in

Minta Maaf dengan 8 Cara ini Untuk Meluluhkan Hati Pasangan

Minta Maaf dengan 8 Cara ini Untuk Meluluhkan Hati Pasangan
Designed by yanalya / Freepik

Hubungan tanpa masalah emang terasa hambar. Dan setiap hubungan pasti ada masalah kan?? Entah kecil atau besar, permasalahan tentunya harus dituntaskan. Dan pastinya, menyikapi masalah nggak bisa sembarangan. Apalagi jika kamu yang membuat masalah dalam hubungan dengan pasangan. Wah pasti hati jadi ketar-ketir nggak keruan tuh. Berbagai cara kamu usahakan untuk mencoba meluluhkan hati pasangan.

Saat kamu dilanda rasa bersalah, jangan terlalu panik dan mengebu-gebu ya. kamu perlu memikirkan strategi yang tepat agar dia luluh dan mau memaafkanmu sehingga hubungan kalian bisa kembali membaik.

Nah, giman caranya? Kalau minta maaf saja nggak cukup untuk membuatnya luluh, maka kamu perlu hal lain. Apalagi kalau kamu udah buat marah cewek kamu, beeeuuhhh rumit nih. Tapi tenang, cara untuk minta maaf yang penulis rangkum ini nggak cuma buat cewek lho, buat cowok juga. Toh cewek maupun cowok nggak ada yang selamanya benar kaan?

1. Mengakui kesalahan dengan jujur

Meski menyakitkan, hal ini nggak boleh kamu lewatkan. Akui kesalahanmu dengan jujur kepada pasangan. Diawal memang berat, tapi jika kamu malah membohonginya dengan tetap membela diri, jangankan memaafkanmu, bisa jadi dia akan membencimu. Terkadang jujur emang menyakitkan. Tapi pasanganmu pasti akan berpikir dua kali untuk tidak memaafkanmu.

Mengakui kesalahan membuatmu terlihat lebih elegan. Jangan malah berusaha menutupi kesalahan dengan berbagai dalih jika pada kenyataannya kamu memang salah. Itu akan semakin memperburuk suasana. Pasangan pasti akan mengharagai keberanianmu jika kamu mau mengakui kesalahanmu. Jangan gengsi ya!

2. Memberi pasangan jeda untuk menstabilkan emosi

Setelah kamu mengakui kesalahan, namun pasangan masih tidak mengacuhkanmu, maka beri dia waktu untuk berpikir, menenangkan diri dan menstabilkan emosinya. Namanya juga marah, ya nggak segampang itulah memaafkanmu. Apalagi jika kamu telah melakukan kesalahan yang cukup besar.

Dengan memberinya jeda, pasangan akan mencoba berpikir dengan sudut pandang yang berbeda. Tapi jangan memberinya jeda untuk melakukan kesalahan lain ya. Itu namanya “bunuh diri!” Dengan jeda ini juga, kamu bisa mengintrospeksi diri agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

3. Tetap beri dia perhatian

Semarah-marahnya pasanganmu, pasti ia tetap merindukan perhatianmu. Ini bisa jadi kunci untuk meluluhkannya hatinya. Sembari memberi dia waktu untuk menenangkan diri, kamu harus terus membanjirinya dengan perhatian-perhatian. Bukan berarti menyogok, tapi kamu membuktikan bahwa kamu bersungguh-sungguh dan kesalahanmu bukan tanda untuk berpaling darinya.

Perhatian-perhatian kecil yang bisa kamu berikan seperti menanyakan kabarnya, mengirimi makanan kesukaannya, mengingatkan tentang kesehatannya, atau hal-hal lain yang biasa kamu lakukan. Jangan malah jadi cuek mentang-mentang dia sedang marah. Ingat, kamu telah berbuat salah, jadi haknya untuk marah dan kewajibanmu untuk meredakannya. Dengan terus memberinya perhatian juga akan membuat pasangan memikirkanmu lho.

4. Mengesampingkan Ego

Kamu mengakui dirimu salah, tapi di satu sisi kamu tidak ingin selalu disalahkan. Kadang ego muncul segamblang itu. jangan terpedaya. Apalagi sampai menyalahkan keadaan atau menyalahkan balik pasanganmu. Please, itu adalah hal konyol yang membuat pasanganmu jadi il-feel.

Sengaja atau tidak sengaja telah melakukan kesalahan, jangan sekali-sekali melakukan pembenaran dengan membual. Karena nggak selamanya kamu bisa mengendalikan hubungan kalian. Kamu berada di posisi bersalah, kamu hanya perlu meminta maaf dengan tulus untuk membuat semuanya kembali membaik. Pasanganmu pasti akan memikirkan posisimu. Tentu ia tak akan tega membiarkanmu terus merasa bersalah.

5. Tanamkan niat untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama

Sudah jungkir balik minta maaf, tapi berakhir percuma jika kamu masih melakukan kesalahan yang sama. Tanamkan niat pada dirimu sendiri untuk berubah. Misalnya kesalahanmu karena lupa akan janji bertemu. Maka tanamkan pada dirimu untuk berusaha tepat waktu dan tidak ingkar janji lagi. Berjanjilah padanya untuk tidak mengulanginya.

Berjanji memang mudah, tapi buktikan bahwa kamu bisa untuk menepatinya. Mintalah kesempatan untuk membuktikan keseriusanmu. Dengan begitu, pasanganmu pasti akan luluh.

6. Merayu pasangan

Merayu pasangan dengan berbagai cara biasanya paling ampuh jika kesalahan yang kamu lakukan tidak begitu fatal. Apalagi jika kamu bisa merayunya dengan hal yang tidak biasa atau jarang kamu lakukan. Jangan melulu dengan kata-kata gombal atau janji-janji bulshit. Rayulah pasangan dengan sesuatu yang berbeda.

Misal, mengiriminya surat cinta. Padahal kamu bisa nge-chat atau telepon. Mengirimkan makanan favorite pas kalian masih pacaran. Meminta maaf lewat orangtua pasangan juga bisa kalian coba lho untuk merayunya. Pasti pasanganmu akan luluh dengan kesungguhanmu itu.

Baca Juga: 7 Cara Berdamai Setelah Bertengkar Hebat dengan Pasangan

7. Berikan sesuatu yang berkesan

Siapa sih yang tidak menyukai sesuatu yang spesial? Jika berbagai hal telah kamu lakukan dan si dia masih biasa aja. Memberikan sesuatu yang berkesan untuknya bisa kamu coba. Misalnya dengan membelikannya barang impian. Merogoh kantong lebih dalam nggak masalah kan sesekali. Pasanganmu akan merasa lebih dihargai dengan kamu memberikan sesuatu yang special hanya untuk meminta maaf darinya.

Hal berkesan lain yang bisa kamu berikan adalah melakukan sesuatu yang dia sukai namun kamu membencinya. Istilah lainnya kamu mencoba berkorban demi menarik kembali perhatian pasangan kamu. Dengan begitu, pasangan luluh karena kamu mau melakukan sesuatu di luar kebiasaanmu. Hal ini akan sangat berkesan untuknya.

Misal, menemani pasangan belanja make up berjam-jam padahal dia tahu kamu benci melakukannya. Atau menemani cowok kamu ke gym padahal dia tahu kamu benci berada di sana. Sesuatu yang nggak biasa kamu lakukan akan membuatnya terenyuh.

8. Tetap berada di sisinya

Telah melakukan kesalahan dan membuat pasangan marah bukan berarti hubungan kalian berakhir juga. Jika masih ada kesempatan untuk memperbaiki segalanya maka lakukanlah yang terbaik. Kamu nggak perlu enyah dari bumi hanya karena belum mendapatkan maaf atas kesalahanmu. Kamu harus tetap menunjukkan kesetiaan dan kesungguhanmu dengan tetap berada di sisinya.

Yakinkan pasanganmu bahwa kesalahan yang telah kamu perbuat bukan berarti kamu udah nggak cinta lagi. Ingatkan dia, yakinkan dia bahwa kamu masih mencintainya. Dengan tetap berada di sisinya bisa memberikannya keyakinan bahwa kesalahanmu tidak semerta-merta menghancurkan hubungan kalian.

Apa pun yang kamu lakukan untuk meluluhkan hati pasangan lakukanlah dengan bersungguh-sungguh dan tunjukkan niat yang tulus ya gaes. Asalkan kamu teguh dan yakin, semuanya pasti akan segera membaik. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri juga. Fokuslah pada apa yang membuatnya bisa memaafkanmu kembali. Pasanganmu pasti akan memahami.

Lagian nggak ada hubungan yang mulus. Entah kamu atau pasangan pasti pernah dan akan melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak. Intinya kalian masih mau memperbaiki diri. Kamu dan pasangan bisa belajar dari kesalahan. Sama-sama menghargai dan jangan coba-coba merasa paling benar. Kalau perlu, komunikasikan segalanya dengan pikiran terbuka ya J

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *