olahraga, kita masih bisa mengoptimalkan dengan cara rutin berolahraga yang benar dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat.

Tetapi, perlu diingat bahwa untuk bisa menambah tinggi badan, membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak instan. Langsung saja kita bahas cara menambah tinggi badan yang cukup ampuh.

1. Rutin Minum Susu yang Berkalsium dan Berprotein Tinggi

Bagi Anda yang ingin memiliki badan yang tinggi, sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi susu yang mengandung kalsium dan protein tinggi. Anda bisa mengkonsumsi susu sebanyak 2 gelas setiap hari, yaitu pada saat sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Pada malam hari, terutama pada saat seseorang tidur, tidak ada proses penghancuran sel tulang yang sudah tua atau yang sering dinamakan dengan osteoklas. Dengan demikian, kalsium akan lebih optimal diserap oleh tubuh.

Susu sangat dipercaya untuk membantu mendongkrak tinggi badan. Protein pada susu sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan pada tubuh. Sedangkan kalsium dapat membantu membentuk tulang dan gigi. Pada setiap 100 gram susu mengandung 3,2 gram protein, 125 miligram kalsium, dan kandungan lainnya.

Kedua zat tersebut sangatlah penting untuk membantu pertumbuhan tulang. Pada tahun 2004, sebuah penelitian dari American Society for Clinical Nutrition mengatakan bahwa anak-anak yang rutin mengkonsumsi susu setiap hari sebanyak lebih dari 500ml akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang mengkonsumsi susu kurang dari 500ml setiap harinya.

Penelitian tersebut melibatkan 122 orang anak berusia 9 tahun. Kemudian, sang peneliti mengamati pertumbuhan tinggi badan anak tersebut selama 3 tahun. Selain untuk meningkatkan tinggi badan, susu juga sangat bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang pada masa tua.

2. Rutin Melakukan Yoga

Cara menambah tinggi badan yang selanjutnya adalah dengan melakukan senam yoga. Yoga juga mampu membuat tinggi badan Anda semakin bertambah. Cara kerja dari yoga adalah dengan meregangkan tubuh.

Dengan melakukan yoga, maka postur tubuh Anda akan menjadi semakin baik. Anda akan terbiasa berdiri atau duduk dalam posisi tegak apabila rutin melakukan olahraga yang satu ini. Ketika tubuh sudah terbiasa tegak, maka akan semakin mudah untuk menjadi lebih tinggi.

Selain mampu membuat tubuh menjadi lebih tinggi, yoga juga mampu untuk meredakan stress. Yang tidak kalah pentingnya, yoga juga dapat membuat tubuh Anda menstimulasi dan memproduksi hormon yang berperan penting dalam pertumbuhan.

Ada banyak sekali gerakan yoga yang bisa Anda coba, seperti Vrikshasana, Tadasana, Sukhasana, Trikonasana, dan lain-lain. Pastikan Anda melakukan gerakan tersebut dengan benar. Karena, jika Anda melakukan gerakan tersebut tidak sesuai dengan prosedur, maka manfaat yang didapatkan akan kurang optimal.

3. Rutin Minum Air Mineral 8 Gelas Setiap Hari

Banyak orang yang tidak mengira bahwa dengan rutin meminum air mineral sebanyak 8 gelas setiap harinya akan mampu menambah menambah tinggi badan. Dengan minum air mineral rutin setiap harinya, memang tidak secara langsung bermanfaat menambah tinggi badan Anda.

Tetapi, khasiat air mineral yaitu mampu mengendalikan kalori, menjaga keseimbangan cairan pada tubuh, membantu mengoptimalkan kerja organ pada tubuh. Dengan kata lain, jika Anda rutin minum air mineral setiap hari, maka tubuh Anda akan lebih baik dalam bekerja sehingga dapat menyerap kandungan pada makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Air mineral juga memiliki sifat mudah larut dan dicerna oleh tubuh. Sehingga, air mineral mampu membantu tubuh mencerna makanan lebih cepat. Karena jika tubuh kekurangan air, maka proses penyerapan nutrisi oleh tubuh sangat kurang optimal.

Perlu diingat, terlalu banyak mengkonsumsi air mineral juga tidak baik bagi tubuh. Salah satunya adalah dapat terjadi pembengkakan sel. Batas wajar untuk mengkonsumsi air mineral yaitu 2-3 liter atau sekitar 8-12 gelas setiap harinya.

4. Sering Bermain Basket

Cara menambah tinggi badan yang selanjutnya yaitu dengan rutin bermain basket. Basket sangat dipercaya oleh sebagian besar masyarakat untuk membantu membuat tubuh semakin tinggi. Banyak orang sangat menyukai olahraga yang satu ini, tidak terkecuali perempuan.

Itu karena permainan ini cukup menyenangkan. Selain itu, olahraga ini mampu meninggikan badan karena banyak terdapat gerakan yang merangsang tulang kaki untuk semakin tumbuh sehingga tubuh akan lebih tinggi. Pada basket, kita pasti sering melakukan gerakan melompat untuk mengoper bola ataupun menembak ke jaring lawan.

Hal itulah yang dipercaya mampu membuat tubuh menjadi tinggi. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh tinggi, sangat disarankan untuk mencoba olahraga yang satu ini. Anda bisa bermain basket selama 3 kali setiap minggu. Tidak perlu lama-lama, cukup 30 menit setiap latihan sudah cukup bagi.

Selain mampu menambah tinggi badan, olahraga yang satu ini juga mampu melatih kekuatan otot pada tubuh Anda. Contohnya, gerakan menembak mampu melatih kekuatan otot dada dan otot lengan.

5, Rajin Makan Makanan Sehat

Makanan juga merupakan unsur yang sangat penting dalam meningkatkan tinggi badan Anda. Itu karena salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi tinggi badan adalah faktor makanan atau nutrisi.

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang tinggi, sebaiknya Anda makan dengan teratur, yaitu minimal tiga kali sehari. Kelihatannya sangat sepele bagi sebagian besar orang. Tapi, makan dengan rutin dan teratur mampu meningkatkan tinggi badan Anda secara signifikan.

Mengapa bisa demikian? Itu karena ketika Anda makan dengan teratur, maka tubuh akan terjadwal untuk bekerja dan mendapatkan asupan dari makanan. Jenis makanan yang dikonsumsi juga tidak boleh sembarangan.

Tidak semua makanan dapat menambah tinggi badan Anda. Pilihlah makanan dengan mengandung karbohidrat, protein, kalsium, serat, dan vitamin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan cukup, maka sangat membantu tubuh Anda untuk semakin tinggi.

6. Tidur yang Cukup

Cara menambah tinggi badan yang selanjutnya adalah dengan cara tidur yang cukup. Ternyata, dengan tidur yang cukup juga bisa menambah tinggi badan Anda secara tidak langsung. Sangat disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap harinya bagi orang yang berusia di atas 18 tahun.

Sedangkan untuk remaja dengan usia 14-17 tahun, sebaiknya memiliki waktu tidur selama 8-10 jam setiap harinya. Pada anak usia 6-13 tahun, sangat disarankan untuk tidur selama 9-11 jam. Intinya, semakin sedikit usia kita, semakin lama waktu tidur kita.

Mungkin jika dipikir, memiliki waktu tidur yang cukup tidak ada hubungannya dengan menambah tinggi badan. Tetapi, nyatanya tidur yang cukup itu memiliki manfaat untuk membuat proses pertumbuhan pada tubuh menjadi lebih optimal karena hormon akan lebih lancar diproduksi.

Posisi tidur juga perlu diperhatikan supaya tidak mengganggu dan merusak struktur tubuh Anda. Untuk bisa mengoptimalkan postur tubuh, Anda sangat diharuskan untuk tidur dengan posisi yang benar. Posisi tidur yang sangat baik yaitu dengan menghadap ke kanan. Selain itu, usahakan persendian tulang seperti kaki dan lengan posisinya lurus ketika kita tidur.

7. Sering Berenang

Berenang juga sangat dipercaya oleh sebagian besar masyarakat untuk menambah tinggi badan seseorang. Itu karena pada olahraga jenis ini menggunakan seluruh otot pada tubuh untuk bekerja. Dengan demikian, otot-otot akan lebih berkembang dan akibatnya tubuh akan menjadi lebih tinggi.

Renang juga merupakan salah satu cabang olahraga terbaik dibandingkan olahraga lainnya. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga ini minimal seminggu sekali. Sambil menyehatkan tubuh, Anda juga bisa bermain air sehingga rasa letih tidak akan terasa.

Anda bisa mengajak anak Anda untuk rutin berenang. Tujuannya agar anak Anda menjadi lebih terangsang untuk lebih aktif dalam masa pertumbuhannya. Dengan demikian, peregangan sel-sel pada tubuh Anda serta penyerapan asupan akan lebih optimal. Selain mampu menambah tinggi badan, rutin berenang juga sangat baik bagi organ tubuh lainnya.

8. Melompat

Tidak perlu memikirkan hal yang rumit untuk menambah tinggi badan. Anda bisa menambah tinggi badan hanya dengan rutin melompat-lompat. Tujuannya adalah menstimulasi tulang untuk merenggang dan membuat tubuh menjadi lebih tinggi.

Apabila Anda bosan dengan kegiatan yang satu ini, Anda bisa memodifikasi dengan menggunakan tali menjadi permainan lompat tali supaya tidak mudah bosan. Yang perlu Anda lakukan hanya melompat selama 15 menit setiap harinya.

Nah, itulah 8 cara menambah tinggi badan yang cukup mudah dan tidak memerlukan peralatan yang banyak. Anda bisa melakukan beberapa hal tersebut di mana saja dan kapan saja. Dengan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk menambah tinggi badan tidak terlalu susah dan tidak memerlukan peralatan yang banyak.

Mungkin banyak orang yang sudah mencoba menerapkan cara di atas, tetapi masih belum bertambah tinggi badannya sesuai dengan yang mereka harapkan. Perlu diingat bahwa untuk menambah tinggi badan perlu waktu dan proses yang cukup lama. Anda harus bersabar dan konsisten melakukan hal di atas.

Selain itu, faktor genetik juga mempengaruhi tinggi badan seseorang. Seseorang yang lahir dari orang tua yang tinggi akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki postur tubuh yang tinggi juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here